Rekayasa Perangkat Lunak

Posted on

Rekayasa Perangkat Lunak- Pengertian, Atribut, Jenis,Manajemen, Proses, Dll- Hallo sahabat pembaca yang budiman, pada kesempatan yang berbahagia kali ini kita akan membahas makalah tentang Rekayasa Perangkat Lunak yang meliputi dari Pengertian, Atribut, Manajemen, Proses, dan yang lainnya lengkap.

Untuk itu, mari langsung saja kita simak uraian materinya dibawah berikut ini!

Rekayasa perangkat Lunaka
Rekayasa perangkat Lunaka

Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak

Pengertian dari rekayasa perangkat lunak yaitu : RPL, atau didalam bahasa Inggrisnya yaitu : Software Engineering atau SE, ialah satu bidang dari profesi yang bisa mendalami suatu cara-cara pengembangan dari perangkat lunak yang termasuk pembuatan, manajemen, pemeliharaan manajemen suatu organisasi pengembanganan dalam perangkat lunak dan dalam manajemen sebuah kualitas.

IEEE Computer Society telah menjelaskan bahwa rekayasa perangkat lunak ini sebagai penerapan dalam suatu pendekatan yang mana pada sistematis, disiplin dan juga terkuantifikasi atas sebuah pengembangan, penggunaannya dan juga pemeliharaan dari perangkat lunak, serta pada studi atas suatu pendekatan-pendekatan ini, yakni penerapan suatu pendekatan engineering atas sebuah perangkat lunak.

Rekayasa dari suatu perangkat lunak ialah sebuah pengubahan perangkat lunak yang dengan sendiri akan mengembangkan, memelihara, dan juga membangun kembali dengan memakai suatu prinsip reakayasa untuk dapat menghasilkan sebuah perangkat lunak yang bisa bekerja dengan lebih efisien dan juga efektif untuk para pengguna.

Beberapa dari kriteria yang bisa dipakai sebagai sebuah acuan dalam merekayasa suatu perangkat lunak yaitu :

  1. Bisa terus dirawat dan juga dipelihara atau bahasa inggrinysa : maintainability
  2. Bisa mengikuti suatu perkembangan dari teknologi atau dependability
  3. Bisa mengikti dari keinginan para pengguna atau robust
  4. Lebih bisa efektif dan efisien didalam memakai suatu energi dan dalam penggunaannya
  5. Bisa memenuhi kebutuhan yang akan diinginkan atau usability.
Baca Juga :   Pengertian XAMPP

Pada karakteristik dan Atribut dalam Perangkat Lunak yaitu sebagai berikut :

  1. Software ialah sebauh elemen sistim logik dan yang bukan elemen dengan sistim fisik yaitu seperti : hardware.
  2. Elemen ini tak aus, namun dapat rusak.
  3. Elemen software ini dapat direkayasa atau dikembangkan yang mana bukanlah dibuat dalam pabrik seperti contohnya : hardware
  4. Software ini tak dapat dirakit.

Atribut Perangkat Lunak

Berikut adalah beberapa Atribut dari perangkat lunak yaitu :

  1. Bisa untuk dipelihara adalah Perangkat lunak bisa ditulis dengan sedemikian rupa hingga perangkat lunak bisa berubah dengan seiring sebuah perubahan kebutuhan suatu pelanggan.
  2. Bisa untuk diandalkan adalah Perangkat lunak memiliki serangkaian karakteristik, dan termasuk keandalan, keamanan dan juga keselamatan.
  3. Labih Efisien adalah Perangkat lunak yang tak boleh meakai suatu sumber daya sebauh sistem seperti pada siklus memori dan pada prosesor.
  4. Punya kemampupakaian adalah sebuah Perangkat lunak harus bisa dimanfaatkan, mempunyai interface user yang cukup bagus dan dokumentasi yang juga mencukupi.

Tujuan dari Rekayasa Perangkat Lunak

Berikut ini adalah beberapa tujuan dari Rekayasa Perangkat Lunak yaitu :

  1. Dapat mMenghasilkan sebuah perangkat lunak yang mana lebih berkualitas. Maksud dari berkualitas disini ialah bisa dilihat dari pada segi 3 sisi yaitu : sisi sponsor, sisi pengguna dan sisi maintainer.
  2. Tujuan yang kedua dari pada RPL ini ialah dapat menghasilkan sebuah perangkat lunak dengan suatu biaya yang lebih efisien.

Jenis-jenis Perangkat Lunak

Berdasarkan pada sudut pandang fungsinya, maka perangkat lunak ini bisa dikelompokkan menjadi beberapa bagian yaitu :

  • Perangkat Lunak Sistem

Iala perangakt lunak yang mana kegunaannya lebih banyak untuk ditujukan padaoperasional sebauh komputer, yaitu :

  1. Sistem operasi
  2. Penerjemahan pada bahasa pemrograman (compiler/interpreter)
  • Perangkat Lunak Aplikasi
Baca Juga :   Soal SBMPTN 2019

Ialah sebuah perangkat lunak yang memiliiki fungsi lebih banyak ditujukan buat membantu untuk menyelesaikan pada masalalah-masalah yang telah dihadapi oleh para pengguna seperti :

  1. Sebuah program paket yang telah jadi
  2. Sebuah program aplikasi dari buatan sendiri

Jenis yang berdasarkan dengan aplikasinya, maka perangkat lunak ini bisa dibedakan menjadi :

  1. Perangkat Lunak Sistem atau Sistem Software
    Sekumpulan dari program yang dapat ditulis untuk sebuah kepentingan program yang lain, contohnya : editordriver dan yang lain sebagainya
  2. Perangkat Lunak pada Waktu Nyata atau Real Time Software
    Ialah jenis perangkat lunak yang difungsikan untuk mengukur atau menganalisis dan mengontrol dari proses pemasukan data dari suatu lingkungan luar hingga dapat menghasilkan suatu laporan yang bisa diinginkan
  3. Perangkat Lunak untuk Bisnis atau Business Software
    Ialah sebuah perangkat lunak yang mana memberikan sebuah fasilitas operasi untuk sebauh bisnis atau fasilitas pada pengambilan keputusan manajemen, contohnya yaitu sistem akuntansi, inventory, payroll dan yang lainsebagainya
  4. Perangat Lunak untuk Rekayasa dan Sains atau Engineering and Scientific Software
    Ialah sebuah perangkat lunak yang di fungsikan didalam suatu bidang aplikasi sebuah teknik dan kerekayasaan suatu perangkat lunak pada jenis biasa yang berhubungan dengan komputasi suatu data dan numerik, simulasi sistem, CAD, dan lain sebagainya.
  5. Embedded Software
    Merupakan sebuah perangkat lunak yang dimanfaatkan untuk mengontrol sebuah produk dan sebuah sistem dimana suatu perangkat lunak tersebut akan disimpan. Umumnya disimpan ditempatkan pada ROM, contohnya Tombol pada Microwave Oven
  6. Perangkat Lunak pada Komputer Pribadi atau Personal Computer Software
    Ialah banyak dimanfaatkan pada sebuah aplikasi yang mana bersifat perorangan, contohnya adalah : pengolah kata, game, spreadsheet, DBMS dan lain sebagainya.
  7. Perangkat Lunak untuk Intelegensia Buatan atau Artificial Intelligent Software.
    Dibuat dengan memakai sebuah teknik algoritma non-numerik untuk memecahkan sebuah masalah yang cukup kompleks, difungsikan dalam bidang aplikasi kecerdasan buatan, contohnya yaitu: Neural Network, game, expert sistem, Turbo Prolog, dan yang lain sebagainya.
Baca Juga :   Fungsi Narkoba

Manajemen pada Proyek Perangkat Lunak

Terdapat 3 macam fokus pada manajemen proyek dalam perangkat lunak (PL) yaitu sebagai berikut :

People atau Manusia

Untuk mempertinggi kesiapan pada organisasi PL untuk melakukan pengerjaan sebuah aplikasi yang mana semakin kompleks.

Problem atau Masalah

Pada objektifitas dan pada ruang lingkupnya haruslah ditetapkan, pemecahan suatu alternatifnya haruslah dipertimbangkan, pada teknik dan pada batasannyapun haruslah didefinisikan.

Process atau Proses

Dapat memberikan suatu kerangka kerja yang mana pada rencana komprehensif bagi sebuah pengembangan suatu perangkat lunak.

Yang dimaksud dari manajemen Proyek Perangkat Lunak yaitu suatu aktifitas di dalam memanajemen sebuah rekayasa perangkat lunak, yang dimulai sebelum pada aktifitas teknis dan di inisialisasi dan serta berlanjut pada keseluruhan suatu batasan, perkembangannya dan pemeliharaan sebuah perangkat lunak dalam komputer.

Proses-Proses Didalam Manajemen Proyek

Dalam proses manajemen proyek ialah sebuah lapisan pertama didalam proses rekayasa suatu perangkat lunak yang berskala besar. Untuk bisa menuju kepada proyek yang mana berhasil, perlulah dimengerti menenai yaitu :

  1. Lingkup pada pekerjaan
  2. Resiko yang bisa ditimbulkan
  3. Sumber-sumber yang mana diperlukan
  4. Tugas yang mana haruslah dilaksanakan
  5. Patokan yang mana harus bisa diikuti
  6. Usaha atau biaya yang mana dapat dikeluarkan
  7. Dan pada Penjadwalannya

Demikianlah pembahasan makalah mengenai Rekayasa Perangkat Lunak. Semoga bermafaat ya ….

Baca juga :