Nama – Nama Bulan (القمر) Dalam Bahasa Arab

Posted on

Nama – Nama Bulan Dalam Bahasa Arab – Pada pembahasan sebelumnya kita sudah belajar bahasa arab tentang kosakata – kosakata mulai dari kosakata  Bahasa Arab Lengkap, Kosakata Bahasa Arab Buah – Buahan dan lainnya.

Pada kesempatan kali ini, kita akan belajar bahasa Arab tentang Nama – Nama Bulan dalam bahasa Arab serta beberapa keterangan lainnya seperti sejarah dan sebab – sebabnya.

Untuk itu mari langsung saja kita simak pembahasannya berikut !

Nama Bulan (القمر) dalam Bahasa Arab
Nama Bulan (القمر) dalam Bahasa Arab

Apa Itu Bulan ?

Bulan dalam bahasa Arab artinya al Qomar (القمر), yang merupakan satu – satunya satelit alami Bumi yang beredar mengitari bumi selama kurang lebih 30 hari dalam satu putaran.

Bulan atau (القمر) merupakan satelit alami terbesar kelima dalam tata surya. Memiliki ukuran yakni : diameter 27%, kepadatan 60%, dan massanya 181 (1.23% ) dari pada Bumi. Bulan merupakan satelit terpadat ke-dua setelah Io yaitu satelit Yupiter.

Gambar Bulan, Satelit Alami Planet Bumi
Gambar Bulan, Satelit Alami Planet Bumi
Gambar Io, Satelit Alami Planet Yupiter
Gambar Io, Satelit Alami Planet Yupiter

Nama – Nama Bulan Hijriyah dan Masehi dalam Bahasa Arab

Berikut ini kita sajikan nama – nama bulan hijriyah dalam bahasa Arab beserta arti dan masing – masing jumlah harinya !

NoArtinyaBacaan LatinnyaTulisan Bahasa ArabLama Hari
1MuharromAl-Muḥarramالمحرم30
2SaffarShafarصفر29
3Rabiul AwalRabī‘ul Awwalربيع الأول30
4Rabiul AkhirRabī‘ust Tsānīربيع الثاني29
5Jumadil AwalJumādal Ūlāجمادي الأولي30
6Jumadil AkhirJumādal Ākhirahجمادي الأخرة29
7RajabRojabرجب30
8Sya’banSya‘bānشعبان29
9RamadlanRomadlonرمضان30
10SyawwalSyawwalشوال29
11Dzul Qa’dahDzul Qo‘dahذو القعدة30
12Dzul HijjahDzul Ḥijjahذو الحجة29/(30)
Total 354/(355)

Selanjutnya adalah nama – nama bulan Masehi dalam bahasa Arabnya !

Baca : Bahasa Arab Hewan dan Kumpulan Kosakatanya

No.ArtinyaBacaan LatinnyaTulisan Bahasa ArabnyaLama Hari
1. Januari yanaayir يَنَايِرْ31
2.Februari fibraayir فِبْرَايِرْ28 / 29
3.Maretmaaris مَارِسْ31
4.April abriil أَبْرِيلْ30
5.Mei maayu مَايُو31
6.Juni yuuniyuu يُوْنِيُوْ30
7.Juli yuuliyuu يُوْلِيُوْ31
8.Agustus aghusthus أَغُسْطُسْ31
9.September sibtambir سبْتَمْبِرْ30
10.Oktober uktuubir أُكْتُوْبِرْ31
11.November nuufambir نُوْفَمْبِرْ 30
12.Desember diisambir دِيْسَمْبِرْ31
Total365 / 366

Dibalik Penamaan Bulan dalam Penanggalan

Dalam proses penentuan bulan dalam sistem penanggalan pada kalender berpatokan dengan sistem peredaran bulan dan matahari. Islam pada umumnya menggunakan kalender hijriyah yang berpatokan pada sistem peredaran bulan, sedangkan masehi berpatokan pada sistem peredaran matahari.

Baca Juga :   Rumus Lingkaran - Cara Menghitung Luas, Keliling, Contoh Soal

Berikut ini penjelasan mengenai tahun hijriyah dan masehi sebagai berikut !

1. Bulan Hijriyah ( هِجْرِيَّة )

Bulan hijriyah mengambil patokan pada Bulan (القمر) yang dimulai dari peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW. dari kota Mekah ke- Madinah yang dulu namanya Yastrib. Oleh karenanya nama kalendernya disebut Hijriyah ( هِجْرِيَّة )yang berasal dari kata Hijrah ( هِجْرَة ) atau berpindah (migrasi).

Berikut ini pejelasan mengenai penamaan bulan hijriyah ( هِجْرِيَّة ) menurut sejarahnya !

  1. Bulan Muahrrom / المحرم
    Bulan ini dinamakan muharrom karena bulan ini termasuk bulan yang mulia dan dihormati serta pada bulan ini lebih mengharamkan perbuatan – perbuatan manusia yang merusak, seperti perang, menggunduli hutan dan lain sebagainya.
  2. Safar / صفر
    Kata صفر berarti perjalanan. Menurut Muhammad Hadi Basori, menyebutkan bahwa pada bulan ini dahulu para saudagar Arab melakukan perjalanan dagang biasanya ke pasar daerah Yaman. Atau bulan ini mengambil kata ال اصفر (al ashfar) yang artinya kuning. Sebab pada bulan ini daun – daun mulai menguning dan kemudian berguguran.
  3. Rabi’ul Awwal / ربيع الأول dan Rabi’ul Tsani / ربيع الثاني
    Bulan ini berarti musim semi awal dan musim semi kedua atau yang akhir. Kata ربيع berarti “musim semi”.
    Terdapat keistimewaan pada bulan ini adalah pada tanggal 12 merupakan tanggal kelahirannya Nabi Muhammad saw. sebagai Peringatan Maulid Nabi. Selain itu, pada bulan ربيع الثاني ini pria Arab pada waktu itu mulai mempersiapkan diri untuk melakukan perjalanan kembali berdagang ke- negeri – negeri yang jauh.
  4. جمادي الأولي Jumadil Awwali dan جمادي الأخرة Jumadil Akhiroh
    Pada dua bulan ini memiliki kaitan dengan musim kemarau bulan pertama dan kemarau bulan terakhir. Menurut bahasa, kata جماد berarti “kerontang”.
    Oleh karenanya di sebut bulan jumadil awal dan akhir.
  5. Rojab / رجب
    Menurut bahasa, rojab / رجب berarti “menghormati”. Hal ini dikarenakan bulan رجب adalah termasuk bulan yang 4 yaitu bulan haram.
    Selain itu, pada masa jahiliyah, para penduduk Arab pun dulu juga menghormati bulan ini dengan cara mengadakan ritual menyembelih anak unta pertama yang lahir dari induknya.
    Pada bulan rajab ini pula, umat islam dilarang untuk malakukan perang dan pintu Ka’bah mulai dibuka.
  6. Sya’ban / شعبان
    Menurut bahasa, kata sya’ban ( شعبان ) berasal dari kata Syi’b yang memiliki arti “lembah” atau berserak – serak.
    Makna yang terkandung yaitu pada bulan ini, orang-orang Arab dahulu pada turun berbondong – bondong menuju lembah – lembah yang subur dan oasis untuk mulai mengolah pertanian atau menggembala ternaknya.
  7.  Romadlon / رمضان
    Bulan yang selanjutnya yaitu ramadlan atau dalam bahasa arabnya yaitu رمضان , secara bahasa memiliki makna “panas terik”. Pada bulan ini, Allah swt. mewajibkan umat Islam untuk mengerjakan puasa selama satu bulan penuh atau sepanjang bulan رمضان (romadlon).
  8. Syawwal / شوال
    Menurut bahasa, kata شوال berarti “peningkatan” atau “terbit”.
    Pada hari pertama bulan ini, dirayakansebuah hari raya yang disebut sebagai hari raya Idul Fitri.
    Oleh sebab itu, bulan Syawwal ini dapat dimaknai sebagai momentum peningkatan kualitas diri seorang Muslim setelah menempuh latihan menahan hawa nafsu selama bulan Ramadhan yang dikerjakan selama satu bulan penuh.
  9. Dzulqaidah / ذو القعدة dan Dzulhijjah / ذو الحجة
    Secara leksikografis, bulan ذو القعدة dan bulan dzulhijjah / ذو الحجة ini memiliki makna “penguasa melakukan gencatan senjata”.
    Dua bulan ini merupakan jajaran dari bulan haram, atau bulan yang mulia dan dihormati oleh umat Islam. Pada bulan ini perang dan perbuatan munkar lainnya sangat dilarang.
    Perang dilarang sepanjang bulan-bulan ini. Orang – orang Arab dahulu memiliki kebiasaan untuk lebih sering berada di rumah sepanjang bulan Dzulkaidah. Bulan tersebut secara harfiah berarti “yang empunya rumah sedang duduk”.
    Pada bulan Dzulhijjah, Ibadah haji dilakukan, oleh karena itu secara harfiyah bulan dzulhijjah berarti “yang empunya haji”.
Baca Juga :   Contoh Soal Latihan USBN SMA/MA 2019

Baca : Kosakata Bahasa Arab Buah – Buahan Lengkap

2. Bulan Masehi (مسيحي)

Bulan pada kalender masehi, merupakan bulan yang di tentukan dengan menggunakan waktu perputaran matahari.

Putaran Matahari ssebagai Penentu Jumlah hari pada bulan – bulan Masehi
  1. Januari / يَنَايِرْ
    Kata Januari diambil dari susunan kata Janus yang artinya nama dewa kepercayaan bangsa Roma yang memiliki dua wajah. Kedua wajah dewa tersebut saling bertolak belakang, yakni yang satu menghadap kedepan dan yang satunya menghadap kearah sebaliknnya yaitu belakang.

    Arah wajah dewa tersebut memiliki makna bahwa yang menghadap kedepan sebagai perlambang pandangan masa depan, dan arah wajah yang menghadap kebelakang bermakna pandangan masa lalu.
  2. Februari / فِبْرَايِرْ
    Februari berasal dari kata latin yaitu Februa, merupakan suatu istilah untuk pesta penyucian yang diselenggarakan oleh bangsa Romawi kuno dahulu pada setiap tanggal 15 Februari.
  3. Maret / مَارِسْ
    Kata Maret berasal dari kata Mars yang merupakan salah satu nama dewa perang kepercayaan bangsa Romawi kuno yang terkenal karena kegarangan dan keberaniannya yang tiada tanding.
  4. April / أَبْرِيلْ
    Mengenai asal kata bulan april ini masih belum ditemukan kepastian. Sebab ada dua versi pendapat yang menyatakan bahwa bulan April berasal dari kata Aphrodite yang berarti dewi cinta namun ada pendapat lain yang mengatakan bahwa kata april berasal dari kata Aperire yang berarti membuka.
  5. Mei / مَايُو
    Menurut sejarah, ada kemungkinan asal nama Mei ini diambil dari kata Maia Majesta, yang merupakan nama dari dewa musim semi yang diyakini leh masyarakat Eropa. Di Eropa sendiri masih sering mengadakan sebuah perayaan festival pada bulan ini. Yang mana gadis tercantik dan pria tertampan disini akan dipilih untuk dinobatkan menjadi raja dan ratu yang akan memimpin tarian dalam festival tersebut. Jika di Inggris Raya tradisi tersebut masih dilakukan tiap bulan ini dan sebagai ratunya disebut Maid Marian dan sang raja disebut Robin Hood.
  6. Juni / يُوْنِيُوْ
    Kata Juni berasal dari kata Juno yang memiliki arti dari nama seorang dewi feminim yang melambangkan harkat kewanitaan yang membawa kebahagiaan keluarga.
    Masyarakat Eropa menganggap bahwa bulan ini adalah bulan yang baik untuk melaksanakan pernikahan.
  7. Juli / يُوْلِيُوْ
    Kata juli diambil sebuah nama Julius Caesar sebagai penghormatan.
  8. Agustus / أَغُسْطُسْ
    Nama ini diambil dari nama seorang kaisar Romawi yaitu Kaisar Romawi Agustus.
  9. September / سبْتَمْبِرْ
    Bulan ini memiliki asal kata nama yaitu Septa, yang berarti tujuh. Sebab pada awal mulanya bulan ini ada diurutan ketujuh dalam kalender Julian. Namun pada abad ke-8 SM, pembagian tahun diubah menjadi 12 bulan yang pada awalnya berjumlah 10 bulan tanpa merubah namanya terlebih dahulu. Akhirnya sampai saat ini bulan september ini yang berasal dari kata Septa yang berarti tujuh, bulan ini tetap berada diurutan kesembilan.
  10. Oktober / أُكْتُوْبِرْ
    Kata oktober ini berasal dari kata Okto yang berarti delapan. Ceritanya sama seperti bulan september yakni pada awalnya bulan oktober ini berada di urutan ke delapan namun kemudian digeser pada urutan ke- 10 namun namanya tetep tidak dirubah.
  11. November / نُوْفَمْبِرْ 
    Asal dari kata november ini yaitu berasal dari bahasa latin yang berarti Sembilan.
    Orang – orang Inggris kuno menyebut bulan ini sebagai bulan berdarah. Hal itu disebabkan karena pada bulan ini terjadi musim pembantaian ternak menjelang musim dingin.
  12. Desember / دِيْسَمْبِرْ
    Nama Desember berasal dari kata Decem yang berarti sepuluh.
    Masyarakat yang hidup di negara belahan bumi bagian utara, bulan desember ini dikenal sebagai bulan suci, karena pada bulan ini semua tempat ditutupi oleh salju sepanjang hari.
Baca Juga :   Kata Kerja Bahasa Arab (فعل)

Demikianlah pembahasan makalah tentang bahasa arab bulan dan beberapa keterangannya. Semoga bermanfaat ….

Nama – Nama Bulan (القمر) Dalam Bahasa Arab Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar