Struktur Tulang

Posted on

Struktur Tulang – Berikut ini rumusbilangan.com akan membahas tentang rangkuman makalah materi Struktur Tulang yang akan diterangkan mulai dari pengertian, jenis, fungsi, struktur, unsur, jurnal, tujuan, ciri, makalah, peran, makna, konsep, kutipan, contoh secara lengkap.

Apa Itu Tulang ?

Tulang adalah jaringan ikat sel, serat dan matriks ekstraseluler. Matriks tulang adalah bagian tersulit yang terletak pada lapisan luar tulang, yang disebabkan oleh pengendapan mineral dalam matriks, sehingga tulang juga memiliki kalsifikasi untuk jaringan lunak, memberikan fleksibilitas dan sangat tahan tekanan.

Misalnya, tulang paha ayam di kedua bagian berakhir dengan tulang rawan, sedangkan bagian yang terletak di antara keduanya atau bagian yang paling sulit disebut tulang.

Anatomi Tulang Pada Manusia

Susunan kerangka terdiri dari susunan berbagai jenis tulang dengan total sekitar 206 bagian tulang yang saling berhubungan, terdiri dari tulang kepala berbentuk tengkorak tengkorak (8 buah); Tulang wajah (14 buah); Tulang telinga bagian dalam (6); Tulang Lidah (1 buah); Tulang yang membentuk kerangka payudara (25 bagian); tulang-tulang yang membentuk tulang belakang dan cincin pinggang (26); Elemen tulang yang membentuk lengan (tungkai atas) (64 buah); Tulang yang membentuk kaki (ekstremitas bawah) (62 buah).

Anatomi Tulang Pada Manusia

Bagian yang sering ditemukan dalam tulang:

  • Foramen, lubang yang berisi pembuluh darah, saraf, dan ligamen (misalnya foramen di oksipital).
  • Fossa, kurva di atau di permukaan tulang (misalnya, di skapula, yang disebut fossa suprascapular).
  • Processus, survei (misalnya, ada tulang belakang yang disebut proses spinosus).
  • Putaran kondominium Taju adalah klub.
  • Tuberculum: tonjolan kecil.
  • Tuberositas: tonjolan besar.
  • Trochantter: tonjolan besar, umumnya tonjolan ini di tulang paha (femur).
  • Tepi atau tepi tulang (misalnya, tulang panggul, yang disebut krista iliaka).
  • Kubah spina, yang terlihat agak runcing (misalnya, di tulang panggul sebagai tulang belakang panggul).
  • Caput (kepala bundar) ujung bundar (misalnya, dalam tulang paha disebut sebagai kepala femoralis).
Bagian yang sering ditemukan dalam tulang

Kerangka tubuh manusia dibagi menjadi dua bagian, yaitu:

1. Kerangka Aksial

Terdiri dari sekelompok tulang yang membentuk poros tubuh dan memberikan dukungan dan perlindungan bagi organ-organ di kepala, leher dan tubuh.

Kerangka Aksial

Jenis kerangkaaksial adalah:

A. Tengkorak kepala terdiri dari:
Bagian parietal – tulang dahi
Bagian temporal – sisi kiri dan kanan kepala dekat telinga
Bagian Occipitas – area belakang tengkorak
Bagian gulungan – berdekatan dengan rongga mata, seperti tulang irisan
Bagian ethmoid – tulang yang membentuk rongga hidung

Tulang Tulang Tulang tengkorak adalah tulang yang membentuk kerangka kepala. Tulang tengkorak terdiri dari 8 tulang membentuk kepala dan 14 tulang membentuk wajah. Tulang tengkorak di kepala adalah kerangka pelindung otak. Sendi yang terletak di antara tulang tengkorak adalah sendi mati yang disebut jahitan.

B. Wajah tengkorak terdiri dari:
Mandibula: Mematuhi kuil tengkorak. Ini adalah satu-satunya hubungan antara tulang dan gerakan yang lebih bebas
Rahang bawah: bentuk bagian dan langit-langit
Palatinum (celah langit-langit): membentuk bagian dari crura dan bagian atas atap rongga mulut
Zygomatik: pipi tulip
Tulang Hidung
Tear Bone: Nose Bone.

Baca Juga :   Materi Kelompok Sosial

C. Tulang Dadanya

Tulang Dada

Tulang dada, termasuk tulang pipih, terletak di tengah payudara. Di sisi kiri dan kanan tulang dada adalah tempat lengket dari tulang rusuk. Bersamaan dengan tulang rusuk, tulang dada melindungi jantung, paru-paru dan pembuluh darah besar dari kerusakan

Tulang dada terdiri dari 3 tulang:
Tulang hulu / manubrium. Terletak di bagian atas tulang dada, tempat tulang rusuk pertama dan kedua menempel
Tulang tubuh / gladiol, terletak di tengah, tempat tulang rusuk menempel pada tulang rusuk ketiga hingga ketujuh, tulang rusuk digabung menjadi delapan hingga sepuluh.
Proses Swordbone / Xiphoid, terletak di ujung bawah tulang dada. Tulang ini terbentuk dari tulang rawan.

D. Tulang rusuk

Tulang Rusuk

Tulang rusuknya tipis, rata dan melengkung. bersama dengan sternum membentuk rongga dada untuk melindungi jantung dan paru-paru. Tulang rusuk dibagi menjadi tiga bagian :

Ada tujuh pasang iga sungguhan. Tulang rusuk ini di bagian belakang terhubung ke tulang belakang, sedangkan ujung depan dihubungkan oleh tulang rawan ke tulang dada
Iga palsu berjumlah 3 pasang. Iga ini lebih pendek dari iga nyata. Terhubung ke vertebra di belakang, sedangkan tiga ujung tulang anterior dihubungkan oleh tulang rawan, yang mengamankan mereka ke satu tempat di tulang dada
Rusuk apung berjumlah 2 pasang. Tulang rusuk ini di ujung belakang terhubung ke vertebra, sedangkan ujung depan bebas.

Iga memiliki fungsi yang berbeda, termasuk:
Lindungi jantung dan paru-paru dari benjolan.
Lindungi perut, limpa dan ginjal dan
Membantu bernafas.

E. Pusat Kisaran Tulang Belakang

Tulang Belakang

Segmen tulang belakang, juga disebut kolom vertebral, terdiri dari 33 tulang dengan bentuk tidak beraturan. Ke-33 potongan tulang dibagi menjadi 5 bagian, yaitu:

  • Tujuh segmen pertama disebut tulang leher. Segmen pertama dari vertebra serviks disebut sebagai atlas, dan segmen kedua adalah tulang atau poros yang berputar. Bentuk atlas memungkinkan kepala bergerak.
  • Dua belas segmen berikutnya membentuk tulang punggung. Tulang rusuk melekat pada vertebra kiri dan kanan.
  • Lima bagian selanjutnya adalah tulang pinggang. Pinggang lebih besar dari tulang belakang. Segmen lumbar menahan sebagian besar berat badan dan melekat pada banyak otot.
  • Di bawah vertebra ada lima ing inguinal (sakral), yang menyatu dan memiliki bentuk segitiga.
  • Bagian bawah vertebra, yang disebut tulang ekor, terdiri dari 3 sampai 5 vertebra.

Vertebra menjaga tubuh tetap tegak dan menjaga keseimbangan. Dukungan kepala dan tangan serta perlekatan otot, tulang rusuk dan berbagai organ.

Kerangka Usus Buntu

Terdiri dari tulang, yang merupakan tambahan pada kerangka aksial. Kerangka sumbu terdiri dari:

Ekstremitas atas
Anggota tubuh bagian bawah
Tali bahu
Tahap gelang
Bagian terakhir dari vertebra seperti sakrum dan tulang ekor

Anatomi Tulang Pada Manusia

A. Ekstremitas atas
Tulang-tulang ekstremitas atas terdiri dari:

  • Humerus / humerus. Termasuk kelompok tulang panjang / peluit, ujung atasnya besar, halus dan dikelilingi oleh tulang belikat. Di bagian bawah ada dua relung di mana jari-jari dan ulna terpasang
  • Radius dan Ulna / Pengungkit dan Ellen. Tulang ulnaris lebih besar dari jari-jari dan terhubung dengan kuat ke lengan atas. Jari-jari tulang berkontribusi lebih banyak pada pergerakan lengan bawah daripada ulna.
  • Akar tangan / pergelangan tangan. Terdiri dari 8 buah tulang yang dihubungkan oleh ligamen
  • Tangan tengah / telapak tangan. Terdiri dari lima tangan. Terhubung ke tulang pergelangan tangan di bagian atas, dengan jari di bagian bawah (istana)
  • Palanges (tulang jari). Terdiri dari 14 potong tulang. Setiap jari terdiri dari tiga tulang, kecuali ibu jari, yang hanya terdiri dari dua tulang.
Baca Juga :   Struktur Leukosit

B. Ekstremitas bawah
Ekstremitas bawah terbuat dari tulang:

  • Femur / femur. Termasuk kelompok tulang panjang mulai dari panggul hingga lutut.
  • Tibia dan fibula / tibia dan fibula. Dasar lutut terhubung ke ujung pergelangan kaki. Tibia lebih besar dari betis karena membawa berat atau berat badan. Tulang betis adalah tempat di mana beberapa otot menempel
  • Patella / tempurung lutut. Terletak di antara femur dan tibia, bentuk segitiga. Patela melindungi sendi lutut dan memperkuat tendon lutut
  • Tarsal / tulang pergelangan kaki. Termasuk tulang pendek, dan terdiri dari 8 tulang, salah satunya adalah tulang tumit.
  • Metatarsal / sol. Terdiri dari 5 tulang yang horizontal.
  • Palanges / tulang jari. Setiap jari terdiri dari 3 tulang kecuali tulang ibu jari dari 14 tulang.

C. Ligamen bahu (klavikula dan tulang belikat dan tulang selangka)
Tulang selangka berbentuk seperti huruf “S”, yang terhubung ke tulang lengan atas (humerus) untuk membentuk sendi yang menciptakan gerakan lebih bebas. Satu ujung terhubung ke tulang dada, sedangkan ujung lainnya terhubung ke tulang belikat.

Bilah bahu yang besar, berbentuk segitiga, dan rata terletak di bagian belakang dada. Fungsi utama tali bahu adalah menempelnya serangkaian otot yang memungkinkan gerakan di persendian.

D. Tulang Panggul
Tulang panggul terdiri dari dua tulang pinggul. Pada anak-anak, tulang pinggul terpisah dan terdiri dari tiga tulang: Illium (bagian atas), tulang Ischiun (bagian bawah) dan pubis (bagian tengah). Di belakang panggul adalah sakrum, yang merupakan bagian dari tulang belakang. Di depan adalah jaringan ikat simfisis pubis, yang menghubungkan dua tulang pubis. Fungsi utama dari gelang panggung adalah untuk membawa berat bersama dengan tulang belakang. Perlindungan dan dukungan organ bagian bawah, seperti kandung kemih, sistem reproduksi dan sebagai tempat untuk pertumbuhan dan perkembangan janin.

Berbgai Macam Jenis Tulang Manusia

Berbgai Macam Jenis Tulang Manusia

A. Tulang Cancellous / tulang pulpa
Jenis tulang ini adalah bagian dalam tulang yang ringkas, seperti di rongga sumsum tulang. Pada bayi, gua ini terlihat merah dan menghasilkan banyak sel darah. Pada orang dewasa, rongga sumsum tulang terlihat kuning dan diisi dengan sel-sel lemak. Tulang kanselus ini juga terjadi ketika kita menggigit ayam ke tulang rawan akhir. Tulang-tulang ini sepon (pori-pori).

Baca Juga :   Pengertian Transformator Serta Fungsi, Jenis, Simbol, dan Prinsip Kerja

B. Tulang Muda atau Rawan
Tulang rawan adalah tulang yang kenyal dan tidak memiliki pembuluh darah dan saraf kecuali di lapisang luar (perikondrium). Tulang rawan ini memiliki tiga jenis, yaitu sebagai berikut:

  • Tulang rawan hialin
    Tulang-tulang ini adalah yang paling banyak di dalam tubuh, bertindak sebagai model kerangka dari kebanyakan tulang. Pada orang dewasa, tulang ini terletak di permukaan sendi tulang, ujung tulang rusuk, hidung, laring, trakea, dan bronkus (saluran pernapasan).
  • Tulang Rawan Elastis
    Jenis tulang yang satu ini mengandung serat elastis yang bercabang dalam matriks dan sangat fleksibel. Mereka berada di telinga luar, di saluran telinga (saluran yang menghubungkan hidung ke telinga), dan di epiglotis (saluran pernapasan ketika kita menelan sehingga tidak ada makanan masuk ke saluran udara) dan laring.
  • Fibrocartilage
    Tulang rawan ini memberikan kekuatan tarik, bantalan berat dan ketahanannya cukup kuat untuk memberikan tekanan. Pada cakram intervertebralis (jaringan ikat, yang terletak di antara masing-masing tulang belakang) ditemukan pada cakram intervertebralis yang lebih tua, yang terdiri dari 80% air, yang terlalu elastis karena berkurangnya jumlah air, sehingga pada lansia mudah mengalami gangguan seperti nyeri tulang belakang. dan habitat melengkung.

Proses Pembentukan Tulang

Tulang dibuat melalui proses yang disebut osifikasi. Pertumbuhan embrio melalui dua proses, yaitu sebagai berikut:

Osifikasi endokhondral ini terjadi ketika tulang rawan hialin mengeraskan kalsifikasi, sel mesenkhim di periosteum (lapisan tulang terluar) menjadi sel osteoprogenitor dan membentuk osteoblas (sel pembentuk tulang). Osteoblas menghasilkan matriks yang dikalsifikasi. Tulang mulai memanjang, mulai dari bagian diafisis (batang tulang panjang) diikuti oleh epifisis (sendi ujung atas). Dan akhirnya, tulang rawan menjadi tulang yang keras.
Pada osifikasi intramembran, pertumbuhan kartilago tidak didahului oleh kartilago, tetapi mesenkim jaringan ikat. Sel-sel mesenchymal berubah menjadi osteoblas, yang juga membentuk matriks dan kemudian kalsifikasi. Banyak pusat osifikasi saling terkait dan membentuk jaringan tulang cancellous yang terdiri dari duri tipis yang disebut trabekula. Tulang rahang atas, mandibula, tulang selangka, dan hampir semua tulang berbentuk datar di tengkorak dibentuk oleh osifikasi intramembran.

Fungsi Dari Tulang Manusia

Tulang memiliki banyak fungsi utama yang tidak dapat diganti oleh bagian lain, seperti:

  • Membentuk Postur: Tulang-tulang ini membentuk kerangka yang memberikan bentuk tubuh dan mendukung jaringan tubuh.
  • Perlindungan: Tulang juga melindungi organ-organ penting seperti jantung, paru-paru dan otak.
  • Gerakan: Tulang-tulang ini bekerja dengan otot, tendon, sendi, dan ligamen. Tulang memungkinkan tubuh bergerak.
  • Penyimpanan lemak dan mineral: Lemak disimpan di rongga tulang. Selain itu, tulang menyimpan mineral penting seperti kalsium, fosfor, dan magnesium.
  • Produksi sel darah: Sel-sel darah ini terbentuk di sumsum tulang merah.
  • Mengatur regulasi endokrin

Demikian Pembahasan Materi Kita Kali ini Mengenai Struktur Tulang. Jangan Lupa Tetap Bersama Kami Di RumusBilangan.com. Semoga Bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terimakasih.

Struktur Tulang Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar