Pengertian Modernisasi

Posted on

Pengertian Modernisasi – Berikut ini rumusbilangan.com akan membahas tentang rangkuman makalah Pengertian Modernisasi yang akan diterangkan mulai dari pengertian, jenis, fungsi, struktur, unsur, jurnal, tujuan, ciri, makalah, peran, makna, konsep, kutipan, contoh secara lengkap.

Modernisasi dalam ilmu sosial adalah suatu bentuk transformasi dari keadaan keterbelakangan atau keterbelakangan menjadi negara yang lebih baik dengan harapan mencapai masyarakat yang lebih makmur, sejahtera dan bermartabat.

Modernisasi juga sering diekspresikan sebagai evolusi ilmu teknologi dan pengetahuan yang berkembang. Efek dari perubahan teknologi ini semakin terlihat di kota dan desa.

Pengertian Modernisasi Menurut Para Ahli

Pengertian Modernisasi Menurut Para Ahli
  • Widjojo Nitisastro
    Modernisasi adalah proses transformasi total dan koeksistensi tradisional atau pra-modern dalam hal teknologi atau organisasi atau dalam hal pola yang lebih ekonomis dan strategis.
  • Soerjono Soekanto
    Modernisasi adalah suatu bentuk perubahan sosial yang diarahkan ke arah yang mengarah pada rencana yang biasa disebut perencanaan sosial.
  • Wilbert E. Moore
    Mengekspresikan modernisasi sebagai transformasi total dari kehidupan bersama tradisional ke arah lebih banyak pola ekonomi dan strategis yang menjadi ciri negara barat yang stabil.

Modernisasi dalam sekelompok orang dapat terjadi di sejumlah bidang, seperti bisnis, perdagangan, teknologi informasi, industri, dan semua bidang kehidupan masyarakat. Area-area yang berbeda ini dapat berkembang melalui serangkaian proses panjang untuk mencapai pola perilaku nyata dalam kehidupan masyarakat modern.

Modernisasi dalam masyarakat sering disalahpahami sebagai kondisi negatif karena lebih pada kebebasan duniawi. Untuk menghindari salah tafsir dan bukan modernisasi, istilah modern dapat diartikan sebagai berikut:

  • Modern berarti kemajuan yang rasional di semua bidang dan yang meningkatkan serta mendistribusikan standar kehidupan masyarakat secara keseluruhan
  • Modernitas berarti kemanusiaan dan status peradaban yang tinggi dalam pergaulan hidup.
Baca Juga :   Isi Dwikora 3 Mei 1964 Serta Kronologi Sejarahnya

Ciri – Ciri Dari Modernisasi

Modernisasi tidak harus terjadi langsung dalam kehidupan manusia. Suatu situasi dianggap sebagai modernisasi jika memenuhi kondisi berikut:

  • Organisasi tingkat tinggi, terutama disiplin diri
  • Otoritas pusat dalam implementasi perencanaan sosial
  • Sistem administrasi yang baik yang mewujudkan reformasi birokrasi yang berkualitas
  • Ada sistem akuisisi data reguler
  • Jalan pemikiran ilmiah dilembagakan dalam kehidupan penguasa dan masyarakat
  • Penciptaan iklim masyarakat yang menyenangkan untuk modernisasi melalui penggunaan alat komunikasi massa.

Harus dipahami bahwa modernisasi ada dalam bentuk yang berbeda dari Westernisasi. Jika modernisasi adalah perubahan keadaan ke cara yang lebih baik, maka Westernisasi adalah proses meniru kehidupan yang lebih baik, ditiru berdasarkan budaya Barat, yang dianggap lebih baik daripada budaya daerah itu sendiri.

Namun dalam perkembangannya, proses modernisasi tidak dapat dipisahkan dari Verwestlichungsprozess. Ini disebabkan oleh perkembangan masyarakat modern, yang umumnya terjadi dalam kehidupan masyarakat Barat.

Juga fitur modernisasi dapat dibagi menjadi 2 karakter, yaitu:

  • Aspek Sosial Demografis
    Juga disebut sebagai aspek mobilitas sosial. Ini adalah proses mengubah elemen sosial, ekonomi dan psikologis masyarakat, menunjukkan peluang untuk beralih ke metode yang lebih modern seperti urbanisasi, mekanisasi dan peningkatan pendapatan per kapita.
  • Aspek Struktur Organisasi Sosial
    Aspek ini adalah elemen dan norma masyarakat yang diwujudkan ketika orang berhubungan dengan orang lain dalam kehidupan sosial, dan dapat dikaitkan dengan institusi sosial, norma sosial, kelas sosial, kekuasaan dan otoritas, dan interaksi sosial.

Dampak Dari Modernisasi

Dampak Positif
Perubahan nilai dan sikap, perubahan ini bisa terjadi di masyarakat, dibuktikan dengan adanya pola pikir yang berubah dari tidak rasional ke rasional.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan perkembangan ini, dapat membuat orang lebih mudah dan merangsang pikiran. Perkembangan ilmu pengetahuan juga semakin membentuk proses modernisasi

Baca Juga :   Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5

Standar kehidupan yang lebih baik, penggunaan teknologi dan pengembangan pengetahuan dapat meningkatkan fungsi kehidupan dan mata pencaharian masyarakat, yang akan meningkat seiring waktu.
Dengan memperkuat integrasi ke dalam masyarakat dan sikap terbuka dalam masyarakat modern, komunikasi antara orang menjadi lebih lancar. Proses komunikasi yang lancar akan memperkuat integrasi ke dalam kehidupan kelompok masyarakat

Meningkatkan kesadaran politik dan demokrasi dengan semakin terbukanya informasi dari media cetak dan media elektronik serta pengetahuan yang lebih politis dan demokratis yang dikenal masyarakat. Dengan demikian, sikap kritis semakin direalisasikan sebagai perwujudan masyarakat demokratis.

Pengaruh Negatif
Ketidaksetaraan sosial memanifestasikan dirinya dalam fenomena munculnya kelompok sosial tertentu seperti pedagang kaki lima, penganggur, pedagang kaki lima, dll. Selain itu, modernisasi juga memperkuat kesenjangan antara orang-orang yang berpendidikan dan tidak berpendidikan, dan modernisasi juga membawa perubahan dalam tatanan sosial masyarakat.

Kesenjangan ekonomi dapat dilihat pada kesenjangan antara kaya dan miskin, dalam kemunculan Konsummudaya, dalam kemunculan budaya efek demonstrasi (yang sering dipamerkan), dan sebagainya. Polusi Dengan membangun berbagai operasi industri, tidak dapat dihindari bahwa polusi lingkungan di sekitar pabrik akan disebabkan oleh pemrosesan barang-barang industri.

Munculnya kejahatan berdasarkan keinginan masing-masing orang untuk mengalahkan orang lain dilakukan dengan berbagai cara, termasuk peradilan pidana.

Contoh Dari Modernisasi

  • Sektor Komunikasi
    Dengan munculnya modernisasi, komunikasi antar individu menjadi lebih cepat. Tidak ada lagi hambatan untuk komunikasi jarak jauh. Teknologi ini juga memudahkan kita untuk dengan cepat mengakses informasi dari bagian lain dunia. Namun di balik kemajuan komunikasi yang berkilauan ini memang jarang seseorang yang berkomunikasi langsung berhadapan. Ini tentu saja memperburuk kualitas interaksi sosial di masyarakat.
  • Area Kerja
    Di masa pra-industri masyarakat selalu melakukan segalanya dengan cara tradisional, baik dengan kekuatan manusia sendiri maupun dengan hewan dan kondisi kehidupan lainnya yang tersedia di Bumi. Namun, berkat modernisasi, berbagai jenis mesin telah dibuat dan dikembangkan untuk memfasilitasi tenaga manusia sehingga mereka dapat menghasilkan barang yang efisien tanpa menginvestasikan banyak waktu.
  • Pendidikan
    Dengan lahirnya modernisasi, ketika orang terbiasa belajar tentang buku dan semakin banyak kertas, semakin mudah untuk mengakses buku elektronik dan membawanya ke mana pun mereka pergi.
Baca Juga :   Panggilan Tante Dalam Bahasa Arab

Demikian Pembahasan Materi Kita Kali ini Mengenai Pengertian Modernisasi. Jangan Lupa Tetap Bersama Kami Di RumusBilangan.com. Semoga Bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terimakasih.

Baca Juga :

Pengertian Modernisasi Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar