Pengertian Planet Mars

Posted on

Pengertian Planet Mars – Berikut ini rumusbilangan.com akan membahas tentang rangkuman makalah materi Pengertian Planet Mars yang akan diterangkan mulai dari pengertian, jenis, fungsi, struktur, unsur, jurnal, tujuan, ciri, makalah, peran, makna, konsep, kutipan, contoh secara lengkap.

Permukaan planet Mars terlihat kemerahan, karena struktur tanahnya mengandung banyak oksida besi (FE3O2). Permukaan Mars membentuk relief seperti permukaan bumi. Relief ini membentuk berbagai konfigurasi seperti gunung berapi, lembah, parit, dan lapisan es. Bagian paling menonjol dari permukaan planet Mars adalah gunung api yang tinggi.

Apa Itu Planet Mars ?

Planet Mars

Mars adalah anggota planet di tata surya. Nama planet ini berasal dari nama dewa perang Yunani. Berdasarkan namanya dalam astronomi Babel, planet ini dinamai Negral, dewa api, perang, atau penghancuran. Mars adalah planet kemerahan. Inilah yang mendasari penamaan planet Mars.

Orang Yunani menyamakan Negral dengan nama dewa perang mereka Ares dan menunjuk planet ini sebagai Areos Aster (bintang Ares). Mars ini adalah planet terdekat keempat dari matahari.

Planet ini juga sering disebut sebagai planet merah. Ini karena planet Mars tampak kemerahan dari kejauhan. Planet Mars juga disebut sebagai Planet Firestar. Ini masih terkait dengan warna planet dan namanya.

Planet ini tidak hanya memiliki relief yang mirip dengan Bumi. Ada beberapa kesamaan lainnya. Ini ditunjukkan oleh kecenderungan sumbu planet, lempengan-lempengan es yang terkandung dalam dua kutub, dan mineral-mineral yang membentuk tanah. Kemiringannya 25,5, yang membuat planet ini memiliki musim yang hampir sama di Bumi. Yang membedakannya adalah siklus. Siklus musim di Mars lebih panjang daripada di Bumi karena planet Mars lebih jauh dari matahari daripada bumi dari matahari.

Baca Juga :   Letak Astronomis Indonesia

Dalam pandangannya, planet Mars memiliki lingkungan yang ramah untuk kehidupan. Namun, situasinya masih belum cukup ideal untuk tempat tinggal manusia. Ini karena suhu dan tekanan udara cukup rendah. Kemudian diperburuk oleh komposisi udara, yang mengandung lebih banyak karbon dioksida. Jika Anda tinggal di tempat seperti ini, orang membutuhkan alat untuk bernafas.

Di planet Mars, ada keunikan yang berbukit dan terlihat seperti wajah manusia dari atas. Ini dilihat sebagai bukti bahwa kehidupan di Mars pernah membentuk peradaban. Tapi peradaban ini sudah lama hilang. Asumsi lain, bagaimanapun, adalah bahwa penampilan wajah di bukit hanyalah penampilan alam belaka.

Struktur Dari Planet Mars

Planet Mars terdiri dari dua struktur, yaitu:

Struktur Dalam
Mars lebih kecil dari planet Venus dan Bumi. Struktur di Mars terkait dengan atmosfer dan kondisi lingkungannya. Mars adalah planet dengan atmosfer tipis dengan kandungan utama karbon dioksida.

Permukaan planet ini dipenuhi dengan planet-planet vulkanik besar seperti Olympus Mons dan lembah pecah seperti Valles Marineris. Gunung berapi menunjukkan aktivitas geologis yang terjadi terus menerus.

Warna merah pada permukaan ini berasal dari warna kotak besi. Ini karena Mars kaya akan zat besi. Mars memiliki dua satelit alami, bendungan Phobos deimos. Satelit ini kecil. Kedua satelit dianggap sebagai asteroid yang terperangkap oleh gaya gravitasi Mars.

