Tulisan Bismillah Yang Bisa Di Copy

Posted on

Tulisan Bismillah Yang Bisa Di Copy –Hallo sahabat, pada kesempatan kali ini, kita akan mengupas tuntas mengenai kalimat Basmalah dan susunan katanya dalam bahasa Arabnya.

Untuk itu, pembahasan ini sangat menarik untuk kita pelajari. Mari langsung saja kita simak ulasannya dibawah berikut ini !

Pengertian Basmalah

Kata basmalah merupakan suatu kata yang diambil dari kata ( بَسْمَلَ – يُبَسْمِلُ ) yang artinya adalah membaca. Lafazh bismillahirrahmanirrahim ini merupakan metode yang dalam bahasa Arabnya disebut dengan an-nahtu ( النَّحْتُ ), yaitu menjadikan sebuah ungkapan yang terdiri dari beberapa kata menjadi satu kata saja.

Pada saat seseorang mengucapkan kalimat ( لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ ) laa hawla wa laa quwwata illaa billah, atau yang disebut hawqalah. Atau contoh lainnya adalah hamdalah, yaitu ucapan orang yang mengatakan alhamdulillah الحَمْدُ للهِ ). Dan masih banyak contoh-contoh lainnya.

Basmalah merupakan kata sebutan atau singkatan dari kata bismillahirrahmanirrahim ( بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ ) adalah sebuah ayat terpisah yang menjadi pembuka setiap surat-surat Al-Quran, kecuali surat At-Taubah. Bahkan termasuk surat Al-Fatihah pun, basmalah merupakan salah satu ayat yang ada dan terpisah menurut sebagian pendapat para ulama.
Dan juga basmalah adalah bagian dari salah satu ayat 30 surat An-Naml yang bunyi lengkapnya adalah sebagai berikut :

إِنَّهُ مِنْ سُلَيْمَانَ وَإِنَّهُ بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ

Artinya:”Sesungguhnya (surat) itu dari Sulaiman yang isinya, “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.”

Susunan Kalimat Basmalah

Kalimat basmalah yakni  بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ  merupakan rangkaian dan kumpulan dari beberapa kata yang apabila dipisahkan akan seperti di bawah berikut ini yaitu :

  1. بِـ ) = ba adalah huruf jar ( حَرْفُ جَرٍّ ) yang artinya dengan (menggunakan).
  2. اِسْمٌ جـ أَسْمَاءٌ ) = yakni Isim yang artinya nama.
  3. اللهُ ) = adalah lafadz lafzhul jalaalah ( لَفْظُ الجَلَالَةِ ), yaitu Allah.
  4. الرَّحْمَنُ ) = Asmaul Husna yaitu salah satu nama-nama Allah, yaitu Ar-Rahman yang artinya Maha Pengasih. Maknanya adalah ( ذُوْ الرَّحْمَةِ الوَاسِعَةِ ) Maha Pemilik rahmat yang luas.
  5. الرَّحِيْمُ ) = Asmaul Husna merupakan salah satu nama-nama Allah, yaitu Ar-Rahim (Maha Penyayang). Maknanya adalah ( ذُو الرَّحْمَةِ الوَاصِلَةِ ) Maha Pemilik rahmat yang berkesinambungan.
Baca Juga :   Bahasa Arab Hewan dan Kumpulan Kosakatanya

Baca : Kata-Kata Mutiara Bahasa Arab Tentang Ilmu

Kaligrafi Tulisan Basmalah

Berikut ini adalah beberapa macam tulisan kaligrafi basmalah, yakni :

Kaligrafi 1 :

Kaligrafi 2 :

Kaligrafi 3 :

I’RAB BASMALAH

Selanjutnya kita akan membahas beberapa susunan kata yang ada pada kalimat basmalah yakni tentang I’rabnya sebagai berikut :

  1. بِـ ) adalah harfu jar ( حَرْفُ جَرٍّ ).
  2. اِسْمِ ) adalah ismun majruur ( اِسْمٌ مَجْرُوْرٌ ) karena ba. Dan tanda jar-nya ialah harakat kasrah yang jelas di akhir kata. Dia juga berposisi sebagai mudhaaf ( مُضَافٌ ). Sehingga Jar dan majur dikaitkan dengan kata kerja yang dihapus (disembunyikan), diakhirkan dan sesuai dengan kebutuhan. Jika ingin makan, maka bunyinya adalah ( ِبِسْمِ الله آكُلُ ) = dengan nama Allah aku makan. Jika ingin menulis, maka bunyinya adalah ( بِسْمِ اللهِ أَكْتُبُ ) = dengan nama Allah aku menulis.

    Timbul pertanyaan, Mengapa harus diakhirkan?

    Tujuannya ialah ingin tabarruk (mengambil berkah) dengan mendahulukan nama Allah –subhanahu wa ta’ala-. Serta, sebagai pembatasan ( الحَصْرُ ) yang maknanya adalah kami tidak makan dan menulis kecuali dengan hanya nama Allah.
  3. الله ) lafzhul jalaalah adalah mudhaafun ilayhi ( مُضَافٌ إِلَيْهِ ). Dan tanda jar-nya adalah harakat kasrah yang jelas di akhir kata.
  4. الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ ) adalah dua na’t ( نَعْتَانِ ِللهِ ) atau kata sifat dari lafhul jalaalah. Dan na’at secara harakat mengikuti man’ut-nya (yang diikuti). Karena yang disifati harakatnya kasrah, maka ia pun harus berharakat kasrah.

Baca :  Bahasa Arab Tentang Peralatan Sekolah

Tulisan Bismillah Yang Bisa Di Copy

Selanjutnya adalah, bagi teman – teman yang membutuhkan tulisan basmalah untuk membuat sebuah undangan atau yang lainnya pada Ms. Word, dibawah ini penulis sediakan tulisan basmalah silakan salin atau copy dibawah berikut ini :

Baca Juga :   Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6
—- بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ —-
bismillahirrahmanirrahim
“Dengan Menyebut Nama Allah Yang maha Pengasih Lagi Maha Penyayang”

Setelah berhasil mem-paste tulisan di atas, Anda bisa mengubah bentuknya dengan font bawaan Ms. Word, seperti Andalus, Sakkal Majalla, Traditional Arabic, dll.
Demikian, semoga sajian di atas bermanfaat. Kurang lebihnya mohon maaf, dan terima kasih atas kunjungannya. Wa jazaakumullahu khairan.

Tulisan basmalah diatas jika kalian sudah menyalinnya kemudian kalian paste di MS. Word, kalian akan bisa mengubah tipe hurufnya ke tipe yang lainnya seperti, Arial, Times New Roman, Andalus dan lainnya.

Demikianlah pembahasan singkat kita mengenai tulisan Basmalah yang bisa di copy. Semoga bermanfaat ya ….