Ragam Bahasa

Posted on

Ragam Bahasa- Pengertian, Penggunaan, Jenis, Contohnya- Hallo sahabat pembaca yang budiman, pada kesempatan kali ini kita akan membahas makalah tentang Ragam Bahasa- Pengertian, Penggunaan, Jenis, Contohnya lengkap.

Mari langsung saja kita simak uraian materinya dibawah berikut ini!

Ragam Bahasa
Ragam Bahasa

Pengertian Ragam Bahasa

Saat kita mendengar ragam kata – kata bahasa, sehingga yang akan terlintas didalam pemikiran kita ialah sesuatu yang maan tidak sama, beda, pengucapan yang sama namun maknanya berbeda, serta bahkan bisa saling bertolak belakang.

Menurut KBBI atau kamus besar bahasa Indonesia, kata ragam bahasa berasal dari dua buah suku kata yakni ragam yang memiliki arti jenis atau macam, sedangkan bahasa memiliki arti yaitu berinteraksi atau sebuah percakapn.

Maka dapat disimpulkan bahwa yang di maksud ragam bahasa ialah suatu kumpulan bahasa guna untuk alat berinteraksi antar suatu obek yang mana dapat mempunyai sertifikasi tertentu.

Penggunaan dari Ragam Bahasa Indonesia yang Benar dan Baik

Bahasa merupakan sebuah alat yang biasa digunakan oleh masyarakat untuk berkomunikasi. Dengan adanya ragam bahasa, sebenarnya mempunyai suatu kekurangan dan juga kelebihan masing – masing. Sebab, ada bahasa yang dirasa mudah dimengerti dan ada juga bahasa yang sulit untuk dimengerti.

Ragam bahasa yang baik ialah ragam bahasa yang digunakan susai dengan tempat kondisi daerah setempat, seperti apabila kita berada pada daerah atau tempat yang formal, maka kita menggunakan bahasa formal dan apabila kita berada pada tempat formal, maka bahasa yang digunakan adalah bahasa formal. Namun, dalam segi tuntunannya tetap kita harus berusaha untuk selalu menggunakan bahasa yang baku atau sesuai dengan Ejaan yang telah Disempurnakan. Sebab, salah satu fungsi menggunakan bahasa yang baku adalah dapat memperjelas kalimat, menjadikan kalimat menjadi lebih akurat, dan mempersingkat kalimat.

Selanjutnya, penggunaan bahasa yang benar ialah suatu penggunaan yang mana sesuai dengan kaidah -kaidah yang telah ada. Didalam penggunaan suatu bahasa, seseorang di wajibkan untuk bisa menggunakan dan menjalni aturan – aturan yang sudah di tetapkan contohnya : penggunaan kata sambung, kata serapan dan lain – lain.

Baca Juga :   Materi Kelompok Sosial

Jenis-Jenis dari Ragam Bahasa Indonesia

Ada beberapa macam jenis dari ragam bahasa. Dibawah ini adalah beberapa jenis ragam bahasa tersebut diantaranya adalah sebagai berikut !

Ragam Bahasa Berdasarkan Cara Pandang Pembicara (Penutur)

Didalam ragam bahasa ini yang mana terdiri atas Bahasa Daerah (dialek), Bahasa Pendidikan, Bahasa Daerah, Bahasa yang non formal dan yang formal.

  1. Bahasa Pendidikan
    Ialah sebuah bahasa yang dipakai oleh masyarakat yang memiliki pendidikan yang pasti dan berbeda dengan masyarakat yang mana tidak pernah mengenyam pendidikan. Dapat di bandingkan dengan cara pelafalan katanya seperti misal : pada masyarakat yang berpendidikan maka akan sering memakai kata mengunci, mencuci, tv dan video. Akan berbeda dengan masyarakat yang mana tidak pernah melalui pendidikan, maka akan melafalkan kata seperti : ngunci, nyuci, tipi dan pidio.
  2. Bahasa Daerah
    Ialah bahasa indonesia yang di pakai pada daerah yang biasanya terbawa dengan suatu lingkungan daerahnya sendiri. Seperti contohnya adalah cara berbicara bahasa indonesia yang mana di pakai oleh para masyarakat pada daerah jawa akan berbeda dengan cara bicara pada bahasa indonesia yang dipakai oleh masyarakat pada tiap daerah sumatra.
  3. Bahasa Formal dan Non Formal
    Ialah suatu bahasa formal yang sering di pakai dalam acara-acara resmi, contohnya : seminar dan rapat, upacara pelantikan. Sedangkan untuk bahasa non formal maka sering di pakai pada suatu kegiatan kita sehari-hari yang di luar acara-acara resmi, contohnya : saat berbicara dengan teman dan berbicara dengan keluarga.

Ragam Bahasa yang Berdasarkan Media yang Di Gunakan

Pada ragam bahasa yang mana berdasarkan media yang di gunakan terbagi menjadi 2 macam jenis, yaitu :

Ragam Bahasa dengan Secara Lisan

Ini ialah bahasan yang di keluarkan dengan secara lisan atau dengan menggunakan media lisan. Didalam ragam bahasa ini yang mana sering menggunakan bahasa yang paling baku. Cara untuk menyampaikan suatu pembicaraan secara lisan yakni bisa berbeda sesuai dengan keadaan lingkungannya, contohnya pembicara yang mana di laksanakan di dalam suatu keadaan formal yang jelas berbeda dengan pembicaraan yang telah di lakukan didalam suatu keadaan santai atau yang tak formal. Pada ragam bahasa lisan yang mana dapat di tuangkan ke dalam bentuk tulisan ini tidaklah bisa di sebut sebuah ragam bahasa tulis, namun tetap sebagai suatu ragam bahasa lisan yang mana dapat di tuangkan ke dalam model bentuk tulisan.

Baca Juga :   Pantun Nasehat

Ciri-Ciri dari Ragam Bahasa Lisan

  1. Membutuhkan beberapa teman yang berbicara atau tak sendiri.
  2. Bisa menyesuaikan dengan suatu keadaan yang ada, paa situasi dan juga pada waktu.
  3. Diperlukannya suatu intonasi didalam berbicara dan juga menggunakan bahasa tubuh yang di gunakan sesuai.
  4. Berlangsungnya kegiatan dengan gesit dan juga cepat.
  5. Seringlah suatu pembicaraannya berlangsung dengan tak memakai alat bantu.
  6. Kesalahan yang ada didalam berbicara bisa di ketahui dan juga di perbaiki.
  7. Pada gerakan tubuh dan juga suatu mimik wajah serta intonasinya yang mana di gunakan didalam penyampaiannya sangatlah harus bisa membantu.

Ragam Bahasa dengan Secara Tulis

Ialah sebuah ragam bahasa tulis yang menggunakan suatu media huruf untuk dalam mengutarakannya atau dalam mengungkapkannya. Pada ragam bahasa ini memakai suatu ejaan untuk menata sebuah kosa kata dan juga bahasanya. Contoh dari ragam bahasa tulis ini, yaitu seperti pada : surat kabar atau koran, laporan suatu pekerjaan, karya tulis ilmiah, dan yang masih banyak lagi pada yang lainnya.

Ciri-Ciri dari ragam bahasa tulis ini ialah sebagai berikut :

  1. Tak di perlukannya dengan suatu adanya kehadiran bagi orang lain.
  2. Tidak terpengaruh dengan adanya ruang dan waktu.
  3. Kosa kata yang di pakai haruslah di pilih dengan teliti dan cermat.
  4. Didalam membentuk sebuah kata dan juga kalimat haruslah sesempurna mungkin.
  5. Struktur dalam kalimat yang terbentuk haruslah lengkap.
  6. Paragraf yang sudah ada di kembangkan dengan cukuplengkap.
  7. Biasanya dapat berlangsung dengana sangatlah lambat.
  8. Memerlukan suatu alat bantu sebagai suatu medianya.

Ragam Bahasa yang Berdasarkan Waktu Penggunaan

Hal ini yang terdiri atas sebagai berikut :

Ragam bahasa Indonesia lama

Ragam dari bahasa Indonesia lama yang digunakan sejak zaman Kerajaan Sriwijaya dan sampai dengan pada saat ini dicetuskannya suatu Sumpah Pemuda. Ciri dari ragam bahasa Indonesia ialah lama dan masih dipengaruhi oleh sebuah bahasa Melayu . Bahasa dari Melayu inilah yang mana akhirnya telah menjadi sebuah bahasa Indonesia. Ada alasan mengapa Bahasa Melayu ini menjadi bahasa Indonesia hingga saat ini yaitu :

  1. Bahwa bahasa Melayu memiliki fungsi sebagai suatu lingua franca,
  2. Bahwa bahasa Melayu ialah sederhana sebab tak mengenal sebuah tingkatan bahasa
  3. Ada keikhlasan suku yang berasal daerah lain , serta
  4. Bahwa bahasa Melayu ini dapat berfungsi sebagai suatu kebudayaan

Ragam bahasa Indonesia baru

Penggunaan pada ragam bahasa Indonesia baru ini dimulai sejak dicetuskannya seuah Sumpah Pemuda pada tanggal 28 oktober 1928 hingga dengan saat ini yang melalui pertumbuhan dan juga perkembangan bahasa yang mana beriringan dengan suatu pertumbuhan dan juga perkembangan suatu bangsa Indonesia.

Baca Juga :   Pengertian Idiom (Ungkapan)

Ragam Bahasa Berdasarkan Pesan Komunikasi

Ragam bahasa ini terdiri atas sebagai berikut :

Ragam bahasa baku

Ialah sebuah ragam bahasa baku yang mana dilembagakan dan juga diakui oleh sebagian besar para masyarakat penggunanya.

Ragam bahasa sastra

Ialah sebuah ragam bahasa yang mengutamakan suatu unsur-unsur keindahan seni, sebuah gaya pengungkapan simbolik ang dengan memadukan suatu unsur intrinsik dan juga ekstrinsik. Contohnya seperti : novel, roman, dan lain sebagainya

Metode Penggunaan Ragam Bahasa

Metode ialah sebuah alat untuk menyesuaikan mengenai penggunaan dari ragam bahasa seperti : saat kita harus tau kapan, dimanakah dan kepada siapakah kita akan memakai ragam bahasa tertentu. Memakai suatu ragam bahasa yang juga harus sesuai dengan bidang yang akan digeluti ataupun dikuasai.

Dampak Positif dan Dampak Negatif Ragam Bahasa

Dampak positifnya dari pemakaian ragam bahasa ini ialah diantaranya yaitu : dapat dapat memperkaya kosa kata, menambah wawasan, dapat memperlihatkan tingkat keintelektualitasan yang lebih tinggi lagi. Sedangkan untuk dampak negatifnya ialah : berubahnya suatu ragam bahasa bagi seseorang yang mengikuti ragam bahasa yang teah ada baru, menurun atau hilangnya dari suatu ragam bahasa ini tentu disebabkan meningkatnya sebuah penutur dari suatu ragam bahasa yang lain, munculnya suatu istilah- istilah baru yang mana kadang kurang sesuai dengan suatu kaidah pada bahasa Indonesia ini.

Contoh Ragam Bahasa Indonesia

Berikut ini terdapat beberapa contoh ragam bahasa, terdiri atas:

1. Bahasa Jurnalistik

Ragam Bahasa jurnalistik ialah suatu ragam yang sering dipakai pada kalangan pers, narasumber, wartawan, pada suatu media

2. Bahasa Ilmiah

Bahasa Ilmiah ialah sebuah ragam yang biasa di pakai di dalam dunia pendidikan yang mana trelah mencakup dari berbagai macam disiplin ilmu pengetahuan.

3. Bahasa Usaha atau Bisnis

Bahasa bisnis ialah sebuah ragam bahasa yang mana dipakai oleh banyak para pelaku usaha atau pelaku bisnis.

Demikianlah pembahasan makalah tentang Ragam Bahasa- Pengertian, Penggunaan, Jenis Dan Contohnya lengkap. Semoga bermanfaat ….

Baca juga :