Manfaat Reboisasi

Posted on

Pengertian Reboisasi – Hay teman-teman, hari ini kita akan membahas tentang Reboisasi, ada yang udah tau belum sih apa itu Reboisasi? Reboisasi merupakan kegiatan penanaman kembali hutan-hutan yang gundul. Akibat penebangan hutan secara liar atau akibat bencana alam.

Untuk lebih jelasnya, yuk mari bersama-sama kita simak penjelasan secara rinci mengenai Reboisasi di bawah ini.

Manfaat Reboisasi

Definisi Reboisasi

Reboisasi merupakan suatu kegiatan penanaman kembali hutan yang mengalami penebangan liar, hutan tandus ataupun hutan yang gundu akibat bencana alam. Reboisasi memiliki sebuah peranan yang sangat penting dalam meningkatan kualitas hidup manusia dengan cara menyerap polusi dan debu yang berasal dari udara yang tercemar. Reboisasi berfungsi untuk mengembangkan kembali suatu Habitat dan Ekosistem Alam, mencegah sebuah pemanasan Global dengan cara mencegah karbon dioksida dari udara dan juga dapat dimanfaatkan hasilnya brupa kayu.

Pengertian Reboisasi Menurut Para Ahli

Pengertian Reboisasi dikemukakan oleh beberapa ahli yaitu, sebagai berikut ini :

  • Manan (1978)

Reboisasi merupakan salah satu kegiatan penghutanan atau penanaman kembali hutan atau pada lahan yang gundul dan ditemukan bekas tebangan dan juga lahan-lahan kosong yang berada di dalam hutan.

  • Kadri dkk (1992)

Reboisasi menurut Kadri yaitu, merupakan suatu upaya pembentukan hutan yang baru pada sebuah daerah yang sudah dilakukan penebangan habis terhadap pohon ataupun tebang pilih, serta pembangunan kembali hutan pada lahan kosong yang terdapat didalam kawasan hutan tersebut.

  • Kepmenhut 797/Kpts-II/ tahun 1998

Reboisasi merupakan salah satu kegiatan yang berfungsi sebagai perawatan pohon dan penanaman kembali suatu tumbuhan terhadap hutan yang sudah rusak. Kegiatan ini juga dilakukan sebagai suatu kegiatan penunjang keselamatan hutan. Penanaman hutan ini juga dilakukan pada pohon yang memang dibutuhkan untuk menjadi sebuah hutan atau lahan hijau.

Baca Juga :   Majas Hiperbola

Manfaat Reboisasi

Manfaat Reboisasi

Pemahaman tentang manfaat sebuah pereboisasian harus ditanamkan kepada anak-anak sejak usia dini. Bertujuan supaya kesadaran anak terhadap perlindungan dan penanaman pohon semakin tinggi sehingga ketika mereka sudah dewasa akan selalu mengingat betapa pentingnya untuk selalu menanam pohon dan merawat pohon dengan baik. Dengan melakukan sebuah pereboisasian kita akan merasakan manfaatnya yaitu, seperti berikut ini :

  1. Reboisasi dapat mencegah terjadinya sebuah erosi tanah yang disebabkan oleh Angin dan air hujan secara berturut-turut.
  2. Reboisasi juga bisa melestarikan kesuburan suatu tanah yang dapat dijadikan sebagai sebuah lahan pertanian.
  3. Bermanfaat untuk menjaga struktur tanah supaya tidak mengalami kerusakan.
  4. Menjaga dan melestarikan berbagai macam Flora dan Fauna agar tetap terjaga.
  5. Dengan adanya Reboisasi dapat terus menjaga udara agar tetap bersih dan sehat, terutama bagi semua makhluk hidup yang berada di bumi.
  6. Reboisasi juga dapat menjadikan tanah tetap kokoh sehingga mengurangi risiko bencana tanah longsor.
  7. Mengurangi dan mencegah efek dari sebuah pencemaran udara dan dampak dari Global Warming.
  8. Dengan adanya kegiatan Pereboisasian hutan dapat menjaga dan melestarikan Sumber Daya Alam yang sudah ada di area hutan tersebut dan dapat dipakai sebagai peningkat produksinya.

Tujuan Reboisasi

Reboisasi atau rehabilitasi sebuah hutan lindung yang bertujuan untuk menumbuhkan kembali pohon-pohon di kawasan hutan lindung. Reboisasi terhadap hutan lindung yang mengalami keruskan parah dan berada di suatu wilayah atau daerah aliran sungai yang dilakukan secara bersama-sama dengan masyarakat.

Kegiatan utama dari suatu Reboisasi adalah penanaman kembali terhadap kawasan hutan lindung dengan tumbuhan hutan dan tanaman kehidupan yang memiliki manfaat bagi masyarakat setempat. Penanaman ini dilakukan bertujuan untuk dapat menambah tingkat penutupan sebuah lahan yang sanagat optimal sekaligus memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat setempat. sehingga dapat menciptakan sebuah keharmonisan antara fungsi utama dari hutan dan pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat.

Baca Juga :   Contoh Soal Latihan USBN SMA/MA 2019

Reboisasi memiliki tujuan utama untuk menumbuhkan hutan yang gundul, dan juga bertujuan untuk memulihkan manfaat lingkungan sebagai kegiatan ekonomi yang mereka berikan. Tetapi kegiatan dari sebuah Reboisasi juga dapat menghasilkan banyak manfaat sosial. Dari bibit yang tumbuh untuk penanaman dan proses budidaya mereka, proyek dari suatu pereboisasi ekologis tidak hanya dapat meningkatkan lingkungan lokal bagi mereka yang tinggal di daerah tersebut, tetapi juga berfungsi sebagai kendaraan untuk mendidik dan membudidayakan lingkungan dengan baik.

Fungsi Reboisasi

Dibawah ini terdapat beberapa fungsi dari sebuah Proses Reboisasi yaitu, diantaranya sebagai berikut :

  • Sebagai Penghasil Kayu Bangunan

Di dalam hutan tumbuhan berbagai macam jenis pohon yang dapat menghasilkan kayu dengan kualitas dan ukuran yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan material bangunan.

  • Berfungsi sebagai Cadangan Karbon

Salah  satu fungsi yang sangat penting dari sebuah hutan yaitu diguanakan sebagai tempat cadangan sebuah karbon. Karbon disimpan dalam sebuah bentuk Biomassa Vegetasinya.

  • Berfungsi sebagai Habitat Bagi Flora dan Fauna

Hasil dari Pereboisasian hutan juga berfungsi sebagai tempat tinggal dari berbagai macam Flora dan Fauna agar mereka terus terjaga akan kelestariannya.

Demikianlah pembahasan mengenai Manfaat Reboisasi yang meliputi sebuah Pengertia, Manfaat, Tujuan dan Fungsi dengan lengkap. Semoga dengan adanya tulisan ini bermanfaat bagi kita semua, mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata ataupun tulisan. Terimakasih

Baca Juga Artikel Berikut :

Ekosistem

Sistem Gerak Pada Manusia Serta Fungsi Kegunaannya

Fungi Atau Jamur