Pengertian Mind Mapping

Posted on

Pengertian Mind Mapping- Manfaat, Membuat, Gambar dan Contohnya- Hallo sahabat pembaca yang budiman, pada kesempatan yang berbahagia kali ini kita akan membahas makalah tentang Pengertian Mind Mapping- Manfaat, Membuat, Gambar, Contoh, Kunci lengkap.

Mari langsung saja kita simak uraian materinya dibawah berikut ini!

Pengertian Mind Mapping

Kata Mind mapping bisa kita artikan sebagai proses memetakan sebuah pikiran untuk menghubungkan kepada konsep-konsep permasalahan tertentu dari pada cabang-cabang sel saraf yang membentuk korelasi konsep yang menuju pada suatu sebuah pemahaman dan hingga pada hasilnya dapat dituangkan secara langsung di atas kertas dengan sebuah animasi yang dapat disukai dan juga mudah untuk dimengerti oleh pembuatnya sendiri atau orang lain. Sehingga pada tulisan yang telah dihasilkan merupakan suatu gambaran langsung dari sebuah cara kerja koneksi-koneksi didalam sebuah otak.

Pengertian Mind maping ialah suatu cara untuk mengembangkan kegiatan berpikir ke dalam segala arah, lalu menangkap berbagai hal pikiran didalam berbagai macam sudut. Mind maping ini mengembangkan sebuah cara berpikir divergen dan juga berpikir kreatif. Mind maping ini yang sering kita sebutkan dengan sebuah peta konsep yaitu alat berpikir yang organisasional yang mana sangatlah hebat yang juga ialah suatu cara termudah untuk menempatkan suatu informasi ke dalam media otak dan mengambil sebuah informasi itu ketika saatnya dibutuhkan.

Dari Mind Mapping ini juga merupakan sebuah teknik penting yang mana dapat meningkatkan cara kita dalam merekam sebuah informasi, dan juga dapat mendukung dan meningkatkan mengenai pemecahan masalah secara lebih kreatif. Maka, dengan memakai sebuah Peta Pikiran, kita bisa dengan cepat mengidentifikasi dan juga memahami suatu struktur subjek. Kita bisa melihat suatu cara itu berupa potongan-potongan informasi yang mana cocok bersama-sama, serta dapat merekam berupa fakta-fakta mentah yang mana terkandung didalam catatan yang bisa normal. Lebih dari hal itu, Peta suatu Pikiran ini dapat mendorong pemecahan suatu masalah dengan secara kreatif, sebab mereka menyimpan sebuah informasi didalam format yang mana dalam pikiran kita bisa menemukan dan juga mudah untuk diingat dan cepat juga untuk meninjaunya.

Baca Juga :   Mari Mengenal Imam Sibawaih (امام سيبويه )

Manfaat Mind Mapping

Dibawah ini adalah beberapa manfaat dari penggunaan mind mapping yaitu sebagai berikut :

  1. Tema yang utama dapat terdefinisi dengan secara sangat jelas sebab dinyatakan pada bagian tengah.
  2. Level pada keutamaan informasi dapat teridentifikasi dengan secara lebih baik, informasi yang mempunyai suatu kadar kepentingan akan lebih diletakkan dengan pada tema yang utama.
  3. Pada hubungan antara masing-masing informasi akan dengan secara mudah bisa segera diidentifikasi.
  4. Menjadi lebih mudah untuk dipahami dan juga diingat.
  5. Informasi yang baru setelahnya bisa segera mungkin digabungkan dengan tanpa merusak pada keseluruhan struktur dari Mind mapping, maka sehingga bisa mempermudah suatu proses pengingatan.
  6. Pada masing-masing Mind mapping cukup sangat unik, sehingga bisa mempermudah suatu proses pengingatan.
  7. Dapat mempercepat sebuah proses pencatatan sebab dengan hanya memakai kata kunci yang ada.

Membuat Mind Mapping

Berikut dibawah ini adalah beberapa langkah cara dalam membuat Mind Mapping, yaitu :

  1. Pastikan untuk Tema yang Utama Terletak pada Bagian Tengah-Tengah
    Contohnya yaitu : jika kita sedang mempelajari suatu pelajaran sejarah tentang kemerdekaan Indonesia, maka untu tema utamanya yaitu tentang sejarah Indonesia.
  2. Dari suatu Tema yang Utama, maka Akan Muncul dari Tema-Tema Turunan Yang mana Masih Berkaitan dengan pada Tema Utamanya.
    Dengan berasal dari tema yang utama Sejarah Indonesia, maka kemudian pada tema-tema turunan bisa terdiri atas : Wilayah, Periode, Bentuk Perjuangan, dan lain – lain.
  3. Mencari Hubungan Antar tiap Tema Dan juga Tandai Dengan sebuah Garis, Warna Ataupun juga dengan Simbol
    Pada setiap tema turunannya terutama akan muncul lagi pada sebuah tema turunan yang ke dua, ketiga dan juga seterusnya. Maka langkah yang berikutnya yaitu mencari sebuah hubungan yang ada diantara tiap tema pada turunan.
  4. Gunakanlah Huruf Kapital atau Besar
    Huruf kapital atau besar akan bisa mendorong kita untuk hanya menuliskan suatu poin-poin pentingnya saja pada Peta Pikiran. Selain itu juga, membaca sebuah kalimat didalam gambar, maka akan jauh lebih mudah jika didalam huruf besar tersebut dibandingkan dengan huruf kecil, penggunaan tentang huruf kecil dapat diterapkan pada suatu poin-poin yang sifatnya adalah menjelaskan sebuah poin kunci.
  5. Buatlah sebuah Peta Pikiran pada kertas Polos Dan kemudian Hilangkanlah mealui Proses Edit
    Ide dari suatu peta pikiran ialah supaya kita bisa lebih berpikir kreatif. Sebabnya gunakanlah kertas polos dan janganlah mudah untuk tergoda ingin melakukan memodifikasi peta pikiran pada suatu tahap-tahap awal. Sebab jika kita terlalu dini untuk melakukan modifikasi pada sebuah peta pikiran, maka yang sering kali fokus kita malah akan berubah sehingga bisa menghambat penyerapan sebuah pemahaman tema yang mana sedang kita pelajari ini.
  6. Sisakan sebuah Ruangan Untuk melakukan Penambahan Tema
    Sebuah peta pikiran yang mana bermanfaat seperti biasanya ialah yang mana telah dikerjakan penambahan pada tema dan juga modifikasi berulang kali yang selama beberapa waktu. Kemudian setelah menggambar sebuah peta pikiran versi yang pertama, maka pada umumnya kita bisa menambahkan sebuah informasi, menulis sebuah pertanyaan atau juga menandai poin-poin yang penting. Maka, selalu sisakanlah sebuah ruang pada kertas Peta Pikiran untuk sebauh penambahan temanya.
Baca Juga :   Soal Seni Budaya Kelas 3

Contoh Peta Pikiran

Gambar Mind Mapping
Gambar Mind Mapping

Berikut ini adalah cara untuk menggambarkan mind map yang berupa sebuah catatan objek, yaitu :

  1. Tuliskanlah sebuah judul subjek kita untuk menjelajahi di tengah uatu halaman, dan menggambar sebuah lingkaran pada sekitar itu. Hal ini dapat ditunjukkan oleh sebuah lingkaran yang ditandai oleh 1 dalam sebuah Gambar 1, yang di atas.
  2. Saat kita datang pada subdivisi utama atau pada subpos dari sebuah topik yaitu fakta penting yang mana berhubungan dengan sebuah subjek yang menarik garis keluar daripada lingkaran ini. Pada label garis-garis ini yaitu dengan memakai subdivisi atau subpos. Hal ini bisa ditunjukkan oleh suatu garis yang ditandai 2 pada Gambar 1 diatas.
  3. Kemudian saat kalian “menggali” didalam subjek dan juga mengungkap pada tingkat yang lain mengenai informasi yaitu pada subpos lebih lanjut, atau pun fakta individu, yakni milik subpos di atas, menggambarkan garis ini yakni sebagai yang terkait dengan sebuah garis subpos. Ini bisa ditunjukkan oleh sebuah garis yang ditandai dengan 3 pada gambar 1 diatas.
  4. Dan akhirnya, untuk pada individu fakta-fakta atau suatu ide, menggambar sebuah garis keluar dari suatu garis pos yang mana sesuai dan juga di label mereka. Ini yang ditunjukkan oleh suatu garis yang ditandai nomor 4 pada Gambar 1 diatas.

Demikianlah pembahasan makalah mengenai Pengertian Mind Mapping. Semoga bermanfaat ya ….

Baca juga :