Cerita Bahasa Arab Pasar

Posted on

Bahasa Arab Pasar, Toko, Supermarket, Dll – Hallo sahabat yang semoga selalu dirahmati oleh Allah swt. Pada pembahasan sebelumnya kita sudah membahas makalah seperti contoh Cerita Humor Bahasa Arab dan Cerita Bahasa Arab Tentang Hobi serta masih banyak lagi. Sekarang kita akan melanjutkan pembahasan kita hari yaitu tentang Cerita bahasa Arab “Pasar” lengkap dengan artinya.

Cerita yang akan kita sajikan merupakan cerita yang diambil dari salah satu kitab rujukan bahasa Arab yaitu kitab العَرَبِيَّةُ بَيْنَ يَدَيْكَ yang berjumlah 3 buah cerita, namun didalamnya saya merubah nama – namanya saja.

Dalam sebuah hadits Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa : “Sebaik-baik tempat adalah masjid dan seburuk-buruk  tempat adalah pasar.” (HR. Ibnu Hibban dan dihasankan oleh Al-Albani dalam Shahih Al-Jami’ no. 3271)

Hadits diatas mengisyaratkan kepada kita semua agar kita terlalu suka bahkan terlena didalam pasar, sebab di dalam pasar merpakan suatu tempat yang ramai dan banyak transaksi yag trjadi sehingga bisa menimbulkan kelalaian dan bahkan bisa menjerumuskan serta syaiton pun juga sangat senang berada di pasar guna untuk menggoda manusia agar lalai mengingat Allah.

Untuk itu, setiap kita akan memasuki pasar, maka kita dianjurkan untuk berdoa terlebih dahulu yaitu :

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ حَيٌّ لاَ يَمُوْتُ، بِيَدِهِ الْخَيْرُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ

Artinya : ” Tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, Yang Maha Esa, tiada sekutu bagiNya. BagiNya kerajaan, bagiNya segala pujian. Dia-lah Yang Menghidupkan dan Yang Mematikan. Dia-lah Yang Hidup, tidak akan mati. Di tanganNya semua kebaikan. Dan Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu”.

Baiklah langsung saja kita ke topik pembahasan utama yaitu cerita bahasa Arab tentang Pasar !

Baca Juga :   Bahasa Arab Bilangan Ribuan (1000 - 10000)

Baca : Cerita Bahasa Arab Tentang Keluarga

Cerita Bahasa Arab “Pasar”

Ada 3 cerita yang akan kita sajikan dibawah berikut ini !

Cerita  Pertama

طه ذَهَبَ إِلَى السُّوْقِ . هُوَ الآنَ فِي قِسْمِ الأَثْوَابِ . هَذِهِ أَثْوَابٌ جَمِيْلَةٌ جِدًّا . هَذَا ثَوْبٌ أَزْرَقُ ، وَهَذَا ثَوْبٌ أَبْيَضُ ، وَهَذَا ثَوْبٌ أَصْفَرُ . الثَّوْبُ الأَزْرَقُ بِسَبْعِيْنَ رِيَالًا ، وَالثَّوْبُ الأَبْيَضُ بِتِسْعِيْنَ رِيَالًا ، وَالثَّوْبُ الأَصْفَرُ بِثَلَاثِيْنَ رِيَالًا . مَاذَا يُرِيْدُ طه ؟ لَا يُرِيْدُ الثَّوْبَ الأَبْيَضَ . الثَّوْبُ الأَبْيَضُ بِتِسْعِيْنَ رِيَالًا . هَذَا كَثِيْرٌ جِدًّا . طه يُرِيْدُ الثَّوْبَ الأَصْفَرَ . الثَّوْبُ الأَصْفَرُ بِثَلَاثِيْنَ رِيَالًا
Artinya :
Thoha pergi ke pasar. Sekarang ia berada di bagian jubah-jubah. Ini adalah jubah-jubah yang bagus sekali. Ini adalah jubah berwarna biru, ini adalah jubah berwarna putih, dan ini jubah berwarna kuning. Jubah biru harganya 70 real, jubah putih harganya 90 real, dan jubah kuning harganya 30 real. Apa yang Thoha inginkan? Ia tidak mau jubah putih. Jubah putih harganya 90 real. Ini mahal sekali. Thoha ingin jubah kuning. Jubah kuning harganya 30 real.

Cerita Kedua

عارفين يَذْهَبُ إِلَى السُّوْقِ . عارفين يُرِيْدُ قَمِيْصًا . هَذَا قِسْمُ القُمْصَانِ . هَذِهِ قُمْصَانٌ جَمِيْلَةٌ ؛ هَذَا قَمِيْصٌ أَبْيَضُ ، وَهَذَا قَمِيْصٌ أَصْفَرُ ، وَهَذَا قَمِيْصٌ أَحْمَرُ . القَمِيْصُ الأَبْيَضُ بِعِشْرِيْنَ رِيَالًا ، القَمِيْصُ الأَصْفَرُ بِثَلَاثِيْنَ رِيَالًا ، القَمِيْصُ الأَحْمَرُ بِأَرْبَعِيْنَ رِيَالًا . رَاشِدٌ يُرِيْدُ القَمِيْصَ الأَبْيَضَ . رَاشِدٌ يُحِبُّ اللَّوْنَ الأَبْيَضَ ، وَلَا يُحِبُّ اللَّوْنَ الأَحْمَرَ
Artinya :
Arifin pergi ke pasar. Arifin ingin membeli kemeja. Ini adalah bagian kemeja-kemeja. Ini adalah kemeja-kemeja yang bagus. Ini adalah kemeja berwarna putih, ini adalah kemeja berwarna kuning, dan ini adalah kemeja berwarna merah. Kemeja putih harganya 20 real, kemeja kuning harganya 30 real, dan kemeja merah harganya 40 real. Rasyid ingin kemeja putih. Rasyid menyukai warna putih, dan tidak suka warna merah.

Cerita Ketiga

الأُسْرَةُ تَذْهَبُ إِلَى السُّوْقِ يَوْمَ الخَمِيْسِ فِي الـمَسَاءِ لِلتَّسَوُّقِ . الأُسْرَةُ تَذْهَبُ إِلَى السُّوْقِ بِالسَّيَّارَةِ . الأُمُّ تُرِيْدُ سَمَكًا وَبَيْضًا وَطَمَاطِمَ ، وَالأبُ يُرِيْدُ صَحِيْفَةً وَكِتَابًا ، وَالاِبْنُ يُرِيْدُ قَلَمًا ، وَالاِبْنَةُ تُرِيْدُ دَفْتَرًا . السَّمَكُ بِأَرْبَعِيْنَ رِيَالًا ، وَالبَيْضُ بِسَبْعَةِ رِيَالَاتٍ ، وَالطَّمَاطِمُ بِخَمْسَةِ رِيَالَاتٍ ، وَالصَّحِيْفَةُ بِرِيَالَيْنِ ، وَالكِتَابُ بِعِشْرِيْنَ رِيَالًا ، وَالقَلَمُ بِثَلَاثَةِ رِيَالَاتٍ ، وَالدَّفْتَرُ بِأَرْبَعَةِ رِيَالَاتٍ ، الـمَطْلُوْبُ ثَـمَانُوْنَ رِيَالًا
Artinya :
Sebuah keluarga pergi ke pasar pada hari Kamis sore untuk belanja. Keluarga itu pergi ke pasar menggunakan mobil. Sang ibu ingin membeli ikan, telur, dan tomat, ayah ingin membeli koran dan buku, anak laki-laki ingin membeli pena, dan anak perempuan ingin membeli buku tulis. Harga ikan 40 real, telur 7 real, tomat 5 real, koran 2 real, buku 20 real, pena 3 real, buku tulis 4 real, totalnya adalah 80 real.

Baca : Cerita Pendek Bahasa Arab Tentang Sekolah

Baca Juga :   Bahasa Arab Langit

Demikianlah pembahasan makalah tentang Cerita bahasa Arab tentang Pasar. Semoga bermanfaat ya ….

Related posts: