Jenis Simbiosis

Posted on

Jenis Simbiosis – Berikut ini rumusbilangan.com akan membahas tentang rangkuman makalah materi Jenis Simbiosis yang akan diterangkan mulai dari pengertian, jenis, fungsi, struktur, unsur, jurnal, tujuan, ciri, makalah, peran, makna, konsep, kutipan, contoh secara lengkap.

Makhluk hidup, baik manusia maupun sel terkecil, saling membutuhkan dalam hal manfaat dan kerusakan. Semua makhluk hidup dalam satu lingkungan berinteraksi dengan makhluk hidup lain dan lingkungannya.

Tidak dapat dipungkiri bahwa interaksi antara makhluk hidup memainkan peran penting dalam kelangsungan hidup masing-masing. Hubungan-hubungan ini saling memengaruhi. Terutama dalam hubungan antar individu dengan tipe yang sama atau berbeda.

Apa Itu Simbiosis ?

Lebih khusus lagi, hubungan unik antara makhluk hidup yang berbeda atau interaksinya disebut simbiosis. Simbiosis berasal dari bahasa Yunani dan berarti “sym” dan “biosis” berarti “hidup” atau dengan kata lain “simbiosis hidup bersama”. Makhluk hidup yang hidup atau bertahan hidup dengan simbiosis disebut simbion.

Fungsi dari Simbiosis

Tentu saja, segala sesuatu yang berkaitan dengan interaksi antara makhluk hidup memiliki fungsi. Dalam kasus simbiosis makhluk hidup, fungsi utamanya adalah untuk bertahan hidup dengan mengandalkan atau berhubungan dengan makhluk hidup lain yang tidak setara.

Jenis – Jenis Simbiosis

jenis simbiosis

Simbiosis Timbal Balik (Mutualisme)

Timbal balik dengan kualitas Latin, yaitu pertukaran, adalah hubungan yang erat antara dua organisme dari spesies yang berbeda, yang saling menguntungkan. Interaksi timbal balik kadang-kadang disebut sebagai simbiosis wajib.

Misalnya, bakteri Rhizobium yang hidup di umbi kacang, kerbau dan jalak, serta kupu-kupu atau lebah, membantu menyerbuki bunga atau menyerbuki. Bunga membutuhkan kupu-kupu atau lebah untuk memindahkan bunga dan membantu menyerbuki mereka. Kupu-kupu dan lebah juga mendapat manfaat dari nektar sebagai makanan.

Baca Juga :   Struktur Leukosit

Simbiosis Komensalisme

Komensalisme adalah hubungan antara dua organisme dari spesies yang berbeda dalam bentuk hidup bersama, untuk berbagi sumber makanan, suatu bentuk interaksi yang menyebabkan satu spesies menguntungkan dan spesies lainnya tidak dirugikan. Misalnya, anggrek dengan pohon tempat mereka menungganginya, dan hiu bersama ikan Remora.

Simbiosis Parasitisme

Parasitisme adalah hubungan antara organisme dari spesies yang berbeda ketika suatu organisme hidup pada organisme lain dan mengambil makanan dari inangnya / inangnya sehingga berbahaya bagi inangnya. Parasit dapat memperoleh makanan atau sumber daya yang diperlukan dari tubuh inangnya untuk memberi manfaat bagi diri mereka sendiri. Selain makan, mereka menggunakan inang untuk melindungi mereka dari pemangsa. Contoh: Plasmodium pada manusia, Taeniasaginata pada sapi dan parasit di pohon inang.

Simbiosis Amensalismus

Simbiosis Amensalisme adalah hubungan atau interaksi ketika satu pihak dirugikan dan pihak lain tidak diuntungkan atau dirugikan. Misalnya, jamur penicillium yang mengeluarkan penisilin dengan bakteri. Penisilin dapat membunuh bakteri tetapi tidak digunakan atau membahayakan.

Simbiosis dapat dibagi menjadi dua kategori berbeda:

  • Ectosymbiosis adalah suatu bentuk hubungan antara dua jenis organisme di mana organisme hidup di luar organisme lain.
  • Endosimbiosis adalah suatu bentuk hubungan antara dua jenis organisme yang berbeda, dengan satu organisme hidup di organisme lain

Demikian Pembahasan Materi Kita Kali ini Mengenai Jenis Simbiosis. Jangan Lupa Tetap Bersama Kami Di RumusBilangan.com. Semoga Bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terimakasih.

Baca Juga :

Jenis Simbiosis Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar