Kelebihan dan Kekurangan Pasar Modern

Posted on

Kelebihan dan Kekurangan Pasar Modern – Berikut ini rumusbilangan.com akan membahas tentang rangkuman makalah materi Pasar Modern yang akan diterangkan mulai dari pengertian, jenis, fungsi, struktur, unsur, jurnal, tujuan, ciri, makalah, peran, makna, konsep, kutipan, contoh secara lengkap.

Biasanya pasar modern ada di daerah perkotaan. Di pasar modern tidak ada transaksi langsung antara penjual dan pembeli (konsumen), tetapi konsumen memilih barang yang akan dibeli dan harga barang ditunjukkan pada label. Lalu saat membayar.

Apa Itu Pasar Modren ?

Pasar Modern
Pasar Modern

Pasar modern adalah tempat transaksi antara penjual dan pembeli dengan harga yang wajar sehingga tidak terjadi negosiasi. Di pasar modern, barang yang diperdagangkan berkualitas baik dan kondisi pasar bersih dan nyaman.

Contoh Pasar Modern adalah pusat perbelanjaan, supermarket, pasar mini dan sejenisnya.

Ciri – Ciri Dari Pasar Modren

  • Tidak ada transaksi langsung (tatap muka) antara penjual dan pembeli.
  • Harga barang tidak bisa dinegosiasikan.
  • Tempat bersih dan nyaman.
  • Layanan yang baik dan memuaskan.
  • Tata letaknya rapi dan terstruktur sehingga konsumen dapat dengan mudah menemukan barang yang mereka cari.
  • Karyawan yang tugasnya adalah membantu konsumen dengan kegiatan mereka di pasar.
  • Pemerintah tidak melakukan intervensi langsung dalam perekonomian.
  • Pembayaran dilakukan di meja kas.

Kelebihan Serta Kekurangan Dari Pasar Modren

Kelebihan Pasar Modern

Kualitas dan Kualitas Barang yang Ditawarkan Bagus
Barang yang diperdagangkan di pasar modern harus memenuhi standar tertentu untuk memastikan kualitas. Jika ada barang yang tidak dijual (kualitasnya menurun), seperti: Sebagai sayuran, penjual akan mencoba menarik minat pengunjung terhadap barang dengan, misalnya, memberikan diskon besar (diskon).

Baca Juga :   Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Lingkungan Sahabat Kita

Tempat yang Bersih dan Tenang
Salah satu hal yang paling dihargai oleh penjual di pasar modern adalah kepuasan pelanggan atau pembeli. Seperti kita ketahui, kebersihan dan kenyamanan adalah faktor yang berkaitan erat dengan kepuasan berbelanja. Oleh karena itu, kondisi di pasar modern bersih, nyaman dan tenang.

Tingkatkan Produk Domestik Bruto
Produk domestik bruto adalah nilai total dari total produksi barang dan jasa di suatu wilayah dalam periode waktu tertentu. Peningkatan produk domestik bruto juga menunjukkan peningkatan pendapatan pemerintah. Karena itu, pasar modern akan berdampak negatif pada perekonomian negara.

Tambahkan Pekerjaan
Pasar modern membutuhkan orang untuk melakukan pekerjaan mereka, mereka membutuhkan orang yang memiliki keterampilan pemasaran, layanan pelanggan, keamanan, dan kebersihan. Karena itu, pasar modern juga berperan dalam mengatasi pengangguran dengan menciptakan lapangan kerja.

Kekurangan Pasar Modern

Konsumen dari Pasar Bisnis Tertarik ke Pasar Modern
Karena banyaknya keuntungan dari pasar modern, yang tidak dimiliki oleh pasar tradisional, konsumen mulai bergerak dan lebih suka berbelanja di pasar modern. Tentu saja, ini akan mempengaruhi pasar tradisional, di mana permintaan menurun.

Memungkinkan Ketidaksetaraan Ekonomi
Ketika banyak konsumen dari pasar bisnis mulai bergerak ke pasar modern, pendapatan pedagang atau penjual di pasar tradisional juga akan menurun.

Sebagian besar dari mereka adalah kelas menengah ke bawah, sedangkan pemilik pusat perbelanjaan, supermarket, dll milik kelas menengah atas. Ini akan membuat orang kaya semakin kaya dan miskin semakin miskin.

Investasi Asing di Pasar modern dapat Mengurangi Nilai Tukar
Potensi sumber daya yang besar di Indonesia telah menyebabkan banyak pihak asing memasuki pasar Indonesia. Investasi asing di pasar modern terus berlanjut.

Baca Juga :   Ciri Ciri Perseroan Terbatas

Sekarang dampak investasi jangka panjang ini akan mengurangi pendapatan devisa negara, beberapa penyebabnya adalah karena impor besar-besaran (barang asing masuk ke negara itu), tetapi juga karena bagian dari keuntungan, bunga, dan uang lainnya di negara asal untuk dikirim.

Pasar Modern Cenderung Mengeksploitasi Pemasok (pemasok)

Sebagai aturan, tidak ada banyak pasar modern di satu daerah, hanya ada beberapa di setiap wilayah. Tetapi ada banyak pemasok atau orang yang ingin memperkenalkan barang ke pasar modern.

Oleh karena itu, penyedia ini sering dieksploitasi oleh pasar modern. Mengapa? Karena dalam persaingan yang ketat mereka harus memprioritaskan keinginan vendor pasar modern agar barang mereka dapat dikirim ke pasar ini.

Demikian Pembahasan Materi Kita Kali ini Mengenai Pasar Modern. Jangan Lupa Tetap Bersama Kami Di RumusBilangan.com. Semoga Bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terimakasih.

Baca Juga :

Kelebihan dan Kekurangan Pasar Modern Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar