Sifat Ketahanan Nasional

Posted on

Sifat Ketahanan Nasional – Berikut ini rumusbilangan.com akan membahas tentang rangkuman makalah materi Ketahanan Nasional yang akan diterangkan mulai dari pengertian, jenis, fungsi, struktur, unsur, jurnal, tujuan, ciri, makalah, peran, makna, konsep, kutipan, contoh secara lengkap.

Suatu bangsa membutuhkan ketahanan untuk memastikan dan memperkuat kemampuan bangsa. Istilah “Memana Pertahanan Nasional” memiliki pemahaman yang cukup luas dan cakupan aplikasi yang cukup luas, jika dibahas secara rinci.

Apa Itu Ketahanan Nasional ?

Ketahanan Nasional
Ketahanan Nasional

Ketahanan nasional adalah keadaan dinamis suatu negara yang merangkul seluruh kehidupan nasional yang terintegrasi dan mencakup ketahanan dan ketahanan, yang mencakup kemampuan untuk mengembangkan kekuatan nasional untuk mengatasi semua tantangan ancaman, hambatan dan gangguan, baik secara internal maupun eksternal. untuk memastikan identitas dan kelangsungan hidup bangsa dan negara dan perjuangan untuk mencapai tujuan nasional.

Konsep ketahanan nasional adalah doktrin yang oleh semua orang Indonesia dianggap benar dan harus digunakan dengan cara sebaik mungkin untuk mempromosikan kondisi nasional yang ingin dicapai. Pandangan ini harus diwujudkan oleh negara dan dipupuk sejak dini, terus menerus dan sinergis dengan aspek kehidupan bangsa lain.

Dalam terminologi asing (Barat), apa yang dimaksud dengan ketahanan nasional disebut sebagai kekuatan nasional, aspek-aspek yang meliputi wilayah yang luas, sumber daya alam yang hebat, kapasitas industri, penguasaan teknologi, kesiapan militer, kepemimpinan dan kemandirian yang efektif, kualitas / kuantitas tentara.

Indonesia tidak menggunakan konsep kekuatan nasional, karena konsep ketahanan nasional lebih sejalan dengan dinamika historis perjuangan bangsa Indonesia, yang selama berabad-abad telah mampu mempertahankan kelangsungan hidupnya sebagai bangsa.

Baca Juga :   Unicef Adalah

Yang dimaksud dengan “dinamika perjuangan rakyat Indonesia” adalah dinamika (naik turunnya) perjuangan rakyat Indonesia sejak era pra-kolonial, era kolonial, era orde lama, orde baru, dan sebagainya.

Fungsi Dari Ketahanan Nasional

Fungsi pertahanan nasional berikut:

  • Sebagai doktrin nasional yang fundamental untuk memastikan munculnya pola pikir, sikap, pola perilaku dan pola kerja dalam menyatukan langkah-langkah nasional, baik secara nasional, lintas sektor dan lintas disiplin ilmu.
  • Pola dasar pembangunan nasional pada dasarnya adalah arahan dan pedoman pembangunan nasional di semua bidang dan sektor pembangunan secara terpadu, sebagaimana diatur dalam program.
  • Sebagai metode untuk mempromosikan kehidupan nasional, ini adalah metode integral yang mencakup semua aspek kehidupan publik yang dikenal sebagai Astagatra dan terdiri dari aspek-aspek alami seperti geografi, kekayaan alam dan populasi serta aspek sosial-budaya seperti ideologi, politik, budaya sosial, keamanan dan keamanan.

Tujuan Dari Ketahanan Nasional

Tujuan keamanan nasional dapat menjadi pengantar ayat 4 dalam UUD 1945, yaitu:
“Lindungi semua orang Indonesia dan seluruh darah Indonesia mereka dan promosikan kebaikan bersama, mendidik kehidupan bangsa dan berpartisipasi dalam perwujudan tatanan dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.”

Tujuan yang paling penting, tentu saja, adalah untuk menjaga negara tetap hidup dalam semua situasi sulit dan bermasalah di Indonesia.

Sifat Dari Ketahanan Nasional

  • Jadilah mandiri, percaya pada kemampuan dan kekuatan Anda sendiri, dan jangan menyerah dengan mudah. Fitur ini adalah salah satu syarat untuk kerja sama.
  • Secara dinamis, niat tidak tetap, naik dan turun, tergantung pada situasi dan keadaan bangsa dan negara dan lingkungan strategisnya. Fitur ini selalu berwawasan ke depan dan diarahkan ke kondisi yang lebih baik.
  • Otoritas, semakin tinggi tingkat ketahanan nasional, semakin tinggi otoritas negara dan pemerintah sebagai penyelenggara kehidupan nasional.
  • Konseling dan kerja sama, saling menghormati, mengutip kekuatan moral dan kepribadian bangsa.
Baca Juga :   Penulisan Bahasa Arab

Ciri – Ciri Dari Ketahanan Nasional

Karakteristik ketahanan nasional adalah:

  • Berdasarkan metode Astagrata, semua aspek kehidupan nasional tercermin dalam sistem Astagarata yang terdiri dari tiga aspek alam / statis (Trigatra), yang meliputi geografi, kekayaan alam dan populasi, dan lima aspek sosial / dinamis (Pancagatra) , ideologi, politik, ekonomi, budaya sosial dan pertahanan dan keamanan.
  • Dipandu oleh wawasan nasional
  • Merupakan persyaratan utama bagi negara berkembang
  • Berfokus pada kelangsungan hidup dan perkembangan kehidupan
  • Mengatasi tantangan, ancaman, hambatan, dan intrusi dari luar dan dalam.
  • Sebagai pertahanan yang bertujuan langsung menjaga keamanan dan kesejahteraan
  • Perkuat pendekatan yang meyakinkan

Asas Dari Ketahanan Nasional

Prinsip ketahanan nasional adalah kode etik yang didasarkan pada nilai-nilai berdasarkan Pancasila, UUD 1945, dan wawasan kepulauan. Prinsip-prinsip ketahanan nasional adalah:

  • Prinsip kesejahteraan dan keamanan, memenuhi kebutuhan dasar dan bagi individu, kelompok dan masyarakat, adalah ukuran keamanan nasional yang baik dan buruk.
  • Prinsip ketahanan nasional komprehensif komprehensif / terintegrasi mencakup semua aspek kehidupan yang terkait dengan bentuk persatuan dan integrasi dalam harmoni, harmoni dan keseimbangan.
  • Prinsip pengamatan diri di dalam dan di luar pengamatan diri, yang bertujuan untuk meningkatkan sifat dan kondisi kehidupan nasional berdasarkan nilai-nilai kemerdekaan dan untuk meningkatkan kualitas kemerdekaan nasional. Mawas out sedang dilakukan untuk mengantisipasi, mengelola dan mengatasi dampak dari lingkungan strategis di luar negeri.
  • Prinsip kekerabatan mencakup sikap hidup yang meliputi keadilan, kebersamaan, kesetaraan, gotong royong, toleransi, dan tanggung jawab dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Prinsip ini mengakui bahwa ada perbedaan dan dilindungi dari konflik yang merusak.

Demikian Pembahasan Materi Kita Kali ini Mengenai Ketahanan Nasional. Jangan Lupa Tetap Bersama Kami Di RumusBilangan.com. Semoga Bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terimakasih.

Baca Juga :   Danau Adalah

Sifat Ketahanan Nasional Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar