Rumus Kubus – Luas, Keliling, Volume dan Contoh Soalnya

Posted on

Rumus Kubus – Apa itu Bangun Kubus? Berikut ini penjelasan tentang cara menghitung luas, keliling, volume dan contoh soal kubus beserta pembahasannya lengkap.

Halo sahabat … ketemu lagi dengan kita dengan pembahasan-pembahasan yang ingsyaAllah bermanfaat untuk kita semua. Kali ini kita akan mengajak kawan-kawan semuanya untuk mempelajari kembali tentang materi Bangun Kubus yang meliputi Pengertian dan Rumus Kubus- Luas, Keliling, Volume dan Contoh Soalnya. Untuk itu, yuk simak terus artikel ini …

Pengertian Kubus

Bangun Kubus ialah sebuah Bangun Ruang yang mempunyai bentuk tiga dimensi yang telah dibatasi oleh enam bidang sisi-sisinya dan sisi tersebut berbentuk kongruen atau berbentuk bujur sangkar.

Kemudian Bangun Ruang Kubus tersebut dapat juga disebut dengan bidang enam beraturan yang berbentuk mirip dengan Prisma Segi empat.

Perhatikan gambar kubus dibawah berikut:

Gambar Kubus
Gambar Kubus

Sifat-Sifat Kubus

Selanjutnya kita bahas mengenai sifat-sifat bangun kubus, yang terdiri dari:

Gambar Sifat-Sifat Kubus
Gambar Sifat-Sifat Kubus

Pada gambar kubus diatas, dapat kita lihat bahwa kubus tersebut terdiri dari: ABCD.EFGH disetiap sudutnya yang mana bangun tersebut memiliki sifat-sifat sebagai berikut:

1. Semua Sisi Kubus Berbentuk Persegi :

Apabila diperhatikan, pada sisi ABCD, EFGH, ABFE, DCGH, BCGF dan seterusnya mempunyai bentuk persegi dan memiliki luas yang sama.

2. Semua Rusuk Kubus Berukuran Sama Panjang :

Rusuk-rusuk kubus yaitu: AB, BC, CD, DA, EF, FG, GH, HE dan seterusnya, mempunyai ukuran yang sama panjang.

3. Setiap Diagonal Bidang Pada Sebuah Kubus Memiliki Ukuran Yang Sama Panjang :

Perhatikanlah ruas garis BG dan CF pada gambar kubus ABCD.EFGH tersebut. Kedua garis tersebut merupakan sebuah diagonal bidang kubus ABCD.EFGH pada bidang BCGF yang mempunyai ukuran sama panjang.

4. Setiap Diagonal Ruang Pada Bangun Kubus Memiliki Ukuran Yang Sama Panjang :

Dari gambar kubus ABCD.EFGH tersebut di atas, terdapat 4 diagonal ruang, yaitu HB,DF, AG dan CE yang semuanya itu berukuran sama panjang.

5. Setiap Bidang Diagonal Pada Bangun Kubus Memiliki Bentuk Persegi Panjang :

Perhatikanlah bidang diagonal ACGE pada gambar kubus ABCD.EFGH di atas. Terlihat dengan jelas bahwa bidang diagonal tersebut mempunyai sebuah bentuk persegi panjang.

Rumus untuk Mencari Luas, Keliling dan Volume Kubus

  • Cara Menghitung Rumus Luas Permukaan Kubus

Cara menghitung sebuah Luas Kubus, diperlukan jumlah dari luas permukaan kubus tersebut serta permukaan bangun ruang kubus mempunyai 6 ruang permukaan. Untuk itu Rumus Luas Kubus ini dapat dinyatakan seperti pada Rumus Matematika dibawah ini:

Baca Juga :   1 Kwintal Berapa Kg - Rumus, Cara Hitung, Contoh Soal

Rumus: 

Luas Kubus = 6 x s²

  • Cara Menghitung Rumus Volume Kubus

Cara menghitung Rumus Volume Kubus tersebut diperlukan isi dari kubus itu sendiri, besarnya volume ialah perpaduan antara perkalian dari sisi panjang, lebar dan tinggi. Sedangkan untuk ukuran rusuk dari sebuah bangun ruang kubus itu semuanya sama ialah s, maka Rumus Volume Kubus dapat dinyatakan seperti dibawah ini:

Rumus Volume Kubus = s x s x s atau V = S³

  • Cara Menghitung Rumus Keliling

K = 12 x s

Contoh Soal dan Pembahasannya

Contoh Soal 1:

Diketahui sebuah bangun ruang kubus dengan panjang sisi sebuah kubus sebesar 30 cm, maka hitunglah Volume, Keliling dan Luas permukaan Kubus tersebut!

Jawab serta pembahasanya:

Rumus Volume Kubus = V = s³

Jadi Vol = 30 x 30 x 30

Volume = 27000 m³

Rumus Keliling Bangun Kubus = K = 12 x s

K = 12 x 30

= 360 cm

Rumus Luas Permukaan Bangun Kubus = L = 6 x s²

L = 6 x 30 x 30

L 5400 cm²

Contoh Soal 2:

Lemari baju budi berbentuk sebuah kubus yang memiliki panjang, lebar, dan sisi yang sama yaitu 4 meter, Hitunglah berapa volume dari lemari baju budi tersebut ?

Jawaban dan pembahasanya:

Apabila sudah disebutkan memiliki panjang, lebar, dan sisi yang sama maka, tidak salah lagi ialah merupakan salah satu sifat bangun kubus, oleh karena itu bisa langsung di hitung volume dari lemari tersebut sebagai berikut:

Volume lemari baju : 4³ = 4 x 4 x 4 = 64 m³

Demikianlah pembahasan kita hari ini mengenai rumus kubus. Semoga dapat bermanfaat ya …

Artikel Terkait :

Rumus Kubus – Luas, Keliling, Volume dan Contoh Soalnya Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar