Soal SBMPTN 2019

Posted on

Soal SBMPTN 2019 – Berikut ini rumusbilangan.com akan membahas tentang rangkuman makalah materi Soal SBMPTN 2019 yang akan diterangkan mulai dari pengertian, jenis, fungsi, struktur, unsur, jurnal, tujuan, ciri, makalah, peran, makna, konsep, kutipan, contoh secara lengkap.

Semua individu yang menjadi peserta dalam seleksi SBMPTN harus mengerjakan masalah yang berkaitan dengan TKPA, atau sering disebut sebagai Tes Keterampilan dan Potensi Akademik.

Terlepas dari mata pelajaran utama Anda, Anda harus mengikuti tes TKPA. TKPA sendiri mengandung beberapa materi, yaitu Tes Potensi Akademik atau yang disebut TPA, kemudian Matematika Dasar, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Contoh Soal SBMPTN 2019 dan Kunci Jawabannya

Contoh Soal SBMPTN 2019 dan Kunci Jawabannya

A. 8
B. 7
C. 6
D. 5

2. Bila Ketidaksamaan

 Bila Ketidaksamaan
memiliki keputusan 𝑥> 2, maka nilainya
Ini diatur secara berkala

A. 3 <𝑥 <4
B. 2 <≤ <3
C. 1 <≤ <2
D. 0 <≤ <1

3. Urutan pesanan

Urutan pesanan
memiliki jumlah maka batas nilai x
adalah satu

A. 𝑥 < 1
B. 0 < 𝑥 < 1
C. 𝑥 > 2
D. 𝑥 < 0 atau 𝑥 > 2

  

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa rambut tumbuh hanya di kepala dan di beberapa tempat lain? Sementara itu, tidak ada sehelai rambut pun tumbuh di telapak tangan dan telapak kaki?

Menurut para ilmuwan, ini disebabkan oleh adanya molekul khusus dalam tubuh kita yang menghambat pertumbuhan rambut. Molekul khusus ini adalah protein yang disebut Dickkopf 2 (DKK2) yang secara efektif menghancurkan jalur pensinyalan WNT yang bertanggung jawab untuk memicu pertumbuhan rambut di tubuh kita.

Hal ini diungkapkan oleh para ilmuwan dari Fakultas Kedokteran Universitas Pennsylvania, yang percaya bahwa hewan-hewan tertentu telah mengembangkan konsep evolusi protein DKK2 ini di bagian tubuh tertentu untuk memungkinkan makhluk hidup bertahan hidup.

“Dalam studi ini, kami menunjukkan bahwa kulit di daerah yang tidak berambut secara alami menghasilkan penghambat yang mencegah WNT melakukan tugasnya,” kata Profesor Sarah E. Millar, seorang penulis studi di University of Pennsylvania, yang diterbitkan dalam jurnal Cell Reports. School of Medicine, mengatakan bahwa WNT sangat penting untuk pengembangan folikel rambut dan memungkinkan lebih banyak rambut untuk tumbuh.

Baca Juga :   Pengertian BUMN

4. Inti kalimat pertama dari paragraf kedua adalah …

A. Penelitian menunjukkan.
B. Kami menunjukkan.
C. Kulit membentuk inhibitor.
D. Profesor Sarah E. Millar mengungkapkan

Pernyataan.
Opini penulis penelitian yang diterbitkan dalam jurnal “Laporan Sel”.

Diskusi:
Esensi dari kalimat muncul dari inti subjek dan predikat dari kalimat tersebut. Inti dari kalimat pertama paragraf kedua dari teks adalah yang kami tunjukkan. Analisis kalimat pertama dapat ditulis sebagai berikut.

5. Pernyataan sesuai dengan isi teks di atas adalah …

A. Tidak ada molekul khusus di tubuh kita yang menghambat pertumbuhan rambut.
B. Molekul khusus ini adalah protein yang disebut Dickkopf 2 (DKK2), yang berpotensi merusak jalur WNT.
C. Jalur WNT adalah bagian yang bertanggung jawab untuk memicu pertumbuhan rambut di tubuh kita.
D. Semua hewan telah mengembangkan protein DKK2 ini di bagian-bagian tertentu dari tubuh mereka untuk memungkinkan makhluk hidup.
E. WNT tidak benar-benar dibutuhkan untuk pengembangan folikel rambut dan menyebabkan lebih banyak rambut tumbuh.

Jawab: C

Diskusi:

Pernyataan (c) sesuai dengan kalimat keempat paragraf pertama. Sementara itu, jawabannya (a) salah karena molekul harus memblok dalam teks. Jawaban (b) salah karena molekul DKK2 harus sangat efektif merusaknya. Jawaban (d) salah karena tidak semua hewan dalam teks mengembangkan protein DKK2 tetapi hanya hewan tertentu. Jawabannya (e) salah, karena teks mengharuskan WNT untuk mengembangkan folikel rambut dan menyebabkan lebih banyak pertumbuhan rambut.

6. Apa tujuan penulis menulis teks?

A. Tunjukkan alasan mengapa rambut hanya tumbuh di kepala dan di beberapa tempat lain.
B. Meyakinkan pembaca untuk tidak khawatir tentang kemungkinan pertumbuhan rambut di lokasi yang tidak biasa.
C. Menjelaskan mengapa rambut tidak tumbuh di semua bagian tubuh.
D. Minta pembaca untuk mengetahui mengapa rambut tidak tumbuh di semua bagian tubuh.
E. Jelaskan alasan mengapa ada molekul yang dapat merusak jalur WNT sehingga rambut tidak tumbuh di semua bagian tubuh.

Baca Juga :   Cerita Fabel

Jawabannya : A

Diskusi:
Tujuan penulis adalah untuk membuktikan alasan mengapa rambut hanya tumbuh di kepala dan di beberapa tempat lain. Teks tersebut tidak hanya menjelaskan alasan mengapa rambut tidak tumbuh di semua bagian tubuh, tetapi juga menyebutkan beberapa penelitian oleh para ahli yang telah membuktikan hal ini. Keberadaan kalimat yang menyebutkan penelitian adalah upaya untuk membuktikan sesuatu kepada pembaca.

7. Frasa yang mengandung tanda baca yang salah adalah …

A. Kalimat pertama paragraf pertama.
B. Kalimat kedua dari paragraf pertama.
C. Kalimat ketiga dari paragraf pertama.
D. Kalimat pertama paragraf kedua.
E. Kalimat kedua dari paragraf kedua.

Jawabannya: E

Diskusi:
Kalimat pertama paragraf kedua tidak memiliki koma, yang berdiri di depan kata-kata seorang penulis. Ini karena seorang penulis studi yang diterbitkan dalam jurnal “Laporan Sel” adalah pernyataan Profesor Sarah E. Millar, yang harus mendahului penulisan dengan koma.

8. Kata-kata yang salah yang ditulis dalam teks di atas adalah …

A. Kalimat pertama paragraf pertama.
B. Kalimat kedua dari paragraf pertama.
C. Kalimat ketiga dari paragraf pertama.
D. Kalimat pertama paragraf kedua.
E. Kalimat kedua dari paragraf kedua.

Jawabannya: C

Diskusi:
Di kalimat ketiga paragraf pertama, ada kesalahan menulis kata, d. H. Dari kata yang seharusnya. Kata ini karena itu salah karena kata sambung tidak dapat diterapkan. Kata itu harus ditulis di sana hanya dengan kata itu.

Pemerintah Kenya baru-baru ini menyatakan bahwa jerapah adalah hewan yang terancam punah. Mereka juga melakukan upaya untuk mencegah hilangnya habitat tempat tinggal hewan dan menghentikan satwa liar dan penyakit yang dapat membasmi hewan.

Menurut Charles Musyoki, Direktur Jenderal Layanan Margasatwa Kenya, jerapah di Kenya telah turun 40 persen dalam 30 tahun terakhir. Terutama jerapah Rothschild, yang hidup hari ini 659. Hanya ada dua negara di Afrika yang memiliki jenis jerapah ini, yaitu Kenya dan Uganda, tetapi kebanyakan dari mereka tinggal di Kenya.

Baca Juga :   Struktur Tubuh Echinodermata

Musyoki mengatakan Kenya akan mengambil berbagai langkah untuk mencegah penurunan populasi jerapah. Kenya melakukan segala upaya untuk mencegah perburuan liar dan untuk memastikan bahwa proyek infrastruktur tidak membahayakan habitat jerapah.

9. Gagasan utama yang tepat untuk kelanjutan paragraf ini adalah …

A. Jenis jerapah di Kenya.
B. Kenya berharap untuk mencegah kepunahan jerapah.
C. Kenya berupaya mencegah kepunahan jerapah.
D. Negara-negara yang mendukung dan mendukung upaya Kenya untuk mencegah kepunahan jerapah.
E. Menerjemahkan hasil dari upaya Kenya untuk mencegah kepunahan jerapah.

Jawabannya: B

Diskusi:
Gagasan utama untuk melanjutkan paragraf ini adalah (b) harapan Kenya adalah bahwa pekerjaan dilakukan untuk mencegah kepunahan jerapah. Pernyataan ini relevan dengan informasi di akhir teks bahwa pemerintah Kenya akan mencari berbagai cara untuk mengatasi masalah kepunahan jerapah di Kenya. Setelah beberapa upaya, tentu saja, informasi diperlukan tentang kondisi hewan di Kenya di masa depan.

10. Kesimpulan yang tepat untuk teks adalah …

A. Pernyataan oleh Pemerintah Kenya tentang kepunahan jerapah.
B. Jerapah Rothschild hanya ditemukan di dua negara Afrika.
C. Mencegah pemerintah Kenya terhadap perburuan ilegal.
D. Kenya berusaha untuk mencegah hilangnya habitat jerapah.
E. Upaya Kenya untuk mengatasi jerapah yang terancam punah.

Jawabannya: E

Diskusi:
Kesimpulannya berasal dari kata Node, yang berarti “dasi”. Kesimpulan berarti informasi yang dapat mengikat seluruh konten paragraf. Teks di atas menggambarkan bahaya kepunahan jerapah di Kenya, diikuti dengan penjelasan tentang upaya yang telah dilakukan dan dilakukan oleh pemerintah Kenya untuk mencegah kepunahan hewan-hewan ini. Oleh karena itu, kesimpulan yang sesuai untuk teks adalah Jawab (e).

Demikian Pembahasan Materi Kita Kali ini Mengenai Soal SBMPTN 2019. Jangan Lupa Tetap Bersama Kami Di RumusBilangan.com. Semoga Bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terimakasih.

Baca Juga :

Soal SBMPTN 2019 Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar