Perbedaan Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan Lengkap

Posted on

RumusBilangan.Com- Hallo sahabat, hari ini kita akan mempelajari materi tentang perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan lengkap beserta penjelasan dan contohnya.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa hewan dan tumbuhan ialah dua jenis klasifikasi mahkluk hidup yang sering sekali kita jumpai di lingkungan kita. Struktur hewan dan tumbuhan juga memiliki perbedaan yang cukup jauh.

Misal dari segi fisik, cara bertahan hidup, karakteristik hingga jenis-jenisnya, jelas sekali sangat berbeda. Apabila tumbuhan cara organismenya bisa menghasilkan makanan sendiri melalui proses yang disebut fotosintesis, sedangkan hewan harus mencari makanan sendiri.

Baik hewan maupun tumbuhan juga masing – masing mempunyai sel-sel penyusunnya sendiri-sendiri layaknya makhluk hidup lain. Serta terdapat perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan yang dapat kita amati dari beberapa bagian dan fungsinya.

perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan
Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Sebelum ke pembahasan lebih lanjut, sahabat bisa mengamati terlebih dahulu ada 20 perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan yang sudah di kemas kedalam tabel di bawah berikut:

Tabel Perbedaan Sel Hewan & Tumbuhan
Tabel Perbedaan Sel Hewan & Tumbuhan

Selain tabel diatas, juga mari kita amati gambar-gambar perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan di bawah berikut:

Gambar Perbedaan Sel Hewan Dan Tumbuhan
Gambar Perbedaan Sel Hewan Dan Tumbuhan
Gambar Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan
Gambar Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan

Untuk membedakan sel hewan dan sel tumbuhan ini, kita dapat melihatnya melalui beberapa bagian utama yakni seperti: dinding sel, sentriol, vakuola, plastida dan lisosom.

Berikut penjelasan mengenai perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan diatas beserta fungsi-fungsinya yang paling utama:

1. Dinding Sel

Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan yang pertama ialah dapat dilihat dari dinding selnya. Sel tumbuhan memiliki dinding sel, sedangkan sel hewan tidak memiliki dinding sel.

Dinding sel pada tumbuhan berfungsi untuk mempertahankan bentuk sel dan memberikan perlindungan terhadap sel. Dinding sel ini terdiri dari kandungan selulosa dan hemiselulosa.

Baca Juga :   Daur Air - Pengertian Dan Tahapan Proses Pada Daur Air

Sementara sel hewan tidak memiliki dinding sel. Sel hewan hanya memiliki membran plasma sebagai batas terluar sel hewan tersebut.

2. Sentriol

Hal yang mendasari perbedaan sel hewan dengan sel tumbuhan yang berikutnya ialah sentriol. Sentriol hanya dapat kita temui pada sel hewan saja dan tidak ada pada sel tumbuhan.

Sentriol ialah sepasang struktur yang berbentuk seperti silinder dengan lubang tengah yang tersusun dari protein mikrotubulus.

Fungsi sentriol pada sel hewan ini adalah untuk mengatur polaritas pembelahan sel dan pembentukan silia serta flagela dan pemisahan kromosom saat pembelahan sel.

3. Vakuola

Perbedaan sel hewan dan tumbuhan berikutnya adalah vakuola. Yang mana sel tumbuhan pasti memiliki vakuola, sementara pada sel hewan bisa memiliki atau juga tidak memiliki vakuola.

Vakuola pada sel tumbuhan memiliki ukuran yang besar dan cukup menonjol, serta fungsi dari vakuola pada sel tumbuhan adalah untuk memasukkan air melalui tonoplas dan sebagai gudang sel yang mengandung air dan zat terlarut lainnya.

Sementara sel hewan ada yang memiliki vakuola, namun juga ada yang tidak memiliki. Biasanya vakuola hanya ditemui pada hewan-hewan bersel satu dan ukurannya relatif kecil.

4. Plastida

Plastida juga merupakan salah satu hal yang menjadi perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan. Sel tumbuhan memiliki plastida, namun sel hewan tidak memiliki plastida sama sekali.

Sel tumbuhan mengandung plastida yang di dalamny terdapat kloroplas yang berfungsi untuk membuat tumbuhan bisa membuat makanan mereka sendiri atau dikenal sebagai autotrof.

Kloroplas atau zat hijau daun ini berfungsi sebagai tempat fotosintesis pada tumbuhan, sedangkan sel hewan tidak memiliki plastida sehingga tidak bisa menghasilkan makanan sendiri.

5. Lisosom

Hal lain yang membedakan sel hewan dan sel tumbuhan yaitu ada tidaknya sebuah lisosom. Lisosom hanya dimiliki oleh sel hewan saja, sedangkan sel tumbuhan tidak memilikinya.

Baca Juga :   Kingdom Plantae - Ciri-Ciri, Gambar, Klasifikasi, Struktur Serta Contoh Lengkap

Sel hewan mengandung lisosom dalam sitoplasma serta lisosom mengandung sejumlah enzim. Fungsinya adalah untuk membantu dalam pencernaan atau pemecahan zat dalam sel hewan tersebut.

Sementara pada sel tumbuhan jarang sekali yang memiliki lisosom. Bahkan hampir tidak pernah memiliki lisosom di dalam kandungan sel tumbuhannya.

Demikianlah pembahasan mengenai perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan. Semoga bermanfaat …

Baca Juga: