Peta Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia

Posted on

Peta Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia – Berikut ini rumusbilangan.com akan membahas tentang rangkuman makalah materi Peta Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia yang akan diterangkan mulai dari pengertian, jenis, fungsi, struktur, unsur, jurnal, tujuan, ciri, makalah, peran, makna, konsep, kutipan,contoh secara lengkap.

Ada berbagai jenis flora dan fauna yang tersebar tidak merata di berbagai wilayah di dunia. Distribusi flora dan fauna dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Secara umum, faktor-faktor yang paling mempengaruhi distribusi berbagai fauna di seluruh dunia adalah karena berbagai faktor fisik yang berkaitan dengan kondisi lingkungan dan faktor historis dari kondisi dari mana fauna berasal.

Latar Belakang Flora Dan Fauna Di Indonesia

Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia

Pada zaman kuno, ketika sebagian besar permukaan bumi masih tertutup es dan permukaan laut berada pada titik terendahnya (Pleistosen / Gletser / Zaman Es), beberapa daerah masih bergabung menjadi satu daratan, memungkinkan berbagai hewan bermigrasi dengan mudah.

Tetapi setelah perubahan iklim mencairkan sebagian besar es, permukaan laut naik hingga 200 meter dan beberapa daerah mulai terpisah karena tertutup air. Ini memiliki dampak signifikan pada distribusi flora dan fauna di berbagai daerah, terutama di Indonesia. Demikian juga, dalam distribusi flora, selain faktor historis dalam evolusi bumi, distribusi flora sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor keadaan fisik lingkungan, terutama iklim, yang bervariasi di berbagai wilayah.

Di Indonesia, keanekaragaman flora dan fauna adalah salah satu yang tertinggi di dunia. Keadaan lingkungan, yang tropis dan mendukung kehidupan berbagai spesies flora dan fauna, membuat keanekaragaman hayati sangat tinggi di Indonesia.

Baca Juga :   Cara Membuat Resensi

Sejarah perkembangan wilayah Indonesia pada masa Pleistosen juga mempengaruhi penyebaran flora dan fauna di Indonesia, di mana pada saat itu beberapa wilayah kepulauan Indonesia menjadi satu negara (seperti benua Asia dan Australia), yang merupakan keberadaan mempengaruhi flora dan fauna di Indonesia.

Pembagian Flora dan Fauna Di Indonesia

Secara umum, distribusi flora dan distribusi fauna di Indonesia dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu spesies barat (Asia), tengah (tengah) dan timur (Australis) dengan penjelasan sebagai berikut:

A. Penyebaran Flora Di Indonesia

Flora Indonesia Barat (Asiatis)
Flora Indonesia Barat sering disebut sebagai flora tipe Asia, karena memiliki banyak kesamaan dengan flora benua Asia pada umumnya. Bagian barat Indonesia memiliki iklim hujan tropis dengan kelembaban dan curah hujan yang tinggi, yang mendominasi wilayah hutan hujan tropis ini dengan flora yang berbeda (heterogen).

Ada banyak jenis lumut, pakis dan jamur di kawasan hutan ini serta beberapa spesies flora khas lainnya seperti meranti, damar, mahoni, dan sebagainya. Bagian barat Indonesia tidak hanya ditandai oleh hujan tropis, tetapi juga oleh sejumlah jenis hutan lainnya, seperti hutan hujan, hutan sabana tropis, dan hutan bakau (banyak di antaranya kita jumpai di pantai). Di bagian barat Indonesia kami juga menemukan tanaman endemik seperti tanaman bangkai dan Rafflesia Arnoldii.

Bagian tengah Flora Indonesia (transisi)
Flora dari bagian tengah Indonesia sering disebut sebagai flora Kepulauan Wallace, karena terletak di garis Wallace, garis imajiner yang memisahkan flora spesies Asia dari Australis.

Wilayah ini dicirikan oleh hutan pegunungan, hutan sabana dan stepa tropis. Berbagai jenis tanaman rempah seperti pala, cengkeh, cendana, kayu manis, ebony dan berbagai jenis anggrek merupakan tanaman khas di daerah ini.

Baca Juga :   Struktur Neuron

Flora Indonesia Timur (Australis)
Flora di Indonesia timur juga memiliki iklim hujan tropis, sehingga juga didominasi oleh hujan tropis, hutan gunung dan hutan bakau. Di bagian timur Indonesia, spesies flora memiliki banyak kesamaan dengan jenis flora di benua Australia, dengan beberapa tanaman khusus seperti pohon eucalyptus dan Rasamala.

B. Penyebaran Fauna Di Indonesia

Fauna Indonesia Barat (Asiatis)
Seperti flora, fauna di Indonesia Barat memiliki pola yang hampir setara dengan benua Asia, karena pengaruh kondisi permukaan Pleistosen sangat besar sehingga bagian barat Indonesia masih merupakan negara dengan benua Asia.

Wilayah ini mencakup sebagian pulau Sumatra, Jawa, dan Kalimantan, tempat kami menjumpai banyak spesies mamalia, reptil, burung, serangga, dan berbagai jenis ikan. Di wilayah ini hidup banyak hewan endemik Indonesia seperti badak, orangutan, siamang, tapir, lumba-lumba mahakam dan banyak lagi lainnya.

Fauna dari Timur Tengah (transisi)
Fauna di wilayah ini juga sering disebut sebagai fauna dari wilayah Wallace dan merupakan fauna transisi antara fauna Asia dan Australia. Wilayah ini termasuk Pulau Sulawesi dan sekitarnya. Di wilayah ini ada juga beberapa spesies endemik Indonesia seperti layang-layang, anoa, babirusa, burung maleo dan monyet hantu (Tarsier).

Fauna Indonesia Timur (Australis)
Spesies fauna di Indonesia timur memiliki banyak kesamaan dengan spesies fauna di benua Australia dengan spesies seperti kanguru, walababy, berbagai spesies primata, serta burung dan reptil.

Wilayah ini mencakup sebagian wilayah Papua dan sekitarnya. Beberapa spesies fauna Indonesia endemik di timur adalah burung cendrawasih, kasuari, burung beo bersayap hitam, gouravictori merak, kanguru dengan bulu emas, dan hiu karpet.

Demikian Pembahasan Materi Kita Kali ini Mengenai Peta Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia. Jangan Lupa Tetap Bersama Kami Di RumusBilangan.com. Semoga Bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terimakasih.

Peta Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar