Pengertian Museum

Posted on

Pengertian Museum – Berikut ini rumusbilangan.com akan membahas tentang rangkuman makalah materi Museum yang akan diterangkan mulai dari pengertian, jenis, fungsi, struktur, unsur, jurnal, tujuan, ciri, makalah, peran, makna, konsep, kutipan, contoh secara lengkap.

Pemahaman tentang museum dapat dijelaskan secara etimologis dan terminologis. Museum ini secara etimologis berasal dari bahasa Yunani klasik. Dalam bahasa Yunani klasik, museum ini berasal dari kata “Muze”. Muze adalah koleksi 9 dewi sebagai simbol sains dan seni.

Berdasarkan makna kata tersebut, museum dapat digambarkan sebagai tempat di mana benda-benda kuno disimpan (ziarah), sehingga tujuan dapat dilihat dan dipelajari lagi, untuk mendapatkan wawasan dan menjadi tempat istirahat.

Pengertian Museum Menurut Para Ahli

Museum ini secara terminologis dijelaskan oleh beberapa ahli. Pemahaman terminologis museum adalah sebagai berikut:

Douglas A. Allan
Menurut Douglas A. Allan, museum adalah bangunan yang menampung koleksi benda untuk penelitian dan kesenangan.

Kamus Tingkat Lanjut
Untuk memahami museum dalam kamus lanjutan adalah bangunan yang menampilkan benda-benda yang artistik, historis, ilmiah, dll.

Berdasarkan pemahaman tertentu tentang museum di atas, dapat dijelaskan bahwa museum adalah tempat atau lembaga yang mengumpulkan, menyimpan dan memamerkan benda-benda yang dapat menjadi sumber pengetahuan seperti sejarah, seni, sains dan lain-lain.

Fungsi Dari Museum

Museum ini adalah Sebuah tempat yang sering didatangi oleh masyarakat, baik untuk perjalanan studi maupun untuk penelitian dan pelajaran . Museum juga sangat diperlukan. Seperti yang kita ketahui, ada hal-hal di museum yang dapat menambah pengetahuan kita. Berdasarkan hasil Konferensi Dewan Internasional Museum (ICOM) 1974 di Denmark, 9 fungsi museum dipresentasikan.

Baca Juga :   Contoh Kata Nomina

Fungsi Museum adalah sebagai berikut:

  • Pengumpulan dan keamanan warisan alam dan Bidaya
  • Dokumentasi dan penelitian ilmiah
  • Konservasi dan konservasi
  • Penyebarluasan dan pendekatan pengetahuan kepada publik
  • Pengenalan dan apresiasi seni
  • Visualisasi warisan alam dan budaya
  • Sebuah refleksi dari pertumbuhan peradaban manusia
  • Generator rasa terima kasih dan kesalehan kepada Allah SWT

Sejarah Dari Museum

Sejarah Dari Museum
Sejarah Dari Museum

Untuk mengetahui apa itu sejarah, karena saat ini ada museum, kita dapat melihat kembali ke asal kata museum itu sendiri. Jika telah dijelaskan bahwa museum ini diturunkan dari kata “muze”, maka kali ini lebih jelas bahwa itu adalah Museion.

Museion adalah tempat tinggal Muze, yaitu 9 anak dewi Zeus. Dengan perkembangan era Museion, tempat kerja dikembangkan oleh para ahli di Yunani kuno. Contoh ahli yang bekerja di museum adalah Plato dan Phytagoras.

Karena merasa ditinggalkan di Museion, mereka melihat tempat itu sebagai tempat eksplorasi, pendidikan filosofis, sains dan seni. Seiring berjalannya waktu, pengetahuannya terus bertambah, hingga akhirnya sebuah museum dibangun di Alexandria. Museum ini adalah museum tertua dalam hal sains dan seni.

Pada awalnya, bangunan museum adalah tempat untuk mengumpulkan benda dan alat untuk penelitian ilmiah dan artistik. Namun, koleksinya terus bertambah, hingga museum ini adalah tempat koleksi benda-benda yang dianggap unik dan aneh.

Perkembangan berlangsung hingga Abad Pertengahan. Pada saat itu, pemain kuningan terbaik, seniman, dan ilmuwan menyimpan barang-barang pribadi mereka di museum ini.

Perkembangan waktu telah menyebabkan peningkatan lebih lanjut dalam hasil seni rupa, baik di dalam maupun di luar Eropa. Nah, ini adalah cikal bakal tumbuhnya museum di Eropa. Perubahan peradaban dan pembangunan telah menghasilkan banyak museum yang dibangun di berbagai belahan dunia maupun di Indonesia.

Baca Juga :   Pengertian Erosi

Klasifikasi Dari Museum

Museum dengan banyak sumber pengetahuan. Setiap museum memiliki konten yang berbeda dengan museum lainnya. Isi museum tergantung pada jenis museum. Untuk memfasilitasi perbedaan, museum dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan pada hal-hal yang berbeda. Klasifikasi jenis museum ini adalah sebagai berikut:

Klasifikasi Museum Menurut Tingkat Koleksi

Tingkat koleksi dapat menjadi patokan untuk klasifikasi museum. Berdasarkan status koleksi, museum dibagi menjadi 3 jenis. Tergantung pada status koleksi, ada beberapa jenis museum berikut:

Museum Nasional
Museum Nasional adalah museum yang memiliki tingkat koleksi sesuai dengan kelas nasional atau tingkat nasional. Umumnya berisi berbagai objek yang berasal dari berbagai daerah suatu negara.

Museum Regional
Museum regional adalah museum dengan koleksi terbatas dan hanya di daerah. Secara umum, koleksi tersebut berasal dari wilayah regional di mana museum berada.

Museum Sejarah Lokal
Museum Sejarah Lokal adalah museum yang memiliki tingkat koleksi hanya di tingkat daerah. Benda-benda yang dikumpulkan di museum hanya terbatas pada warisan dan budaya daerah.

Kalsifikasi Museum Menurut International Council of Museum

Menurut Dewan Museum Internasional (ICOM), museum dapat dibagi menjadi 6 jenis. Ada beberapa jenis museum berikut:

Museum Seni
Museum Seni atau Museum Seni adalah museum yang mengelola, menyimpan, dan mengumpulkan benda-benda yang berkaitan dengan seni.

Museum Arkeologi dan Sejarah
Museum Arkeologi dan Sejarah adalah museum yang melestarikan benda-benda arkeologi dan sejarah yang mendokumentasikan sejarah dan peradaban umat manusia.

Museum nasional
Museum nasional atau museum nasional umumnya menyimpan benda-benda dari berbagai daerah di negara di mana museum berada.

Museum Sejarah Alam
Museum Sejarah Alam adalah museum ilmu pengetahuan alam yang membahas masalah peradaban ilmu pengetahuan alam.

Baca Juga :   Materi Kelompok Sosial

Museum Sains dan Teknologi
Museum Sains dan Teknologi adalah museum yang isinya berkaitan dengan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Museum Khusus
Museum khusus atau museum khusus umumnya didedikasikan untuk objek tertentu yang berbeda dari lima jenis museum

Klasifikasi Museum Didasarkan Pada Implementasinya

Berdasarkan implementasi museum dibagi menjadi 2 jenis. Jenis-jenis museum adalah:

Museum Pemerintah
Museum Pemerintah adalah museum yang dikelola oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Museum Pribadi
Museum Pribadi adalah museum yang tidak dikelola oleh pemerintah. Museum ini didirikan dan diorganisir oleh perorangan tetapi belum disetujui oleh pemerintah.

Mengelompokkan Museum Berdasarkan Koleksi Mereka

Berdasarkan koleksi museum, dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

Museum Umum
Public Museum adalah museum yang koleksi benda-benda berupa koleksi bukti material manusia dan lingkungannya berkaitan dengan urusan publik. Koleksi-koleksi di museum ini bisa berupa berbagai disiplin ilmu yang tidak hanya berspesialisasi dalam cabang

Museum Khusus
Museum pribadi adalah museum yang mengumpulkan dalam bentuk museum yang didedikasikan untuk pendidikan. Di museum ini tidak ada koleksi di luar fakultas pengetahuan, seni dan teknologi.

Demikian Pembahasan Materi Kita Kali ini Mengenai Pengertian Museum. Jangan Lupa Tetap Bersama Kami Di RumusBilangan.com. Semoga Bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terimakasih.

Baca Juga :

Pengertian Museum Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar