Rumus Dilatasi

Posted on

Rumus Dilatasi – Berikut ini rumusbilangan.com akan membahas tentang rangkuman makalah materi Rumus Dilatasi yang akan diterangkan mulai dari pengertian, jenis, fungsi, struktur, unsur, jurnal, tujuan, ciri, makalah, peran, makna, konsep, kutipan, contoh secara lengkap.

Transformasi dapat diartikan sebagai perubahan. Dengan demikian, transformasi geometri dapat didefinisikan sebagai perpindahan objek di dalam wilayah geometri. Di sekolah menengah, materi transformasi geometri diberikan selama Kelas XII.

Dalam diskusi di halaman ini, deskripsi yang dijelaskan termasuk terjemahan, refleksi, rotasi, dan pelebaran. Materi yang dibahas berisi peta perubahan dan rumus transformasi geometris yang mencakup terjemahan, refleksi, rotasi, dan pelebaran.

Apa Itu Dilatasi ?

Dilatasi adalah transformasi geometri dalam bentuk perkalian, yang memperbesar atau mengurangi bangunan geometri. Dalam konsep pelebaran, ada yang disebut titik pelebaran dan faktor dilatasi.

Titik dilasi adalah titik yang menentukan posisi dilatasi. Titik dilatasi menjadi titik pertemuan semua garis lurus yang menghubungkan titik-titik dalam bentuk sebagai hasil titik dilatasi.

Faktor dilasi adalah faktor multiplikasi dari struktur geometri yang dilatasi. Faktor ini menunjukkan seberapa besar hasilnya diperluas ke bentuk geometris dan dilambangkan dengan k. Nilai k> 1 atau k <-1 menunjukkan bahwa hasil pelebaran lebih besar dari geometri.

Nilai -1 <k <1 menunjukkan bahwa hasil pelebaran lebih kecil dari geometri. Tanda positif mendefinisikan geometri dan hasil dilatasi berdampingan di satu sisi titik dilatasi. Sedangkan tanda negatif berarti bahwa geometri dan hasil pelebaran dibalik dan sisi-sisi pada titik dilatasi berbeda.

Dilatasi dapat ditulis:
(D, k) = (titik dilatasi, faktor dilatasi)

titik dilatasi, faktor dilatasi
Keterangan
k adalah titik dilatasi
Geometri satu titik
AI hasil dari titik dilatasi A

Dilatasi juga disebut sebagai pembesaran atau pengurangan suatu objek. Ketika transformasi dalam terjemahan, refleksi, dan rotasi hanya mengubah posisi objek, pelebaran melakukan transformasi geometri dengan mengubah ukuran objek.

Baca Juga :   Cara Menghitung 1 Tahun berapa Hari? Serta Contoh Soalnya

Ukuran objek bisa lebih besar atau lebih kecil. Perubahan ini tergantung pada skala yang menjadi faktor multiplikasi. Rumus pelebaran dua kali lipat dan ditandai dengan pusatnya. Selanjutnya, pertimbangkan deskripsi rumus untuk transformasi geometri dalam ekstensi berikut.

titik dilatasi
titik dilataasi

Contoh Soal Serta Pembahasannya

Contoh Soal Serta Pembahasannya
Contoh Soal Serta Pembahasannya
Jadi dua persamaan berikut diperoleh.
[-3x ‘+ 2y’ = x ” ]
[-x ‘+ y’ = y ” ]

Jika Cari nilai x ‘:

Jika Cari nilai x ':
Contoh Soal Serta Pembahasannya
contoh soal rotasi
Pembahasannya :
Hasil transformasi cermin sumbu y adalah:
Hasil transformasi pencerminan terhadap sumbu y
Jadi, kita memperoleh x ‘= – x dan y’ = y dan kemudian menyisipkan dua nilai yang diperoleh dalam persamaan x – 2y – 2 = 0.
persamaan x - 2y - 2 = 0.
Transformasi berikutnya adalah rotasi 90 ^ {o} sekitar O (0,0):
Transformasi berikutnya adalah rotasi
Substitusi dari nilai x ‘= y’ ‘dan y’ ‘- x’ ‘dalam persamaan -x’ – 2y ‘- 2 = 0 diperoleh
Jadi, hasil pencerminan garis x – 2y -2
contoh soal dilatasi
penjelasan
Jadi itulah nilainya
jawaban

Demikian Pembahasan Materi Kita Kali ini Mengenai Rumus Dilatasi. Jangan Lupa Tetap Bersama Kami Di RumusBilangan.com. Semoga Bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terimakasih.

Baca Juga :

Rumus Dilatasi Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar