Struktur Jantung

Posted on

Struktur Jantung – Berikut ini rumusbilangan.com akan membahas tentang rangkuman makalah materi Jantung yang akan diterangkan mulai dari pengertian, jenis, fungsi, struktur, unsur, jurnal, tujuan, ciri, makalah, peran, makna, konsep, kutipan, contoh secara lengkap.

Apa Itu Jantung ?

Jantung adalah organ manusia berongga dan berotot yang berperan dalam sistem peredaran darah manusia.

Jantung mengendalikan semua aktivitas peredaran darah, dengan pembuluh darah terlibat sebagai saluran. Jantung menggunakan listrik jantung untuk memompa darah melalui kontraksi ritmis ke seluruh tubuh. Darah ini dipompa ke seluruh tubuh.

Kandungan dalam darah terdiri dari nutrisi dan oksigen, yang berguna untuk kelangsungan hidup sel-sel tubuh. Setelah digunakan oleh sel-sel ini, darah dikembalikan ke jantung dan seterusnya.

Jantung memiliki empat ruang, yang masing-masing memiliki fungsi tertentu. Organ ini terletak di rongga dada tepat di bawah paru-paru kiri (umumnya) dan dilindungi oleh tulang dada (tulang rusuk) dan tulang rusuk (tulang rusuk). Ukuran hati adalah tentang ukuran kepalan tangan orang dewasa.

Struktur Serta Fungsi Dari Jantung

Struktur Serta Fungsi Dari Jantung

Jantung juga memiliki struktur tertentu yang perlu diketahui untuk sesuatu yang diketahui tentang kelainan pada jantung. Strukturnya adalah:

Bentuk dan Ukuran Jantung

Bentuk hati sedikit banyak menyerupai tinju terbalik orang dewasa. Organ ini adalah organ utama yang terlibat dalam sistem kardiovaskular. Ukuran hati adalah tentang ukuran kepalan tangan orang dewasa atau panjang 12 cm, lebar 8 cm dan tebal 6 cm dan beratnya sekitar 300 gram. Jantung terdiri dari otot (otot), puncak (puncak), pangkalan, atrium kanan dan kiri, dan ventrikel kanan dan kiri.

Hal yang menarik tentang organ yang satu ini adalah Anda dapat memompa atau mengalahkan darah 100.000 kali di siang hari. Karena itu, darah yang dipompa olehnya mencapai 2.000 galon darah, yang setara dengan 7.571 liter darah segar untuk semua sel tubuh.

Lapisan Otot-Otot Dari Jantung

Jatung memiliki tiga lapisan otot yang berbeda (miokardium) dan setiap lapisan memiliki fungsi yang berbeda. Otot jantung harus selalu disuplai dengan darah segar, yang dibawa oleh pembuluh koroner sehingga jantung tidak berhenti berdetak. Inilah lapisan-lapisannya :

Lapisan otot-otot jantung
Jatung memiliki tiga lapisan otot yang berbeda (miokardium) dan setiap lapisan memiliki fungsi yang berbeda. Otot jantung harus selalu disuplai dengan darah segar, yang dibawa oleh pembuluh koroner sehingga jantung tidak berhenti berdetak. Inilah lapisan-lapisannya:

Baca Juga :   Belajar Bahasa Arab Dasar

Perikardbeschichtung
Merupakan lapisan paling atas yang mengelilingi jantung dan dibagi menjadi dua jenis lapisan, yaitu parietal pericardium yang melekat pada sternum, tulang rusuk dan selaput paru-paru, dan percerial atau epicardium visceral yang mendasari dirinya parietal pericardium terletak.
Di antara dua lapisan perikardium terdapat 50 ml cairan atau pelumas, yang disebut cairan perikardial, yang bertindak sebagai pelumas untuk melindungi kedua lapisan dari pemompaan satu sama lain dengan gerakan jantung. Ketika dua lapisan ini saling bergesekan, mereka sobek dan menyebabkan pendarahan hebat di jantung.

Myokardbeschichtung
Lapisan ini terletak di bawah lapisan perikardial dan merupakan lapisan paling tebal dari otot jantung dan terdiri dari banyak otot jantung.

Pelapisan endokardial
Lapisan ini adalah lapisan terdalam (lapisan yang berhubungan langsung dengan jantung) dan terdiri dari jaringan endotel. Epicardium, myocardium, endocardium.

Ruangan Inti Jantung

Seperti yang telah disebutkan, organ jantung memiliki empat ruang, yang masing-masing dibatasi oleh septum, yang terdiri dari otot padat. Dinding pembagi yang mengikat kedua portal (atrium) adalah septum intertriorum, sedangkan dinding pembatas, yang membatasi kedua kamar (ventrikel), disebut septum interventricularis. Perbatasan antara kabin dan beranda disebut septum atrioventrikular. Keempat kamar tersebut adalah:

Beranda kanan (Atrium Dextra)
Apakah ruang jantung itu lebih dan lebih tipis dari ventrikel. Fungsi atrium kanan adalah untuk mengambil darah kotor (darah teroksigenasi) dari seluruh tubuh. Darah ini diangkut dari sel-sel tubuh melalui kanal atau vena yang disebut vena.

Serambi Kiri (Atrium Sinistra)
Ini adalah ventrikel yang terletak di atas dan di sebelah atrium kanan, berfungsi sebagai ruang di mana darah segar (darah kaya oksigen yang kembali dari paru-paru) diarahkan ke ventrikel kiri sebelum dipompa ke seluruh tubuh.

Sel Kanan (Dextra Ventricle)
Ventrikel ini terletak di bawah serambi dan memiliki dinding yang lebih tebal karena lebih berat daripada atrium. Ventrikel kanan berfungsi sebagai reservoir untuk darah, yang menghasilkan lebih sedikit oksigen yang dikirim dari atrium kanan ke paru-paru untuk diikat dengan oksigen.

Sel kiri (Sinistra ventricle)
Ruang ini berada di bawah jantung dan berdekatan dengan ventrikel kanan. Ventrikel kiri jantung memiliki fungsi reservoir darah yang kaya oksigen untuk distribusi langsung ke seluruh tubuh melalui arteri.

Baca Juga :   Soal Mulok ( Muatan Lokal) Kelas 12

Katup Jantung

Di antara bilik jantung yang disebutkan di atas, tentu saja ada struktur yang disebut katup (valvula), yang diperlukan agar darah dari satu bilik tidak masuk langsung ke bilik lain, sehingga fungsi jantung dipertahankan seperti yang diinginkan. Katup bekerja dengan sistem pembukaan dan penutupan ketika darah seharusnya mengalir. Katup ini adalah: katup trikuspidal, katup paru, katup aorta, katup mitral

Flap Trikuspid
Katup ini terletak di antara ruang depan kanan dan ruang kanan. Disebut Trikuspidal, karena flap ini memiliki tiga daun flap. Katup ini terbuka ketika darah mengalir dari atrium kanan ke ventrikel kanan dan menutup ketika darah dilepaskan dari atrium kanan ke ventrikel kanan, sehingga mencegah aliran balik darah ke atas.

Katup Paru
Ini adalah flap antara ventrikel kanan dan arteri pulmonalis yang bertindak sebagai pembawa darah yang kekurangan oksigen untuk melekat pada oksigen segar di paru-paru. Katup ini terbuka ketika ruang kanan berkontraksi dan menutup ketika ruang kanan santai.

Katup Bicuspidalis
Flap terletak di antara atrium kiri dan ventrikel kiri. Katup ini terbuka ketika serambi kiri berkontraksi (menarik darah ke ventrikel kiri) dan menutup ketika kondisi yang berlawanan terjadi.

Katup Aorta
Flap ini terletak di antara ventrikel kiri dan arteri aorta, yang bertindak sebagai saluran yang mengangkut darah segar ke seluruh tubuh. Katup ini terbuka ketika ventrikel kiri berkontraksi dan menutup ketika ventrikel kiri rileks.

Jalur Listrik Pada Jantung

Jantung memiliki sistem kelistrikan yang berguna sehingga fungsi yang dimuat pada jantung dapat dilakukan sebagaimana mestinya. Sistem kelistrikan ini terdiri dari 4 sistem, dan jika satu sistem tidak dapat bekerja, ia digantikan oleh sistem berikutnya, yang mengakibatkan melemahnya kontraksi jantung. Semakin rendah konsumsi daya, semakin rendah kontraksi pemompaan darah dan semakin sedikit darah yang dipompa. Berikut ini adalah 4 sistem kelistrikan berturut-turut, yaitu:
Simpul SA, simpul AV, serabut Purkinje

Simpul Sinoatrial (SA node)
Sistem ini terletak di dinding jantung atrium kanan dekat vena cava superior (vena di atas atrium kanan).

Atrio-ventricular node (AV node)
Sistem ini terletak di bagian bawah atrium kanan dekat katup trikuspid atau di dekat persimpangan serambi dan ruang.

Baca Juga :   Mobilitas Sosial

File HIS
Sistem kelistrikan ini dalam bentuk sinar yang berasal dari simpul AV dan memasuki septum interventrikular. File ini ada di dua bagian, file KIS kanan dan kiri, yang melewati septum di ujung bilik dan kembali ke serambi di sepanjang dinding luar.

Serat Purkinje
Sistem kelistrikan ini merupakan kelanjutan dari berkas HIS dan melewati miokardium bilik jantung.

Bagaimana Jantung Bekerja

Jantung, yang memiliki fungsi organ yang memompa darah ke seluruh tubuh, tentu memiliki mekanisme kerjanya sendiri. Mulai dari darah kaya karbon dioksida yang berasal dari seluruh tubuh, itu disalurkan melalui vena ke serambi kanan, sehingga mengalir dari ruang serambi kanan ke ruang kanal dan kemudian melalui arteri paru untuk diangkut ke paru-paru, memberikan oksigen darah mengikat dan menghilangkan karbon dioksida. Mekanisme ini dikenal sebagai sirkulasi paru-paru.

Gangguan Pada Jantung

Padahal, ada banyak penyakit jantung yang disebabkan oleh fungsi jantung yang tidak normal. Namun, beberapa penyakit jantung karena fungsi hati yang tidak normal disebutkan dalam diskusi ini, yaitu:

Penyakit Jantung Koroner
Merupakan penyumbatan yang terjadi pada pembuluh koroner karena penumpukan lemak dan kolesterol. Arteri koroner, yang sebelumnya bertanggung jawab atas suplai otot jantung, terganggu. Jadi jika arteri koroner benar-benar tersumbat, jantung berhenti berdetak.

Penyakit Jantung Yang Kadaluwarsa
Merupakan kondisi di mana ada lubang di blok jantung karena kelianan bawaan atau kelainan yang terjadi sejak lahir. Penyakit ini menyebabkan gangguan distribusi darah, baik darah kaya oksigen atau darah kaya karbon dioksida, karena darah tidak bercampur dalam ruang jantung.

Penyakit jantung yang lemah
Kondisi ini disebabkan oleh melemahnya kondisi jantung, yang disebabkan oleh berbagai penyebab, seperti. Penuaan dan kondisi lainnya sedemikian rupa sehingga kemampuan jantung untuk memompa darah tidak lagi memenuhi kebutuhan tubuh. Kondisi ini dialami oleh banyak orang dengan tekanan darah tinggi (high blood pressure). Pasien dengan hipertensi dari waktu ke waktu meningkatkan otot jantung dan memengaruhi kerja jantung.

Demikian Pembahasan Materi Kita Kali ini Mengenai Struktur Jantung. Jangan Lupa Tetap Bersama Kami Di RumusBilangan.com. Semoga Bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terimakasih.

Baca Juga :

Struktur Jantung Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar