Pasar Oligopsoni

Posted on

Pasar Oligopsoni – Berbicara tentang Pasar akan selalu ditemukan suatu variasi yang menjadikan sebuah ekonomi yang menarik perhatian dan tidak pernah ada habisnya untuk kita bahas.

Pasar Oligopsoni

Terdapat banyak sekali bentuk pasar yang ada didalam perekonomian, mulai dari pasar yang berskala besar hingga yang kecil, pasar yang terdapat isinya lengkap atau hanya ada 1 produk, serta terdapat Struktur Pasar Persaingan Sempurna dan Pasar Persaingan Tidak Sempurna.

Kali ini saya akan membahasa secara rinci dari salah satu jenis dari Pasar Persaingan Tidak Sempurna, yaitu Pasar Oligopsoni.

Pengertian Pasar Oligopsoni

Pasar Oligopsoni adalah salah satu bentuk pasar yang di dalamnya hanya terdapat dua atau lebih pembeli yang umumnya seorang pelaku usaha yang ingin menguasai Pasar tersebut dalam hal Penerimaan sebuah Pasokan, atau berperan sebagai pembeli tunggal dari barang atau jasa yang ada di dalam pasar tersebut.

Didalam Pasar ini seorang Pembeli merupakan pelaku usaha yang akan membeli bahan mentah, lalu akan dijual kembali kepada para konsumen akhir. Didalam pasar tersebut, pembeli mempunyai peranan yang sangat besar dalam penentuan harga barang yang ada di pasar tersebut.

Contoh dari Pasar Oligopsoni seperti Pasar Wortel, Jasa Rekonstruksi Bangunan dan lain sebagainya.

Ciri-ciri Pasar Oligopsoni

Pasar Oligopsoni

Dibawah ini terdapat beberapa karakteristik dari Pasar Oligopsoni yaitu, diantaranya sebagai berikut ini :

  • Terdapat beberapa pembeli.

Ciri utama yang dimiliki sebuah Pasar Oligopsoni yaitu terdapat beberapa pembeli yang akan menguasai Pasar, dimana mereka akan menjadi seorang aktor penting yang ada di dalamnya. Alur dari pasar ini dapat tetap berjalan jika, para pembeli tersebut tetap melaksanakan tugas-tugasnya dengan baik yaitu membeli sebuah produk yang sudah dihasilkan oleh para produsen.

  • Pembeli Didominasi Oleh Distributor Bukan Konsumen.
Baca Juga :   Pasar Oligopoli

Inilah salah satu bentuk dari ciri khas yang dimiliki oleh Pasar Oligopsoni, dimana para pembelinya bukan konsumen biasa melainkan distributor yang akan menjadi jembatan bagi para produsen untuk ke konsumen. Inilah yang menjadi ciri pembeli dari Pasar Oligosoni yang akan berperan sebagai penyalur yang akan menjadi pembeli sekaligus penjual.

  • Produknya Adalah Bahan Mentah

Semua produk yang dijual didalam pasar ini merupakan produk barang berbahan mentah atau bahan setengah jadi yang masih harus melalui proses pengolahan supaya barang tersebut dapat digunakan. Para pembeli didalam pasar ini kemudian akan mengolah bahan mentah tersebut yang kemudian menjualnya ke konsumen akhir.

  • Harga Produk Cenderung Stabil

Di dalam sebuah Pasar Oligopsoni, produsen dan juga konsumen itu memiliki peran yang saling ketergantungan satu sama lain. Sehingga, disaat produsen mulai menaikkan harga maka si konsumen akan menolak dan berpindah ke produsen lain yang mau memberikan barangnya dengan harga yang lebih murah.

  • Penghasilan yang Didistribusikan Merata

Pendapatan dari seorang penjual di pasar ini cenderung didistribusikan secara merata, sebab di dalam Pasar ini tidak terdapat sistem monopoli atau perilaku yang sewenang-wenang.

  • Jenis Barang yang Dijual Sedikit

Produk dari Pasar Oligopsoni biasanya hanya terdapat beberapa produk, seperti Cengkeh, Beras, Susu Sapi, dan lain sebagainya. Namun, pasar ini juga dibentuk berdasarkan sebuah potensi yang ada di suatu daerah.

Contoh potensi yang ada di suatu daerah yaitu cengkeh, Pasar Oligopsoni di daerah tersebut hanya dikendalikan oleh Cengkeh saja.

Kelebihan Pasar Oligopsoni

Pasar Oligopsoni

Layaknya seperti pasar pada umumnya, Pasar Oligopsoni juga memiliki kelebihan yaitu diantaranya sebagai berikut :

  • Hak Dari Seorang Penjual Terlindungi

Meskipun didalam hal ini yang berkuasa adalah seorang pembeli, harga yang ada didalam Pasar Oligopsoni sangat stabil dan tidak akan menimbulkan kerugian bagi para produsen. Didalam hal ini, hak seorang penjual akan selalu terpenuhi dan terlindungi dengan adanya beberapa pembeli yang berkuasa.

  • Pembeli Tidak Bisa Seenaknya Sendiri
Baca Juga :   Permintaan Dan Penawaran

Dalam hal ini, untuk menentukan harga atau sebuah urusan apapun ketika mereka melakukan sebuah tindakan yang seenaknya sendiri, maka mereka akan sangat sulit untuk mendapatkan sebuah keuntungan. Para penjual yang berada dipasar ini tidak mau menjual produknya kepada pihak tersebut, namun mereka akan memberikan produk mereka ke pembeli lain yang mau bekerjasama dengan baik.

  • Keadilan Sangat Dijunjung Tinggi

Meskipun pasar ini di bilang sebagai Pasar Persaingan Tidak Sempurna, Pasar Oligopsoni tetap mengutamakan sebuah keadilan yang terbukti dengan adanya sistem pemerataan sebuah pendapatan dan tidak terdapat kecurangan serta kebebasan yang akan disalah gunakan.

Kekurangan Pasar Oligopsoni

Pasar Oligopsoni

Berdasarkan penjelasan diatas Pasar Oligopsoni juga memiliki sebuah kekurangan yang perlu kita ketahui yaitu diantaranya sebagai berikut :

  1. Kualitas produk dari pasar ini kurang terjaga dengan baik, sebab penjualannya sangat mudah. Produsen dari pasar ini kurang memperhatikan kualitas dari produknya, karena di dalam pasar ini terdapat beberapa pembeli besar yang dengan mudah untuk menjual produknya sehingga mereka tidak memperhatikan kualitas produknya.
  2. Didalam pasar ini juga cukup rentan terjadinya tindakan manipulasi, dimana beberapa dari pembeli pasar ini melakukan sebuah kerjasama untuk memanipulasi keadaan yang bisa menimbulkan kerugian dari produsen. Biasanya manipulasi ini bisa terjadi karena pembeli ingin mendapatkan harga yang relatif lebih murah.
  3. Kemudahan dalam hal jual-beli di pasar ini menimbulkan sebuah kekurangan tersendiri, yaitu kurangnya suatu kreatifitas. Produsen dari pasar ini hanya fokus pada produksinya tanpa memikirkan untuk melakukan sebuah inovasi dan kreatifitas terhadap produk dan bisnis mereka.

Sekian pembahasan dari artikel ini mengenai Pasar Oligopsoni beserta dengan hal-hal yang terkait didalam nya. Semoga bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan kita semua.

Baca Juga :   Ekonomi Makro - Pengertian, Tujuan, Dan Ruang Lingkupnya

Baca Artikel Terkait Lainnya :

Pasar Oligopsoni Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar