Pengambilan Keputusan

Posted on

Pengambilan Keputusan- Pengertian, Ciri, Tujuan, Fungsi, Dasar, Faktornya- Hallo sahabat pembaca yang budiman, pada kesempatan yang berbahagia kali ini kita akan membahas makalah tentang teori Pmengambilan Keputusan yang meliputi dari pengertian, ciri, tujuan, fungsi dan lainnya lengkap.

Untuk itu, mari langsung saja kita simak uraian materinya dibawah berikut ini !

Pengertian dalam Pengambilan sebuah Keputusan

Pengertian dalam sebuah pengambilan keputusan ialah pengambilan suatu hasil atau keluaran dari pada sebuah proses mental atau kognitif yang mengusung kepada pemilihan jalur perbuatan di antara beberapa pilihan yang telah tersedia.

Ada definisi lain dari pada pengambilan keputusan ini ialah suatu proses pemikiran di dalam pemulihan dari beberapa sumber alternatif atau kemungkinan yang mana paling sesuai dengan nilai atau dengan tujuan individu untuk dapat mendapatkan sebuah hasil atas suatu solusi mengenai prediksi kedepannya.

Pengertian tentang Pengambilan Keputusan Berdasarkan Para Ahli

Dibawah ini adalah beberapa penertian mengenai pengambilan keputusan berdasarkan para ahli yaitu sebagai berikut :

Menurut Suharnan

Menurut Suharnan pengertian pengambilan keputusan adalah suatu proses memilih atau menentukan tentang berbagai kemungkinan diantara saat situasi-situasi yang tak pasti.

Menurut Baron Dan Byre

Menurut Baron dan Byrne pengertian dari pengambilan keputusan adalah suatu proses saat melalui kombinasi suatu individu atau kelompok yang mengintegrasikan sebuah informasi yang ada dengan tujuan untuk memilih satu dari berbagai macam kemungkinan suatu tindakan.

Menurut Simon

Menurut Simon pengambilan keputusan yaitu suatu bentuk dari pemilihan dari berbagai macam alternatif tindakan yang mungkin bisa dipilih yang mana prosesnya melewati sebuah mekanisme tertentu dengan harapan akan dapat menghasilkan suatu keputusan yang terbaik.

Baca Juga :   Percakapan Bahasa Arab Tentang Tiket

Ciri – Ciri dari Pengambilan Keputusan

Adapun ciri – ciri dari pengambilan keputusan adalah sebagaimana berikut ini :

Proses Keputusan

Pengertian keputusan ialah suatu proses yang secara terus menerus. Pengambilan keputusan memiliki sifat daripada pengambilan keputusan ini dapat yang bisa dipertimbangkan dengan sebuah faktor waktu yang bisa dibagi menjadi 3 macam yaitu :

  1. Dengan pertimbangan waktu terjadi yang lampau, yang mana masalah itu yang timbul dan informasi yang di dapat bisa dikumpulkan.
  2. Degan waktu sekarang yang mana keputusan itu sedang dibuat.
  3. Dengan waktu yang akan datang yang mana keputusan itu bisa dilaksanakan, dan juga diadakan sebuah penilaian.

Konsep suatu Ikatan

Sebuah keputusan akan di anggap berhasil mana kalah telah mampu menimbulkan sebuah ikatan antara si pengambil keputusan dengan keputusan yang telah di ambil tersebut.

Sebuah ikatan akan di anggap berhasil jika di dalam suatu organisasi tersebut mampu menyesuaikan serta melaksanakan keputusan tersebut.

Penilaian

Ada dua macam faktor dalam pengambilan sebuah keputusan yaitu sebagai berikut :

  1. Seorang pimpinan atau pengambil keputusan menghadapi sebuah pertanyaan antara 2 pilihan atau pun lebih dari alternatif.
  2. Sebuah masalah daripada suatu hasil keputusan itu sendiri yang sudah diambil.

Terdapat dua unsur yang bisa mempengaruhi suatu keputusan yaitu sebagai berikut :

  1. Unsur kepentingan bagi pribadinya
  2. Unsur kepentingan organisasi yang mana akan bersama‑sama menjadi sebuah pertimbangan, sekalipun dengan dua faktor penilaian itu yang sangat kompleks.

Perilaku dengan sebuah Maksud Tujuan Tertentu

Suatu maksud dan tujuan dalam sebuah organisasi ialah suatu standar untuk mengadakan suatu penilaian daripada kemungkinan sebuah hasil dari tindakan‑tindakan yang berbeda‑beda. Oleh sebab itu, maka suatu tujuan organisasi tersebut ialah dapat bersifat dominanatau terkuat, yang bisa dihubungkan dengan suatu tujuan pribadi, yang secara sadar ataupun tidak sadar bagi pimpinannya itu.

Fungsi Pengambilan Keputusan

Suatu keputusan pasti memiliki beberapa fungsi dari keputusan tersebut. Ada dua fungsi dari pengambilan keputusan yaitu :

  1. Pada awal dari semua jenis aktivitas manusia yang secara sadar dan terarah, baik itu secara individual maupun juga secara sadar kelompok, baik juga secara institusional maupun juga secara organisasional.
  2. Sesuatu yangmemiliki sifat futuristik, yang artinya bersangkut  paut dengan sbauh hari depan, masa yang akan datang, dimana sebuah efeknya atau juga pengaruhnya yang berlangsung cukup lama.
Baca Juga :   Nama - Nama Musim Dalam Bahasa Arab

Tujuan Pengambilan Keputusan

Setiap keputusan juga pasti ada keputusan, berikut ini ada dua hal tujuan dari pemberian keputusan tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Sebuah tujuan yang memiliki sifat tunggal, yang mana bisa terjadi apabila keputusan yang dihasilkan itu hanya menyangkut satu bauh masalah saja, artinya ialah bahwa sekali diputuskan, maka tidak akan ada kaitannya lagi dengann masalah yang lain.
  2. Sebuah tujuan yang memiliki sifat ganda, yaitu sebuah tujuan yang terjadi jika keputusan yg dihasilkantersebut menyangkut lebih dari pada satu masalah, artinya adalah bahwa satu keputusan yang diambil tersesbut sekaligus dapat memecahkan dua masalah atau juga lebih, yang mana bersifat tidak kontradiktif.

Dasar Pengambilan Keputusan

Seperti yang di kemukan oleh Terry di dalam Sanusi beliau menyatakan bahwa pada umumnya pengambilan sebuah keputusan bagi seseorang mempunyai dasar antara lain yaitu sebagai berikut :

Intuisi

Intuisi atau perasaan yang mana lebih bersifat subjektif yakni mudah terkena sebuah sugesti, pengaruh luar, dan juga faktor pada kejiwaan lain. Pada sifat subjektif dari keputusuan intuitif ini bisa terdapat beberapa keuntungannya , yaitu sebagai berikut :

  1. Sebuah pengambilan keputusan oleh satu pihak yang mana menjadi mudah untuk memutuskannya.
  2. Sebuah keputusan intuitif yang lebih tepat untuk sebuah masalah-masalah yang mana lebih bersifat kemanusiaan.

Pengalaman

Pengambilan keputusan berdasarkan pengalaman ini adalah keputusan yang di ambil dengan cara memeriksa terlebih dahulu, apakah kasus yang di berik keputudsan tersebut sudah pernah terjadi atau belum.

Jika sudah pernah terjadi, maka pemimpin tingga memberikan keputusan yang sama dengan keputusan yang pada kasus dahulu.

Fakta

Fakta di sini adalah berkaitan dengan sejumah informasi dan juga bukti yang nyata. Kumpulan data informasi yang di dapat kemudian di olah hingga menjadi informasi sebagai dasar pengambilan sebuah keputusan.

Wewenang

Ialah sebuha keputusan yang di ambil oleh orang yang memang memiliki wewenang di dalam memberikan aau memutuskan sebuah wewenang tersebut.

Baca Juga :   Kata-Kata Mutiara Bahasa Arab Tentang Ilmu

Rasional

Sebuah keputusan yang di ambil adalah keputusan yang bersifat rasional  yang berkaitan dengan daya guna. Keputusan yang rasional akan lebih bersifat objektif.

Keputusan ini bisa di ambil dengan mengukur batasan – batasan suatu nilai dari masyarakat saat itu sendiri.

Faktor yang dapat Mempengaruhi Pengambilan Keputusan

Menurut Syamsi beliau mengunkapkan bahwa terdapat beberapa faktor yang bisa menjadi pengaruh di dalam pengambilan sebuah keputusan di antaranya adalah sebagai berikut :

  1. Suatu hal yang memiliki wujud maupun yang tidak memiliki wujud, yang bisa emosional maupun juga yang rasional perlu untuk diperhitungkan di dalam pengambilan sebuah keputusan.
  2. Pada tiap keputusan harus bisa dijadikan sebagai bahan untuk mencapai sebuah tujuan organisasi.
  3. Di tiap keputusan jangan pernah berorientasi pada suatu kepentingan pribadi, namun harus lebih mementingkan pada kepentingan organisasi tersebut.
  4. Sangat jarang sekali pilihan yang cukup memuaskan, oleh sebab itu buatlah suatu altenatif-alternatif tandingannya.
  5. Dalam pengambilan keputusan yang merupakan suatu tindakan mental dbagi tiap tindakan ini haruslah diubah menjadi sebuah tindakan fisik.
  6. Sebuah pengambilan keputusan yang cukup efektif membutuhkan sebuah waktu yang cukup lama.
  7. Sangat diperlukan sebuah pengambilan keputusan yang praktis guna untuk mendapatkan suatu hasil yang lebih baik lagi.
  8. Pada setiap keputusan hendaknya untuk dilembagakan supaya bisa diketahui bahwa keputusan itu benar.

Sebuah Proses dalam Pengambilan Keputusan

Ada beberapa proses didalam pengambilan sebuah keputusan, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Melakukan penentuan sebuah diagnosa dari suatu masalah yang sebenarnya terjadi
  2. Memikirkan satu atau lebih mengenai pemecahan yang baik
  3. Memproyeksikan dan membandingkan mengenai konsekwensi daripada sebuah alternatif
  4. Memberikan sebuah penilaian perbedaan dari para sejumlah konsekwensi itu dan juga pilihlah suatu langkah sebagai tindakannya

Demikianlah pembahasan makalah tentang Pengambilan Keputusan. Semoga bermanfaat ya ….

Baca juga :

Related posts: