Penelitian Kualitatif Menurut Para Ahli

Posted on

Penelitian Kualitatif Menurut Para Ahli- Dasar, Ciri, Tujuan dan Jenisnya- Hallo sahabat pembaca yang budiman, pada kesempatan yang berbahagia kali ini, kita akan membahas makalah mengenai Penelitian Kualitatif menurut Para Ahli yang meliputi dari Pengertiannya, Dasarnya, Ciri – Cirinya serta Tujuannya.

Mari, untuk mempersingkat kita langsung saja simak uraiannya di bawah berikut ini!

Penelitian Kualitatif Menurut Para Ahli

Pengertian Penelitian Kualitatif

Penelitian kualitatif ialah sebuah penelitian yang mana data yang dikumpulkan dan di analisis lebih bersifat kualitatif.

Pengertian dari penelitian kualitatif ialah sebuah penelitian yang tidak memakai model-model dari matematik, statistik atau pun juga dengan komputer. Proses dari penelitian ini bisa dimulai dengan menyusun seuah asumsi dasar dan sebuah aturan berpikir yang mana akan dipakai dalam sebuah penelitian. Penelitian dengan metode kualitatif ialah sebuah penelitiian yang didalam kegiatannya para peneliti tidak memakai angka didalam mengumpulkan sebuah data dan juga dalam memberikan penafsirannya terhadap suatu hasilnya.

Pengertian Penelitian Kualitatif Menurut Para Ahli

Berikut dibawah ini terdapat beberapa pengertian dari penelitian kualitatif yang menurut dari para ahli, yang mana terdiri atas :

Menurut Sukmadinata, Tahun 2005

Dasar dari penelitian kualitatif ialah sebuah konstruktivisme yang mana berasumsi bahwa kenyataan ini berdimensi dengan jamak, interaktif dan pada suatu pertukaran pengalaman sosial yang mana dapat diinterpretasikan oleh tiap individu. Para peneliti kualitatif percaya bahwa sebuah kebenaran yaitu dinamis dan bisa ditemukan hanya dengan melalui penelaahan terhadap beberapa orang-orang melalui suatu interkasinya dengan situasi sosial pada mereka.

Menurut Sugiyono, Tahun 2005

Menurutnya penelitian kualitatif ialah penelitan yang mengkaji perspektif partisipan dengan suatu strategi-strategi yang mana bersifat interaktif dan fleksibel. Penelitian kualitatif ini dapat ditujukan untuk memahami suatu fenomena-fenomena sosial dari pada sudut padang sebuah partisipan. Dengan demikian maka arti atau pengertian dari penelitian kualitatif ini ialah suatu penelitian yang dipakai untuk meneliti pada sebuah kondisi objek. Kondisi alamiah yang mana peneliti adalah sebuah instrumen kunci.

Baca Juga :   Soal Seni Budaya Kelas 2

Menurut Bogdan dan Taylor

Mereka mendefinisikan bahwa sebuah “metodologi kualitatif” ialah sebagai prosedur penelitian yang mana dapat menghasilkan sebuah data deskriptif yang berupa kata-kata tertulis ataupun lisan dari pada orang-orang dan para perilaku yang bisa diamati.

Menurut Kirk dan Miller

Menurut mereka mendefinisikan penelitian kualitatif ialah sebuah tradisi tertentu didalam bidang ilmu pengetahuan sosial yang mana secara fundamental bisa bergantung pada sebuah pengamatan pada manusia didalam kawasannya sendiri dan yang berhubungan dengan orang-orang tersebut didalam bahasannya dan juga di dalam sebuah peristilahannya.

Dasar Teoritis Penelitian Kualitatif

Dasar – dasar teoritis dalam suatu penelitian pendekatan kualitatif ialah sebagai berikut :

  1. Pendekatan pada fenemenologis
  2. Pendekatan pada interaksi simbolik
  3. Pendekatan pada kebudayaan
  4. Pendekatan pada etnometodologi

Ciri-Ciri dari Penelitian Kualitatif

Ada beberapa macam ciri – ciri dari metode penelitian kualitatif, yang di antaranya adalah sebagai berikut :

  1. Penelitian kualitatif ini memakai sebuah latar alamiah atau pada konteksnya yang dari suatu keutuhan
  2. Penelitian kualitatif ini instrumennya ialah manusia, yang mana baik peneliti itu sendiri atau dengan bantuan dari pihak orang lain
  3. Penelitian kualitatif ini memakai sebuah metode kualitatif
  4. Penelitian kualitatif ini memakai sebuah analisis data dengan secara induktif
  5. Penelitian kualitatif ini lebih menghendaki suatu arah bimbingan penyusunan pada teori subtantif yang mana berasal dari suatu data
  6. Penelitian kualitatif ini mengumpulkan sebuah data deskriptif yakni : kata-kata, gambar dan bukan berupa angka-angka
  7. Penelitian kualitatif ini lebih mementingkan pada proses daripada pada hasil
  8. Penelitian kualitatif ini menghendaki pada adanya batasan didalam penelitiannya atas dasar fokus yang mana timbul sebagai suatu masalah didalam penelitian
  9. Penelitian kualitatif ini meredefinisikan suatu validitas, realibilitas dan jgua objektivitas didalam versi yang lain dibandingkan dengan yang mana lazim dipakai didalam sebuah penelitian klasik
  10. Penelitian kualitatif ini menyusun suatu desain yang secara terus menerus dapat disesuaikan dengan suatu kenyataan lapangan atau bersifat sementara.
Baca Juga :   Struktur Neuron

Tujuan Penelitian Kualitatif

Berdasarkan penggunaan metode penelitian ini, maka dapat kita ketahui ada beberapa macam tujuan dari metode penelitian ini, yang diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Menjelaskan tentang suatu proses suatu kegiatan pendidikan yang berdasarkan apa yang terjadi pada lapangan sebagai suatu bahan kajian lanjut untuk menemukan dari kekurangan dan juga kelemahan lembaga pendidikan sehingga bisa ditentukan suatu upaya penyempurnaannya.
  2. Untuk menganalisis dan menafsirkan mengenai suatu fakta, gejala dan juga peristiwa pendidikan yang mana dapat terjadi pada lapangan sebagaimana adanya didalam konteks ruang dan juga waktu serta pada situasi lingkungan dalam pendidikan secara alami.
  3. Untuk menyusun sebuah hipotesis yang berkenaan dengan suatu konsep dan prinsip pendidikan yang berdasarkan pada data dan informasi yang mana terjadi pada lapangan (induktif) untuk sebuah kepentingan pengujian yang lebih lanjut lagi melalui sebuah pendekatan kuantitatif.

Jenis-Jenis dari Penelitian Kualitatif

Ada beberapa macam jenis – jenis dari metode penelitian ini yang diantaranya adalah sebagai berikut :

Etnografi

Pegertian etnografi ialah sebuah uraian dan penafsiran mengenai suatu budaya atau suatu sistem dari kelompok social. Etnografi ini juga termasuk studi yang mana sangat mendalami mengenai sebuah perilaku yang terjadi secara alami pada sebuah budaya atau sebuah kelompok sosial yang tertentu untuk memahami tentang suatu budaya tertentu dari pada sisi pandang pelakunya. Para ahli pun telah menyebutnya sebagai sebuah penelitian pada lapangan, hal ini sebab karena dikerjakan pada lapangan dalam suatu latar yang alami.

Studi Kasus atau Case Studies

Studi kasus ialah suatu penelitian yang lebih mendalam mengenai suatu individu, suatu kelompok, suatu organisasi, suatu program kegiatan, dan lain sebagainya di dalam sebuah waktu tertentu. Tujuannya ialah untuk mebdapatkan sebuah diskripsi yang lebih utuh dan lebih mendalam dari sebuah entitas. Pada studi kasus dapat menghasilkan sebuah data untuk selanjutnya dianalisis untuk bisa menghasilkan teori. Sebagaimana pada prosedur perolehan pada data suatu penelitian kualitatif, data studi kasus ini juga dapat diperoleh dari proses wawancara, pengamtan atau observasi, dan juga arsip. Pada studi kasus ini dapat digunakan untuk membantu meneliti tentang sekolah di tengah-tengah suatu kota yang mana para siswanya dapat mencapai prestasi akademik yang luar biasa.

Baca Juga :   Pengertian Remaja

Studi Dokumen/Teks atau Document Study

Studi dokumen atau teks ini ialah sebuah kajian yang menitik beratkan kepada suatu analisis atau interpretasi dalam bahan  tertulis yang berdasarkan  konteksnya. Bahan ini dapat berupa sebuah catatan yang terpublikasikan, surat kabar, buku teks, majalah, film, surat – surat, naskah, catatan harian, artikel serta yang lain sejenisnya.

Pengamatan Alami atau Natural Observation

Pengamatan alami ialah suatu jenis penelitian kualitatif yang dengan melakukan suatu observasi secara menyeluruh kepada sebuah latar tertentu dengan tanpa sedikitpun mengubahnya. Tujuan yang utama yaitu untuk mengamati dan juga memahami mengenai sebuah perilaku seseorang atau kelompok pada orang didalam situasi tertentu.

Fenomenologi

Yang dimaksud dengan penelitian fenomenologi yaitu penelitian yang mencoba untuk menjelaskan atau mengungkap tentang suatu makna konsep atau fenomena suatu pengalaman yang mana didasari oleh sebuah kesadaran yang terjadi terhadap beberapa individu. Penelitian ini juga bisa dikerjakan dalam situasi yang bersifat alami, sehingga tak ada sebuah batasan didalam memaknai atau pun memahami mengenai fenomena yang sedang dikaji.

Grounded Theory

Meskipun pada suatu studi pendekatan lebih menekankan pada arti dari suatu pengalaman untuk para sejumlah individu, namun tujuan pendekatan dari grounded theory ini ialah untuk bisa menghasilkan atau menemukan mengenai suatu teori yang mana berhubungan dengan terhadap situasi tertentu. Situasi ini yang mana individu saling berhubungan, bertindak, serta terlibat didalam sebuah suatu proses sebagai respon terhadap sebuah peristiwa. Inti dari suatu pendekatan grounded theory ini ialah untuk melakukan pengembangan mengenai suatu teori yang mana berhubungan erat terhadap suatu konteks peristiwa yang dipelajari.

Demikianlah pembahasan makalah mengenai Penelitian Kualitatif Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat ya ….

Baca juga :