Seni Sastra

Posted on

Seni Sastra – Berikut ini rumusbilangan.com akan membahas tentang rangkuman makalah materi Seni Sastra yang akan diterangkan mulai dari pengertian, jenis, fungsi, struktur, unsur, jurnal, tujuan, ciri, makalah, peran, makna, konsep, kutipan, contoh secara lengkap.

Seni satra berasal dari dua kata, yaitu “seni” dan “sastra”. Seni adalah ekspresi emosi manusia yang memiliki nilai keindahan. Sedangkan sastra adalah kata serapan yang diserap oleh bahasa Sansekerta, yang berarti kepemimpinan, bimbingan atau ketertiban (dalam bentuk teks atau suara). Seni sastra dengan demikian dapat diartikan sebagai tulisan atau cerita yang dihasilkan dari ekspresi perasaan manusia yang memiliki nilai keindahan.

Apa Itu Seni Sastra ?

Apa Itu Seni Sastra ?
Apa Itu Seni Sastra ?

Seni sastra atau seni sastra adalah sesuatu dalam bentuk tulisan atau cerita dengan nilai-nilai artistik dan budaya yang mewakili keindahan bahasa dan bahasa sesuai dengan makna tertentu.

Sastra didefinisikan sebagai bahasa yang digunakan dalam buku dan bukan bahasa yang umum. Selain itu, sastra juga dapat didefinisikan sebagai tulisan, yang memiliki beberapa fitur luar biasa dibandingkan dengan tulisan-tulisan lain, seperti keaslian, pengerjaan dan keindahan dalam konten dan ekspresi.

Ciri Ciri Dari Seni Sastra

Karena pemahamannya, karakteristik seni sastra dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

Seni Sastra dalam Bentuk Bahasa
Seni sastra dalam bentuk bahasa terdiri dari ekspresi sastra, kata-kata, cerita, dan gaya linguistik.

Seni Sastra dalam Bentuk Ledakan Emosi
Seni sastra dalam bentuk curahan perasaan yang dicakup di sini adalah sastra dalam bentuk buku, buku, tulisan, dan esai.

Seni Sastra dalam Ide / Nilai
Seni sastra yang mengekspresikan dirinya dalam gagasan atau nilai-nilai, yaitu sastra yang membentuk doktrin, pedoman, tatanan dan pendidikan.

Baca Juga :   Unicef Adalah

Karakteristik di atas salah satunya bisa berdiri sendiri. Itu juga dapat melengkapi karya sastra. Jadi jika hanya ada satu fitur dalam seni sastra, itu masih bisa disebut seni sastra.

Jenis Jenis Dari Sastra

Ini dibagi menjadi dua jenis berdasarkan pada pemahamannya tentang seni sastra:

Prosa pertama

Prosa adalah karya sastra dalam bentuk deskripsi yang dikemas dengan bahasa bebas yang tidak terikat dengan ritme, diksi, sajak dan kenyaringan atau aturan bahasa, dan pedoman sastra lainnya. Ejaan umum dalam prosa menggambarkan fakta atau ide.
Prossa digunakan untuk surat kabar, majalah, novel, ensiklopedi, dan berbagai jenis media lainnya.
Prosa dibagi menjadi empat jenis, yaitu:

  • Prosa naratif
  • Prosa deskriptif
  • Prosa eksposisi
  • Prosa penalaran

Prosa memiliki dua bentuk, yaitu:

  • Romansa
    Romansa adalah kisah yang menceritakan karakter secara keseluruhan sejak lahir hingga akhir hayatnya.
  • Novel
    Novel adalah cerita yang menceritakan bagian dari kehidupan karakter.

Puisi

Puisi adalah karya sastra yang digambarkan dalam hal diksi atau kata-kata pilihan. Puisi ditandai dengan diskusi, yang indah. Secara umum, puisi secara tidak langsung dapat mengarahkan seseorang untuk mengasah kesadarannya melalui bahasa yang memiliki ritme dan makna tertentu.
Contoh-contoh puisi seperti puisi, sajak dan balada.

Seni sastra dapat diklasifikasikan menurut isinya dalam empat cara:

  • Epik
    Epik adalah esai yang menyajikan sesuatu secara objektif, tanpa mengikuti pikiran dan perasaan pribadi pengemudi.
  • Lirik
    Teks-teks adalah esai dalam bentuk perasaan subjektif dari penulis.
  • Tidak aktif
    Didtif adalah sebuah karya sastra yang membisikkan pesan moral, karma, agama, dan lainnya.
  • Drama
    Dramatic adalah karya sastra yang berisi peristiwa yang melukis gambar yang berlebihan.

Berdasarkan sejarahnya, karya sastra dibagi menjadi dua jenis:

  • Literatur Lama
    Sastra adalah sejenis karya sastra yang ditulis oleh penulis yang hidup di zaman Kerajaan atau di mana tidak ada gerakan nasional. Sastra lama terdiri dari sajak, dongeng dan saga.
  • Sastra Modern
    Sastra modern adalah sastra yang hidup dan berkembang dalam kehidupan masyarakat modern. Karya sastra ini diciptakan setelah munculnya gerakan nasional. Sastra modern biasanya terdiri dari puisi, prosa, cerita pendek, novel, novel, dan drama
Baca Juga :   Danau Adalah

Unsur Dari Seni Sasra

Dalam seni sastra ada unsur yang membentuk seni sastra itu sendiri. Elemen-elemen ini adalah sebagai berikut:

A. Elemen Nyata

Elemen intrinsik adalah elemen yang mempengaruhi seni sastra yang terkandung dalam seni sastra itu sendiri.
Elemen intrinsik dari seni sastra adalah sebagai berikut:

  • Topik, yaitu masalah utama dalam cerita.
  • Mandat, pesan yang harus dikirim Pengaran kepada pembacanya.
  • Karakter / karakter, itulah karakter dalam cerita. Karakter-karakter ini dapat diklasifikasikan sebagai berikut: karakter utama yang menjadi fokus utama, dan karakter bawahan yang menyertai karakter utama. Dari karakter baik dan buruk, karakter dibagi menjadi: protagonis, antagonis.
  • Konflik, yaitu masalah karakter dalam cerita. Konflik dibagi menjadi dua jenis: konflik internal (konflik di mana tidak ada karakter lain yang terlibat) dan konflik eksternal (konflik yang melibatkan karakter lain).
  • Pengaturan / Latar Belakang, d. H. Deskripsi tempat, waktu dan suasana.
  • Aksi / aksi, yang merupakan alur dalam karya sastra dari awal hingga akhir
  • Simbol itulah penggunaan karya sastra untuk merepresentasikan hal yang abstrak.
  • Sudut pandang, yaitu penerapan karakter penulis dalam cerita. Perspektif penulis dibagi menjadi: Orang pertama diidentifikasi dengan menggunakan kata “Aku” orang kedua diidentifikasi dengan menggunakan kata “kamu” dan orang ketiga diidentifikasi dengan menggunakan kata ” Anda “atau” Dia “ditandai.

B. Elemen Luar

Elemen ekstrinsik adalah elemen yang membentuk karya sastra dari luar. Secara umum, elemen ini mengambil bentuk latar belakang kehidupan, kepercayaan dan perspektif penulis, adat istiadat, politik, sejarah dan situasi ekonomi dari sebuah karya sastra. Meskipun unsur luar Nerada terletak di luar karya sastra, unsur ini tetap merupakan unsur yang menghasilkan karya sastra. Sehingga masyarakat dapat menikmati karya-karya sastra.

Baca Juga :   Contoh Teks Eksplanasi

Manfaat Dari Seni Sastra

Kelebihan seni sastra adalah sebagai berikut:

  • Perlihatkan kebenaran hidup melalui kisah-kisah yang dikandungnya.
  • Perkaya pendengar rohani. Secara umum, sastra meninggalkan nilai dan pesan kepada audiens untuk memperkaya pikiran.
  • Melintasi batas negara dan usia. Karya sastra di satu negara bisa terkenal di negara lain. Karya-karya sastra masih hidup, meskipun sudah ditulis ratusan tahun yang lalu.
  • Dengan penikmat sastra seseorang dapat memiliki kesopanan bahasa. Bahasa yang dikemas dalam sastra adalah bahasa yang indah dan menarik. Dalam bahasa yang menarik karya sastra biasanya juga mengandung satu kalimat. Jadi itu melekat pada penonton itu sendiri.
  • Sastra dapat mengubah masyarakat menjadi orang beradab. Satra juga termasuk budaya sehingga audiens bisa menjadi orang yang lebih berbudaya.

Demikian Pembahasan Materi Kita Kali ini Mengenai Seni Sastra. Jangan Lupa Tetap Bersama Kami Di RumusBilangan.com. Semoga Bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terimakasih.

Baca Juga :

Seni Sastra Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar