Pengertian Poster

Posted on

Pengertian Poster- Jenis, Cara, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan, Serta Prinsipnya- Hallo sahabat pembaca yang budiman, pada kesempatan kali ini kita akan membahas makalah tentang Poster yang meliputi dari Pengertian, Jenis, Cara, Manfaat, Prinsip dan lainnya.

Untuk itu mari langsung saja kita simak uraian materinya di bawah berikut ini!

Pengertian Poster

Pengertian poster ialah sebuah media publikasi yang tersusun atas suatu tulisan, gambar ataupun juga kombinasi antara keduanya dengan suatu tujuan untuk memberikan sebuah informasi kepada khalayak yang ramai.

Pada umumnya poster ini dipasang pada tempat-tempat umum yang bisa dinilai cukup strategis yakni seperti di pasar, sekolah, Toko, kantor, dan tempat-tempat keramaian lainnya,yang mana informasi yang ada pada poster tersebut umumnya yang bersifat mengajak pada masyarakat.

Pada saat membuat sebuah poster, maka di samakan ketika kita membuat slogan yaitu di buat dengan menarik. Dan juga perlu di perhatikan pada saat pemilihan warnanya, jenis font hurufnya, letak penulisannya dan lainnya. Sebab hal ini adalah salah satu unsur yang penting didalam suatu poster.

Pengertian Poster menurut Para Ahli

Adapun pengertian Poster menurut para ahli adalah sebagaimana dibawah berikut ini :

Menurut Anton M. Moeliono

Menurutnya bahwa yang di maksud engan poster ialah sebuah karya seni atau desain grafis yang dapat memuat mengenai komposisi gambar dan juga huruf diatas kertas yang berukuran besar.

Menurut Nana Sudjana & Ahmad Rivai

Yang di maksud dengan poster ialah bisa juga didefinisikan sebagai sebuah kombinasi visual dan rancangan yang kuat, dengan sebuah warna, dan pesan yang dengan maksud untuk menangkap suatu perhatian dari orang yang lewat, namun cukup lama untuk menanamkan suatu gagasan yang berarti didalam ingatannya.

Menurut Wikipedia

Menurut wikipedia, pengertian poster ialah sebagai suatu karya seni grafis yang disusun dengan sebauh perpaduan antara huruf dan juga angka yang berada diatas kertas yang berukuran relatif besar.

Menurut Sabri

Menurut Sabri pengertian poster ialah sebuah penggambaran yang ditunjukkan guna debagai pemberitahuan, dan peringatan, ataupun penggugah selera yang umumnya berisi tentang gambar-gambar.

Baca Juga :   Pantun Penutup Pidato

Menurut Sri Anitah

Pengertian poster ialah sebuah gambar yang mengombinasikan dengan unsur-unsur visual seperti : dengan garis, gambar dan juga kata-kata yang dimaksudkan untuk menarik sebuah perhatian serta mengkomunikasikan sebuah pesan secara singkat.

Tujuan Poster

Tujuan dari dibuatnya sebuah poster mempunya suatu maksud dan tujuan sendiri.

Pada umumnya, tujuan dan maksud dari di buatnya poster itu adalah untuk sebagai alat media publik agar dapat menarik masyarakat untuk mau memperhatikan dan membaca serta melakukan sesuatu berdasarkan dengan isi yang ada di dalam poster tersebut.

Namun, secara khusus tujuan dari poster itu sendiri yaitu untuk mendapatkan simpati dari publik, untuk kepentingan komersil, dan lain sebagainya.

Ciri – Ciri Poster

Ada beberapa macam ciri-ciri dari poster yang mana diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Desain grafis dari poster harus memuat komposisi yang terdiri atas huruf dan gambar di atas media kertas atau kain yang berukuran besar.
  2. Cara pengaplikasiannya dapat dengan cara ditempel pada dinding, permukaan datar yang lain yang bersifat dapat membidik perhatian mata para pembaca semaksimal mungkin.
  3. Umumnya poster biasa dibuat dengan melakukan kombinasi suatu warna yang kuat dan juga kontras.
  4. Sebaikanya menggunakan bahasa yang singkat padat dan jelas dan mudah untuk di pahami isinya.
  5. Sertakaan gambar dalam menyampaikan sebuah pesan di dalam poster.
  6. Poster dapat dibaca secara sambil lalu.

Syarat Poster

Adapun syarat poster yang diantaranya yaitu:

  1. Sebuah posterharus mempergunakan bahasa yang sangat mudah untuk dipahami.
  2. Pada susunan kalimat dalam poster haruslah yang singkat, jelas, jelas, namun tetap berisi.
  3. Gambar harus di kombinasikan dengan posternya.
  4. Selayaknya poster itu harus bisa menarik perhatian dan minat pembaca.
  5. Bahan yang digunakan adalah bahan yang kuat tidak mudah sobek atau rusak.
  6. Besar kecilnya poster harus di sesuaikan dengan tempat yang akan di jadikan media poster.

Jenis-Jenis Poster

Adapun jenis-jenis poster yang diantaranya yaitu:

Poster Niaga

Poster niaga adalah poster yang memberikan informasi seputar produk yang ingin di tawarkan atau di promosikan.

Poster Kegiatan

Tujuan dari poster ini adalah untuk memberikan sebuah informasi mengenai suatu kegiatan atau acara seperti : perlombaan, wisata, dll.

Poster Pendidikan

Jenis poster ini yakni berisi menenai suatu hal yang bertemakan tentang pendidikan, misalnya : seminar pendidikan, sosialisasi dari kesehatan, dll.

Alat dan Bahan Poster

Apabila kita ingin membuat poster. Maka kita harus siapkan terlebih dahulu beberapa alat – alatnya. Berikut adalah beberapa alat yang harus kita siapkan yaitu :

  1. Komputer atau Notebook serta pernak pernik lainnya
  2. APlikasi software desain grafis, seperti : Corel draw, photoshop, dan lain – lain yang biasa di gunakan
  3. Alat printer
  4. Beberapa kertas
  5. Perekata atau Lem
Baca Juga :   Majas Personifikasi

Tata Cara Membuat Poster

Berikut ini adalah beberapa langkah – langkah dalam membuat poster yaitu :

Tentukan Tema Dan Tujuan

Langkah awal adalah menentukan tema serta tujuan dari di buatnya poster tersebut. Contoh tema posternya adalah tentang Film, maka tujuannya adalah untuk mempromosikan film tersebut agar banyak masyarakat yang berminat untuk menontonnya.

Kalimatnya Singkat, Padat, Menarik Serta Mensugesti

Kemudian yang selanjutnya adalah, menggunakan kalimat yang singkat sederhana, padat menarik serta mampu memberika sugesti kepada para masyarakat yang akan melihat.

Jangan Lupakan Gambar

Sertakan gambar atau animasi yang menarik. Sebab gambar dapat membuat orang lebih tertarik serta dapat menambah minat masyarakat untuk melihat dan membacanya.

Media Harus Tepat

Yaitu media dimana kita akan menempelkan atau memasang poster tersebut. Kita tidak boleh asal tempel saja, sebab tujuan poster ini ditempel adalah agar orang – orang bisa melihatnya dan membaca.

Font

Font adalah jenis huruf beserta ukurannya. Maka, kita harus bisa memilih font mana yang pas dan sesuai dengan tema pada poster serta yang mudah untuk di baca secara jelas.

Warna

Warna kita sesuaikan dengan pandangan mata dengan memperhatikan estetika dengan poster yang di gunakan.

Gunakan Grid

Grid ini berfungsi untuk merapikan suatu desain agar mudah untuk dibaca serta bisa terlihat bagus.

Highlight

Highlight adalah suatu strategi agar dapat menjadi pusat perhatian para pembaca, seperti kata – kata “Wow Banjir Hadiah Besar-Besaran”, dan lain – lain.

Layout atau Hierarchy

Ialah suatu maksud untuk mengarahkan pembaca kepada area poster yang terpenting hingga yang kurang terlalu penting. Mislanya, tema poster di buat lebih besar dari pada isi dari bacaan dalam poster tersebut.

Sisakan Ruang Negatif (Negatif Space)

Menyisakan ruang kosong daam poster, jangan terlalu banyak tulisan dan ornamen karena bisa terkesan kurang enak di pandang sehingga menjadi kurang komunikatif.

Ilustrasi atau Sketsa

Sebagai penguatan dalam menyampaikan pesan di dalam poster, gunakanlah ilustrasi sketsa satu atau dua saja agar lebih komunikatif.

Icon

Icon adalah simbol yang bisa di jadikan objek agar mudah untuk di mengerti oleh pembaca. Icon di buat hanya untuk memberikan pesan saja.

Manfaat Poster

Ada beberapa manfaat yang bisa di ambil dari pada poster ini. Berikut dibawah ini adalah beberapa manfaat dari poster, diantaranya ialah sebagai berikut :

  1. Untuk sebagai alat memotivasi, Yakni bagi penggunaan poster di dalam suatu pengajaran sebagai pendorong dan juga motivasi  kegiatan sebuah belajar sisiwa
  2. Sebagai sutu peringatan yaitu sebagai alat untuk suatu peringatan dan juga untuk menyadarkan
  3. Pengalaman yang kreatif, yaitu sebagai alat bantu di dalam mengajar sebab poster dapat memberikan sebuah kemungkinan belajar kreatif dan juga partisipasi.
Baca Juga :   Gambar Alat Elektronik

Kelebihan Poster

Ada beberapa kelebihan dari poster yang harus kita ketahui yaitu sebagai berikut:

  1. Busa untuk membantu para guru dalam menyampaikan sebuah pelajaran dan membantu para peserta didik dalam belajar.
  2. Bisa menarik perhatian, yang mana dengan demikian mampu mendorong para peserta didik untuk bisa menjadi lebih giat belajar.
  3. Bisa juga dipasang atau ditempelkan dimanapun, sehingga dapat memberi kesempatan kepada para peserta didik untuk mempelajari dan juga mengingat kembali apa yang telah mereka pelajari.
  4. Bisa menyarankan  tentang suatu perubahan tingkah lakupada para peserta didik yang telah melihatnya

Kekurangan Poster

Ada beberapa kekurangan dari poster yang harus kita ketahui yaitu sebagai berikut:

  1. Banyak dipengaruhi pada tingkat pengetahuan bagi orang yang melihatnya
  2. Sebab tidak adanya suatu penjelasan yang terperinci, maka bisa menimbulkan suatu interpretasi yang berbeda – beda dan mungkin dapat merugikan
  3. Sebuah poster bisa akan banyak mengandung sebuah arti atau makna di kalangan tertentu, namun  bisa juga menarik bagi para kalangan yang lainnya.
  4. Apabila poster sudah terpasang lama di suatu tempat, maka akan berkurang nilai poster tersebut, bahkan bisa akan membosankan bagi orang yang melihatnya.

Prinsip-Prinsip Poster

Ada beberapa prinsip-prinsip dari poster yang baik dan harus di perhatikan. Adapun ciri – ciri dari poster tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Bisa direkayasa sedemikian rupa sesuai dengan selera sehingga poster tersebut seolah olah dapat bersuara. Contohnya : “lihatlah ini”
  2. Sebuah gambar yang disajikaan haruslah bisa memperlihatkan segi-segi aristik, kesederhanaan dan juga bisa memperhatikan komposisi dari warna yang cocok.
  3. Pada susunan kalimat-kalimatnya yang digunakan haruslah diutarakan di dalam bahasa yang cukup sederhana, populer, familiar, dan juga yang akra.
  4. Sebuah ukuran poster disesuaikan dengan kondisi tempat dan juga isi untuk pesan.
  5. Sebuah poster juga harus dapat mempengaruhi dan memberi memotivasi tingkah laku bagi orang yang melihatnya.
  6. Sebuah poster dapat juga dibuat diatas kertas, triplek, kain, batang , kayu, seng dan atau pada bahan-bahan yang lain semacam itu.
  7. Untuk pemasangan bisa di pasang di kelas, di luar kelas, dan bisa juga di majalah atau pun koran.
  8. Sebuah bentuk haruslah sederhana dan lalu tulisannya juga harus jelas.

Demikianlah pembahasan makalah tentang Poster. Semoga bermanfaat ya ….

Baca juga :

Related posts: