Tarian Daerah

Posted on

Tarian Daerah – Gambar Tarian, Asal, 34 Tarian Daerah, Kliping Tarian Daerah, Dll- Hallo sahabat pembaca yang budiman, pada kesempatan yang berbahagia ini penulis akan berbagi ilmu tentang beberapa contoh Tarian Daerah yang berasal dari seluruh Indonesia. Setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas tarian masing – masing. Hal ini merupakan salah satu kekayaan bangsa berupa seni budaya yang tinggi yang perlu kita jaga dan lestarikan. Salah satu bentuk cara melestarikannya adalah dengan mengetahui nama dan asal suatu tarian dari berbagai daerah serta senantiasa mau mempelajarinya.

Untuk itu, sebagai salah satu melestarikan budaya kita, mari kita pelajari beberapa macam jenis tarian yang berasal dari berbagai daerah lengkap dengan gambarnya.

Mari kita simak!

Pengertian Seni Tari

Seni tari ialah sebuah seni tari yang melibatkan gerakan tubuh dengan mengikuti suatu irama yang biasa di lakukan pada sebuah tempat dan waktu tertentu dengan tujuan untuk mengungkapkan sebuah keinginan, perasaan dan pikiran yang dihasilkan dari perpaduan antara rasa, irama dan raga.

Menurut harfiah, seni tari adalah sebuah hasil perpaduan antara gerak tubuh dengan irama yang dalam penyajiannya bersamaan dengan iringan alunan irama yang berlandaskan berdasarkan rasa dan karsa.

Tari Daerah

Tari daerah atau biasa disebut dengan tari tradisional ialah tarian yang mempunyai gerak tertentu yang terpadu antara seni budaya setempat yang berkaitan dengan etika dan estetika yang berguna untuk menggambarkan sebuah ciri khas adat dari masyarakat setempat dari suatu daerah.

Ciri khas itu dapat berupa aktivitas masyarakat, sifat, dan bahkan letak geografis suatu daerah serta adat istiadat.

Contoh Tari Daerah Khas Sumatera

Berikut ini adalah beberapa macam tari daerah yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia khususnya daerah sumatera, yaitu sebagai berikut :

Baca Juga :   Pengertian Diksi

1. Tari Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam

Ada dua macam jenis tarian dari daerah ini, yaitu :

a. Tari Saman Meusekat

Tarian ini biasa disebut tari Saman yang paling terkenal. Tarian ini saat ini juga sering ditampilkan pada acara – acara tertentu. Terutama pada acara keagamaan seperti peringatan maulid Nabi, Isra’ Mi’raj, dan lain – lain.

Tarian ini merupakan sarana untuk menyebarkan dakwah Islam. Tarian ini juga berkelompok dan teridiri dari beberapa orang. Salah satu hal yang paling penting dalam tarian ini adalah kekompakkan yang tinggi.

b. Tari Seudati

Tari Seudati merupakan tarian asal Aceh Darusalam yang sudah ada semenjak zaman penjajahan Belanda. Tarian ini bertujuan untuk memberikan semangat juang bagi para pejuang untu berjuang melawan para penjajah pada waktu itu.

Tarian ini sempat dilarang oleh pemerintah penjajah yaitu belanda karena dirasa dapat menumbuhkan semangat juang bagi para pejuang kemerdekaan di Aceh. Namun sekarang, tarian ini dijadikan sebagai salah satu tarian yang di tampilkan diberbagai acara dan juga masuk dalam salah satu daftar kesenian Nasional.

Tarian ini memiliki pengertian sebagai tarian peperangan dan sangat heroik sekali sebab dapat membangkitkan semangat bagi para pemuda Aceh untuk berjuang melawan penjajah.

Tarian ini biasa dibawakan secara berkelompok yang terdiri dari sekitar 12 hingga 14 orang laki – laki dan biasanya mengenakan pakaian yang berwarna putih.

2. Tari Asal Provinsi Sumatera Utara

Tari yang berasal dari daerah provinsi Sumatera diantaranya adalah :

a. Tari Serampang 12

Tari serampang 12 adalah tarian yang berasal dari zaman kesultanan Serdang dan di modifikasi lagi oleh si penciptanya itu sendiri pada tahun 1940 oleh Sauti.

Tarian ini biasanya di fungsikan sebagai pertunjukkan serta banyak disukai oleh para khalayak karena keindahannya.

Tari serampang 12 biasanya menggunakan tema tentang percintaan, seperti : perjalanan cinta dari sepasang kekasih yang mencari ridho orang tuanya, dan lain – lain.

Baca Juga :   Bentuk Masyarakat Multikultural

Tari serampang 12 ini ditampilkan dengan berpasangan laki – laki dan perempuan, oleh karena itu bisa disebut juga sebagai tarian berpasangan.

b. Tari Tor – Tor

Tari Tor Tor adalah sebuah tarian khas orang Batak, yang biasa di tampilkan untuk kesenian, peribadatan, dan hal – hal sakral lainnya.

c. Tari Baluse

Suku mentawai juga memiliki tarian khas dari daerahnya yaitu tari Baluse namanya. Tarian ini biasa dilakukan untuk sebuah ritual adat istiadat dan biasanya dalam tarian ini diakhiri dengan loncat batu yang tingginya hingga mencapai 4 meter.

Pemerintah juga pernah mengabadikan nya pada uang kertas 1000 rupiah pada tahun 1992 yaitu :

3. Tarian Asal Sumatera Barat

Berikut beberapa macam tarian yang berasal dari sumatera barat adalah :

a. Tari Payung

Dinamakan tari payung karena dalam tarian ini para penari menggunakan payung ditangan. Payung ini di gunakan sebagai lambang perlindungan.

b. Tari Piring

Tari piring adalah tarian bentuk berkelompok dengan memegang piring ditangan. Biasanya, setiap kelompok terdiri dari 10 sampai 20 anggota penari. Para penari juga dilengkapi dengan seragam kostum khas adat minangkabau.

Pada awalnya, tarian ini di tampilkan untuk pemujaan dewa, namun sekarang dialihkan menjadi tarian pertunjukkan atau hiburan masyarakat.

Tarian piring ini menggambarkan tentang kehidupan masyarakat minangkabau sehari – hari.

4. Tarian Asal Provinsi Kepulauan Riau

Berikut dua macam tarian asal provinsi Riau, yaitu :

a. Tari Makan Sirih

Tari makan sirih adalah sebuah tarian khas provinsi Riau yang biasanya di tampilkan untuk menyambut kedatangan tamu terhormat atau tamu besar lainnya seperti : para pejabat negara yakni : presiden, menteri, dan lain – lain.

b. Tari Joget Lambak

Tari joget lambak juga termasuk tarian khas provinsi Riau. Biasanya tarian ini ditampilkan untuk hiburan masyarakat dengan mengangkat tema pergaulan seperti pemuda dan pemudi.

Tarian ini sangat indah dan sangat mudah untuk di tirukan oleh masyarakat, sehingga tarian ini dinamakan sebagai tarian untuk hiburan masyarakat.

Baca Juga :   Bahasa Arab 11

5. Tarian Asal Provinsi Jambi

Berikut ini adalah beberapa macam tarian khas provinsi Jambi yakni :

a. Tari Rantak Kudo

Tari rantak kudo merupakan tarian adat khas provinsi Jambi. Tarian ini tergolong tarian klasik. Biasanya di tampilkan ketika mengadakan upacara – upacara adat istiadat.

Tarian ini terdiri dari laki- laki dan perempuan. Tema dalam tarian ini adalah pantonim, karena dalam tarian ini divariasi dengan henakan kaki seperti Kuda atau Kudo.

b. Tari Sekapur Sirih

Tarian sekapur sirih ini biasa di tampilkan untuk upacara penyambutan tamu – tamu agung seperti pejabat atau kepala daerah bahkan presiden.

c. Tari Selampir Delapan

Tarian selampir delapan merupakan tarian yang di padukan dengan menggunakan alat selampir yang jumlahnya delapan. Tarian ini biasa dilakukan oleh para pemuda – pemudi dan merupakan tarian yang digemari.

7. Tarian Asal Provinsi Sumatera Selatan

Berikut ini adalah beberapa macam tarian khas sumatera selatan yaitu :

a. Tari Tanggai

Tari tanggai adalah tarian khas sumatera selatan tepatnya daerah palembang. Tarian ini biasa di tampilkan sebagai tarian pemnyambut kedatangan tamu kehormatan.

Tarian ini merupakan tarian kerakyatan yang berkembang sesuai di tengah – tengah masyarakat waktu itu.

b. Tari Putri Bekhusek

Tari Putri Bekhusek adalah tarian khas yang berasal daerah sumatera selatan khususnya daerah kabupaten Ogan Komering Ulu yang melambangkan suatu kemakmuran dari daerah sumatera selatan itu sendiri.

Tari Putri Bekhusek artinya adalah tarian sang putri yang sedang bermain.

Demikianlah pembahasan makalah tentang beberapa macam tarian daerah, khususnya daerah sumatera. Semoga bermanfaat ya …..

Baca juga :

Related posts: