Pengertian Otak

Posted on

Pengertian Otak – Berikut ini rumusbilangan.com akan membahas tentang rangkuman makalah Pengertian Otak yang akan diterangkan mulai dari pengertian, jenis, fungsi, struktur, unsur, jurnal, tujuan, ciri, makalah, peran, makna, konsep, kutipan, contoh secara lengkap.

Otak manusia memiliki volume sekitar 1.350 cc dan terdiri dari sekitar 100 juta sel saraf, yang beratnya sekitar 2,5 persen dari berat badan. Otak terletak di rongga tengkorak dan dilindungi oleh membran yang disebut membran meningeal.

Apa Itu Otak ?

Otak adalah organ yang berfungsi sebagai sistem saraf pusat pada manusia dan beberapa makhluk hidup lainnya. Ini berarti bahwa otak adalah pusat kendali seluruh tubuh kita, otak mengatur sebagian besar koordinasi gerakan, perilaku, keseimbangan dalam tubuh dan berbagai fungsi lainnya.

Fungsi Dari Otak

  • Sebagai organ terpenting dalam tubuh manusia, otak memiliki banyak fungsi, berikut adalah beberapa fungsi utama otak:
  • Sistem saraf pusat, yang mengatur seluruh tubuh, memungkinkan seseorang untuk menerjemahkan semua rangsangan informasi yang dirasakan oleh tubuh, contoh-contoh rasa sakit, sentuhan, tekanan, dan sebagainya.
  • Pengaturan kemampuan untuk berpikir, berbicara dan mendengarkan sehingga seseorang dapat menangkap dan kemudian menerjemahkan informasi verbal dan menerima informasi visual dari cahaya dan melihat objek sesuai dengan bentuk objek yang sebenarnya.
  • Pusat keseimbangan dan keterampilan motorik (gerakan) bagi seseorang untuk bergerak sesuai keinginannya.
  • Pusat aktivitas sadar
  • Dapatkan stabilitas tubuh saat bangun dan tidur
  • Pusat kendali semua sistem organ dalam tubuh, misalnya saluran pernapasan, sistem peredaran darah, sistem pencernaan, sistem hormonal, reproduksi dan sistem lain dalam tubuh

Struktur Dari Otak

Otak manusia terdiri dari dua sel, yaitu sel saraf (neuron) dan sel glial (neuroglia). Sel-sel saraf adalah sel-sel yang sensitif terhadap rangsangan dan dapat melepaskan rangsangan ini. Karena fungsinya, sel-sel saraf manusia dibagi menjadi tiga jenis, yaitu sel-sel saraf sensorik, sel-sel saraf motorik dan sel-sel saraf penghubung (menghubungkan sel-sel saraf).

Baca Juga :   Klasifikasi Monera

Lapisan – Lapisan Otak

Durameter
Durameter adalah membran luar yang tebal dan kuat. Struktur ini mengandung serat kolagen elastis, fibrosit, saraf, pembuluh darah dan limfatik. Durameter memiliki fungsi melindungi otak karena kuat dan cukup fleksibel.

Arachnoids
Membran arachnoid adalah lapisan fibrosit berbentuk datar dan serat kolagen. Arachnoid terdiri dari dua bagian, bagian yang mengacu pada durameter dan bagian yang mengacu pada diameter. Arachnoidea adalah struktur transparan dengan sel kedap air yang meredam sistem saraf pusat.

Piameter
Piameter adalah membran yang paling dekat dengan otak. Piameter adalah membran tipis, halus dan lembut. Bentuk diameter spiral mengikuti struktur bagian luar otak. Piameter terdiri dari sel-sel fibrosit dan sejumlah kecil serat kolagen dan pembuluh darah yang menembus otak. Piameter juga dapat bertindak sebagai sumber nutrisi untuk jaringan saraf.

Bagian Bagian Dari Otak

Bagian Bagian Dari Otak

Lobus Frontal
Lobus frontal adalah bagian dari otak besar di depannya. Lobus frontal secara sadar mengatur aktivitas motorik (gerakan).

Parietallappen
Lobus parietal terletak di belakang lobus frontal di bagian atas otak.

Sementara
Lobus temporal adalah bagian otak yang terletak tepat di samping otak di bawah lobus parietal. Fungsi utama dari Temporallappens adalah pusat dari fungsi mendengar dan berbicara.

Lobus Oksipital
Lobus oksipital adalah bagian belakang otak besar. Fungsi utama lobus oksipital adalah pusat visual.

Karena strukturnya, serebrum dibagi menjadi dua bagian, yaitu:

  • Korteks Serebral (di luar)
    Korteks adalah lapisan abu-abu tipis yang mengandung miliaran tubuh sel saraf. Korteks juga sering disebut sebagai daerah materi kelabu. Sel-sel saraf ini dihubungkan bersama dalam rantai, sehingga informasi yang diterima dari sel saraf dapat ditransmisikan melalui komunikasi dengan sel-sel saraf lainnya. Korteks selanjutnya dibagi menjadi 3 area utama, yaitu:
    • Area sensorik bertanggung jawab atas interpretasi informasi sensorik (rangsangan), mis. Seperti cahaya, rasa dan suara.
    • Area motor di mana otot-otot dikendalikan sehingga gerakan terjadi. Misalnya, ketika seseorang menginjak spike, refleks terjadi dengan menggerakkan kaki menjauh dari spike.
    • Area asosiasi adalah area di mana pengalaman tubuh (memori), kesiapan dan kecerdasan dicatat dan beberapa fungsi bicara diatur.
  • Ganglia dasar (di dalam)
    Ganglia dasar adalah area putih yang mengandung banyak dendrit dan akson. Lapisan ini lebih tebal dari pada korteks. Ganglia dasar ini mengoordinasikan gerakan, mengatur gerakan tak sadar, fungsi kognitif, dan fungsi emosional.
Baca Juga :   Fungi Atau Jamur

Otak kecil (otak kecil)
Otak kecil adalah bagian otak yang berada di bawah lobus oksipital serebrum. Otak kecil adalah bagian yang terdiri dari dua bagian dengan permukaan berbentuk seperti lipatan.

Otak kecil memiliki fungsi utama mengendalikan gerakan dan koordinasi otot secara sadar serta pusat keseimbangan tubuh. Beberapa penelitian terbaru juga telah menunjukkan bahwa otak kecil berperan dalam penentuan emosi dan pemrosesan informasi kognitif (mental). Cerebellum memiliki tiga lobus, yaitu lobus anterior, lobus posterior dan lobus flockulonodular.

Batang Otak
Batang otak adalah bagian otak yang ada di otak kecil dan di bawah otak kecil. Dalam mengendalikan gerakan sadar, batang otak adalah jalur yang harus dilalui pulsa untuk mencapai otak besar.

Batang otak juga dapat disebut sebagai bagian yang menghubungkan otak dengan sumsum tulang belakang. Faktanya, batang otak adalah istilah untuk kombinasi dari tiga struktur penting berikut:

  • Otak tengah
    Otak tengah disebut bagian terkecil dari otak. Otak tengah memiliki fungsi utama sebagai stasiun pulsa untuk melihat, mendengar, mata dan gerakan tubuh.
  • Medula Oblongata
    Medula oblongata adalah bagian yang mengontrol fungsi otonom di seluruh tubuh. Beberapa hal yang diatur adalah detak jantung, pernapasan, menelan, pencernaan dan Berson. Sebagian besar proses yang diatur oleh medula oblongata terkait. Di otak tengah ada bagian penting yang disebut Substantia Nigra, bagian ini berwarna gelap dan dapat menghasilkan dopamin, yang berperan dalam pergerakan tubuh.
  • Pukulan
    Pons adalah bagian dari batang otak yang terletak di bawah otak tengah dan di atas medula oblongata. Ukurannya sekitar 2,5 cm. Fungsi utamanya adalah untuk mengirimkan sinyal antara otak kecil dan otak kecil, mengirimkan sinyal saraf otak (saraf yang berhubungan langsung dengan otak) dari otak ke wajah dan telinga, dan juga berperan dalam mengendalikan fungsi secara otonom. sadar).
Baca Juga :   Sel Tumbuhan

Sistem Limbik
Sistem limbik adalah bagian dari otak yang memiliki tiga fungsi utama: emosi, ingatan, dan gairah. Sistem ini terdiri dari beberapa bagian, yaitu:
Thalamus adalah bagian yang bertanggung jawab untuk menerima dan mengirimkan informasi dari sistem sensorik manusia.

  • Hipotalamus adalah bagian yang menghasilkan beberapa hormon.
  • Hormon ini mengontrol keseimbangan cairan, siklus tidur, suhu tubuh dan asupan makanan.
  • Amygdala, kumpulan jaringan saraf dalam bentuk kacang yang memberikan emosi, naluri bertahan hidup dan ingatan.
  • Hippocampus, bagian yang berperan dalam memori (memori) dan aktivitas navigasi luar angkasa

Demikian Pembahasan Materi Kita Kali ini Mengenai Pengertian Otak. Jangan Lupa Tetap Bersama Kami Di RumusBilangan.com. Semoga Bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terimakasih.

Baca Juga :

Pengertian Otak Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar