Seni Rupa Murni

Posted on

Seni Rupa Murni – Sebelum saya menjelaskan tentang Seni Rupa Murni, apa kalian sudah tahu apa yang di maksud dengan Seni Rupa Murni? Seni merupakan semua hal yang di ciptakan oleh manusia yang mengandung unsur seni dan unsur keindahan.

Baiklah untuk lebih jelasmya mari bersama-sama kita simak penjelasan tentang Seni Rupa Murni yang meliputi Pengertian, jenis Seni Rupa Murni, Unsur beserta Contohnya.

Pengertian

Seni Rupa Murni adalah Suatu bentuk Karya Seni yang hanya menikmati dari bentuk keindahannya saja, oleh karena itu Karya Seni ini diciptakan hanya untuk dinikmati pada Nilai Keindahan saja (Estetis), dan tidak memperdulikan Nilai Fungsi atau Kegunaan Karya Seni tersebut.

Seni Rupa Murni ini telah ada, sejak pada zaman Pra Sejarah, dimana dalam pembuatan suatu Karya Seni menggunakan Getah Pohon, dengan menempelkannya pada sebuah Batu atau benda-benda yang memiliki permukaan datar lain-lainnya.

Jenis-Jenis

Secara Umum Seni Rupa Murni terbagi menjadi 2 bentuk, yaitu Seni Rupa 3 dimensi dan Seni Rupa 2 Dimensi, yaitu Sebagai berikut ini :

Seni Rupa 3 Dimensi

Seni Rupa Murni 3 Dimensi adalah Bentuk Seni Rupa yang unsur pembentukannya terdiri dari 3 bagian, yaitu Bentuk Panjang, Lebar dan Tinggi.

Unsur-unsur pembentukan tersebut, kemudian akan membentuk sebuah Volume dan juga Isi yang akan menjadi sebuah Karya Seni, yang dapat dilihat dari segala arah. Seni Rupa Murni 3 Dimensi ini memang memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi, dibandingkan Seni Rupa Murni 2 Dimensi dalam pembuatannya.

Baca Juga :   Tugas AFNEI di Indonesia - Pengertian, Sejarah, dan Tujuan

Tetapi secara Nilai Keindahannya, tentu akan memiliki kesan yang lebih indah. Ada banyak contoh bentuk dari Karya Seni Rupa Murni 3 Dimensi ini, yaitu Karya Seni Patung, Seni Ukiran, Seni Pahat, dan lain sebagainya.

Seni Rupa 2 Dimensi

Seni Rupa Murni 2 Dimensi adalah Bentuk Seni Rupa yang tersusun dari 2 unsur saja, yaitu Panjang dan Lebar. Oleh karena itu bentuk dari Karya Seni 2 Dimensi ini hanya dapat dilihat dari satu arah tertentu.

Walaupun begitu Seni Rupa Murni 2 Dimensi ini bagi Para Seniman yang sudah ahli, bisa dijadikan sebagai tempat untuk mencari pendapatan untuk kehidupan sehari-hari.

Hal tersebut terjadi, karena Para Seniman akan membentuk Karya Seni 2 Dimensi dengan seluruh Kreatifitas untuk diletakkan dalam sebuah Media Karya Seni, yang nantinya akan mendapatkan suatu Apresiasi dari Para Penikmatnya.

Seni Rupa 2 Dimensi ini ada banyak contoh bentuk Karya Seni, yaitu Gambar Grafis, Poster, Lukisan, dan lain sebagainya.

Contoh Ragam Seni Rupa Murni

Seni Rupa Murni memiliki banyak sekali bentuk Karyanya, yaitu Sebagai berikut dibawah ini :

1. Seni Relief

Seni Rupa Murni

Relief adalah Sebuah gambar atau lukisan yang terbentuk ke dalam 3 Dimensi atau Trimata, yang berada di atas sebuah bidang dua dimensi atau dwi mata. Relief juga terdapat pada tugu-tugu Peringatan serta terdapat pada bagian candi. Pada umumnya Relief berisi tentang diorama dan memilki nilai sejarah yang sangat tinggi.

 

2. Seni Patung

Seni Rupa Murni

Patung adalah ekspresi dari jiwa manusia. Pembuatan patung biasanya berbentuk Visual yang membentuk tiga dimensi. Tujuan utama dari pembuatan patung adalah untuk mendapatkan unsur keindahan. Umumnya patung bisa berbentuk menyerupai manusia, hewan, dan lain sebagainya.

Di Indonesia sangat banyak hasil pembutan patung yang bisa dilihat dan dinikmati keindahannya, contohnya patung-patung di candi borobudur, di pura-pura, atau di tempat-tempat sejarah yang berada di Mancanegara. Patung juga bisa menjadi sumber mata pencaharian bagi sebagian besar masayarakat.

Baca Juga :   Rumus Lingkaran - Cara Menghitung Luas, Keliling, Contoh Soal

3. Seni Lukisan

Seni Rupa Murni

Lukisan merupakan sebuah Seni yang sengaja dibuat dengan cara menggoreskan cat dan kuas, atau dengan peralatan lain. Kemudian kanvas digunakan sebagai medianya.

Lukisan banyak dibuat oleh Para Pelukis yang terkenal dengan harga yang lumayan tinggi, tiap lukisan harganya bisa mencapai jutaan hingga ratusan juta.
Lukisan termasuk kedalam contoh seni rupa murni karena lukisan hanya bisa dinikmati sebagai hiasan dinding atau pajangan.

4. Seni Grafis

Seni Rupa Murni

Seni Grafis merupakan bagian dari Seni Rupa Murni yang sekaligus merupakan Seni Rupa Terapan. Karena diperuntukkan dari segi kegunaannya Seni Grafis sebagai sarana ilustrasi maka bisa dibilang ini merupakan Seni Rupa Terapan. Namun, apabila digunakan sebagai hiasan maka ini termasuk kedalam Seni Rupa Murni.

5. Seni Fotografi

Seni Rupa Murni

Seni Fotografi merupakan salah satu jenis Seni Rupa Murni yang sangat berkembang di jaman sekarang, karena kemajuan teknologi kamera yang sangat pesat.

Fotografi banyak sekali dan sangat disukai oleh banyak kalangan seperti kalangan Milenilal maupun kalangan lainnya. Fotografi merupakan media untuk mengekspresikan diri dari objek yang difoto menggunakan kamera dan hasilnya akan semakin indah jika dipadukan dengan seni fotografi ini.

6. Seni Kaligrafi

Seni Rupa Murni

Kaligrafi adalah salah satu jenis seni rupa murni 2 dimensi yang emiliki fungsi sebagai hiasan semata. Biasanya Kaligrafi dipajang di dalam Masjid, atau rumah-rumah orang yang beragama islam. Kaligrafi banyak sekali di buat sebagai hiasan dinding.

7. Seni Topeng

Seni Rupa Murni

Topeng merupakan salah satu seni rupa murni yang apabila hanya menjadi pajangan di dinding. Selain hanya untuk dijadikan pajangan Topeng juga bisa dipakai sebagai properti Tari-tarian atau kebutuhan terntentu. Seni rupa jenis ini merupakan media untuk mengekspresikan suasana hati manusia dan juga menambah nilai seni didalam rumah.

Baca Juga :   Puisi Baru Lengkap

8. Seni Mozaik

Seni Rupa Murni

Mozaik merupakan seni yang merangkai pecahan atau potongan kecil batu, kerta, keramik atau kaca untuk dijadikan sebuah karya baru yang dapat dilihat seni keindahan nya. Mozaik bisa menjadi sebuah Karya Seni Rupa Murni karena ketika dipajang di dinding unsur kehindahan nya akan lebih menonjol..

9. Seni Ukiran

Seni Rupa Murni

Ukiran adalah Seni yang memanfaatkan skil memahat batu atau kayu yang nantinya akan dijadikan suatu karya seni yang di inginkan dengan memperlihatkan unsur-unsur keindahannya. Kebanyakan Karya Seni Ukir memiliki bentuk makhluk hidup atau bunga dan kehidupan. Ukiran juga bisa dijadikan sebagai hiasan di dalam rumah atau perkantoran.

10. Seni Keramik

Seni Rupa Murni

Kerajinan keramik mrupakan salah satu Seni Rupa Murni yang khusus memperlihatkan seni keindahan dan bahannya dari keramik. Bisa berbentuk ke dalam jenis Guci, Vas Bunga, atau ke dalam bentuk lainnya. Biasanya kerajianan Keramik akan di ukir dengan warna-warna yang sangat indah. Yang paling sering dijumpai di lingkungan masyarakat adalah Guci dan Vas Bunga.

Baca Juga Artikel Selanjutnya :