Pengertian Lambung

Posted on

Pengertian Lambung – Berikut ini rumusbilangan.com akan membahas tentang rangkuman makalah materi Pengertian Lambung yang akan diterangkan mulai dari pengertian, jenis, fungsi, struktur, unsur, jurnal, tujuan, ciri, makalah, peran, makna, konsep, kutipan, contoh secara lengkap.

Nama lain untuk perut adalah ventrikel, sering disebut perut. Lambung memiliki fungsi utama menyimpan dan mengolah makanan sementara.

Apa Itu Lambung ?

Lambung

Lambung adalah salah satu organ pencernaan berbentuk kantung dan terletak di rongga perut kiri rongga perut di atas diafragma. PH lambung sekitar 2 derajat, sehingga sangat asam.

Di kedua ujung perut (sebelum dan sesudah perut), ada dua penyempitan yang menyebabkan makanan yang diproses di perut tidak turun ke organ lain selama proses pengolahan.

Di bagian dalam perut adalah kelenjar yang menghasilkan jus lambung. Ukuran perut berbeda untuk setiap individu, tetapi umumnya dapat menyerap 1,5 liter makanan.

Fungsi Dari Lambung

  • Simpan dan olah makanan.
  • Hancurkan bakteri dan mikroorganisme berbahaya dalam makanan. Keasaman asam lambung, yang sangat asam, dapat membunuh bakteri yang ada di sana.
  • Mulailah mencerna lemak.
  • Protein menjadi pepton.
  • Konversi kaseinogen menjadi kasein.
  • Mungkin juga bertindak dalam kendali hormon.

Struktur Dari Lambung

Pada umumnya, lambung memiliki struktur dinding yang mirip dengan usus kecil dan sebagian besar organ pencernaan lainnya. Struktur lambung diatur oleh 4 dinding berikut (dari luar ke dalam):

Lapisan Serosa
Lapisan luar yang bertindak sebagai lambung pelindung. Sel-sel yang terkandung dalam lapisan ini dapat menghasilkan sejenis cairan yang mengurangi gaya gesekan antara lambung dan organ pencernaan lainnya.

Baca Juga :   Sistem Koloid - Makalah, Materi, Pengertian, Jenis, Dan Sifat-Sifat Koloid

Lapisan Otot
Lapisan otot di perut adalah lapisan otot polos yang bekerja tanpa sepengetahuan kita. Ada 2 jenis serat otot, yaitu serat otot lonjong, bundar dan miring. Kombinasi ketiga jenis kontraksi otot ini mengarah ke peristaltik lambung, yang berfungsi untuk membagi makanan dan melanjutkan ke organ pencernaan.

Lapisan Submukosa
Dalam bentuk lapisan jaringan ikat longgar yang mengandung pembuluh darah, getah bening, saraf dan selaput lendir. Pembuluh darah di mukosa lambung submukosa memainkan peran penting dalam sirkulasi makanan yang dicerna.

Lapisan Selaput Lendir
Selaput lendir terdiri dari sel-sel yang bertanggung jawab untuk sekresi. Lapisan lendir berfungsi untuk memisahkan berbagai jenis cairan seperti enzim, asam lambung dan hormon. Di dalam selaput lendir ada 3 jenis sel, yaitu:

  • Sel piala menghasilkan lendir atau lendir yang mencegah lapisan dalam tidak rusak.
  • Sel parietal menghasilkan asam lambung dan berperan dalam aktivasi enzim Pepisn.
  • Sel-sel utama menghasilkan pepsinogen (enzim pepsin dalam bentuk tidak aktif). Enzim ini diproduksi dalam bentuk tidak aktif sehingga tidak mencerna protein yang dimiliki sel-sel ini.

Bagian – Bagian Dari Lambung

  • Lambung Kardiak
    Merupakan bagian pertama dari lambung, yang berfungsi sebagai input makanan dari kerongkongan.
  • Fundus Lambung
    Merupakan bagian tengah perut, yang bentuknya bulat. Bagian ini sering disebut dengan corpus (lambung tubuh).
  • Pilorus Lambung
    Bagian terendah perut terhubung ke usus kecil.

Di Lambung ada dua katup (sfingter) dalam bentuk penyempitan di kedua ujungnya. Di ujung perut, yang berbatasan dengan kerongkongan, ada sfingter jantung, sedangkan di ujung perut, yang berbatasan dengan usus kecil, ada sfingter pilorus. Kedua sfingter menjaga makanan dalam lambung selama proses pencernaan dan pada saat yang sama mencegah asam lambung memasuki organ lain.

Baca Juga :   Pengertian Lemak

Unsur – Unsur Lambung

  • HCL (asam lambung) adalah cairan yang sangat asam yang diproduksi oleh sel parietal. Digunakan untuk membunuh bakteri dalam makanan, merangsang hati dan usus pankreas, dan mengubah pepsinogen menjadi pepsin.
  • Pepsin, digunakan untuk mengubah protein menjadi albumin + pepton.
  • Lipase, digunakan untuk mengubah lemak menjadi asam lemak + gliserin.
  • Renin digunakan untuk mengubah protein dari susu menjadi laktosa.
  • Gastrin bertindak sebagai hormon yang meningkatkan produksi kelenjar lambung untuk mengeluarkan jus.
  • Mucin melindungi dinding lambung.

Sistem Pencernaan Dari Lambung

Mekanis
Makanan dari kerongkongan masuk ke perut, makanan tersebut kemudian dicerna di dalam perut selama sekitar 2-5 jam. Perut memiliki lapisan otot yang bergabung dengan pencernaan mekanik dalam pemecahan makanan. Kombinasi kontraksi otot perut menciptakan gerakan yang perlahan mendorong makanan. Gerakan ini disebut peristaltik. Peristaltik terjadi setiap 15-25 detik.

Secara Kimiawi
Proses pencernaan kimiawi di perut dilakukan oleh jus lambung. Dalam hal ini, makanan dipecah menjadi bentuk yang lebih sederhana sehingga mereka dapat dengan mudah diserap ke dalam usus. Jus lambung membuat makanan bebas dari bakteri dan asam. Selain itu, makanan bermigrasi ke usus kecil dan pH dinetralkan oleh peran organ lain seperti pankreas dan usus.

  • Pengosongan Lambung
    Pengosongan lambung disebabkan oleh stimulasi saraf karena adanya makanan di perut. Selain itu, kehadiran hormon gastrin, yang merupakan bagian dari jus lambung, merangsang kontraksi otot jantung, pergerakan lambung dan relaksasi sfingter pilorus, sehingga sejumlah proses ini membawa makanan ke organ pencernaan selanjutnya. Perut mengosongkan seluruh isinya ke dalam usus kecil sekitar 2 hingga 6 jam setelah memulai pencernaan makanan. Tingkat pengosongan lambung sangat tergantung pada konsentrasi makanan yang tersedia.
    Beberapa faktor yang mempengaruhi laju pengosongan lambung meliputi
    • Pompa sfingter pilorus dan peristaltik
    • Volume makanan
    • Hormon gastrin
    • Sistem hormon tubuh
    • Konsentrasi Makanan
Baca Juga :   Daur Karbon

Demikian Pembahasan Materi Kita Kali ini Mengenai Pengertian Lambung. Jangan Lupa Tetap Bersama Kami Di RumusBilangan.com. Semoga Bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terimakasih.

Baca Juga :

Pengertian Lambung Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar