Pengertian Scanner

Posted on

Pengertian Scanner- Pengertian, Jenis, Komponen, Cara Kerja, Fungsi, Dll- Hallo sahabat pembaca yang budiman, pada kesempatan kali ini kita akan membahas makalah tentang Scaner yang meliputi tentang pengertian, jenisnya, komponen serta cara kerjanya.

Mari langsung saja kita simak uraian materinya dibawah berikut ini!

Pengetian Scanner

Pengrtian dari scanner ialah sebuah alat pemindai dari salah satu perangkat input pada komputer, yang merupakan sebuah alat yang memiliki fungsi untuk menduplikat suatu objek layaknya seperti pada mesin fotokopy ke dalam bentuk media digital.

Scanner bisa menduplikat objek tersebut dengan menggunakan sensor cahaya yang ada di dalamnya. Sensor yang ada pada scanner tersebut akan mendeteksi struktur, tulisan dan juga gambar dari sebuah objek yang discan lalu kemduian dikirimkan ke komputer ke dalam bentuk digital.

Itulah kurang lebih pengertian dari Scanner. Perhatikan Gambar :

Sejarah Penemuan Scanner

Awal sejarah perkembangan scanner ini yaitu sekitar pada tahun 1975, yakni ketika orang yang bernama Ray Kurzweil dan timnya menciptakan sebuah Kurzweil Reading Machine beserta software Omni-Font OCR atau Optical Character Recognation Technology. Software ini memiliki fungsi untuk mengenali teks yang ada di dalam objek yang discan dan lalu menerjemahkannya menjadi sebuah data ke dalam bentuk teks.

Dari awal perkembangannya inilah teknologi scanner ini berawal dan akhirnya terus menerus berkembang sampai saat ini dengan menjadi teknologi yang semakin lama semakin maju. Kini alat scanner sudah bisa digunakan untuk menscan sebuah objek model tiga dimensi dan film negative, bentuk dan ukuran scanner pun juga bermacam-macam, yakni ada yang besarnya seukuran dengan kertas folio dan ada juga yang seukuran postcard, bahkan sekarang ini yang terbaru berbentuk sebuah pena yang mana alat ini baru diluncurkan oleh perusahaan bernama WizCom Technologies Inc. Scanner yang berukuran pena tersebut dan bisa menyimpan hingga 1.000 halaman sebau teks cetak dan kemudian mentransferkannya ke sebuah komputer pribadi (PC).

Scanner yang berukuran sebesar pena tersebut biasa dinamakan Quicklink. Ukuran pena scanner ini berukuran panjang sampai enam inci dan beratnya sekitar kurang lebih tiga ons. Scanner ini bisa melakukan pekerjaannya secara acak yang lebih cepat dari scanner yang berbentuk datar atau biasa. Data yang sudah diambil dengan scanner ini, dapat dimasukkan secara langsung ke dalam semua aplikasi komputer yang mengenali sebuah teks ASCII.

Saat ini, scanner ini sudah semakin berkembang cukup pesat. Banyak sekali tipe scanner yang telah beredar di dunia dengan berbagai macam merk, diantaranya yaitu seperti scanner yang keluaran dari Canon, Hewlett Packard ( HP ), EPSON, UMAX , Panasonic, Samsung, Fujitsu, Lexmark dan juga masih banyak lagi merk brand scanner yang lainnya yang mana semakin berkembang dengan sangat pesat seiring penemuan yang baru mengenai teknologi scanner ini.

Penemuan scanner ini memiliki keterkaitan dengan sebuah perkembangan teknologi photography, fotokopi dan juga opticalmachine. Seorang penemu scanner yaitu yang bernama Robert S. Ledley yang lahir di daerah Newyork, Amerika Serikat sekitar pada tahun 1926. Hingga pada akhirnya sekitar pada tahun 1943 lahirlah sebuah temuan model CT Scanner yang mampu atau bisa memindai seluruh tubuh dari mulai ujung rambut sampai ke ujung kaki.

Baca Juga :   Soal Penjas Kelas 2

Sebuah mesin temuannya ini diberi nama yaitu : Automatic Computerized Transverse Axial (ACTA).

Fungsi dari Scanner

Scanner mempunyai beberapa manfaat yang cukup banyak dalam membantu setiap urusan pemindaian suatu dokumen, foto dan lainnya yang mana kita bisa menyimpannya di dalam bentuk media digital ataupun menduplikat file yang telah di pindai.

Berikut ini adalah beberapa macam fungsi dari scanner yaitu :

  1. Menyalin Sebuah Berkas
    Fungsi awaldari mesin scanner ini adalah bisa buat menyalin suatu berkas penting yang eksistensinya dapat terancam oleh hal-hal yang dapat menyerang kondisi fisik atau berkas tersebut.
  2. Pendokumentasian
    Sebagai alat untuk mencetak dokumentasi dalam bentuk file yang bisa di simpan dalam komputer yang bersifat penting
  3. Pengelolaan Berkas
    Saat berhubungan dengan suatu berkas fisik, maka sebuah risiko terkecil yang kemungkina bisa muncul yaitu waktu yang dapat terbuang sebab suatu pengelolaan yang susah. Dengan jasa scanner ini maka setiap berkas bisa dikelola dan diketagorisasikan dengan menjadi mudah dan saat berkas akan dibutuhkan, maka yang versi digital sudah siap untuk diambil lagi kapan saja.
  4. Pengamanan Berkas
    Dengan menggunakan scanner ini maka berkas akan lebih mudah untuk di simpan dan diamankan

Cara Kerja Mesin Scanner

Setiap suatu benda pasti memiliki cara kerja masing – masing. Dibawah ini adalah uraian mengenai cara kerja mesin scanner yaitu sebagai berikut :

Gambar Cara Kerja Mesin Scanner
Gambar Cara Kerja Mesin Scanner
  1. Berkas atau gambar yang akan dipindai ini perta diletakkan tepat berada di atas permukaan kaca pemindai scanner.
  2. Kemudian sebelum gambar dilakukan pemindaian maka komputer akan melakukan penentuan terlebih dahulu seberapa jauh motor stepper yang akan membawa lampu, jaraknya juga sudah ditentukan oleh panjang gambar dan juga posisi gambar di kaca pemindai. Saat scanhead sedang mengerjakan pergerakan scan untuk menangkap cahaya yang dicerminkan pada sebuah area yang sedang dipindai dengan mempuyai ketelitian sekitar ukuran 1/90.000 inci.
  3. Lampu akan mulai menyala dan motor stepper juga akan melakukan perputaran buat menggerakan lampu hingga tepat berada di atas sebuah objek.
  4. Cahaya pada lampu yang dipancarkan pada sebuah gambar akan segera dipantulkan kepada bagian wilayah yang kosong atau juga yang mempunyai warna putih tentunya juga akan memantulkan lebih banyak cahaya saat dibandingkan dengan daerah yang tampak gelap atau mempunyai warna, kemudian pantulannya yang telah dihasilkan tersebut akan diteruskan oleh beberapa cermin untuk menuju lensa scanner.
  5. Pada sebuah pantulan cahaya tersebut akan bergerak kepada arah yang menuju sensor CCD.
  6. Sensor CCD ini yang akan melakukan sebuah pengukuran intensitas cahaya dan juga panjang gelombang yang sudah dipantulkan dan mengubahnya menjadi sebuah tegangan listrik analog.
  7. Tegangan analog ini kemudian akan berubah menjadi suatu nilai digital dengan sebab adanya alat pengubah ADC yakni : “Analog to Digital”.
  8. Sebuah sinyal digital yang bisa berasal dari sensor CCD akan bisa dikirim ke logic board dan juga dikirimkan kembali kepada komputer di dalam bentuk data digital yang sudah menunjukan suaut warna pada titik-titik sebauh gambar yang bisa dipantulkan.
Baca Juga :   Soal Tema 5 Kelas 5

Jenis-Jenis Mesin Scanner

Sampai pada saat ini scanner mempunyai beberapa jenis, maka berikut ini adalah beberapa macam jenis dari scanner yang sering kita temukan di toko – toko yakni diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Flatbed Scannery adalah jenis scanner yang mempunyai bentuk seukuran dengan ukuran kertas folio, sehingga pada scanner ini mirip sekali seperti mesin fotocopy akan tetapi dengan ukuran yang lebih kecil.
  2. PSC atau Print Scan Copy adalah sebuah perangkat yang mempunyai multifungsi yang mana diantara fungsinya ialah bisa digunakan sebagai bahan scanner, bisa juga digunakan sebagai mesin printer serta dapat digunakan untuk mesin fotocopy.
  3. Handy scanner ialah sebuah mesin scanner yang bentuknya postcard yang umum bisa kita temui pada supermarket ataupun pada minimarket. Karena bisa digunakan pada sebuah mesin kasir untuk membaca sebuah harga barang-barang yang terdapat serta berkode tertentu pada barang tersebut.

Komponen-Komponen dalam Mesin Scanner

Komponenadalah sebuah matri yang menyusun sebuah mesin scanner yang utuh. Suatu komponen yang dimaksud di sini ialah sebuah kyang terdapat pada scanner flatbed, sebab scanner pada jenis ini yang paling bisa kita jumpai dan yang paling sering kita gunakan.

Berikut ini adalah beberapa komponen dalam scanner tersebut yaitu :

Alas Kaca

Alas kaca ini biasa digunakan sebagai suatu wadah dari gambar yang akan dibaca pada scanner.

Sumber Cahaya

Sumber cahaya dalam scanner bisa berupa lampu dengan intensitas cahaya yang cukup tinggi dan akan menghasilkan sebuah cahaya yang bisa diarahkan kepada gambar.

Sensor Sinar Pantulan

Jenis ini yang umum digunakan adalah pada jenis scanner flat bed yaitu sensor CCD atau Charge Coupled Devices. Alat ini yakni berfungsi seperti sebuah mata yang akan membaca sebuah sinar pantulan dari gambar, yang berguna untuk mengarahkannya sampai pada CCD. Cahaya pantulan yang di hasilkan dari gambar diarahkan dengan menggunakan sejumlah cermin dan juga lensa dalam scanner.

Motor Stepper dan Pita Bergerigi

Sebab sebuah data dibaca secara baris perbaris, maka dibutuhkan sebuah motor stepper dan juga pita bergerigi untuk menggerakan sebuah lampu dan juga CCD

Penutup Scanner

Penutup scanner ini biasa digunakan untuk menghindari sebuah sinar dari luar yang masuk, sehingga suatu data yang dibaca oleh CCD bisa benar-benar hanay data pantulan dari gambar yang sedang dibaca oleh scanner.

Selain pada komponen-komponen tersebut tentu jug masih ada banyak lagi komponen yang lain, akan tetapi fungsi dan bentuknya bisa berbeda antara jenis scanner satu dan jenis scanner yang lainnnya.

Cara Menggunakan Mesin Scanner

Ada beberapa macam cara penggunaan mesin scanner ini, yaitu sebagai berikut :

  1. Terlebih dahulu pastikan scanner dan computer dalam keadaan yang menyala atau terhubung.
  2. Persiapkan sebuah gambar atau dokumen yang akan kita scan
  3. Lalu buka penutup scanner
  4. Dan letakkan dokumen atau gambar kepada scanner tersebut kemudian tutup kembali tutup scannernya.
  5. lalu pada computer ini buka program pengolah data atau start menu-all program-photoshop, dan apabila menggunakan microtek maka terlebih dahulu buka software microtek scan wizard 5 atau yang biasa start menu-all program-microtek-microtek wizard 5.
  6. Bagi jenis software microtek, maka klik preview kemudian sesuaikanlah hasil scannannya.
  7. Untuk software pada aplikasi photoshop, maka klik file-import-microtek, lalu apabila kita menggunakan f380 all in one klik file import f300 twain maka kemudian klik preview, dan sesuaikanlah hasil scan tersebut.
  8. Untuk microtek, maka klik scan lalu tunggu beberapa saat maka akan meminta sebuah informasi untuk menyimpan, lalu klik simpan hasil scan tersebut pada tempat yang diinginkan.
  9. Untuk photoshop maka saat kalian klik scan maka secara otomatis hasil scan tersebut akan tampil dilayar photoshop dan kalian akan bisa melakukan edit untuk kemudian bisa disimpan.
  10. Terakhir proses scan selesai.
Baca Juga :   Bus dalam Bahasa Arab dan Kosakata (المُفْرَدَاتُ) Alat Tranportasi (وسائل النقل)

Cara Memperbaiki Masalah Scanner

Mesin scanner memiliki beberapa macam model yang bisa digunakan untuk memindai sebuah foto dan dokumen baik ke dalam komputer. Terdapat beberapa macam cara untuk memperbaiki masalah mesin scanner meskipun modelnya yang berbeda – beda, yaitu dengan cara sebagai berikut :

  1. Uninstall Jenis Software pada Scanner.
    Apabila sebuah masalah Anda tampaknya yang terkait mengenai sebuah perangkat lunak, maka kalian harus uninstall dan menginstal terlebih dahulu perangkat lunak pemindai  . Untuk mengerjakan hal ini, maka coba pergi ke “Add / Remove Programs” yang ada pada desktop. Kemudian tenemukan program scanner   dan lalu klik tombol “Uninstall” pada pilihan. Setelah itu selesai, maka masukkanlah kembali sebuah perangkat lunak untuk pemindai dalam  CD-ROM dan kemudian ikuti petunjuk instalasinya.
  2. Disable start-up item di Windows.
    Ada beberapa jenis program Windows yang bisa mempengaruhi scan gambar yang dapat dihasilkan oleh scanner  . Cara memperbaiki masalah ini yaitu dengan pergi ke “Run” pada menu dalam Windows. Lalu masukkan “msconfig” untuk membuka sebuah jendela konfigurasi sistem. Lalu pilih “Selective start up” dan kemudian tidak memeriksa semua program yang suah tercantum dalam menu ini.
  3. Lepaskanlah semua kabel dan kemudian mematikan sumber daya pada scanner  . Untuk memperbaikinya suara mekanis aneh dari perangkat, yakni putar scanner off dan lalu kemudian menghubungkannya kembali kabel dan sumber daya setelah menunggu kurang lebih satu menit.
  4. Bersihkanlah kaca pada scanner kalian. Sebab kotoran yang ada pada scanner bisa membangun di bawah kaca pemindai dan dapat menyebabkannya untuk berhenti dan bekerja secara benar. Untuk membersihkan kaca pada bagian bawah, kalian hanya akan perlu untuk membongkar gelas dengan menggunakan obeng kepala yang datar. Kalian bisa jadi juga memerlukan sebuah obeng Phillips apabila berada di tempat sekrup pada bagian belakang kaca suatu pemindai. Gunakanlah sebuah pembersih kaca dan juga kain yang kering untuk menghapus semua debu dan puing-puing. LaluRe-install kaca dengan menggunakan sebuah obeng jenis Phillips.

Demikianlah pembahasan makalah tentang Pengertian Scanner. Semoga bermanfaat ya

Baca juga :

Related posts: