Sumber Daya Alam

Posted on

Sumber Daya Alam – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai pentingnya menjaga Sumber Daya Alam. Apasih Sumber Daya Alam itu? Membicarakan tentang Sumber Daya Alam di dunia ini banyak sekali Sumber Daya Alam yang bisa kita manfaat kan hasil nya untuk memnuhi kebutuhan hidup.

Nah untuk lebih mudah memahami nya, yuk kita simak bersama-sama penjelasan tentang Sumber Daya Alam dibawah ini.

Sumber Daya Alam

Pengertian Sumber Daya Alam

Sumber Daya Alam yaitu, merupakan bentuk sesuatu yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan dan kebutuhan hidup manusia supaya mereka memiliki kehidupan yang lebih sejahtera. Bentuk Sumber Daya Alam bisa kita temui dimana saja yaitu di dalam Tanah, Air, Permukaan Tanah, dan lain sebagainya.

Contohnya :

  • Barang Tambang yang berasal dari Tanah
  • Sinar Matahari yang berasal dari Matahari
  • Bahan Bangunan yang berasal dari Tumbuhan,
  • Hewan yang berasal dari Peternakan.

Definisi Menurut Para Ahli

Pengertian Sumber Daya Alam dibawah ini dikemukakan oleh beberapa Para Ahli yaitu, diantaranya sebagai berikut ini :

  • Menurut Isard

Pengertian Sumber Daya Alam menurut Isard yaitu, merupakan salah satu keadaan suatu lingkungan yang menghasilkan bahan-bahan mentah yang dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidpnya.

  • Menurut Suryanegara

Pengertian Sumber Daya Alam menurut Suryanegara yaitu, merupakan sebuah unsur-unsur yang berasal dari lingkungan alam, baik secara fisik ataupun hayati yang dibutuhkan oleh manusia dalam memenuhi suatu kebutuhan guna untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya.

  • Menurut Katili

Menurut Katili yaitu, Sumber Daya Alam merupakan seluruh unsur yang berada di lingkungan biofisik yang bersifat nyata atau memiliki potensial untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

  • Menurut Ireland

Sedangkan menurut Ireland yaitu, SDA merupakan suatu keadaan lingkungan alam yang memiliki nilai yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Baca Juga :   Klasifikasi Tumbuhan (Kingdom Plantae)

Jenis-Jenis Sumber Daya Alam

Sumber Daya Alam

A. Sumber Daya Alam Berdasarkan Sifat Pembaruannya

Berdasarkan sifat Pembaruaanya sumber daya alam yang harus kita ketahui ada 3 yang akan di jelaskan dibawah ini yaitu, sebagai berikut :

  • Sumber Daya Alam Selalu Ada (Sustainable Resources)

Merupakan salah satu jenis Sumber Daya Alam yang selalu dihasilkan oleh alam dan cadangannya tidak pernah habis, karena memiliki siklus hidup sepanjang masa.

contohnya : Energi Cahaya Matahari, Udara, Air, dan lain sebagainya.
  • Sumber Daya Alam Bisa Diperbarui (Renewable Resources)

Sumber Daya Alam bisa Diperbarui merupakan salah satu hasil alam jika sudah habis kita dapat di memperbaruinya kembali, dengan cara Reproduksi atau Pengembangbiakan.

contohnya : Tumbuhan, Hewan, Air, Zat hara yang ada di dalam Tanah, dan lain sebagainya.
  • Sumber Daya Alam Tidak Bisa Diperbarui (Non Renewable Resources)

Sumber Daya Alam ini merupakan salah satu jenis sumber daya alam jika sudah habis tidak bisa untuk di perbarui lagi, atau sangat sulit untuk memperbaharuinya sebab membutuhkan waktu yang sangat lama untuk dapat menghasilkan sumber daya alam kembali.

Contohnya : Batu Bara, Minyak Bumi, Emas, Nikel, Besi, Permata, Timah Gas Alam dan lain sebagainya.

B. Sumber Daya Alam Berdasarkan Jenisnya

Berdasarkan jenisnya sumber daya alam yang harus kita ketahui ada 2 yang akan dijelaskan dibawah ini yaitu, sebagai berikut :

 

  • Sumber Daya Alam Hayati (Biotik)

Sumber daya alam hayati yaitu merupakan sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup atau yang berhubungan dengan tumbuhan dan juga hewan. Oleh sebab itu sumber daya alam hayati dapat dikategorikan sebagai sumber daya alam yang dapat diperbarui, meski begitu tetap saja manusia tidak boleh menggunakan sumber daya alam ini dengan cara yang berlebihan.

Baca Juga :   Perbedaan Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan Lengkap

Sumber daya alam ini dibedakan menjadi 2 jenis yaitu, sebagai berikut :

1.Sumber daya alam hewani merupakan salah satu jenis sumber daya alam yang diperoleh dari hewan atau binatang. Sumber daya alam ini dapat dilestarikan dengan berbagai macam cara, seperti peternakan ataupun usaha perikanan.

Contohnya : Telur, Daging, Ikan, Susu dan lain sebagainya.

2. Sumber daya alam nabati merupakan salah satu jenis sumber daya alam yang berasal dari tumbuhan yang merupakan unsur suatu penyusun yang utama dari sebuah rantai makanan.

Contohnya : Kacang-kacangan, Sayur-sayuran, Biji-bijian, Buah-buahan dan lain sebagainya.
  • Sumber Daya Alam Non-Hayati (Abiotik)

Sumber Daya Alam Non-Hayati merupakan salah satu sumber daya alam yang diperoleh dari benda-benda mati. Sumber daya alam ini dapat dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu, sebagai berikut ini :

Tanah 

Tanah merupakan salah satu sebuah komponen penting yang berfungsi sebagai penyusun Permukaan Bumi yang keberadaanya sangat Vital dalam meningkatan kehidupan serta kesejahteraan makhluk hidup, terutama manusia. Komponen yang membentuk tanah yaitu udara, mineral, air, dan sebuah senyawa organik.

Contohnya : Sebagai tempat untuk mendirikan sebuah bangunan, Tempat untuk Bercocok tanam, Untuk sarana Transportasi Darat dan melakukan aktifitas lain sebagainya.

Air

Air merupakan salah satu kebutuhan suatu makhluk hidup yang sangat penting, dimana sebagian besar pembentuk bumi tersusun dari suatu wilayah perairan yang mempunyai ciri-ciri tanah yang sangat baik.

Contohnya : Untuk dikonsumsi sebagai Air Minum, untuk mengairi sawah dan perkebunan, untuk sarana transportasi air, sebagai tempat rekreasi, dan lain sebagainya.

Udara 

Udara merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi makhluk hidup dan juga penggunaan udara akhir-akhir ini semakin diperluas, yaitu bertujuan untuk menghasilkan sebuah energi yang nantinya energi tersebut digunakan untuk pembangkit turbin.

Baca Juga :   Proses Metamorfosis Kecoa

Hasil Tambang

Tambang merupakan salah satu kekayaan alam yang sangat melimpah jumlah nya dan hasilnya beraneka ragam, dengan adanya Tambang mampu meningkatkan kesejahteraan suatu makhluk hidup, terutama manusia. Hasil tambang digunakan dengan berbagai macam mulai dari sebagai bahan bakar, sebagai bahan dasar sebuah infrastruktur, hingga digunakan sebagai perhiasan.

Contohnya : Minyak Bumi, Gas Alam, Tembaga, Nikel, Emas, Berlian, Perak, Marmer, Belerang, Bauksit dan lain sebagainya.

C. Sumber Daya Alam Berdasarkan Kegunaan

Berdasarkan kegunaanya sumber daya alam dibagi menjadi beberapa jenis yaitu, sebagai berikut :

  • Sumber daya alam yang menghasilkan bahan baku

Sumber daya alam ini berfungsi sebagai bahan utama untuk membuat sebuah produk atau barang yang mempunyai nilai guna dan nilai jual yang lebih tinggi.

Contohnya :

  • Kayu yang dipakai sebagai bahan utama dari pembuatan Peralatan Rumah Tangga.
  • Hasil Tambang Emas dan Perak yang dipakai sebagai bahan baku utama untuk membuat Perhiasan.
  • Sumber Daya Alam yang Menghasilkan Energi

Sumber daya alam ini merupakan sumber daya alam yang dapat menghasilkan atau memproduksi sebuah energi yang berguna bagi kepentingan seluruh makhluk hidup yang ada di muka bumi.

Contohnya : Ombak, Panas Bumi, Arus Air Sungai, Sinar Matahari, Minyak Bumi, Gas Bumi, dan lain sebagainya.

Demikianlah pembahasan mengenai Sumber Daya Alam yang meliputi Pengertian, Jenis dan Contohnya secara Lengkap. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata ataupun tulisan. Terimakasih

Baca Juga Artikel Berikut :