Struktur Tubuh Echinodermata

Posted on

Struktur Tubuh Echinodermata – Berikut ini rumusbilangan.com akan membahas tentang rangkuman makalah materi Echinodermata mayang akan diterangkan mulai dari pengertian, jenis, fungsi, struktur, unsur, jurnal, tujuan, ciri, makalah, peran, makna, konsep, kutipan, contoh secara lengkap.

Echinodermata berasal dari bahasa Yunani, yang berarti kata Echinos, yang berarti duri, dan Derma, yang berarti kulit. Sebagai contoh, echinodermata umumnya dapat diartikan sebagai hewan dengan kulit duri.

Apa Itu Echinodermata ?

Echinodermata adalah sekelompok invertebrata yang bergerak lambat dan hidup di air laut. Sebagian besar spesies hidup di kedalaman laut. Kebanyakan echinodermata bukan hewan parasit. Beberapa spesies hidup dari melekat pada substrat (Sesil). Echinodermata selama bentuk larva simetris bilateral, dalam kehidupan dewasa sebagai simetri radial.

Ciri Ciri Dari Echinodermata

  • Secara umum, echinodermata memiliki karakteristik sebagai berikut:
  • Tubuhnya tidak tersegmentasi.
  • Permukaan tubuhnya terdiri dari tonjolan yang terlihat hampir seperti duri.
  • Saya tidak punya kepala.
  • Bentuknya adalah simetri radial (dewasa) dan simetri bilateral (larva).
  • Secara umum, fisik echinodermata seolah-olah mereka dibagi menjadi 5 bagian: bintang, bulat, silindris, dan beberapa seperti tanaman.
  • Kulit tubuh keras, karena terdiri dari kitin (kapur).
  • Tubuh Echinoderm terdiri dari 3 lapisan (Triploblastik).
  • Memiliki sistem abulacrale.

Klasifikasi Dari Echinodermata

Berdasarkan bentuk echinodermata dibagi menjadi lima bagian yakni:

Klasifikasi Asteroidea
Klasifikasi Ophiuroidea

Struktur Tubuh Ophiuroidea
Tubuhnya seperti bola disk kecil, yang dilengkapi dengan 5 lengan panjang. Ada duri di bagian lateral lengan, tetapi bagian punggung dan perut tidak memiliki duri. Kaki tabung tanpa pengisap atau pengisap dan tidak berfungsi sebagai alat gerakan, tetapi sebagai alat sensorik dan mendukung sistem pernapasan. Saya tidak punya pedicellaria dan anus.

Baca Juga :   Panca Indera

Sistem pencernaan kelas Ophiuroidea
Alat pencernaan terletak di dalam piringan cakram dengan perut yang terlihat seperti karung. Saya tidak punya apendiks dan anus. Makanannya berupa udang, moluska dan organisme atau puing-puing.

Saluran pernapasan kelas Ophiuroidea
Organ pernapasan dalam bentuk lima pasang tas bursae, yang berfungsi sebagai organ pernapasan dan untuk kanal gonad.

Sistem rawat jalan kelas Ophiuroidea
Sistem rawat jalan sesuai dengan sistem rawat jalan kelas Asteroidea. Madreporit terletak di permukaan dekat mulut.

Sistem reproduksi kelas Ophiuroidea
Alat kelamin dipisahkan dan pembuahan terjadi dari luar. Hasil pembuahan (fertilisasi) menghasilkan larva mikroskopis yang disebut pluteus. Pluteus adalah larva mikroskopis dengan lengan yang berkedip-kedip. Pluteus kemudian berubah menjadi bentuk bintang ular laut.

Klasifikasi Echinoidea
Saluran pernapasan kelas echinoidea
Pernafasan di kelas ini dilakukan oleh 10 tas, yang merupakan modifikasi dari Dodi Podia. Sistem pernapasan ini terletak di sekitar mulut.

Sistem Pencernaan Nutrisi Kelas Echinoidea
Saluran pencernaan dari kelas ini terdiri dari: lentera mulut – Aristoteles – kerongkongan – gastrointestinal – anus. Makanan Arbacia punctulata dalam bentuk tumbuhan atau hewan yang telah mati dan jatuh ke dasar laut. Makanan dicerna dengan struktur kompleks yang disebut Lentera Aristoteles.

Sistem rawat jalan kelas Echinoidea
Sistem rawat jalan terdiri dari madreporites, saluran batu, saluran cincin dan lima saluran radial yang didistribusikan di sepanjang interior dan terhubung ke kaki-kaki pipa.

Sistem saraf kelas Echinoidea
Sistem saraf terdiri dari cincin saraf di sekitarnya, lima saraf radial dan pleksus subepidermal.

Organ indera kelas Echinoidea
Organ-organ indera kelas ini adalah Podia, duri dan Pedicellaria.

Sistem reproduksi kelas Echinoidea
Alat kelamin dipisahkan dan gonad berada di dalam permukaan aboral. Memiliki Gonopor (lubang genital). Larva disebut Pluteus.

Baca Juga :   Pengertian Uterus
Klasifikasi Dari Holothuroidea

Struktur Echinoidea Tubuh
Bentuk tubuh bulat atau berbentuk seperti bola. Tubuhnya terdiri dari 5 bagian dari tubuh yang sama, tidak memiliki tangan dan tubuhnya ditutupi duri. Memiliki pedicellaria. Kaki ambulacral pendek dan terletak di antara duri panjang. Mulutnya dikelilingi oleh lima gigi. Di ujung aboral ada anus, gonopor dan madreporit.

Sistem pencernaan nutrisi kelas Holothuroidea
Pakan hewan dari kelas ini adalah zat / partikel organik. Zat / partikel ini diambil dengan tentakel.

Saluran pernapasan kelas Holothuroidea
Pernapasan terjadi pada tentakel, kaki selang, dinding tubuh, kloaka dan pernapasan pohon.

Sistem rawat jalan kelas Holothuroidea
Sistem rawat jalan kelas ini sama dengan sistem rawat jalan kelas Echinoidea, kecuali bahwa saluran cincin di kelas ini mengandung serangkaian polivesikel (kantung yang tergantung di rongga tubuh, yang berfungsi untuk memperluas sistem rawat jalan).

 

Sistem reproduksi kelas Holothuroidea
Pisahkan organ intim. Namun, ada beberapa spesies yang bersifat hemafrodit. Pemupukan berlangsung secara eksternal. Larva disebut Auricularia.

Klasifikasi Dari Crinoidea

Kelas Crinoid Kelas Struktur tubuh
Spesies dari genus ini berbeda dari spesies dari genus echinodermata lainnya. Sesuai namanya, Crinoidea (crinoin = lily, eidos = form) memiliki bentuk bunga bakung dan sering disebut sebagai bunga teratai. Pada tubuh, mulut diarahkan ke atas, dan anus berada di area tonjolan di dekat mulut. Tubuhnya (kelopak) ditutupi oleh kulit (Tegmen) yang mengandung kapur. Hewan dewasa umumnya memiliki 5-10 lengan bercabang. Cabang-cabang ini sering ditemukan di pangkalan dan mereka memiliki cabang kecil yang disebut pinnula. Daun telinga inilah yang membuat hewan ini terlihat seperti tanaman pada pandangan pertama. Kelopak dan tangan disebut mahkota. Beberapa lili laut memiliki batang, batang ini dikaitkan dengan sifat fleksibel. Fungsi dari fitur ini adalah untuk memegang objek. Tidak memiliki madreporit, duri dan pedicelaria.

Baca Juga :   Satuan Getaran

Sistem Pencernaan Nutrisi Kelas Crinoid
Makanan dari hewan-hewan ini dalam bentuk plankton atau mikroorganisme lainnya terperangkap dengan tentakelnya. Setelah makanan ditangkap dengan tentakelnya, ia dibawa oleh silia untuk masuk ke mulut.

Sistem saraf dan organ indera dari kelas Crinoidea
Sistem saraf terdiri dari: cincin saraf dan saraf radial. Organ-organ indera masih sangat primitif.

Sistem reproduksi kelas Crinoid
Pisahkan organ intim. Gonad berada di daun telinga. Larva disebut Doliolaria. Doliolaria bisa berenang bebas sebelum mengikat ke suatu objek.

Demikian Pembahasan Materi Kita Kali ini Mengenai Struktur Tubuh Echinodermata. Jangan Lupa Tetap Bersama Kami Di RumusBilangan.com. Semoga Bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terimakasih.

Baca Juga :

Struktur Tubuh Echinodermata Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar