Spesies Adalah – Pengertian, Macam-Macam Dan Contohnya

Posted on

Rumusbilangan.com- Pada bab kali ini, kita akan belajar materi pelajaran tentang pengertian spesies adalah, yang meliputi pengertian, definisi, macam-macam dan contohnya lengkap.

Dan bab sebelumnya, kita sudah belajar tentang Enzim, nah sekarang kita akan membahas materi tentang Spesies. Apa yang dimaksud dengan Spesies? bagaimanakah macam – macamnya serta bagaimana contohnya.

Untuk itu, mari kita simak penjelasannya lebih lanjut dibawah ini!

Contoh Spesies
Contoh Spesies

Pengertian Spesies

Spesies dapat dikatakan jenis yaitu suatu takson yang dipakai dalam taksonomi untuk menunjuk pada satu atau beberapa kelompok individu (populasi) yang serupa dan dapat saling membuahi satu sama lain di dalam kelompoknya yaitu saling membagi gen. Namun, tidak dapat dengan anggota kelompok yang lain.

Anggota – anggota dalam suatu spesies ini apabila saling berkawin dapat menghasilkan sebuah keturunan yang fertil tanpa hambatan reproduktif. Bisa juga terjadi pada sejumlah kelompok dalam suatu spesies yang tidak saling berkawin karena suatu hambatan dari geografis, namun bila dipertemukan dan dikawinkan dapat menghasilkan sebuah keturunan fertil.

Dua spesies yang berbeda ini apabila saling berkawin akan menghadapi suatu masalah yaitu hambatan biologis, seperti: apabila menghasilkan keturunan yang sehat, keturunan ini biasanya steril atau mandul. Definisi ini pada beberapa kasus tidak terpenuhi, sehingga muncul masalah-masalah spesies.

Dalam kasus – kasus diatas, ukuran yang sering digunakan untuk menentukan spesies yaitu berbeda-beda, seperti: kesamaan DNA, morfologi, atau relung ekologi. Lebih jauh lagi, munculnya ciri-ciri khas tertentu yang bisa membagi spesies menjadi takson yang lebih kecil, yaitu seperti upaspesies (dalam botani, disebut juga varietas, subvarietas, dan formae).

Spesies – spesies yang dihipotesiskan mempunyai nenek moyang yang sama berdasarkan kesamaan – kesamaan ditempatkan dalam satu jenisnya atau genus. Kesamaan spesies dinilai berdasarkan perbandingan atribut fisik dan misalkan tersedia sekuens DNA mereka. Semua spesies itu diberikan nama dalam dua bagian, yang disebut “nama binomial”, atau hanya “binomial” saja.

Baca Juga :   Kingdom Plantae - Ciri-Ciri, Gambar, Klasifikasi, Struktur Serta Contoh Lengkap

Bagian pertama dari binomial ialah nama generik, yaitu genus dari suatu spesies tersebut. Bagian kedua ialah yang disebut nama spesifik (istilah yang digunakan hanya dalam zoologi) atau epitet spesifik yaitu istilah yang digunakan dalam botani yang juga bisa digunakan dalam zoologi. Contohnya, Boa pembelit ialah salah satu dari empat spesies dari genus Boa. Nama genus dimulai dengan huruf kapital, sedangkan epitet spesifik itu tidak. Binomial dituliskan dalam huruf miring saat dicetak dan digarisbawahi ketika ditulis tangan.

Macam – Macam Spesies

Sekitar tahun 2014 yang lalu, dikatakan bahwa spesies yang terdapat di bumi ini terdapat sekitar:

  1. Lebih dari 325.000 spesies tumbuh-tumbuhan
  2. 160.000 spesies mikroorganisme
  3. 1.600.000 spesies hewan.

Jumlah tersebut diperkirakan akan terus berubah serta juga bertambah pada tiap-tiap tahunnya sebab penelitian – penelitian terhadap makhluk hidup itu masih juga terus dilakukan.

Maka, dengan berdasarkan angka – angka di atas sudah jelas bahwasanya terdapat banyak sekali macam jenis spesies di bumi ini, sehingga jika kita menghafalnya, tentu saja kita akan membutuhkan waktu yang sangat lama. Dalam menuliskan nama – nama spesies, kita juga perlu tahu terlebih dahulu bagaimana cara ilmiahnya seperti apa, yakni apabila nama ilmiahnya tersebut ditulis dengan tulisan tangan maka kita harus memberikan garis bawah, namun apabila diketik kita harus mencetak miring tulisannya tersebut.

Contoh Spesies

1. Temu putih, temulawak, temu kunci, temung, temu putri, temu hitam, temu giring, parahulu, pacing, lengkuas, lempuyang, lempuyang gajah, kunyit, kencur, jahe, gandasuli, bengle dan bengle hantu.

2. Kucing , singa, cheetah dan harimau. Kesemua spesies tersebut diketahui berada di dalam satu keluarga yang sama, yaitu: keluarga kucing-kucingan atau Felideae

3. Salak,  aren, nipah, kurma, kelapa sawit dan kelapa. Semua spesies tersebut diketahui berada di dalam satu keluarga yang sama, yaitu: keluarga palem-paleman atau Palmae

Baca Juga :   Klasifikasi Tumbuhan (Kingdom Plantae)

4. Kacang hijau, kacang buncis, kacang kapri dan kacang tanah. Semua spesies tersebut diketahui berada di dalam satu keluarga yang sama yaitu: keluarga kacang-kacangan atau Papilionaceae.

5. Semangka, Melon, terong, tomat, lenca serta cabai. Semua spesies tersebut diketahui berada di dalam satu keluarga yang sama, yaitu: keluarga terong-terongan atau Solanaceae

Demikianlah pembahasan kita hari ini mengenai Spesies. Semoga pembahasan diatas dapat memberikan sedikit pengetahuan ….

Baca Juga: