Jaring Jaring Limas Segitiga, Segi Empat, Segi Lima, Segi Enam

Posted on

Jaring Jaring Limas Segitiga, Segi Empat, Segi Lima, Segi Enam – Pembahasan materi tentang pengertian limas, unsur-unsur, dan jenis limas serta contoh soal jaring jaring limas.

Hallo sahabat … Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga di hari yang cerah ini kita masih di berikan keberkahan dari Allah SWT.

Sahabat hari ini, kita akan membahas materi mengenai bangun ruang limas namun lebih ke pada jaring-jaringnya. Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa limas itu memiliki beberapa jenis, jenis limas segitiga, segiempat, segilima dan segi enam.

Untuk itu, hari ini kita akan membahas materi limas ini dengan tema Pembahasan Lengkap Mengenai jaring-Jaring Limas (Limas Segi Tiga, Segi Empat, Segi Lima dan Segi Enam.

Langsung saja yuk disimak!

Gambar Jaring-Jaring Limas

Pengertian Jaring Jaring Limas

Limas adalah sebuah bangun ruang yang dibatasi oleh sebuah segi banyak (sebagai alasnya) dan beberapa sisi segitiga yang bertemu pada satu titik puncak.

Jaring – jaring Limas adalah sebuah jaring – jarring limas dapat diperoleh dengan membuka sebuah sisi – sisinya dan direbahkan. Bangun ruang limas ini ada beberapa macam yang harus kita ketahui, yakni: bangun limas segitiga, segiempat, limas segilima dan juga limas segienam.

Unsur – Unsur Bangun Ruang Limas

Unsur-unsur yang dimiliki sebuah bangun ruang limas yaitu :

  1. Titik sudut merupakan sebuah pertemuan 2 rusuk atau lebih.
  2. Rusuk yaitu garis yg merupakan perpotongan antara 2 sisi – sisi limas.
  3. Bidang sisi adalah sebuah bidang yg terdiri dari bidang alas dan bidang sisi tegak.
  4. Bidang alas adalah sebuah bidang yang merupakan alas dari suatu limas.
  5. Bidang sisi tegak adalah sebuah bidang yag memotong bidang alas.
  6. Titik puncak adalah sebuah titik yang merupakan titik persekutuan antara selimut-selimut limas.
  7. Tinggi limas adalah sebuah jarak antara bidanng alas dan titik puncak.
Baca Juga :   Rumus Luas Permukaan Limas Segi Empat Dengan Contoh Soalnya

Jaring Jaring Limas

Selanjutnya yaitu, jaring – jaring limas. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa jaring – jaring limas ada beberapa macam, yaitu sebagai berikut:

Jaring Jaring Limas Segitiga

Bangun ruang limas segitiga adalah sebuah bangun ruang yang memiliki alas berbetuk segitiga. Untuk memperoleh jaring jaring limas segitiga ini, kita bisa mengiris sisi sisi bagian sampingnya dan selanjutnya merebahkannya sehingga akan kamu peroleh jaring – jaring limas segitiga.

Perhatikan contoh gambar dibawah berikut ini:

jaring limas segitiga

Gambar diatas adalah sebuah gambar yang menunjukkan adanya proses pembentukan dari jaring – jaring limas segitiga.

Jaring Jaring Limas Segiempat

Selanjutnya adalah bangun ruang limas segi empat yang merupakan sebuah bangun ruang limas yang mempunyai alas berbentuk segiempat.

Untuk mengetahui bagimana jaring – jaring limas segiempat, kita juga bisa mengiris sisi-sisi bagian sampingnya dan merebahkannya. Dengan begitu, akan diperoleh sebuah jaring – jaring limas segiempat sebagaimana berikuti!

jaring limas segiempat

Gambar di atas adalah sebuah proses pembentukan dari jaring-jaring limas segiempat.

Terdapat beberapa unsur – unsur pada limas segi empat, yaitu:

a. Sisi atau Bidang

 

sisi atau bidang

Pada gambar diatas adalah sebuah gambar segi empat yang terlihat apabila setiap limas mempunyai sisi samping berbentuk segitiga. Limas segiempat E.ABCD, mempunyai sisi-sisi yang terbentuk diantaranya: sisi ABCD (untuk sisi alasnya), ABE (adalah sisi depannya), DCE (merupakan sisi belakangnya), BCE (adalah sisi samping kiri), & ADE (adalah sisi samping kanannya).

b. Rusuk

Apabila kita melihat gambar bangun ruang limas segiempat E.ABCD diatas, maka dapat disimpulkan apabila limas tersebut mempunyai 4 rusuk alas dengan 4 rusuk tegak. Bagian rusuk alasnya adalah AB, BC, CD, & DA. Sementara rusuk tegaknya adalah AE, BE, CE, & DE.

Baca Juga :   Rumus Sudut Berelasi Trigonometri Dan Contoh Soalnya

c. Titik Sudut

Selain itu, jumlah titik sudut bangun ruang limas juga sangat bergantung dengan bentuk alasnya. Masing masing limas memiliki titik puncak (yang merupakan titik yang berada di atas).

Uraian jumlah titik sudut setiap bangun limas adalah sebagai berikut:

  • Bangun ruang limas segitiga memiliki 4 titik sudut,
  • Bangun ruang limas segiempat memiliki 5 titik sudut,
  • Bangun ruang limas segilima memiliki 6 titik sudut
  • Sedangkan bangun ruang limas segienam memiliki 7 titik sudut.

d. Diagonal Bidang dan diagonal sisi limas Segi Empat

Pada bangun ruang limas sebenarnya memiliki diagonal bidang ataupun diagonal sisi dengan jumlah yang tergantung pada jenis limasnya.

Misalkan saja pada limas segi empat yang memiliki 2 diagonal bidang ataupun limas segi lima mempunyai 5 diagonal bidang.

e. Bidang diagonal

Untuk limas yang mempunyai bidang diagonal yang berbentuk dari diagonal sisi di bagian sisi alasnya ada dua rusuk samping. Bangun limas ini tidak mempunyai diagonal ruang.

Jaring Jaring Limas Segilima

Bangun ruang limas segilima ialah bangun limas yang alasnya berbentuk segilima. Jaring-jaring limas segilima juga bisa diperoleh dengan mengiris sisi-sisi bagian sampingnya selanjutnya rebahkanlah. Dengan begitu akan kamu peroleh jaring-jaring limas segilima dengan bentuk berikut ini!

jaring limas segilima

Gambar di atas adalah proses pembentukan adalah jaring-jaring limas segilima.

Jaring-Jaring Limas Segienam

Bangun ruang limas segienam adalah bangun limas dengan alas berbentuk segi enam. Jaring-jaring limas segienam juga dapat diperoleh dengan mengiris sisi-sisi sampingnya lalu merebahkannya. Sehingga akan didapat sebuah jaring-jaring limas segienam sebagaimana gambar berikuti ini:

jaring limas segienam

Gambar di atas adalah sebuah proses pembentukan dari jaring-jaring limas segienam.

Demikianlah pembahasan mengenai jaring – jaring Limas dan Macam-macamnya. Semoga bermanfaat …

Baca Juga :   Bilangan Pecahan - Pengertian, Jenis-Jenis, dan Contohnya

Baca Juga :