Sel Hewan Dan Fungsinya

Posted on

Sel Hewan Dan Fungsinya – Pengertian, Struktur, Organel, Gambar, Dll- Hallo sahabat pembaca yang budiman, pada kesempatan kali ini kita akan membahas makalah tentang Pengertian Sel Hewan dan Fungsinya serta penjelasan – penjelasan yang berkaitan lainnya.

Pada bab sebelumnya kita juga sudah membahas makalah tentang Perbedaan Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan Lengkap. Untuk itu, mari kita langsung saja simak uraian materinya dibawah berikut ini!

Pengertian Sel Hewan

Sel hewan adalah sebuah sel penyusun yang memiliki nama lain sel Ekukariotik yang berfungsi menyusun jaringan pada hewan. Sel hewan ini berbeda dengan sel – sel lainnya seperti sel tumbuhan, karena sel hewan ini tidak memiliki dinding sel, dan kloroplas, dan bahkan hanya memiliki vakuola yang kecil bahka bisa tidak memiliki sama sekali.

Sel hewan merupakan sel terkecil yang terdapat selaput tipis di dalamnya serta terdapat juga sebuah larutan koloid yang mengandung sebuah seywa kimia.

Sel ini dapat menduplikat sendiri secara mandiri dengan cara melakukan pembelahan sel. Didalam sel ini juga terdapat beberapa kandungan yang sangat penting dalam proses pembelahan, seperti : karbohidrat, asam nukleat dan lipid serta protein yang berperan sebagai metabolisme tubuh dalam hewan.

Perhatikan contoh gambar sel hewan berikut :

Berdasarkan gambar diatas dapat kita tarik garis besarnya bahwa di dalam sel hewan terdiri dari :

  1. Cromain
  2. Nucleous
  3. Smooth endoplasmic reticulum
  4. Cytosol
  5. Mithochondrion
  6. Lysosome
  7. Centioles
  8. Centrosome matrix
  9. Cytoskeletal elements
    – Microtubule
    – Insermediate filaments
  10. Peraxisome
  11. Secretion being released from cell by exocytosis
  12. Golgi apparatus
  13. Ribosomes
  14. Rough endoplasmic reticulum
  15. Plasma membrane
  16. Nucleus
  17. Nuclear envelope

Penjelasan Bagian – Bagian dalam Sel Hewan

Setelah kita mengetahui beberapa bagian yang ada dalam sel hewan, selanjutnya kita simak keterangan penjelasan tentang beberapa bagian – bagian tersebut!

  1. Cromain
    Cromain atau kromatin adalah salah satu bentuk dari asam deoksiribonukleat, protein histon serta protein non histon yang mudah ditemukan dalam inti sel eukariota atau sel hewan.
  2. Nucleous
    Nucleous atau Nukleus adalah organel inti dalam sel hewan yang berfungsi mengatur dan mengendalikan aktivitas sel baik secara metabolisme maupun pada pembelahan sel itu sendiri.
    Nukleus ini memiliki fungsi yaitu :
    – Sebagai wadah terjadinya proses replikasi
    – Sebaai penjaga integritas dari gen – gen
    – Sebaai pengontrol aktivitas sel dengan melakukan pengelolaan ekspresi gen
    – Sebagai pengendali dalam proses metabolisme dalam sel
    – Sebagai tempat penyimpan informasi dari genetik
  3. Smooth endoplasmic reticulum
    Smooth endoplasmic reticulum adalah sebuah organel yang tidak statis namun dianggap sebagai salah satu komponen dari suatu sistem dinamik yang memiliki hubungan terhadap membrane plasma dan membran luar selaput inti.
    Smooth endoplasmic reticulum ini memiliki fungsi yang bervariasi sesuai dengan sel – sel nya.
  4. Cytosol
    Cytosol atau biasa disebut dengan Sitosol adalah sebuah cairan yang terdapat dalam sel hewan yang memiliki fungsi sebagai  jalur transduksi sinyal seluler dengan glikolisis.
  5. Mithochondrion
    Mitokondria adalah sebuah organel ysng paling besar dalam sel hewan dan merupakan mesin dalam sel tersebut. Mitokondria memiliki bentuk yang mirip dengan cerutu atau rokok yang mempunyai dua lapis membran yang melekuk – lekuk ysng bernama kritas.
    Kandungan oksigen serta glukosa saling berkombinasi dalam membentuk sebuah energi (ATP) yang merupakan salah satu bagian yang dibutuhkan dalam proses metabolisme dan aktivitas seluler dalam suatu organel.
    Mitokondria ini dalam bentuk tunggul umumnya disebut dengan mitokondrion.
  6. Lysosome
    Lysosome atau umunya biasa di sebut dengan nama Lisosom adalah sebuah organel dalam sel yang berbentuk kantong terikat pada membran yang berisi sebuah kandungan enzim hidrolitik yang di gunakan untuk mengontrol pencernaan intraseluler di dalam keadaan kondisi apapun.
  7. Centioles
    Centrioles atau biasa disebut Sentriol adalah sebuah struktur memiliki bentuk seperti tabung yang bisa ditemukan pada sebuah sel eukariota.
    Sentriol ini berperan dalam prosespembelahan sel.
    Dalam ilmu biologi, sepasang sentriol yang membentuk sebuah struktur gabungan disebut juga sentrosom.
  8. Centrosome matrix
    Centrosome matrix atau Sentrosom ialah sebuah organel sel yang berperan aktif dalam proses pembelahan sel. Sentrosom adalah sebuah daerah yang terdiri atas dua sentriol atau sepasang sentriol yang terjadi ketika pembelahan sel.
    Setiap sentriol nanti akan berjalan ke masing – masing kutub pada proses pembelahan sel.
  9. Cytoskeletal elements
    Cytoskeletal elements atau Sitoskeleton adalah sebuah kerangka sel yang berupa jaring berkas – berkas protein yang terdiri untuk menyusun sitoplasma dalam sel. Sitoskeleton ini dapat mengokohkan bentuk sel, merubah bentuk, kemduain mampu mengatur posisi organel, melakukan renang, serta dapat merayap di permukaan.
  10. Peraxisome
    Peraxisome atau peroksisom adalah sebuah organel yang dibungkus oleh membran sel tunggal dari lipid dwilapis yang memiliki kandungan protein reseptor.
    Peroksisom ini memiliki 50 enzim seperti ureat oksidase dan katalase dalaam bentuk kristal pada pusat.
    Peroksisom ini dapat di temukan hampir pada semua jenis eukariota.
  11. Secretion being released from cell by exocytosis
    Secretion being released from cell by exocytosis atau Ekositosis ini merupakan alat transpormasi molekul protein polisakarida untuk melintasi membran plasma yang berjalan dari dalam sel ke luar sel (sekresei).
  12. Golgi apparatus
    Golgi Apparatus atau biasa disebut Badan golgi adalah sebuah organel sel yang dikaitkan erat dengan fungsi ekskresi sel.
    Badan golgi ini mudah ditemukan di dalam semua sel hewan atau eukariotik dan juga terdapat pada jaringan fungsi ekskresi.
  13. Ribosomes
    Ribosomes atau biasa disebut dengan Ribosom adalah sebuah organel sel yang bertekstur padat dan kecil dengan jumlah ukuran diameter sekitar 20 nm yang terdiri dari : 65% RNA ribosom (rRNA) dan 35% protein ribosom (Ribonukleoprotein atau RNP ) .
    Di dalam sel ribosom ini juga terikat pada retikulum endoplasma kasar (REk), dan biasa disebut membran inti sel.
  14. Rough endoplasmic reticulum
    Rough endoplasmic rticulum atau biasa disebut Retikulum endoplasma adalah sebuah bagian sel yang berbentuk benang – benang yang ada di inti sel.
    Retikulum endoplasma ini terbagi menjadi dua buah bagian diantaranya adalah : retikulum endoplasma kasar (REk) dan retikulum endoplasma halus (REh) .
    Retikulum endoplasma halus atau REh, yaitu sebuah bagian yang tidak melekat dengan ribosom
    Retikulum endoplasma yang kasar atau REk, adalah sebuah bagian yang dapat melekat pada bagian ribosom.
  15. Plasma membrane
    Plasma membran atau membran plasma adalah sebuah lapisan antarmuka yang memisahkan sel dengan lingkungan yangberada pada luar sel dan melindungi inti sel dan sistem kelangsungan hidup dalam sitoplasma.
  16. Nucleus
    Nucleus atau nukleus adalah sebuah organel dalam sel yang memiliki kandungan hampir sebagian besar materi dari genetik sel dengan berupa bentuk molekul DNA linear panjang dengan membentuk kromosom bersamaan dengan beragam macam protein.
  17. Nuclear envelope
    Nuclear encelope merupakan sebuah membran ganda fosfo lipid yang dapat membungkus keseluruhan dari organel sel dan memisahkan bagian inti dengan sitoplasma pada sel.
Baca Juga :   Perbedaan Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan Lengkap

Demikianlah pembahasan makalah tentang Sel Hewan dan fungsinya. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua…..

Baca juga :