Macam Macam Arteri

Posted on

Macam Macam Arteri – Berikut ini rumusbilangan.com akan membahas tentang rangkuman makalah materi Arteri yang akan diterangkan mulai dari pengertian, jenis, fungsi, struktur, unsur, jurnal, tujuan, ciri, makalah, peran, makna, konsep, kutipan, contoh secara lengkap.

Arteri dalam tubuh manusia bervariasi dalam ukuran. Karena memainkan peran penting dalam tubuh, kerusakan pada arteri berbahaya bagi organisme. Arteri memiliki fungsi yang berlawanan dengan vena atau vena yang biasa kita sebut.

Apa Itu Arteri ?

Arteri (arteri) adalah jenis pembuluh darah otot yang membawa darah dari jantung. Fungsi utamanya adalah untuk memasok oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Arteri memiliki dinding tebal, kuat dan elastis untuk memenuhi fungsinya.

Fungsi Dari Arteri

  • Dapatkan darah bersih dari hati.
  • Mengedarkan oksigen dan nutrisi untuk semua sel tubuh.
  • Bantu mempromosikan pelepasan zat berbahaya (misalnya karbon dioksida) di luar tubuh.
  • Seimbangkan komponen darah penting seperti protein, bahan kimia, faktor kekebalan dan sel.

Struktur Dari Arteri

Struktur Dari Arteri

Struktur dasar dari semua jenis arteri adalah dinding, yang terdiri dari 3 lapisan.

Tunic Intima
Intima tunica adalah lapisan yang terdiri dari sel epitel skuamosa yang dikelilingi oleh jaringan ikat dengan serat elastin.

Tunica Media (lapisan tengah)
Media tunika terdiri dari sel otot polos melingkar. Media tunika adalah lapisan paling tebal di arteri. Fungsi otot ini adalah untuk memperluas (melebarkan) dan berkontraksi (mengontrak) diameter arteri sesuai dengan kebutuhan tubuh. Fungsi media ini juga dapat memengaruhi tekanan darah seseorang.

Tunika Advent (lapisan luar)
Tunik Advent adalah bagian luar arteri (arteri) yang menempel pada jaringan di sekitar pembuluh darah. Tunik Advent terdiri dari kolagen jaringan ikat dan elastin.

Baca Juga :   Sistem Endokrin Pada Manusia

Anastomosis Arteri
Anastomosis arteriovenosa adalah hubungan langsung antara arteri (arteri) dan vena (vena). Anastomosis sering terjadi di seluruh tubuh dan biasanya ditemukan di pembuluh darah kecil yang mengatur aliran darah di area tertentu seperti jari, kuku, dan telinga. Anastomosis arteriovenosa dipersarafi oleh sistem saraf otonom. Mereka tidak hanya bekerja dalam sirkulasi, tetapi juga sebagai termostat.

Jenis – Jenis Arteri

Berdasarkan organ di mana darah diambil

Arteri pulmonalis
Arteri paru adalah arteri yang membawa darah rendah oksigen baru (pertukaran oksigen untuk karbon dioksida) yang mengalir dari paru-paru.

Arteri Sistemik
Arteri sistemik adalah arteri yang membawa darah dan nutrisi beroksigen dari jantung ke seluruh tubuh, tempat nutrisi dan gas dipertukarkan.

Karena Ukurannya

Batang Nadi
Aorta adalah arteri terbesar tubuh dari ventrikel kiri jantung, mengangkut darah yang kaya oksigen ke semua bagian sirkulasi sistemik.

Arteriol
Arteriol adalah arteri terkecil yang berhubungan langsung dengan kapiler. Diameter arteriolar sekitar 0,1 mm.

Kapiler
Kapiler bukan arteri nyata, tetapi kombinasi arteriol dan venula (cabang vena). Kapiler memiliki diameter sekitar 5-10 mikron. Kapiler adalah tempat pertukaran air, oksigen, karbon dioksida, nutrisi, bahan kimia dan zat yang tidak perlu antara darah dan jaringan di sekitarnya.

Demikian Pembahasan Materi Kita Kali ini Mengenai Macam Macam Arteri. Jangan Lupa Tetap Bersama Kami Di RumusBilangan.com. Semoga Bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terimakasih.

Baca Juga :

Macam Macam Arteri Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar