Panca Indera

Posted on

Pengertian Panca Indera – Seperti yang sudah kita keahui bahwa panca Indera terdiri dari beberapa agian yang ada di tubuh kita, seperti Indera Penglihatan, Indera Pengecap dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya yuk kita lihat pembahasan kali ini mengenai Panca Indera dan hal-hal yang ada didalamnya.

Panca Indera

Pengertian Panca Indera

Panca Indera

Panca Indera merupakan beberapa organ tubuh yang dapat menerima segala macam jenis rangsangan tertentu. Panca indera adalah bentuk alat yang digunakan untuk mengenal dunia dan lingkungan sekitar kita. Pada manusia mempunyai 5 alat indera yaitu :

  • Indera Penglihatan (Mata)
  • Indera Pendengaran (Telinga)
  • Indera Penciuman (Hidung)
  • Indera Pengecap (Lidah)
  • Indera Peraba (Kulit)

Bagian Panca Indera

Dibawah ini terdapat beberapa bagian dari Panca Indera dan penjelasannya secara lengkap yaitu, sebagai berikut ini :

Indera Penglihatan (Mata)

Panca Indera

Mata merupakan indera yang bertugas untuk melihat-lihat alam sekitar. Banyak sekali hal-hal yang bisa dilihat oleh Mata bangunan dan masih banyak lagi. Sehingga dengan Mata kita dapat mengenali benda-benda yang ada di lingkungan sekitar kita dengan cepat. Mata menerima sebuah bentuk rangsang yang berupa cahaya atau Fotooreseptor.

Bagian-bagian Mata :

Ada beberapa bagian mata yaitu, antara lain :

  1. Kornea mata, berfungsi untuk menerima sebuah rangsangan yang berupa cahaya dan akan meneruskannya pada bagian mata yang lebih dalam lagi.
  2. Lensa mata, berfungsi untuk meneruskan dan memfokuskan rangsangan cahaya agar bayangan benda dapat jatuh ke lensa mata.
  3. Iris, berfungsi untuk mengatur banyak dikitnya cahaya yang masuk ke dalam Mata.
  4. Pupil, berfungsi sebagai saluran dari masuknya sebuah cahaya.
  5. Retina, berfungsi untuk menghasilkan sebuah bayangan benda yang kemudian akan dikirimkan oleh saraf mata ke otak.
  6. Otot mata, berfungsi untuk mengatur suatu gerakan dari bola mata.
  7. Saraf mata, berfungsi untuk meneruskan sebuah rangsangan yang berupa cahaya dari retina ke otak.
Baca Juga :   Daur Fosfor

Indera Penciuman (Hidung)

Panca Indera

Hidung adalah salah satu bagian dari indera yang kita pakai untuk dapat mengenali aroma dari lingkungan sekitar dan juga menghirup udara segar. Serabut-serabut yang ada pada saraf penciuman terdapat pada bagian atas dari selaput lendir hidung. Fungsi dari Serabut-serabut Olfaktori yaitu untuk mendeteksi sebuah rangsang zat kimia yang berbentuk gas di udara atau Kemoreseptor.

Bagian-bagian hidung :

Ada beberapa bagian dari hidung, antara lain :

  • Rambut halus bertugas sebagai penyaring udara
  • Rambut halus yang berperan dan peka terhadap bau
  • Kumpulan merupakan bagian ujung dari bagian saraf pembau
  • Serat saraf untuk mengirim rangsang bau ke otak
  • Serat saraf untuk mengirim rangsang bau ke otak

Indera Pengecap (Lidah)

Panca Indera

Lidah merupakan kumpulan otot rangka yang ada pada bagian lantai mulut yang bisa membantu proses pencernaan makanan dengan mengunyah dan menelan. Lidah juga dikenal sebagai indera pengecap yang mempunyai banyak struktur tunas pengecap. Lidah juga bertugas untuk membantu dalam tindakan berbicara dan juga membantu untuk membolak balikan makanan yang ada didalam mulut.

Lidah merupakan salah satu organ yang berfungsi sebagai Reseptor kimia yang berada di dalam mulut, sehingga bisa membantu kita untuk menikmati rasa dari sebuah makanan dan minuman. Reseptor yang ada pada lidah juga mampu untuk menerima sebuah rangsangan kimia yang berupa larutan, sehingga disebut sebagai Kemoreseptor.

Lidah memiliki dua otot yang berperan aktif dalam gerakan lidah yaitu otot intrinsik dan otot ekstrinsik. Berikut ini penjelasannya :

  • Otot intrinsik berfungsi untuk mengatur gerakan-gerakan yang halus di lidah.
  • Otot ekstrinsik berfungsi untuk mengaitkan lidah pada bagian yang ada disekitarnya, serta berguna untuk membantu lidah dalam melakukan beberapa gerakan yang kasar seperti menekan gigi, menekan rongga mulut pada bagian atas dan juga mendorong lidah untuk masuk ke faring.
Baca Juga :   Daur Nitrogen

Bagian-bagian lidah yaitu :

  • Pada bagian ujung lidah peka terhadap rasa manis.
  • Pada bagian samping lidah peka terhadap rasa asin dan juga asam.
  • Sedangkan pada bagian pangkal lidah peka terhadap rasa pahit.

Indera Pendengaran (Telinga)

Panca Indera

Telinga merupakan salah satu indra pendengaran yang menerima sebuah rangsangan yang berupa suara atau Fonoreseptor. Telinga juga berfungsi untuk mendengar suara-suara yang ada di sekitar kita. Selain berfungsi untuk mendengar, fungsi lain dari telinga yaitu sebagai alat untuk keseimbangan.

Bagian – Bagian Telinga :

Telinga terdiri dari tiga bagian yaitu, diantaranya :

1. Telinga Luar
Telinga bagian luar yaitu berupa daun telinga, lubang telinga, dan juga saluran telinga bagian luar. Fungsi dari telinga luar adalah untuk menangkap sebuah getaran suara.

2. Telinga Tengah
Telinga bagian tengah tersusun dari selaput pendengaran atau biasa dikenal dengan gendang telinga, tulang-tulang pendengaran, dan juga saluran Eustachius.

3. Telinga Dalam
Telinga bagian dalam tersusun dari bagian yang disebut sebagai tingkap jorong dan rumah siput. Fungsi dari bagian telinga dalam untuk meneruskan sebuah rangsangan suara ke otak.

Indera Peraba (Kulit)

Panca Indera

Kulit merupakan salah satu alat indera yang mampu untuk menerima sebuah rangsangan berupa temperatur suhu, sentuhan, rasa sakit, tekanan, tekstur, dan lain sebagainya. Pada bagian kulit terdapat sebuah reseptor yang peka terhadap sebuah rangsangan secara fisik yang disebut dengan  Mekanoreseptor.

Bagian-bagian Kulit :

Di dalam kulit terdapat sebuah ujung-ujung saraf peraba. Tidak semua bagian dari permukaan kulit merupakan alat peraba yang sama memiliki kepekaan. Bagian kulit yang paling peka adalah ujung jari dan juga bibir. Kulit tersebut dapat membedakan mana yang kasar, halus, panas, dingin, serta sakit. Kulit juga terdiri dari tiga bagian dari lapisan jaringan utama yaitu Epidermis luar, Dermis tengah, dan juga Hipodermis pada bagian dalam.

Baca Juga :   Pengertian Enzim - Fungsi, Sifat Dan Macam-Macamnya

Demikianlah pembahasan dari artikel mengenai Panca Indera beserta dengan hal-hal yang terkait didalamnya. Semoga bermnafaat dan menambah pengetahuan kita semua.

Baca Artikel Terkait Lainnya :

Panca Indera Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar