Pengertian XAMPP

Posted on

Pengertian XAMPP- Sejarah, Pengertian, Fungsi, Fitur, Bagian, Komponen, Kelebihan & Kekurangan- Hallo sahabat pembaca yang budiman, pada kesempatan kali ini kita akan membahas makalah tentang Pengertian XAMPP yang meliputi sejarah, pengertian, fungsi, fitu – fitur dan lai – lain yang masih berkaitan.

Untuk itu, mari langsung saja kita simak uraian materinya di bawah berikut ini!

Sejarah XAMPP

Sejarah dari XAMPP ialah salah satu dari model   pengembangan   LAMP atau Linux  Apache,  MySQL,  PHP  and PERL,  yang mana XAMPP ini ialahsebauh project non profit yang bisa dikembangkan oleh Apache Friends yang telah didirikan oleh Kai ‘Oswalad’  Seidler  dan oleh  Kay  Vogelgesang  sekitar pada tahun  2002, yang mana project  mereka ini memiliki sebuah tujuan untuk mempromosikan tentang pengunaan Apache web server.

Kepanjangan dari XAMPP

XAMPP ini memiliki kepanjangan kata yaitu adalah :

  1. X adalah sebuah Program yang bisa dijalankan pada banyak sistem operasi, contohnya seperti : Linux, Windows, Mac OS, dan Solaris.
  2. A = Apache, adalah server dari aplikasi Web. Apache ini memiliki tugas utama yaitu untuk menghasilkan suatu halaman web yang benar terhadap pengguna terhadap sebuah kode PHP yang telah dituliskan dari para pembuat halaman web tersebut. Apabila perlu kode PHP yang juga berdasarkan terhadap yang tertulis, bisa melihat pada database yang diakses dulu, contohnya : MySQL. Yang untuk mendukung sebuah halaman web yang akan dihasilkan.
  3. M = MySQL, ialah sebuah server aplikasi dari database. Dengan pertumbuhannya yang disebut SQL atau singkatan dari kata Structured Query Language. SQL ini ialah suatu bahasa terstruktur yang mana dapat difungsikan untuk mengolah suatu database. MySQL ini bisa di pakai untuk membuat dan juga mengelola database serta isinya. Dapat juga untuk memanfaatkan MySQL guna agar menambahkan, mengubah, dan juga menghapus data dari dalam database.
  4. P = PHP, adalah sebuah bahasa pemrograman dari web. Bahasa pemrograman dari PHP ialah sebuah bahasa pemrograman yang untuk membuat sebuha web seperti yang server-side scripting. PHP ini bisa di pakai untuk membuat suatu halaman apda web yang dinamis. Pada sistem manajemen database yang mana sering kita gunakan dengan PHP ialah MySQL. Tetapi PHPini bisa mendukung sebuah pengelolaan bagi sistem database Oracle, PostgreSQL, Microsoft Access, d-base, Interbase, dan sebagainya.
  5. P = Perl, ialah sebuah bahasa pemrograman untuk semua jenis tujuan, yang pertama kali dikembangkan oleh seorang yang bernama Larry Wall, pada mesin Unix. Perl ini telah dirilis pertama kali pada tanggal 18 Desember 1987 yang mana ditandai dengan keluarnya bahasa pemograman Perl 1. Lalu pada versi-versi selanjutnya, Perl ini juga tersedia untuk berbagai macam bentuk sistem operasi Unix seperti : SunOS, BSD, Linux, HP-UX, kemudian juga tersedia pada sistem operasi, contohnya seperti DOS, BeOS, Windows, VMS, PowerPC, EBCDIC, dan juga PocketPC.
Baca Juga :   Soal Tema 6 Kelas 6

Pengertian XAMPP

Pengertian XAMPP ialah sebuah perangkat lunak yang bebas, yang mana mendukung oleh banyaknya system operasi, serta merupakan suatu kompilasi dari beberapa bentuk program. XAMPP ini yaitusebuah tool yang mana menyediakan sebuah paket perangkat lunak ke dalam bentuk satu buah paket. Dengan kita menginstall XAMPP ini, maka kita tidak perlu lagi untuk melakukan instalasi dan juga konfigurasi suatu web server Apache, PHP dan juga MySQL dengan secara manual. XAMPP ini akan menginstalasi dan lalu mengkonfigurasikannya dengan secara otomatis yang mana untuk kalian atau untuk auto konfigurasi.

XAMPP ialah merupakan dari salah satu bentuk paket installasi Apache, mySQL instant dan PHP yang bisa kita pakai untuk membantu sebuah proses dari installasi dari ketiga jenis produk tersebut. Selain itu paket installasi instant XAMPP yang versi 1.6.4 ini juga mampu memberikan sebuah fasilitas pilihan bagi pengunaan PHP4 ataupun PHP5. Jika untuk berpindah ke versi PHP yang akann dipakai juga sangatlah mudah dilakukan dengan memakai bantuan PHP-Switch yang sudah disertakan oleh XAMPP ini, dan yang paling penting ialah bahwa XAMPP ini bersifat free atau gratis jika digunakan.

XAMPP ini juga merupakan sebuah alat atau tool yang dapat menyediakan suatu paket perangkat lunak ke dalam bentuk satu buah paket. Dengan kita menginstall XAMPP ini, maka kita tidak perlu lagi untuk melakukan instalasi dan juga konfigurasi web server Apache, MySQL dan PHP dengan secara manual. XAMPP ini akan menginstalasi dan lalu mengkonfigurasikannya sendiri secara otomatis. Yang mana merupakan sebuah web server yang cukup mudah untuk dipakai yang bisa melayani sebuah tampilan halaman webnya yang dinamis. Maka, untuk memperolehnya kita bisa mendownloadnya langsung dari web resminya tersebut.

Baca Juga :   Soal Tema 2 Kelas 2

Fungsi dari XAMPP

Fungsi dari XAMPP ini ialah sebagai sebuah server yang bisa berdiri sendiri (localhost), serta terdiri dari beberapa macam program yang antara lain yaitu : Apache HTTP Server, MySQL database, dan juga penerjemah suatu bahasa yang mana ditulis dengan sebuah bahasa pemrograman yaitu :  PHP dan Perl. Nama dari XAMPP ini sendiri ialah sebuah singkatan dari X = berasal empat buah sistem operasi apapun, Apache, MySQL, PHP lalu Perl.

Fitur-Fitur XAMPP

Dibawah ini adalah beberapa fitur-fitur xampp, yaitu sebagai berikut :

Apache

Apache ialah sebuah perangkat lunak dari sumber terbuka yang mana dapat menjadi sumber alternatif dari pada server web Netscape.

MySQL

MySQL ialah sebuah singkatan dari “My Structured Query Language”. Pada program ini berjalan yakni sebagai layanan atau server yang menyediakan tentang multi-user yang mengakses ke sejumlah dari bentuk database.

PHP

PHP ialah sebuah bahasa pemrograman dari script yang banyak digunakan untuk memrogram mengenai situs web yang dinamis, walaupun tak tertutup kemungkinan bisa dipakai untuk penggunaan yang lain.

Bagian-Bagian XAMPP

Dibawah ini terdapat beberapa macam bagian-bagian dari XAMPP, yaitu sebagai berikut :

Htdocs

Htdocs

Htdocs ialah sebuah bentuk folder yang mana biasa digunakan sebagai tempat untuk menyimpan berkas, contohnya seperti : HTML, PHP, dan script yang lain yang di pakai di dalam sebuah suatu halaman website.

phpMyadmin

phpMyadmin

PhpMyadmin ialah sebuah tempat yang biasa dipakai untuk mengelola sebuah database MySQL yang mana berada di dalam sebuah komputer atau pun laptop.

Jika ingin mengakses phpMyadmin ini caranya adalah dengan membuka browser internet yakni Mozila atau chrome, kemudian ketiklah alamatnya yakni : http://localhost/phpMyadmin, maka kemudian akan munculah tampilannya seperti pada gambar diatas tadi.

Control Panel

Control Panel

Control Panel ini yaitu sebuah layanan untuk bisa mengelola XAMPP yang baik itu untuk mengontrol (start atau stop XAMPP) dan serta untuk layanan service lainnya.

Baca Juga :   Soal Tema 4 Kelas 5

Yang secara online didalam hosting atau di dalam VPS yang dikenal CPanel

Komponen pada XAMPP 

Dibawah ini adalah beberapa dari komponen XAMPP, ialah sebagai berikut :

XAMPP 1.8.3 pada Windows

Yaitu :

  1. Apache 2. 4. 4
  2. MySQL 6. 5. 11
  3. PHP 5. 5. 0
  4. php My Admin 4. 0. 4
  5. FileZilla FTP Server 0. 9. 41
  6. Tomcat 7. 0. 41 atau with mod-proxy-ajp as connector.
  7. Strawberry Perl 5. 16. 3. 1 Portabel
  8. XAMPP Control Panel 3. 2. 1 atau dari hackattack142.

XAMPP 1.8.3 pada Linux

Yaitu :

  1. Apache 2 .4 .4
  2. MySQL 6. 5. 11
  3. PHP 5. 5. 0
  4. php My Admin 4. 0 .4
  5. OpenSSL 1. 0. 1e

XAMPP pada Solaris

XAMPP pada Mac OS X

Kelebihan dan Kekurangan XAMPP

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari XAMPP ini, yang sebagai berikut :

Kelebihannya

  1. Pada Database Storage Engine ini ialah banyak dipakai oleh para programmer apalagi oleh para web developer, sebab sifatnya yang free atau gratis. Dan untuk yang expert ini sudah ada yang moddel bayar.
  2. Kemampuannya yang sudah dapat diandalkan, memiliki sebuah kapasitas yang cukup mumpuni yakni sekitar 60.000 tabel dengan suatu jumlah record hingga mencapai sekitar 5.000.000.000 bahkan bagi yang terbaru pun sudah bisa lebih.
  3. Keamanan bagi datanya yang cukup aman walaupun tak sehebat kemanannya dari Postgre lebih – lebih Oracle.
  4. Engine atau mesin ini multiplatform yang sehingga mampu untuk diaplikasikan di berbagai macam sistem operasi. Pada My Sql ini cocok untuk diaplikasikan didalam aplikasi kelas kecil dan juga menengah.
  5. Kelebihannya yang paling utama dari engine ini ialah pada kecepatannya.

Kekurangannya

  1. XAMPP ini tidak cocok untuk menangani sebuah data dengan jumlah yang cukup besar, baik itu untuk menyimpan sebuah data maupun untuk coba memproses data.
  2. XAMPP ini mmpunyai sebuah keterbatasan kemampuan suatu kinerja yakni pada server ketika sebuah data yang disimpan tersebut sudah melebihi ambang batas maksimal kemampuan daya tampung pada server. Sebab ini ia tidak menerapkan sebuah konsep Technology Cluste.

Demikianlah pembahasan makalah tentang Pengertian XAMPP. Semoga bermanfaat ya ….

Baca juga :