Struktur Jaringan Epitel

Posted on

Struktur Jaringan Epitel – Berikut ini rumusbilangan.com akan membahas tentang rangkuman makalah materi Jaringan Epitel yang akan diterangkan mulai dari pengertian, jenis, fungsi, struktur, unsur, jurnal, tujuan, ciri, makalah, peran, makna, konsep, kutipan, contoh secara lengkap.

Istilah ini digunakan epitel untuk membersihkan membran untuk merujuk pada proyeksi jaringan ikat di bibir merah (epi = atas, = bibir thele). Namun sekarang, istilah epitel digunakan untuk semua jaringan yang melapisi permukaan tubuh.

Apa itu Jaringan Epittel ?

Jaringan epitel adalah salah satu dari empat jaringan dasar tubuh selain jaringan ikat, jaringan otot dan jaringan saraf. Jaringan epitel yang melapisi permukaan tubuh, baik itu permukaan bagian dalam maupun permukaan luar.

Jaringan epitel itu sendiri dibagi menjadi tiga area: epitel (jaringan yang melapisi permukaan tubuh), endotelium (yang membatasi organ dengan rongga tubuh), dan mesothelium (membatasi antar organ). Epitel tidak memiliki pembuluh darah, tetapi mengandung ujung saraf dan memiliki kapasitas regenerasi yang tinggi.

Fungsi Dari Jaringan Epitel

Fungsi Jaringan Epitel

Jaringan epitel itu sendiri memiliki fungsi tambahan untuk melindungi jaringan di bawahnya dan fungsi khusus yang sesuai dengan posisinya, yaitu:

  • Sebagai instrumen untuk sekresi (pengeluaran)
  • Sebagai alat untuk menerima impuls (stimulasi saraf)
  • Sebagai alat untuk penyerapan (absorbsi)
  • Sebagai alat untuk respirasi seluler
  • Sebagai alat untuk penyaringan

Klasifikasi Jaringa Epitel

Epitel diklasifikasikan berdasarkan jumlah lapisan sel dan morfologi (struktur sel permukaan). Epitel dengan lapisan sel tunggal disebut epitel berlapis. Epitel dengan banyak lapisan sel disebut epitel berlapis-lapis. Ketika diklasifikasikan menurut morfologi, klasifikasi tersebut adalah:

  • Epitel pseudo-staged, yang merupakan epitel yang terdiri dari lapisan sel yang melekat pada membran dasar (bagian tipis, non-seluler yang memisahkan epitel dari jaringan ikat yang mendasarinya) tetapi tidak semua sel ke permukaan mendapatkan.
  • Epitel dengan permukaan datar disebut epitel skuamosa
  • Epitel dengan permukaan sel bulat atau tinggi dan lebar yang sama disebut berbentuk kubus
  • Epitel yang permukaan selnya lebih tinggi dari lebarnya disebut kolumnar
Baca Juga :   Klasifikasi Aves

Strunktur Jaringan Epitel

Jenis Jenis dan Ciri Ciri dari Jaringan Epitel

Jaringan Epitel dapat dibagi menjadi exoderm (jaringan epitel yang melapisi bagian luar tubuh), sebuah endoderm (jaringan epitel yang membatasi organ-organ dalam tubuh) dan mesoderm (jaringan epitel yang membatasi rongga tubuh), berdasarkan lokasinya. Sel dan jaringan epitel tersusun rapat sehingga tidak ada celah di antara keduanya. Semua lapisan epitel biasanya dipisahkan dari jaringan di bawahnya oleh membran yang disebut membran basement.

Selain itu, ada endotelium yang menyebutkan bentuk spesifik epitel di lapisan dalam pembuluh darah, arteri jantung, dan limfatik. Sementara mesothelium adalah bentuk lain dari epitel yang melapisi dinding perikardium (selaput jantung), pleura (selaput paru-paru) dan peritoneum (selaput bagian dalam rongga perut).

Jenis Jenis dan Ciri Ciri dari Jaringan Epitel

Jenis Jaringan Epitel

Pipih Epitel Selapis
Jaringan epitel datar berfungsi dalam difusi CO2 atau O2 dan penyaringan darah. Posisi jaringan ini di paru-paru dan ginjal dapat ditemukan di pembuluh limfatik, perikardium, alveoli, kapsul glomerulus, dan endotelium.

Würfelepithelschichten
Lapisan jaringan kubus adalah sel konstituen yang terdiri dari sel berbentuk kubus. bekerja sebagai jaringan agen sekresi melindungi ginjal. Jaringan iitu berada dekat ovarium, saluran ginjal, retina mata dan kelenjar tiroid.

Lapisan Epitel Silinder
Jaringan epitel dari lapisan silindris bertindak sebagai sekresi, penyerapan, pembersihan dan pergerakan benda asing, yang masuk ke dalam tubuh. Jaringan ini terletak di perut di kelenjar pencernaan di dalam rahim, dalam kandung empedu dan di saluran napas atas.

Epitel Ciliary Rod
Jaringan Epitel batang ciliary adalah jaringan yang membentuk mukosa hidung dan bertindak sebagai filter terhadap patogen yang dapat dihilangkan. Jaringan dan rongga hidung berada di udara.

Baca Juga :   Daur Biogeokimia

Epitel Datar Berlapis
Jaringan datar terdiri dari beberapa lapis sel dan epiṭiliyam datar besar sel dan lapisan sel diterapkan. Bertindak sebagai tubuh yang aman atau mencegah gesekan. jaringan terletak di kerongkongan, vagina dan epīḍarmis cincin.

Epitel Berlapis Kubus
Lapisan Cub epitel adalah jaringan beberapa lapisan kubus yang terdiri dari lapisan. Jaringan ini mendukung proses sekresi. Jaringan minyak kelenjar, ovarium, testis, dan kelenjar keringat berada di.

Epitel Kolumnar Berlapis
Jaringan epitel multi-silinder adalah jaringan yang berfungsi sebagai tempat penyerapan dan pembuangan, perlindungan dari pergerakan zat, dan cara untuk mengeluarkan kelenjar mamalia. Jaringan laring, laring, dan kelenjar mamalia yang terletak pada permukaan kelenjar garam.

Epitel Transisional
Jaringan epitel kerangka menjadi bentuk sel yang telah berurutan dapat Bentuk atau perubahan bentuk. Jaringan ini digunakan untuk mengubah bentuknya dalam keadaan tertentu. Transit epiṭiliyam ginjal, kandung kemih dan urine berada.

Epitel Kelenjar
Kelenjar Epiṭiliyal mengeluarkan zat yang dapat membantu adalah tindakan proses biologis dalam organisme hidup. Kelenjar ini dibagi menjadi dua kelenjar endokrin dan eksokrin. Pankreas, feromon, lidah dan kulit berada.

Ciri Dari Jaringan Epitel

  • Dapat ditemukan di seluruh tubuh
  • Bentuk sel berdasarkan pada kegunaan dan lokasi jaringan
  • Sebagai penutup dan kelenjar
  • Bahan nya tak ada di antara sel-sel individu
  • Flat atau datar.

Sifat Dari Jaringan Epitel

  • Sifat regenerasi yang baik
  • Ini umumnya dilengkapi oleh mikrovili (proyeksi kecil yang tidak bergerak yang melapisi semua sel dalam usus kecil), flagela (ekor), dan stereosil (mikrovili bercabang yang bergerak, melapisi epididymal dan duktal deferens).
  • Terdiri dari satu atau lebih sel
  • Ada lapisan dasar yang merupakan struktur ekstraseluler dalam bentuk daun yang terikat pada jaringan di bawahnya.
Baca Juga :   Struktur Hati

Demikian Pembahasan Materi Kita Kali ini Mengenai Struktur Jaringan Epitel. Jangan Lupa Tetap Bersama Kami Di RumusBilangan.com. Semoga Bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terimakasih.

Baca Juga :

Struktur Jaringan Epitel Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar