Struktur Gigi

Posted on

Struktur Gigi – Berikut ini rumusbilangan.com akan membahas tentang rangkuman makalah materi Struktur Gigi yang akan diterangkan mulai dari pengertian, jenis, fungsi, struktur, unsur, jurnal, tujuan, ciri, makalah, peran, makna, konsep, kutipan,contoh secara lengkap.

Apa Itu Gigi ?

Gigi adalah sistem pencernaan mekanis di mulut. Gigi berfungsi merobek, memotong, dan mengunyah makanan sebelum memasuki kerongkongan. Gigi memiliki struktur keras yang membuatnya mudah untuk menjalankan fungsinya.

Umumnya Gigi adalah alat untuk mengolah makanan ketika kita makan. Dengan gigi, kita bisa menggigit, memotong, mengunyah, merobek, dan memperbaiki makanan yang kita makan.

Proses dan cara kerja gigi disebut pencernaan makanan secara mekanis. Fungsi gigi untuk mengunyah makanan menjadi lancar. Ini berkontribusi signifikan terhadap pencernaan makanan yang cepat dan efisien.

Berbagai Jenis Gigi Manusia

Gigi manusia dapat dibagi menjadi 4 jenis gigi di mulut berdasarkan bentuknya. Berbagai jenis gigi manusia dan fungsinya adalah sebagai berikut.

Gigi seri (gigi seri)
adalah gigi yang terdiri dari akar yang digunakan untuk memotong dan menggerogoti makanan atau benda lain. Gigi seri tegak dan tajam. Seperti sekop atau tatah.

Canine (anjing yang dapat diidentifikasi)
adalah gigi yang terdiri dari akar yang digunakan untuk merobek makanan atau benda lain. Bentuk taringnya tinggi dan runcing.

Premolar (Pramolar)
adalah gigi yang terdiri dari dua akar yang digunakan untuk menggiling dan mengunyah makanan atau benda lain. Bentuk gigi depan lebih rendah dan rata dengan tonjolan kecil.

Geraham (geraham)
adalah gigi yang terdiri dari tiga akar yang digunakan untuk menghancurkan, menghancurkan, menghaluskan, dan mengunyah makanan atau benda lain.

Baca Juga :   Struktur Leukosit

Bagian Dari Gigi

Berikut ini adalah bagian-bagian dari gigi manusia yang memiliki 3 bagian utama:

Ujung atau mahkota gigi
ini adalah bagian dari gigi yang terlihat dari luar, di bagian ini ditutupi dengan lapisan pelindung yang disebut enamel.

Serviks
Ini adalah bagian dari gigi yang ditanam oleh gusi. Pada bagian ini terdapat posisi di bawah mahkota gigi dan di atas akar gigi.

Akar gigi
Artinya, gigi yang tertanam di bawah rahang dan tidak terlihat dari luar. Setiap jenis gigi pada manusia memiliki sejumlah akar gigi yang berbeda.

Jaringan Dari Gigi

Pengertian-Gigi-Bagian-Lapisan-Susunan-Macam-Contoh

Pada bagian gigi manusia terdiri dari, antara lain, 4 (empat) lapisan / jaringan, sebagai berikut:

Email Gigi
Ini adalah lapisan yang melapisi mahkota gigi. Enamel ini adalah bagian yang sangat sulit karena terdiri dari kalsium dengan konsentrasi yang sangat tinggi.

Bagian tersulit dari email terletak di bagian mahkota yang memiliki fungsi perlindungan. Ketika enamel sampai ke dasar, itu lebih tipis dan akhirnya menghilang ketika sampai ke akar gigi.

Gigi Sementum
Ini adalah bagian dari gigi yang melapisi akar gigi. Fungsi dasarnya adalah menghubungkan gigi ke rahang tempat mereka tumbuh. Struktur sementum tidak sekeras enamel gigi pada mahkota gigi. Semen semakin tebal seiring bertambahnya usia.

Tulang gigi (dentin)
Yaitu, lapisan gigi yang terletak setelah enamel pada mahkota dan setelah lapisan semen pada akar gigi. Dentin memiliki struktur seperti tulang, tetapi lebih sulit karena memiliki konsentrasi kalsium yang lebih tinggi, itulah sebabnya sering disebut sebagai tulang gigi.

Dentin
adalah struktur terluas dalam gigi karena menutupi seluruh tubuh gigi dari mahkota sampai ke akar.

Rongga gigi (pulpa)
yaitu jaringan lunak di tengah gigi yang berbentuk seperti rongga dan diisi dengan pembuluh darah dan pembuluh saraf. Fungsi pulpa adalah memberi nutrisi pada gigi, karena memiliki pembuluh darah. Ini juga berfungsi untuk menentukan apakah ada benda asing di gigi karena mereka memiliki pembuluh saraf. Pulpa juga berfungsi untuk membentuk lapisan dentin.

Baca Juga :   Ascomycota

Komposisi dan Jumlah Gigi

Berdasarkan tahapan perkembangannya, gigi manusia terdiri dari dua kelompok, gigi sulung dan gigi dewasa. Gigi Gigi Desidue adalah gigi yang tumbuh pada anak-anak dari 6 bulan hingga 8 bulan. Sejak usia 6-14 tahun, gigi sulung tanggal satu demi satu dan digantikan oleh gigi dewasa.

Jumlah gigi susu adalah 20:

  • Gigi seri: 8 buah
  • Taring: 4 buah
  • Geraham: 8 buah

Jumlah gigi dewasa atau gigi permanen (identitas permanen) adalah 32:

  • Gigi seri: 8 buah
  • Taring : 4 buah
  • Geraham depan: 8 buah
  • Geraham: 12 buah

Jenis Gigi

Orang memiliki 4 jenis gigi, yaitu:

– Gigi seri, yang gigi dengan akar dan memiliki fungsi untuk memotong atau mengunyah makanan. Gigi seri ini memiliki bentuk tegak dengan mahkota horizontal. Manusia dewasa memiliki 4 gigi seri, 2 di rahang bawah dan 2 di rahang atas.
– Gigi taring adalah gigi yang memiliki akar dan fungsi untuk merobek dan merobek makanan. Gigi taring ini tegak dan sedikit runcing. Pada orang dewasa manusia memiliki 4 gigi taring, 2 di rahang bawah dan 2 di rahang atas.
– Anterior molar (premolar), gigi dengan dua akar, digunakan untuk menggiling dan mengunyah makanan. Gigi premolar memiliki bentuk rendah dan mahkota memiliki beberapa tonjolan. Manusia dewasa memiliki 8 gigi premolar, 4 di rahang bawah dan 4 di rahang atas.
– Gigi molar (Molar Tooth), jenis gigi dengan 2 atau 3 akar, yang digunakan untuk menggiling, memotong, mencincang dan menghaluskan makanan. Geraham memiliki bentuk yang hampir sama dengan gigi premolar di atas. Manusia dewasa memiliki 12 gigi geraham permanen. Masing-masing dari 6 di rahang atas dan bawah

Struktur Di Sekitar Gigi

Berikut ini adalah struktur di sekitar gigi.

Parodontalband
adalah struktur jaringan ikat yang melekat pada akar dan tulang gigi. Ligamentum periodontal berlanjut dengan gusi dan melekat pada ruang pembuluh darah di tulang.

Baca Juga :   Sel Lemak

Mukosa mulut
adalah rongga mulut, yang ditutupi dengan sel epitel datar bertingkat. Mukosa mulut memiliki fungsi utama melindungi jaringan atau organ lain dalam rongga mulut.

Gingiva (gusi)
adalah mukosa mulut yang menutupi rahang atas dan batula di rongga mulut. Jaringan gusi itu sendiri memang transparan, membentuk warna merah karena ada banyak pembuluh darah di bagian ini. Tujuan dari permen karet adalah untuk melindungi akar dan jaringan gigi di sekitar akar gigi.

Saraf dan pembuluh darah
Seperti pada organ lain, ada saraf dan pembuluh darah di sekitar gigi. Pembuluh saraf berfungsi untuk menerima dan memberikan stimulasi, sedangkan pembuluh darah berfungsi untuk menyediakan nutrisi yang dibutuhkan oleh struktur di sekitarnya.

Demikian Pembahasan Materi Kita Kali ini Mengenai Struktur Gigi. Jangan Lupa Tetap Bersama Kami Di RumusBilangan.com. Semoga Bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terimakasih.

Baca Juga :

Struktur Gigi Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar