Teks Deskripsi – Pengertian, Jenis, Ciri-Ciri, Struktur, Contoh

Posted on

Rumusbilangan.com- Hallo sahabat, akan membahas makalah materi pelajaran mengenai contoh teks deskripsi yang meliputi pengertian, jenis-jenis, ciri-ciri dan strukturnya.

Sampai detik ini tentunya sahabat sudah sering belajar dan banyak membaca tulisan pada buku, baik itu dari buku pelajaran, agama, matematika, novel, komik dan lain – lain.

Pada dasarnya, tulisan itu terbagi menjadi dua bagian, yakni: tulisan fiksi dan tulisan non fiksi. Dari dua jenis bagian tersebut, pada teks tulisan non fiksi, masih terbagi lagi menjadi berbagai jenis tulisa, salah satunya yaitu tulisan teks deskripsi.

Texk Deskripsi
Teks Deskripsi

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak ulasannya berikut ini …

Pengertian Teks Deskripsi

Pengertian teks deskripsi secara umum yaitu salah satu kaidah sebagai upaya pengolahan data menjadi sesuatu yang dapat diutarakan secara jelas dan tepat dengan tujuan agar dapat di mengerti oleh orang yang tidak langsung mengalaminya sendiri.

Arti deskripsi digunakan untuk menggambarkan sebuah objek tertentu, bisa berupa orang, tempat, kejadian, peristiwa, dan hal lain dengan detail dan jelas. Penulisan teks deskripsi didasarkan pada sebuah hasil pengamatan dan observasi sehingga harus sesuai dengan data dan fakta yang ada.

Arti Deskripsi Menurut KBBI

Pengertian deskripsi menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) ialah pemaparan, uraian atau penggambaran dengan kata – kata secara jelas serta terperinci.

Baca Juga :   Rumus Cara Menghitung Kekuatan Interaksi 2 Wilayah Lengkap

Pengertian Teks Deskripsi Secara Umum

Secara umum pengertian teks deskripsi adalah sebuah teks yang menjabarkan atau memaparkan sebuah objek tertentu melalui kata – kata yang dapat merangsang panca indera sehingga pembaca seolah – olah menyaksikan atau merasakan sendiri objek yang di deskripsikan oleh penulis.

Pengertian Deskripsi Menurut Para Ahli

Di bawah ini adalah beberapa arti teks deskripsi menurut para ahli bahasa dan sastra beserta penjelasan lengkapnya yaitu berikut ini:

Menurut Tarigan

Definisi deskripsi ialah tulisan yang dapat melukiskan sebuah kisah yang bertujuan untuk mengajak pembaca agar bisa memahami, merasakan dan menikmati objek yang di bicarakan seperti suasana hati, aktivitas dan sebagainya.

Menurut Keraf

Menurut Keraf deskripsi adalah sebuah bentuk wacana yang berusaha menyajikan suatu hal atau objek pembicaraan yang membuat objek tersebut seakan-akan para pembaca melihat sendiri objek tersebut atau seolah-olah berada di depan mata kepala para pembaca.

Menurut Utorodewo

Pengertian deskripsi menurut Utorodewo ini yaitu bentuk paragraf yang bertujuan untuk menggambarkan bentuk objek pengamatan, sifatnya, rasanya, atau coraknya dengan mengandalkan pancaindra dalam proses penguraiannya.

Ciri – Ciri Teks Deskripsi

Terdapat beberapa buah unsur – unsur teks deskripsi yang khas, yakni meliputi ciri dan karakteristik teks deskripsi seperti gaya bahasa dan isinya. Berikut ini adalah unsur dan ciri – ciri dari teks deskripsi yaitu:

  1. Menggambarkan sebuah objek seperti: benda, tempat atau suasana tertentu.
  2. Melibatkan sebuah panca indera seperti: penglihatan, pendengaran, pengecapan, penciuman dan perabaan.
  3. Mengungkapkan sebuah ciri-ciri fisik dan sifat objek seperti: ukuran, bentuk, warna dan sifat objek.
  4. Menjelaskan sebuah objek dengan jelas, detail serta terperinci.
  5. Menggunakan kata – kata atau frasa memiliki makna kata sifat atau keadaan.
Baca Juga :   Pengertian Ikhtisar, Ciri, Fungsi Dan Kegunaan Serta Contoh-Contohnya

Jenis – Jenis Teks Deskripsi

Terdapat beberapa macam – macam teks deskripsi apabila dilihat dari isi teksnya. Berikut yaitu jenis-jenis teks deskripsi dan pengertiannya:

1. Teks deskripsi subjektif

Pengertian teks deskripsi subjektif ini adalah sebuah teks deskripsi yang dalam penggambaran objeknya berdasarkan atas kesan yang di miliki oleh penulis paragraf tersebut.

2. Teks deskripsi spatial

Pengertian teks deskripsi spatial yaitu sebuah teks deskripsi dimana objek yang dijelaskan hanya berupa benda, tempat, ruang dan lain sebagainya.

3. Teks deskripsi objektif

Pengertian teks deskripsi objektif ialah jenis teks deskripsi dimana penjelasan mengenai objek tersebut digambarkan apa adanya berdasarkan keadaan objek yang sebenarnya, tanpa ada tambahan opini dari penulisnya.

Struktur Teks Deskripsi

Secara umum terdapat 3 struktur teks deskripsi yaitu: identifikasi, klasifikasi serta bagian deskripsi atau bagian inti. Berikut ini adalah 3 struktur teks deskripsi dan pengertiannya, yaitu:

1. Identifikasi

Pengertian identifikasi pada sebuah teks deskripsi adalah sebuah bagian yang berisikan penentuan dari identitas seseorang, benda, atau objek lainnya.

2. Klasifikasi

Pengertian klasifikasi pada teks deskripsi yaitu adalah unsur penyusun yang bersistem dalam suatu kelompok menurut kaidah atau standar yang sudah ditetapkan sebelumnya.

3. Bagian Deskripsi

Pengertian bagian deskripsi atau bagian inti pada suatu paragraf deskripsi, yaitu: bagian yang berisikan gambaran atau pemaparan tentang suatu objek atau topik yang dibahas.

Contoh Teks Deskripsi

Hasil gambar untuk kucing

Deskripsi Tentang Kucing

Miong ialah nama kucingku yang baru. Miong adalah kucing desa yang aku temukan di depan rumah kemarin saat aku akan berangkat sekolah. Bulu Miong Kuning bercampur putih disekujur tubuhnya. Ia masih berumur lima bulan, ia aku temukan di depan rumahku dengan tubuhnya yang kotor dan kelaparan. Saat itu juga aku langsung mengadopsinya menjadi kucing kesayanganku.

Baca Juga :   Teks Prosedur

Setelah seminggu aku merawatnya, kini ia menjadi kucing yang sehat dan sangat periang. Ia ternyata ialah kucing yang suka sekali bermain dan berjalan – jalan. Pagi hari ia akan selalui pergi dari rumah dan sore hari ia baru akan kembali lagi. Meskipun begitu setiap aku pulang sekolah ia akan mampir ke rumah sebentar menunggu ku kembali, meminta makan lalu kembali pergi bermain lagi.

Miong sangatlah menggemaskan. Ia menjadi kucing kesayanganku yang selalu menemani hari-hariku dengan tingkahnya yang sangat lucu sekali. Ia juga selalu mengerti apabila aku sedang sedih. Apabila ia tahu aku sedih, ia akan bertingkah lucu untuk membuat diriku menjadi tersenyum kembali dan kembali meladeninya untuk bermain.

Demikianlah pembahasan mengenai materi Teks Deskripsi. Semoga bermanfaat ya …

Baca Juga: