Pengertian Populasi Menurut Para Ahli

Posted on

Pengertian Populasi Menurut Para Ahli- Jenis, Ciri, Faktor, Distribusi- Hallo sahabat pembaca yang budiman, pada kesempatan yang berbahagia kali ini kita akan membahas makalah tentang Pengertian Populasi menurut Para Ahli dan beberapa penjelasan lainnya.

Baiklah mari langsung saja kita simak uraian materinya dibawah berikut ini!

Pengertian Populasi

Pengertian populasi ialah sebuah kelompok individu yang mempunyai karakteristik yang sama atau satu spesies, yang sedang tingga hidup di tempat yang juga sama dan mempunyai suatu kemampuan untuk mereproduksi di antara mereka itu sendiri. Sebuah konsep ini banyak sekali digunakan di dalam sebuah ekologi populasi dan juga pada genetika.

Sebuah ekologi ialah menganggap bahwa penduduknya sebagai suatu unsur dari seuatu sistem yang lebih luas. Populasi pada spesies ialah bagian berasal dari sebuah komunitas. Selain itu juga merupakan hasil evolusi juga bekerja melalui sebuah populasi.

Pada genetika, di sisi lain juga melihat para penduduknya sebagai sarana atau sebagai tempat untuk sebuah pertukaran alel yang telah dipunyai oleh para masing-masing anggota. Merupakan sebuah perhatian yang utama mengenai dinamika frekuensi alel ini di dalam suatu populasi.

Macam – Macam Jenis Populasi

Menurut ahli yakni Drs. S. Margono, mengatakan bahwa jenis populasi bisa di bedakan yakni sebagai berikut :

Populasi Terbatas

Populasi terbatas ini biasa disebut dengan populasi terhingga ialah ssebuah populasi yang mempunyai sebuah batas kuantitatif yang jelas sebab mempunyai sebuah karakteristik yang terbatas. Contohnya 6.000.000 orang buruh pada awal tahun 1990, dengan sebuah karakteristik : masa kerja sekitar 3 tahun, lulusan pendidikan akhir yaitu SMA, dan yang lainnya.

Baca Juga :   Pengertian Museum

Populasi Tidak Terbatas

Populasi tidak terbatas yang biasa disebut dengan populasi tidak terhingga ialah sebuah populasi yang tidak bisa di temukan berupa batas-batasnya, oleh karenanya tidak bisa di nyatakan ke dalan suatu bentuk jumlah secara kuantitatif. Contohnya guru pendidikan di Indonesia, yang mana berarti harus semua dihitung di mulai dari jumlahnya sejak guru itu pertama ada hinggga sekarang dan juga yang akan datang.

Didalam suatu keadaan seperti ini maka jumlahnya tidak bisa di hitung, hanya bisa di gambarkan dengan suatu jumlah objek menurut kualitas dengan karakteristiknya yang bersifat umum yakni orang-orang, yang dahulu, yang sekarang, dan juga yang akan menjadi guru selanjutnya. Sebuah populasi ini bisa di sebut juga dengan parameter.

Populasi Didalam Sebuah Penelitan

Dibawah ini ada 2 macam populasi yang terbagi di dalam sebuah penelitian yaitu sebagai berikut :

Populasi dengan Sifat Homogen

Yang di maksud dengan populasi yang bersifat homogen ialah sebuah populasi yang pada unsur-unsurnya mempunyai suatu sifat yang sama, oleh karenanya tidak perlu di persoalkan mengenai jumlahnya secara kuantitatif. Contohnya : misal seorang dokter yang ingin melihat suatu golongan darah seseorang, maka sia hanya cukup mengambil setetes darahnya saja. Lalu dokter tersebut tidak perlu mengambil sampai satu botol darah, sebab baik setetes mau itu satu botol hasilnya adalah sama saja.

Populasi dengan Sifat Heterogen

Jenis populasi yang bersifat heterogen ini ialah sebuah populasi yang mana unsur-unsurnya mempunyai sifat atau suatu keadaan yang bervariasi, sehingga kita perlu tetapkan mengenai batas-batasnya, baik itu secara kualitatif ataupun jugakuantitatif. Pada penelitian di bidang sosial ini yang mana objeknya adalah manusia ataupun gejala-gejala di dalam kehidupan manusia ketika menghadapi populasi yang bersifat heterogen.

Pengertian Populasi Menurut Para Ahli

Dibawah ini adalah beberapa pendapat dari para ahli mengenai pengertian tentang Populasi yaitu sebagai berikut :

Baca Juga :   Contoh Struktur Kalimat yang Benar Dengan Ciri-Cirinya

Arikunto Suharsimi Tahun : 1998 : 117

Yang di maksud dengan populasi adalah keseluruhan dala suatu objek penelitian. Jika seseorang yang akan meneliti sebuah elemen yang ada pada wilayah penelitian tersebut, maka penelitian tersebut adalah sebuah penelitian populasi.

Sugiyono Tahun : 1997 : 57

Pengertian populasi menurutnya adalah sebuah wilayah generalisasi yang terdiri atas objek dan juga subjek yang mempunyai kuantitas dan juga karakteristik tertentu yang bisa ditetapkan oleh para peneliti untuk dipelajari dan kemudian diambil atau ditarik kesimpulannya.

Ismiyanto

Pengertiab populasi ialah suatu keseluruhan objek ataupun totalitas subjek dalam penelitian yang bisa berupa orang, tau benda, atau pun sesuatu hal yang didalamnya bisa diperoleh dan agar dapat memberikan suatu informasi (data) penelitian.

Nazir Tahun : 2005

Pengertian sebuah populasi ialah sebuah kumpulan individu dengan kualitas dan juga karakter yang sudah bisa ditetapkan oleh peneliti. Pada ciri, karakteristik, dan juga kualitas itu yang biasa dinamakan sebagai variable. Dia membagi sebuah populasi menjadi dua bentuk yaitu populasi finit dan infinit.

Furchan Tahun : 2004

Pengertian sebuah populasi ialah sebuah objek, keseluruhan anggota dalam satu kelompok orang, perkumpulan dan juga organisasi

Hadari Nawawi Tahun : 1983

Pengertian populasi ialah sejumlah dari keseluruhan objek penelitian yang juga terdiri atas manusia, hewan, benda-benda, tumbuh, peristiwa, gejala, ataupun nilai tes sebagai sumber data yang mempunyai karakteristik tertentu dalam suatu penelitian yang dilakukan.

Margono Tahun : 2004

Sebuah pengertian populasi ialah suatu kesmuanya data yang menjadikan pusat perhatian. Menurutnya, mengatakan bawah populisi ini di bagi menjadi 2 macam yaitu :

Bugin Tahun : 2000:40

Pengertian populasi adalah suatu keseluruhan dari objek penelitian berupa manusia, tumbuhan, hewan, udara, gejala, nilai, peristiwa, sikap hidup, dan sebagainya sehingga objek ini ini menjadi sumber data penelitian.

Widiyanto Tahun : 2010:5

Pengertian populasi suatu suatu kelompok atau kumpulan para objek atau pun juga objek yang akan digeneralisasikan dari hasil penelitian.

Baca Juga :   Pengertian Dongeng

Hartono Tahun : 2011

Pengertian populasi yakni dengan karakteristik tertentu ada yang jumlahnya terhingga dan ada pula yang jumlahnya tidak terhingga. Penelitian ini hanya yang dapat dilakukan kepada populasi yang terhingga saja.

Netra pada Tahun 1976

Pengertian populasi adalah semua individu yang memiliki sifat general atau umum yang mempunyai sebuah karakteristik yang cenderung sama.

Sabar Tahun : 2007

Pengertian populasi ialah semua keseluruhan dari objek penelitian. Apabila seseorang yang akan meneliti semua elemen yang ada di dalam suatu wilayah penelitian, oleh karenanya penelitiannya adalah penelitian populasi atau pun studi populasi atau yang lainnya seperti study sensus.

Nursalam pada Tahun : 2003

Pengertian populasi ialah suatu keseluruhan dari sebuah variable yang menyangkut tentang masalah yang diteliti.

Husaini Usman Tahun : 2006

Menurutnya pengertian populasi ialah seluruh nilai baik hasil perhitungan maupun hasil pengukuran, baik itu yang bersifat kualitatif maupun yang bersifat kuantitatif dari segi karakteristik tertentu tentang suatu kelompok objek yang lengkap dan juga jelas.

Riduan & Tita Lestari

Menurut mereka bahwa pegertian dari populasi adalah suatu keseluruhan dari sebuah karakteristik atau suatu unit hasil pengukuran yang menjadi sebuah objek penelitian.

Morissan Pada Tahun : 2012

Menurut pengertian populasi ialah sebagai suatu perkumpulan dari subjek, variabel, konsep, ataupun fenomena. Kita bisa meneliti dari setiap anggota populasi tersebut untuk mengetahui mengenai sifat populasi yang bersangkutan.

Sudjana pada Tahun 2010

Menurutnya pengertian populasi ialah sebuah totalitas dari semua nilai yang mungkin, tentang hasil yang menghitung ataupun juga hasil dari pengukuran, bersifat kuantitatif maupun yang bersifat kualitatif mengenai sebuah karakteritik tertentu dari semua anggota kumpulannya yang lengkap dan juga jelas yang ingin mempelajari sifat-sifatnya.

Demikianlah pembahasan makalah tentang Pengertian Populasi Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat ya ….

Baca juga :