Struktur lLuar
Jarak Palet Mars dari matahari lebih jauh dibandingkan dengan jarak bumi dari matahari. Planet ini juga memiliki atmosfer yang berbeda dari di Bumi. Di mana di Mars ditemukan sejumlah kecil metana. Konten metana dapat mencirikan kehidupan di Mars

Mars memiliki lapisan inti yang radiusnya diperkirakan 1.480 km. Mars terbuat dari besi dan belerang. Lapisan di atas inti Mars adalah mantel atau langit-langit Mars.

Baca Juga :   Panggilan Tante Dalam Bahasa Arab

Biasanya disebut mantel silikat yang membentuk objek tektonik dan vulkanik di planet Mars. Pada titik ini, bagaimanapun, lapisan atas tidak lagi aktif. Kemudian lapisan di atas lapisan atas adalah kerak Mars. Lapisan ini memiliki ketebalan rata-rata sekitar 50 km dan ketebalan maksimum 125 km.

Tanah di Mars terdiri dari beberapa komponen. Konstituen tanah di Mars seperti magnesium, natrium, kalium dan klorida. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, tanah memiliki pH yang berbeda dari tanah di bumi. PH tanah di Mars adalah 8,3 dan mengandung garam perklorat.

Jika melihat kondisi hidrologisnya, permukaannya tidak bisa menampung air. Karena tekanan udara rendah, air di permukaan Mars tidak bisa bertahan lama. Di tempat-tempat dengan ketinggian terendah, air masih bisa bertahan. Tetapi hanya untuk waktu yang singkat. Ada lapisan es di kedua kutub Mars. Ketika dicairkan, volume air di tutup es Kutub Selatan dapat menutupi semua bagian permukaan planet pada kedalaman 11 meter.

Mars memiliki magnetosfer, tetapi Mars kehilangan magnetosfernya sekitar empat miliar tahun yang lalu. Ini menyebabkan angina matahari mengenai ionosfer secara langsung. Akibatnya, kepadatan atmosfer menurun, yang ditandai dengan dihilangkannya atom dari lapisan luar. Inilah alasan rendahnya tekanan di Mars.

Ciri Ciri Dari Planet Mars

Sifat-sifat Mars adalah sebagai berikut:
Planet Mars adalah satu dari lima planet yang dapat dilihat tanpa alat.

Ciri Ciri Dari Planet Mars
Ciri Ciri Dari Planet Mars

Proses Pergerakan Dari Planet Mars

Mars mengorbit matahari selama 687 hari dengan jarak rata-rata 227.000.000 km. Planet yang mengorbit Mars ini berbentuk agak lonjong. Eksentrik adalah 0,093.

Saat mengorbit mengelilingi matahari, planet Mars berputar di sekitar porosnya sendiri selama 24 jam, 36 menit 23 detik. Sumbu rotasi tegak lurus terhadap bidang orbitnya tetapi membentuk sudut 25 ke garis tegak lurus bidang itu. Sumbu kemiringan rotasi mengarah ke perubahan musiman, seperti yang terjadi di Bumi.

Baca Juga :   Pengertian Sinonim Kata

Mars adalah planet yang unggul dengan waktu sidereal 687 hari dan waktu sinode 780 hari. Inilah sebabnya mengapa Mars mengalami resistensi dan sangat mudah diamati setiap 26 bulan. Ketika Mars berada di posisi terdekat dengan Bumi, ini adalah resolusi terbaik yang dapat dicapai dengan panjang 25 detik atau jarak linier 100 km.

Dengan Mars di posisi ini, dapat dilihat bahwa ada penutup kutub yang cukup cerah dan perubahan permukaan yang menunjukkan adanya atmosfer yang cukup dinamis. Waktu seperti itu terjadi dua kali setiap 32 tahun, secara bergantian setiap 15 dan 17 tahun dan selalu antara akhir Juli dan akhir September.

Demikian Pembahasan Materi Kita Kali ini Mengenai Pengertian Planet Mars. Jangan Lupa Tetap Bersama Kami Di RumusBilangan.com. Semoga Bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terimakasih.

Baca Juga :

Pengertian Planet Mars Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar