Cara Belajar Bahasa Arab Otodidak

Posted on

Cara Belajar Bahasa Arab Otodidak – Belajar otodidak adalah cara belajar seseorang yang dilakukan tanpa bantuan guru atau pembimbing dalam proses pembelajarannya. Seperti belajar bahasa, kita bisa mempelajari bahasa dengan cara otodidak, namun tentunya membutuhkan keseriusan yang tinggi.

Salah satu cara yang mudah dan cepat belajar bahasa dengan cara otodidak adalah dengan mempraktikannya langsung dalam kehidupan sehari – hari, seperti belajar bahasa Inggris, maka kita langsung saja datang ke tempat yang disitu banyak orang menggunakan bahasa Inggris atau belajar bahasa Arab.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas beberapa cara belajar otodidak yang bisa langsung kita praktekkan dalam kehidupan kita sehari – hari. Namun penulis tetap mengingatkan bahwa belajar yang paling sempurna adalah belajar yang disitu ada guru yang membimbingnya, khususnya belajar Agama. Jika belajar Agama maka kita harus mempunyai guru yang ilmunya bersambung silsilahnya sampai kerasulullah SAW. agar ada yang bertanggung jawab akan ilmunya tersebut dan tidak disesatkan oleh syaitan.

Ada pepatah mengatakan, “belajar dari buku tanpa aadnya guru, maka setanlah gurunya“.

Baik langsung saja mari kita simak pembahasannya dibawah berikut ini !

Belajar Bahasa Arab dengan Cara Otodidak

Berikut ini akan penulis sajikan beberapa macam cara belajar bahasa Arab Otodidak atau belajar bahasa Arab sendiri tanpa membutuhkan guru secara langsung yang membimbing. Caranya ialah :

Baca Juga :   Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6

1. Mempunyai Kemauan yang Tinggi

Kemauan adalah modal utama bagi kalian. Sebab, tanpa adanya kemauan yang tinggi, maka bahasa Arab yang akan kalian pelajari akan menjadi sia – sia saja dan tidak akan berhasil.

Baca : Motivasi Belajar Bahasa Arab

2. Perbanyak Hafalan Kosakata Bahasa Arab

Memperbanyak hafalan kosakata sangatlah penting dan tidak perlu mempunyai guru secara langsung. Kalian bisa memulai menghafal kosakata dari hal – hal yang ada dalam kehidupan sehari seperti mandi, makan, minum dan lainnya.

Baca : Kosakata (المُفْرَدَاتُ) Bahasa Arab Sehari – hari Terlengkap

3. Belajar langsung dari Seorang Guru.

Cara yang paling tepat dan cepat adalah belajar bahasa arab dengan seorang guru, namun apabila kalian tidak memiliki waktu atau dana, maka kalian bisa dengan cara berkenalan atau berteman dengan seorang guru bahasa arab dan pelajari sedikit demi sedikit tata cara bahasa yang benar dan nantinya kalian bisa bertanya – tanya dengan seorang guru tersebut untuk mengevaluasi.

4. Belajar dari Buku atau Online

Pada era zaman sekarang ini, kita semakin dipermudahkan dalam segala urusan berkat adanya teknologi, seperti belajar online melalui youtube, e-book dan lainnya. Untuk itu, kalian bisa menggunakan cara metode belajar otodidak melalui belajar online ini.

Baca : Download Video Belajar Bahasa Arab di Youtube

5. Mengunjungi Daerah yang Biasa Menggunakan Bahasa Arab

Kalian bisa langsung datang dan menetap di Arab mungkin atau di daerah – daerah yang mana pada daerah tersebut memberlakukan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasinya.

Sebab disitu kalian akan dituntut untuk berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Arab dan pada akirnya kalian akan terbiasa menggunakan bahasa Arab. Dan ini adalah cara yang efektif dan cepat menguasai bahasa Arab.

Baca Juga :   Washil Bin Atha (واصل بن عطاء)

6. Bergabung di Group

Yang terakhir adalah apabila kalian ingin mengaplikasikan apa yang sudah di pelajari atau ingin memantau, kalian bisa bergabung di group – group atau komunitas para pecinta bahasa arab atau belajar bahasa arab baik itu pemula maupun expert baik itu didunia nyata melalui pertemuan – pertemuan atau melalui grup – grup yang ada dimedia sosial seperti Whats up, Facebok dan lain – lain.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Belajar Bahasa Arab Otodidak. Semoga dapat memberikan manfaat untuk kita semua ….