Teks Prosedur Kompleks

Posted on

Teks Prosedur Kompleks Apakah kalian sudah mengetahui tentang Teks Prosedur Kompleks? Jika belum, anda tepat sekali berkunjung pada web rumusbilangan.com.

Teks Prosedur Kompleks
Teks Prosedur Kompleks

Karena pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang Teks Prosedur Kompleks beserta dengan hal-hal yang ada didalamnya.

Pengertian Teks Prosedur Kompleks

Teks prosedur kompleks merupakan sebuah teks yang berisi tentang langkah-langkah atau tahapan untuk melakukan sesuatu, baik itu melakukan kegiatan tertentu ataupun membuat sesuatu yang akan disajikan (Makanan) dengan berurutan.

Tujuan Teks Prosedur Kompleks

Tujuan dari pembuatan Teks Prosedur Kompleks adalah untuk menunjukan atau menjelaskan bagaimana cara mengerjakan sesuatu dengan langkah-langkah yang baik dan benar secara berurutan.

Ciri-ciri Teks Prosedur Kompleks

Berikut ini merupakan ciri-ciri dari teks Prosedur Kompleks secara umum yaitu antara lain :

  • Teks ini berisikan penjelasan langkah-langkah atau tahapan-tahapan.
  • Langkahnya dibuat secara berlanjut berserta dengan penjelasan.
  • Teks ini juga menggunakan syarat atau pilihan.
  • Teks ini bersifat universal, logis, objektif, akurat dan aktual.
  • Secara umum teks ini tersusun secara informatif.
  • Penjelasannya pada teks ini sangat detail dan rinci.

Struktur Teks Prosedur Kompleks

Struktur teks yaitu merupakan bagian atau cara teks tersebut dibuat, berikut ini struktur dari Teks Prosedur Kompleks yaitu antara lain :

  1. Teks ini terdapat judul pada bagian awal paragraf.
  2. Berisi tentang pendahuluan.
  3. Terdapat bahan/alat yang digunakan.
  4. Terdapat tujuan dari pembuatan Teks Prosedur Kompleks.
  5. Berisikan langkah-langkah dari pembuatan sesuatu secara berurutan.

Kaidah Kebahasaan

Kaidah kebahasaan dalam teks prosedur kompleks termasuk tidak serupa dengan karya tulis lainnya dalam bhs Indonesia. Bahasanya mesti memenuhi beberapa standar diantaranya adalah sebagai selanjutnya :

  • Terdapat Konjungsi, terdapat konjungsi yang artinya terdapat banyak kata penghubung yang berfungsi sebagai penghubung antar kata dan kalimat. Beberapa jenis konjungsi yang sering dipakai yaitu seperti kemudian, lalu, setelahnya, selanjutnya, dan lain sebagainya.
  • Dalam teks prosedur juga sangat sering dijumpai kata kerja imperatif atau sebuah kata kerja yang didalamnya mengandung suatu perintah. Contohnya seperti letakkan, sisihkan, sediakan, siapkan, dan lain sebagainya.
  • Partisipan manusia, teks ini juga sering terdapat sebuah partisipan manusia yang tidak secara khusus untuk diperlihatkan.
  • Terdapat sebuah kata kerja material atau kata kerja yang didalamnya berisi sebuah tingkah laku, tindakan secara fisik yang dikerjakan oleh manusia (partisipan).
Baca Juga :   Contoh Kata Ganti

Contoh Teks Prosedur Kompleks

Berikut ini terdapat beberapa contoh dari teks Prosedur Kompleks yang akan saya sajikan untuk para pembaca yaitu, diantaranya sebagai berikut :

Contoh 1

CARA MENGURUS KTP BARU

Kartu Tanda Penduduk atau KTP adalah sebuah identitas yang paling utama yang harus dimiliki oleh wraga Negara Indonesia. KTP diwajibkan dan dimiliki oleh setiap warga Negara Indonesia yang udah berusia 17 tahun keatas.

Dengan begitu, sangat mutlak bagi anda yang sedang mempersiapkan untuk pembuatan KTP mengetahui beberapa posedur yang berlaku dan syarat apa saja yang dibutuhkan untuk mengurus KTP.

Berikut ini syarat dan langkah-langkah dari pembuatan KTP tersebut yaitu sebagai berikut :

  • Pertama, siapkan terlebih dahulu segala identitas anda seperti kartu pelajar (jika ada), pas foto ukuran 3×4 dan 3×3, akta kelahiran dan Kartu Keluarga.
  • Kemudian datangi sekretaris Rukun Tetangga (RT) ditempat anda tinggal dan sampaikan permohonan anda untuk mengurus KTP sambil menyerahkan seluruh data yang sudah anda perisapkan.
  • Selanjutnya, data diri anda bisa dicatat dan disertai dengan formulir permohonan yang harus anda bawa.
  • Setelah formulir tersebut anda isi dengan lengkap, dan terdapat tanda tangan dan stempel anda, anda serahkan kembali kepada Rukun Warga (RW) setempat.
  • Selanjutnya, mintalah tanda tangan beserta stempel, hal berikut ini termasuk prosedur yang berlaku di kantor kelurahan tempat tinggal anda.
  • Kemudian, jika semua tahapan tersebut sudah selesai, anda tinggal menunggu sesi foto dan rekaman sidik jari di kantor Kecamatan.
  • Setelah semua prosedurnya sudah selesai anda lakukan, tunggulah paling cepat seminggu, KTP sudah bisa dijadwalkan untuk bisa diambil.

Contoh 2

Cara Membuat Puding buah

Buat kalian yang menyukai buah mangga, resep puding ini sangat cocok untuk dicoba oleh kalian semua! Selain tampilannya yang sangat menarik, terdapat banyak buah mangga yang ada pada puding ini dan mampu membuat kalian gemas untuk cepat memakannya.

Baca Juga :   Gurindam

Bahan-bahan:

  • 1 buah bit.
  • 1 buah mangga.
  • 2 bungkus agar-agar swallow tanpa rasa.
  • 800 ml susu cair.
  • 800 ml air putih.
  • 150 gram gula pasir
  • 120 gram cincau hitam

Cara pembuatannya :

  1. Pertama, cuci bersih terlebih dahulu buah mangga dan bit, kemudian kupas kulit buah tersebut, lalu dipotong kecil berbentuk dadu beserta denga cincau hitamnya, lalu sisihkan.
  2. Selanjutnya, rebus terlebih dahulu buah bit dengan air sebanyak 200 ml, hingga airnya tercampur dengan sari dan berubah warna menjadi merah, lalu sisihkan buahnya dan ambil sarinya saja.
  3. Campur air sari buah bit dengan menambahkan 700 ml air, 75 gr gula pasir, dan sebungkus agar-agar tanpa rasa. Kemudian, rebus sampai airnya mendidih dan tercampur rata, lalu angkat dan diamkan sebentar hingga uapnya sudah tidak ada lagi.
  4. Masukkan buah mangga yang sudah dipotong dadu dengan agar agar yang telah kita direbus tadi, kemudian masukan adonan tadi kedalam cetakan dan biarkan sampai setengah dingin.
  5. Sambil menunggu puding tersebut setengah dingin, kamu dapat merebus susu yang sudah disiapkan tadi, dengan mencampurkan 75 gr gula pasir dan sebungkus agar agar tanpa rasa hingga mendidih.\
  6. Setelah itu angkat susu dan biarkan uapnya keluar hingga setengah dingin. Kemudian masukan cincau hitam yang sudah dipotong dadu.
  7. Jika puding mangga yang merupakan lapisan pertama sudah terasa cukup dingin, tambahkan puding susu dengan cincau diatas puding mangga. Biarkan puding hingga terasa dingin secara menyeluruh.
  8. Setelah puding terasa cukup dingin dan padat, kalian bisa memotong puding tersebut dan siap untuk disajikan.

Contoh 3

Cara Membuat Cireng Isi Ayam Pedas

Cireng merupakan salah satu jenis makanan yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia yang berasal dari berbagai kalangan seperti Orang tua, Remaja bahkan anak-anak.

Berikut ini terdapat langkah-langkah untuk membuat Cireng Isi Ayam Pedas yaitu, sebagai berikut :

Bahan-bahan :

  • 100 gram tepung terigu.
  • 200 gram tepung tapioka.
  • 500 gram ayam segar.
  • Cabai rawit setan secukupnya.
  • 2 siung bawang putih.
  • 3 siung bawang merah.
  • Lada secukupnya.
  • Garam secukupnya.
  • Gula pasir secukupnya.
  • 900 ml minyak sayur.
Baca Juga :   Daftar Pustaka

Cara membuat cireng :

  1. Pertama, haluskan terlebih dahulu bawang putih secukupnya, bawang merah, lada. Lalu masukkan kedalam tepung terigu yang sudah di cairkan.
  2. Kemudian rebus tepung terigu hingga mengental dan sudah tidak terlihat benyek. Lalu angkat dan dinginkan sejenak.
  3. Sambil menunggu tepung terigu terasa dingin, anda buat isian dari cireng tersebut, yaitu ayam pedas. Bersihkan daging ayam segar lalu cuci bersih ayam tersebut.
  4. Kemudian, rebus daging ayam tersebut hingga matang. Lalu tiriskan hingga terasa dingin dan potong daging ayam tersebut sesuai selera.
  5. Selanjutnya haluskan bawang putih secukupnya, cabai rawit setan secukupnya dan garam hingga halus, lalu iris bawang merah secukupnya.
  6. Kemudian, panaskan 100 ml minyak sayur, lalu tumis bawang merah hingga harum, jika sudah harum masukkan bumbu yanng sudah dihaluskan tadi, tumis hingga harum, dan masukkan ayam potong tersebut dan tambahkan gula secukupnya.
  7. Jika sudah matang, angkat dan dinginkan isian cireng tersebut. kemudian bentuk cireng sesuai selera dengan menambahkan ayam pedas didalamnya.
  8. Jika semua sudah selesai, goreng cireng dengan api sedang, jika sudah berwarna kecoklatan, cireng bisa diangkat dan siap disajikan.

Apa yang dimaksud dengan teks Prosedur?
Teks Prosedur merupakan sebuah Paragraf yang berisi tentang urutan-urutan atau langkah-langkah dalam membuat sesuatu atau menjalankan aktivitas tertentu untuk mencapai tujuan utama.

Apa tujuan dari Teks Prosedur Kompleks?
Tujuan Teks Prosedur Kompleks yaitu untuk menunjukan atau menjelaskan bagaimana cara mengerjakan sesuatu dengan langkah-langkah yang baik dan benar secara berurutan.

Jelaskan perbedaan teks laporan percobaan dengan teks prosedsur!
Teks laporan percobaan merupakan sebuah teks yang berisi mengenai pembahasan tentang percobaan sesuatu. Sedangkan
Teks prosedur adalah teks yang berisi sebuah langkah-langkah untuk melakukan sesuatu dengan baik dan benar secara berurutan.

Demikianlah pembahasan artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan baru bagi para pembaca.

Baca Artikel Lainnya :

Teks Prosedur Kompleks Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar