Sistem Komputer

Posted on

Pengertian Sistem Komputer – Kalian tentu saja sudah tahu mengenai komputer. Walaupun jika ditanya apa itu komputer? Bisa jadi kalian masih merasa kesulitan untuk menjelaskanya. Perlu kalian ketahui bahwa komputer juga mempunyai sebuah sistem untuk menjalankan perintah dan memperoses data-data.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Sistem Komputer beserta dengan Pengertian dan Komponen-komponennya yaitu, sebagai berikut ini.

Sistem Komputer

Definisi Sistem Komputer

Sistem Komputer merupakan sekumpulan perangkat komputer yang saling berkaitan dan berinteraksi antara satu sama lain untuk menjalankan sebuah Proses Pengolahan Data, sehingga dapat menghasilkan suatu informasi yang sangat dibutuhkan oleh penggunanya. Perangkat-perangkat yang terdapat didalam sebuah Sistem Komputer yaitu terdiri dari Hardware, Software dan Brainware.

Dari setiap perangkat tersebut mempunyai fungsinya masing-masing pada sebuah Sistem Komputer. Tetapi saat menjalankan tugasnya perangkat Komputer tersebut akan bekerja dan saling mendukung antara satu sama lain. Hardware tidak dapat bekerja jika tanpa adanya sebuah Software dan Hardware pun begitu, keduanya tidak akan bisa dipakai untuk menghasilkan suatu informasi jika tidak ada sebuah Brainware yang menjalankan dan memberikan perintah.

Fungsi Sistem Komputer

Dibawah ini beberapa fungsi dari Sistem Komputer yang bisa dipahami yaitu, diantaranya sebagai berikut :

  • Menginput sebuah Data

Menginput Data merupakan salah satu fungsi dari sistem komputer yaitu menginput data yang sudah ada ke dalam sebuah komputer. Sistem komputer bertugas untuk menginput segala macam jenis data yang telah dimasukkan oleh seorang pengguna melalui sebuah perangkat Hardware seperti Mouse, Keyboard, Microphone dan lain sebagainya.

  • Memproses sebuah Data

Memproses Data merupakan salah satu fungsi dari sebuah Sistem Komputer yaitu untuk melakukan suatu Process yang bertugas untuk mentransfer sebuah data mentah menjadi suatu informasi yang bisa dibaca oleh memori komputer. Sebuah Proses data ini biasanya dilakukan pada suatu Central Processing Unit ( CPU ) yang juga memiliki fungsi sebagai otak komputer.

  • Menghasilkan sebuah Data

Menghasilkan Data merupakan salah satu Fungsi dari Sistem Komputer yang bertugas untuk menghasilkan sebuah Output yang merupakan salah satu hasil dari data yang sudah diproses. Hasil dari Output tersebut bisa berupa sebuah informasi, gambar, suara maupun video yang sudah sejak awal memang termasuk kedalam sebuah pengolahan data.

  • Menyimpan sebuah Data
Baca Juga :   Mengetahui Pengertian, Dasar Hukum, Tugas Dan Fungsi Perwakilan Diplomatik Terlengkap

Menyimpan Data merupakan salah satu fungsi dari sistem komputer yang bertugas untuk menyimpan data Output yang merupakan hasil dari olahan sebuah Process didalam memori komputer. Jadi, data yang sudah diinput dan diproses akan menjadi sebuah Output Data yang bisa kita simpan di dalam sebuah memori komputer yang nantinya bisa digunakan dalam waktu tertentu.

komponen Sistem Komputer

Sistem Komputer terdiri dari beberapa komponen pembangun dari sebuah Sistem yaitu, Hardware, Software dan juga Brainware. Dibawah ini terdapat penjelasan mengenai 3 jenis komponen tersebut di antaranya sebagai berikut ini :

A. Komponen Hardware (Perangkat Keras)

Hardware atau biasa kita sebut sebagai Perangkat Keras yaitu merupakan perangkat yang mempunyai wujud fisik dan bisa disentuh. Perangkat ini terdiri dari berbagai macam benda komputer yang biasa kita pakai. Contohnya seperti Monitor, Mouse, Keyboard, dan CPU, semua komponen tersebut merupakan bagian dari komponen Hardware Komputer.

Dibawah ini merupakan penjelasan dari berbagai macam komponen Hardware yaitu, sebagai berikut :

Central Processing Unit (CPU)

Sistem Komputer

CPU atau Central Processing Unit merupakan otak dari sebuah sistem komputer. Unit ini memiliki tanggung jawab dari semua kegiatan yang telah terjadi dan sudah di Proses didalam sebuah Komputer. CPU memiliki fungsi sebagai pusat Pengelolahan Data dan mengontrol segala macam perangkat Internal maupun Eksternal yang terhubung pada sebuah Komputer.

Input Unit (Input Device)

Sistem Komputer

Input Device merupakan salah satu perangkat keras komputer yang bertugas sebagai alat yang berguna untuk memasukan data atau sebuah perintah ke dalam Komputer.

Contohnya :

  • Keyboard
  • Pointing Device
  • Mouse
  • Touch screen
  • Digitizer Grapich Tablet
  • Scanner
  • Microphone

Output Unit (Perangkat Keluaran)

Sistem Komputer

Output unit mempunyai fungsi yang bertolak belakang dengan Input unit. Jika pada sebuah input unit data yang diperoleh dari luar dimasukkan ke dalam sistem komputer, maka output unit sebaliknya. Output Unit menghasilkan suatu informasi atau sebuah data yang merupakan hasil dari pemrosesan pada sistem komputer. Data yang dihasilkan dapat berupa sebuah infromasi, gambar, suara atau video.

Baca Juga :   Penjelasan Isim Mutsanna Lengkap

Storage Unit (Perangkat Penyimpanan)

Sistem Komputer

Perintah yang telah dimasukkan pada suatu Sistem Komputer melalui sebuah Input Unit kemudian akan disimpan di Unit Storage sebelum benar-benar melalui sebuah Pemrosesan. Begitupun dengan hasil dari sebuah data yang sudah selesai diproses, data tersebut akan terlebih dahulu disimpan pada sebuah Storage Unit sebelum dipindahkan ke Output Unit. Storage Unit dibagi menjadi dua jenis yaitu, sebagai berikut ini :

  1. Internal Storage Unit
  2. External Storage Unit

B. Komponen Software (Perangkat Lunak)

Software merupakan sekumpulan data Elektronik yang disimpan dan diatur oleh sebuah komputer. Data tersebut yang sudah disimpan oleh sebuah Komputer dapat berupa suatu Program atau Instruksi yang akan melaksanakan suatu perintah. Melalui sebuah software atau perangkat lunak inilah Komputer dapat menjalankan suatu perintah yang di berikan.

Dibawah ini merupakan penjelasan dari berbagai macam komponen Software yaitu, sebagai berikut :

Operating System (Sistem Operasi)

Sistem Operasi komputer merupakan sebuah program dasar yang ada pada komputer, umumnya berfungsi untuk menghubungkan seorang pengguna dengan Hardware. Bisa dikatakan juga bahwa Sistem Operasi merupakan Perangkat Lunak yang berfungsi untuk melakukan suatu pengontrolan dan memanagemen perangkat keras serta termasuk menjalankan sebuah aplikasi yang dapat melakukan suatu proses pengolahan data.

Contohnya : Microsoft Windows, Linux, Mac OS, dan lain sebagainya.

Program Aplikasi (Aplication Program)

Program Aplikasi merupakan salah satu kategori software yang digunakan untuk membantu sebuah pekerjaan seorang pengguna Komputer untuk bisa mengolah berbagai macam Data Komputer. Perangkat Lunak Komputer pada umumnya hanya diinstal sesuai dengan kebutuhan dari seorang pengguna komputer tersebut.

Contohnya :

  1. Microsoft Excel
  2. Microsoft Word
  3. Microsoft Access
  4. Photo Shop
  5. Web browser
  6. Game dan masih banyak yang lain

Utility Software  (Program Tambahan )

Utility Software merupakan salah satu kategori software yang bertugas menjaga dan melindungi suatu sistem komputer tetapi tidak berhadapan lansung dengan sebuah Hardware.

Contohnya : Software Anti Virus, Firewall, Disk Defragmenter, Screensever dan lain sebagainya.

Programing Language (Bahasa Pemerograman)

Baca Juga :   Pengertian Dongeng

Programing Language merupakan salah satu bahasa yang biasa digunakan oleh seorang Pengguna Komputer untuk mempermudah sebuah komunikasi dengan komputer. Programing Language bisa dikatakan juga sebagai sebuah Standar Bahasa yang merupakan suatu instruksi untuk berkomunikasi dan memberikan suatu perintah pada komputer tersebut.

Contohnya : PHP, Java, Python, C, Perl dan lain sebagainya.

C. Komponen Brainware

Brainware yaitu merupakan orang yang melaksanakan atau mengoperasikan sebuah komputer. Brainware mempunyai peran yang sangat penting karena sebuah komputer tidak dapat digunakan jika tidak dioperasikan oleh Manusia. Jadi brainware yaitu merupakan orang yang terlibat dalam suatu kegiatan pemanfaatan sebuah Komputer. Pengguna komputer dibagi menjadi empat jenis yaitu, diantaranya sebagai berikut :

Programer

Programmer yaitu seseorang yang memiliki keahlian untuk menguasai banyak atau salah satu dari suatu bahasa pemerograman. Jadi seorang programer bisa dikatakan sebagai orang yang membuat dan memiliki sebuah tugas untuk mempersiapkan suatu program yang memang dibutuhkan dalam sistem komputer yang akan dipakai untuk mengolah sebuah data.

Contohnya : PHP, Java, Phyton, C dan lain sebagainya.

Sistem Analis

Sistem Analis merupakan orang yang bertanggungjawab terhadap sebuah penelitian, perencanaan, penkoordinasian dan merekomendasikan pilihan dari suatu software, hardware dan sistem yang sesuai dengan kebutuhan dari seorang penggunanya. Seseorang yang bertugas sebagai Sistem Analis pun sangat berperan dalam sebuah proses pengembangan dari suatu sistem. Seorang Sistem Analis harus mempunyai empat keahlian contohnya Analisis, Teknis, Managerial dan cara berkomunikasi yang baik dengan orang lain ataupun Interpersonal.

Administrator

Administrator merupakan orang yang bertanggungjawab atas pengelolaan dari sebuah Sistem Operasi serta beberapa program yang sedang berjalan pada sebuah sistem komputer.

 Operator

Operator merupakan orang yang hanya bertugas memanfaatkan sebuah Sistem Komputer yang sudah ada atau seorang Operator hanya menggunakan aplikasi tertentu saja untuk mengolah sebuah data Sistem Komputer.

Demikian ulasan mengenai Sistem Komputer beserta dengan Pengertian, Fungsi, Komponen dan Contohnya. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya :

Contoh Soal Latihan USBN SMA/MA 2019

Anatomi Tubuh Manusia

Kumpulan Rumus Excel Lengkap dengan Penjelasannya

Sistem Komputer Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar