Surat Pribadi Untuk Ayah

Posted on

Bahasa Arab Ayah, Surat Pribadi Untuk Ayah – Surat adalah salah satu media untuk menyampaikan informasi lewat tulisan tangan. Sebelum adanya alat canggih seperti handphone sekarang ini, surat adalah satu – satunya alat komunikasi jarak jauh yang selalu digunakan pada waktu itu.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas makalah tentang Surat yang meliputi kosakata sampai contoh suratnya. Dalam bahasa Arab, istilah surat yaitu surat pribadi ini disebut رِسَالَةُ شَخْصِيَّةٌ dibacanya : Risaalatu Syakhshiyyah yang artinya yaitu surat pribadi.

Baiklah untuk menyingkat waktu, marilah kita simak langsung uraian materinya dibawah berikut ini !

Kosakata Bahasa Arab Tentang Surat

Sebelum kita ke materi utama yaitu tentang surat pribadi untuk Ayah, mari kita simak terlebih dahulu beberapa kosakata bahasa Arab dan artinya tentang surat, yaitu :

NoKosakataBahasa Arab
1Surat – surat berharga  سَنَدَات مَالِيَّة
2Suratبَرِيْد، بُوسْطَة، خِطَاب، رِسَالَة، مَكْتُوْب
3Surat ( bab dalam Al – Quran )  سُوْرَة
4surat – menyuratرَاسَلَ – يُرَاسِلُ، مُرَاسَلَة
5Surat edaranمَنْشُوْر، نَشْرَة

Baca: Bus dalam Bahasa Arab dan Kosakata (المُفْرَدَاتُ) Alat Tranportasi (وسائل النقل)

NoKosakataBahasa Arab
1Surat izin  إجَازَة، إذْن، تَصْرِيْح، رُخْصَة
2Surat kabarجَرِيْدَة، صُحُفِيّ، صَحَفِيّ، صَحِيْفَة
3Surat kepemilikan  سَنَد مِلْكِيَّة
4Surat kuasaوَكَالَة، وِكَالَة
5Surat peringatanمُذَكَّرَة
6Surat perintah  مُذَكَّرَة، مَرْسُوْم، مُسَوِّغ
7Surat sumpahشَهَادَة
8Berkas surat  مَلَفّ، مِلَفّ
9Pengantar surat  مُوَزِّع الْبَرِيْدِ
10Pengirim surat  مُرْسِل
NoKosakataBahasa Arab
1Surat wasiat  وَصِيَّة
2Saling berkirim suratتَرَاسَلَ – يَتَرَاسَلُ، تَكَاتَبَ – يَتَكَاتِبُ
3Yang berkirim suratمُرَاسِل
4Surat izin mengemudiإجَازَة سَوْقٍ/قِيَادَة، رُخْصَة قِيَادَة ، رُخْصَة سَوْق
5Surat kabar harian  يَوْمِيَّات، يَوْمِيَّة
6Surat muatan kapal  وَثِيْقَة شَحْن
7Surat penarikan wesel  حَوَالَة
8Alamat penerima surat  مُرْسَل إِلَيْهِ
9Reporter surat kabar  مُرَاسِل صُحُفِيّ
10Saling mengirim surat dengan  كَاتَبَ – يُكَاتِبُ

Baca : Percakapan Bahasa Arab Tentang Fasilitas Umum

Baca Juga :   Soal Try Out SMP Kelas 9

Surat Pribadi Bahasa Arab Untuk Ayah

Berikut ini adalah contoh surat pribadi untuk Ayah bahasa Arab dan terjemahannya, yaitu :

إِلَى أَبِي الشَّرِيْفِ
السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

يَا أَبَتِ الشَّرِيْفَ . أَسْأَلُ اللهَ تَعَالَى أَنْ يَـجْعَلَكَ فِي صِحَّةٍ وَعَافِيَةٍ حِيْنَ قَرَأْتَ هَذِهِ الرِّسَالَةَ . وَالـحَمْدُ للهِ أَنَا فِي صِحَّةٍ وَفِي حَالٍ جَيِّدٍ

يَا أَبَتِ ، هَلْ تَذَكَّرْتَ عِنْدَمَا كُنْتُ صَغِيْرًا ، تُعَلِّمُنِي رُكُوْبَ الدَّرَّاجَةِ فِي سَاحَةِ البَيْتِ كُلَّ مَسَاءٍ ؟ وَكُلَّمَا سَقَطْتُ رَفَعْتَنِي لِأَرْكَبَهَا مَرَّةً أُخْرَى حَتَّى أَسْتَطِيْعَ رُكُوْبَهَا جَيِّدًا . وَمِثْلَ هَذِهِ الحَالَةِ فَقَدْتُهَا هُنَا فِي الـمَعْهَدِ

وَمُنْذُ دُخُوْلِي الـمَعْهَدِ ، لَيْسَ هُنَاكَ مَنْ هُوَ مِثْلُكَ . إِذَا فَشِلْتُ فِي الدِّرَاسَةِ أَوْ نَـحْوِهَا ، فَيَلْزَمُنِي أَنْ أَنْـهَضَ بِنَفْسِي . وَهَذَا مِمَّا يُـحْزِنُنِي ، وَلَا أُرِيْدُ أَنْ أَشْكُوَهُ إِلَّا إِلَيْكَ

لَكِنَّ وَالحَمْدُ للهِ وَجَدْتُ هُنَا أَصْدِقَاءً طَيِّبِيْنَ كَثِيْرِيْنَ وَمُتَنَوِّعِيْنَ ، وَعَلِمْتُ أَنَّ حَيَاتِي لَا تَعْتَمِدُ عَلَيْكَ دَائِمًا . فَسَأَسْتَفِيْدُ مِنْ هَذِهِ الفُرْصَةِ الجَيِّدَةِ بِالاِجْتِهَادِ فِيْهَا لِأَنْ أَكُوْنَ رَجُلًا حُرًّا مُسْتَقِلًّا بِنَفْسِهِ

فَشُكْرًا لَكَ يَا أَبِي عَلَى إِجْبَارِكَ وَإِدْخَالِكَ إِيَّايَ الـمَعْهَدَ ، وَلَا أَرْجُو مِنْكَ إِلَّا خَالِصَ دُعَائِكَ لِي بِالخَيْرِ . وَبَلِّغْ سَلَامِي لِأُمِّي ، وَلِإِخْوَتِي ، وَلِأَخَوَاتِي ، فَأَنَا مُشْتَاقٌ إِلَيْهِمْ جَمِيْعًا

وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
مِنِ ابْنِكَ الـحَبِيْبِ
مُحَمَّد فَضْلَان

Artinya :

Kepada Ayahku yang mulia
Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Wahai Ayahku yang mulia. Aku memohon kepada Allah –ta’ala- agar menjadikanmu dalam keadaan sehat wal afiat di saat membaca surat ini. Dan alhamdulillah aku pun dalam keadaan sehat dan baik.

Wahai Ayahku, apakah Engkau ingat ketika aku masih kecil, Engkau mengajariku mengendarai sepeda di halaman rumah setiap hari? Dan setiap kali aku terjatuh Engkau mengangkatku agar menaikinya lagi hingga aku bisa mengendarainya dengan baik. Dan kondisi seperti ini aku tidak mendapatinya lagi di pesantren.

Semenjak aku masuk pesantren, tidak ada lagi orang yang sepertimu. Jika aku gagal dalam pelajaran atau yang semisalnya, maka aku harus bangkit dengan sendiri. Dan inilah salah satu hal yang membuatku sedih, dan aku tidak ingin mengadukannya kecuali kepadamu.

Akan tetapi aku telah mendapatkan teman-teman baik yang banyak sekaligus bervariasi, dan aku juga tahu bahwasannya hidupkan tidak akan selamanya bersandar kepadamu. Maka aku akan memanfaatkan kesempatan bagus ini dengan bersungguh-sungguh untuk menjadi pria yang merdeka dan mandiri.

Terima kasih Ayahku atas paksaanmu memasukkanku ke dalam pesantren, dan aku tidak berharap darimu melainkan doa kebaikanmu yang tulus. Sampaikan salamku kepada Ibu, Saudara, dan Saudariku. Dan aku rindu kepada mereka semua.

Wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh
Putramu tercinta
Muhammad Fadhlan

Baca : Percakapan Tentang Alamat Dalam Bahasa Arab

Baca Juga :   Seni Teater

Demikianlah pembahasan makalah tentang surat pribadi bahasa Arab untuk Ayah. Semoga bermanfaat ya ….