Pengertian Teks Eksposisi

Posted on

Pengertian Teks Eksposisi – Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai teks eksposisi beserta dengan hal-hal yang terkait didalam nya.

Pengertian Tekas Eksposisi

Pengertian Teks Eksposisi

Teks Eksposisi adalah suatu bentuk pengembangan dari paragraf dalam penulisan sebuah karya, dimana isinya mengungkapkan suatu gagasan, memberikan penjelasan atau pengertian dengan memakai gaya penulisan yang sangat singkat, padat, dan akurat.

Tujuan dari Teks Eksposisi yaitu untuk menjelaskan suatu informasi atau mengungkapkan gagasan secara singkat, padat , dan akurat supaya para pembacanya mendapatkan sebuah pengetahuan baru tentang suatu hal atau peristiwa yang secara rinci.

Ciri-ciri Teks Eksposisi

Teks Eksposisi memiliki beberapa karakteristik yang dapat membedakan teks ini dengan teks yang lainnya yaitu, diantaranya :

  • Eksposisi berisi penjelasan suatu informasi pengetahuan.
  • Gaya bahasa dari informasi yang bersifat mengajak.
  • Biasanya digunakan untuk menjawab pertanyaan seperti apa, siapa, kapan, dimana, mengapa, bagaimana.
  • Teks ini berisi usaha untuk menjelaskan tentang sesuatu.
  • Gaya penulisan yang Singkat, Padat, Akurat.
  • Berusaha menjelaskan segala sesuatu.
  • Penyampaiannya secara lugas serta memakai gaya bahasa yang baku.
  • Fakta digunakan sebagai alat kontribusi dan juga alat kontritasi.
  • Paragraf eksposisi pada umumnya menjawab tentang askadimega.

Struktur Teks Eksposisi

Berikut ini adalah 3 struktur dari teks eksposisi serta penjelasannya yaitu, sebagai berikut ini :

  • Pernyataan Pendapat (Tesis)

Pernyataan pendapat atau tesis merupakan bagian dari teks tersebut yang berisikan sebuah pernyataan pendapat atau Tesis seorang penulis dapat disebut juga sebagai bagian pembuka.

  • Argumentasi

Pengertian argumentasi merupakan salah satu bagian yang mengandung sebuah alasan yang dapat memperkuat suatu argumen seorang penulis didalam memperkuat ataupun menolak suatu gagasan.

  • Penegasan Ulang Pendapat (Reiteration)

Penegasan ulang pendapat dapat disebut juga sebagai Reiteration yaitu salah satu bagian dari Teks Eksposisi yang berisi sebuah penegasan ulang pendapat seorang penulis.

Baca Juga :   Pengertian dan Contoh - Contoh Ikhtisar

Kaidah Penulisan Teks Eksposisi

Secara umum terdapat tiga kaidah dalam penulisan Teks Eksposisi. Berikut ini penjelasan dari ketiga kaidah tersebut yaitu, diantaranya :

1. Konjungsi

Konjungsi merupakan bentuk dari kata Penghubung yang sangat sering dipakai didalam Teks Eksposisi. Kata penghubung yang dipakai didalam jenis teks ini sangat banyak sekali, misalnya kata penghubung yang digunakan untuk menunjukkan waktu, perbandingan, penjelasan, gabungan, dan lain sebagainya. Contohnya adalah kata “lalu”, “setelah” untuk kata penghubung waktu.

2. Pronomina

Pronomina merupakan bentuk dari kata ganti yang terdapat pada suatu teks. Pronomina terbagi menjadi dua jenis yaitu, antara lain :

  • Persona, yaitu merupakan sebuah kata ganti yang digunakan untuk menunjukkan orang. Contohnya : Kamu, Dia, Saya, Ia dan lain sebagainya.
  • Non-Persona, yaitu merupakan bentuk kata ganti yang digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang bukan orang. Contohnya : di sana, di situ, di sini dan lain sebagainya.

3. Leksikal

Leksikal merupakan salah satu jenis kata yang menunjukkan sebuah Kata Kerja, Kata Sifat, Kata Benda, dan juga Kata Keterangan. Dibawah ini merupakan beberapa contoh dari Leksikal yaitu antara lain :

  • Kata kerja : berlari, menulis, membaca, berjalan, dan lain sebagainya.
  • Kata benda : batu, kayu, meja, piring, sapu, sendal, gelas, dan lain sebagainya.
  • Kata sifat : baik, buruk, cantik, menarik, jahat, manis, dan lain sebagainya.
  • Kata keterangan : di sini, di situ, malam, pagi, siang, sore dan lain sebagainya.

Jenis-jenis Teks Eksposisi

Setiap jenis yang ada pada Teks Eksposisi memiliki pengertian dan penggunaannya yang berbeda. Pada umumnya Teks Eksposisi dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis yaitu diantaranya sebagai berikut ini :

  • Teks Eksposisi ilustrasi :

Pada teks ini menggunakan sebuah penggambaran yang sangat sederhana atau bentuk yang konkret dari suatu gagasan. Teks ini bertujuan untuk mengilustrasikan sesuatu yang memiliki arti dari kesamaan sifat dang menggunakan sebuah frasa penghubung.

  • Teks Eksposisi berita

Teks Eksposisi Berita digunakan untuk memberikan sebuah informasi dari suatu kejadian. Teks eksposisi jenis ini sangat sering dijumpai dalam berita ataupun sebuah surat kabar.

  • Teks Eksposisi perbandingan
Baca Juga :   Definisi Autobiografi

Teks Eksposisi jenis ini bertujuan untuk menerangkan sebuah ide atau gagasan pada kalimat utama dengan menggunakan metode perbandingan.

  • Teks Eksposisi proses

Pada teks Eksposisi Proses merupakan sebuah teks yang berisi tentang beberapa panduan atau tata cara untuk membuat dan menciptakan sesuatu.

  • Teks Eksposisi Pertentangan

Pada teks ini biasanya berisi sebuah pertentangan antara objek yang satu dengan obek yang lainnya. Biasanya pada teks ini menggunakan sebuah frasa penghubung misalnya “akan tetapi, meskipun begitu, sebaliknya dan lain sebagainya.”

Contoh Teks Eksposisi

Dibawah ini terdapat beberapa contoh dari Teks Eksposisi berdasarkan pembagian strukturnya yaitu, antara lain :

Contoh 1

 WTO Globalisasi

Tesis :
       Peran dan juga manfaat dari WTO Globalisasi memberikan sebuah dampak yang berupa perubahan pada pasar Internasional, salah satunya yaitu Liberalisasi Perdagangan yang dilihat sebagai sebuah upaya untuk meningkatkan suatu daya saing perekonomian.

Argumentasi :
       Negara Indonesia yang menganut sebuah sistem perekonomian terbuka sangat sulit untuk menghindar dari suatu dinamika Ekonomi Internasional yang semakin mengglobal di Negara ini. Konsekuensinya yaitu, sebuah Pasar Domestik yang ada di Indonesia tidak terlepas dari gejolaknya pasar dunia yang semakin Liberal.

Karena dari kebijakan Unilateral dan Ratifikasi kerjasama Perdagangan Internasional yang berupa kerja sama Regional dan juga Global yang harus dijalankan oleh Indonesia. World Trade Organization (WTO) atau sebuah Organisasi Perdagangan Dunia yang merupakan satu-satunya bentuk dari Badan Internasional yang secara khusus telah mengatur sebuah masalah perdagangan antar negara.

 Pengegasan Ulang :
       Sistem perdagangan Multilateral WTO yang diatur melalui sebuah persetujuan yang berisi suatu aturan-aturan dasar dari Perdagangan Internasional sebagai hasil dari perundingan yang sudah ditandatangani oleh negara-negara anggota tersebut.

Contoh 2

Manfaat Tanaman Obat Sambiloto

Tesis :
Tanaman obat sambiloto suduh sangat terkenal sejak zaman nenek moyang kita terdahulu. Tanaman obat sambiloto ini memiliki banyak khasiat yang digunakan untuk menyembuhkan sebuah luka serta dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita juga.

Baca Juga :   Contoh Teks Prosedur Kompleks, Protokol, Dan Singkat

Argumetasi :
Dengan khasiat yang terdapat didalam tanaman ini, maka banyak sekali sebuah produk komersial yang dapat dihasilkan. Namun masih banyak pula orang yang belum mengetahuinya. Menurut dari salah satu peneliti, tanaman obat sambiloto ini memiliki banyak khasiat yang terkandung didalamnya yaitu, sebagai berikut :

  • Tanaman obat sambiloto memiliki bagian yang dapat digunakan untuk penyembuhan luka. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan cepatnya proses penyebuhan luka akibat terbakar ataupun cedera.
  • Tanaman obat ini juga dapat menyembuhkan penyakit demam karena tanaman ini mengandung Antiperetika dan bisa juga untuk mengobati tekanan darah tinggi.
  • Manfaat dari tanaman ini juga bisa dipakai untuk mencegah penyakit kanker seperti penyakit Trofoblas maupun Tumor Paru-paru.
  • Tanaman ini juga dapat mengobati beberapa jenis penyakit ringan seperti Diare, Malaria, Gatal-gatal, Sakit perut, Disentri Basiler, Tifoid dan lain sebagainya.

Penegasan Ulang :
Berdasarkan dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa tanaman Obat Sambiloto tidak hanya dapat menyembuhkan luka tetapi juga dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Tidak ada efek samping yang berbahaya yang ditimbulkan akibat tanaman ini karena sifatnya yang alami. Tanpa kita ketahui bahwa alam sudah menyediakan kebutuhan obat yang diperlukan oleh tubuh makhluk hidup.

F.A.Q

Apakah yang dimaksud dengan Teks/Paragraf Eksposisi?

Teks Eksposisi adalah bentuk pengembangan dari paragraf dalam penulisan sebuah karya, dimana isinya mengungkapkan suatu gagasan yang memberikan penjelasan atau pengertian.

Apa yang dimaksud dengan Leksikal?
Leksikal merupakan salah satu jenis kata yang menunjukkan sebuah bentuk kata misalnya Kata Kerja, Kata Sifat, Kata Benda, dan juga Kata Keterangan.

Apa tujuan dibuatnya Teks Eksposisi?

Bertujuan untuk menjelaskan suatu informasi atau mengungkapkan gagasan secara singkat, padat , dan juga akurat.

Sekian pembahasan kali ini, semoga bisa menjadi pengetahuan baru bagi kita semua.

Baca Artikel Terkait Lainnya :

Pengertian Teks Eksposisi Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar