Rumus dan Cara Menentukan Persamaan Garis Lurus

Posted on

Di dalam pelajaran matematika saat kita duduk di bangku SMP kita akan mendapatkan pelajaran tentang persamaan garis lurus. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan garis lurus itu dan bagaimana rumus serta cara menentukannya? Sebelum kita mengetahui rumus dan cara menentukannya, terlebih dahulu kita akan tahu dulu apa pengertian dari persamaan garis lurus tersebut.

Pengertian dari persamaan garis lurus adalah persamaan yang mendefinisikan garis lurus ke dalam sebuah persamaan. Karakteristik dari persamaan garis lurus adalah variabelnya mempunyai pangkat tertinggi. Satu garis lurus sendiri adalah kumpulan titik-titik yang memiliki jumlah tak terhingga dan saling berdampingan. Garis lurus ini bisa dinyatakan dalam berbagai bentuk persamaan. Satu garis lurus bisa dinyatakan ke dalam lebih dari satu persamaan.

Rumus Persamaan Garis Lurus

Di dalam sebuah persamaan garis lurus terdapat satu komponen yang tidak bisa lepas darinya yang dimaksud adalah gradien. Gradien merupakan perbandingan komponen y dan juga komponen x. Atau sering disebut juga dengan kecondongan dari sebuah garis. Lambang dari suatu gradien dilambangkan dengan huruf “m”.

Sedangkan untuk persamaan garis lurus sendiri merupakan suatu perbandingan koordinat y dan koordinat x dari 2 titik yang berada pada sebuah garis. Berikut ini merupakan rumus persamaan garis lurus. Ada beberapa jenis rumus di dalam persamaan garis lurus diantaranya adalah:

1. Persamaan garis lurus dengan bentuk umum dirumuskan dalam y = mx

persamaan yang melewati titik pusat (0,0) dan memiliki gradien m. Misalnya tentukan persamaan garis lurus yang melewati titik pusat (0,0) dengan gradien 3!

Baca Juga :   Pengertian Rumus Integral Tentu dan Tak Tentu + Contoh Soal

Jawab : y = mx

y = 3 x

2. y = mx + c

Ini berlaku untuk persamaan garis yang / / dengan y = mx dan bergradien m. Persamaan garis melewati titik (0,c) sementara gradiennya adalah m. (0,c) merupakan titik potong dari sumbu y.

3. Persamaan garis lurus dengan melewati titik (x1,y1) dengan gradien m

Dari rumus tersebut diketahui rumus persamaannya sebagai berikut: y-y1=m(x-x1)

4. Persamaan garis lurus dengan melewati dua titik (x1,y1) dan X2,y2)

 

persamaan

Posisi Antara Dua Garis

Posisi di antara dua garis setelah dibedakan menjadi dua, yakni posisi tegak lurus dan posisi sejajar. Dalam dua posisi ini, mempunyai persamaan garis lurus yang saling berhubungan.

Dengan demikian, bila satu persamaan garis lurus telah diketahui, maka persamaan garis lurus lain yang saling sejajar atau tegak lurus dengan garis tersebut juga bisa diketahui. Di dalam persamaan garis lurus memiliki syarat hubungan gradien. Syarat gradien dengan gambar posisi antara dua garis yang lurus bisa anda lihat dalam ulasan di bawah ini.

Garis saling sejajar merupakan dua garis yang tidak pernah memiliki titik potong. Gradien dari dua garis saling sejajar adalah sama. Jika diketahui gradien garis g = m_{g} dan gradien garis h = m_{h}, maka hubungan antara gradien dua persamaan garis akan dinyatakan dengan persamaan di bawah ini.

    \[ m_{g} = m_{h} \]

Garis Saling Tegak Lurus: Gradien yang dimiliki oleh dua garis tegak lurus memiliki hubungan. Dinyatakan bahwa gradien garis kedua adalah lawan kebalikan gradien garis pertama. Dengan kata lain, bisa dinyatakan bahwa hasil perkalian antara dua gradien tersebut sama dengan -1. Misalnya jika gradien garis pertama mempunyai nilai m_{1} = 2 , maka nilai dari gradien garis ke dua adalah m_{2} = - \frac{1}{2}.

Bila anda sudah mengetahui rumus persamaan garis lurus, maka sekarang anda bisa mencoba menjawab soal yang diberikan oleh pembimbing atau guru anda. Tidak sulit jika anda sudah mengetahui rumus dan juga cara menghitungnya.

Rumus dan Cara Menentukan Persamaan Garis Lurus Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar