Motivasi Belajar Bahasa Arab

Posted on

Motivasi Belajar Bahasa Arab – Pada kesempatan kali ini, penulis akan memberikan sedikit motivasi tentang belajar bahasa Arab. Timbul pertanyaan, untuk apa kita susah – susah mempelajari bahasa Arab? sampai harus menghafal berjuta – juta kosakatanya, mempelajari kaidah – kaidah tata bahasanya yang bisa dibilang sangat rumit dan bahkan membingungkan…. Semua pertanyaan tersebut jika kita tidak pandai menyikapinya atau memotivasi diri, maka akan menimbulkan kemalasan dalam belajar dan bahkan bisa putus belajarnya.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini, penulis bermaksud memberikan sedikit beberapa motivasi yang harapannya bisa menumbukan semangat – semangat untuk belajar lagi khususnya belajar tentang bahasa Arab ini.

Untuk itu, mari langsung saja kita ke pembahasannya di bawah berikut ini !

Baca : Belajar Bahasa Arab Mudah

Apa Motivasi Belajar Bahasa Arab ?

Salah satu motivasi kenapa belajar bahasa Arab terutama bagi seorang muslim adalah bahwa agama Islam pertama kali turun dibawakan oleh makhluk yang paling sempurna yaitu Nabi Muhammad SAW, yang mana beliau berasal dari bangsa Arab.

Umat muslim di berikan satu kitab yakni yang bernama Al Qur’an, kitab ini wajib mengimani kitab ini sebagai kitab suci yang diturunkan kepadanya, yang mana sebagaikitab pedoman dan petunjuk serta peringatan dan pelajaran bagi umat manusia khususnya umat Islam.

Barangsiapa menginginkan petunjuk dan keselamatan baik keselamatan di dunia dan akhirat, maka hendaknya ia memperbanyak membaca kitab ini, mentadabburinya dan mengamalkan isi – isinya kandungannya dalam kehidupannya sehari – hari.

Baca Juga :   Nama - Nama Bangunan Bahasa Arab

Untuk memahami isi kandungan dalam kitab tersebut yang menggunakan bahasa Arab, maka sudah seyogyanya kita sebagai umat beragama Islam harus bisa menguasai bahasa Arab tersebut sebagai salah satu bahasa Al Qur’an.

Itu lah dua motivasi kenapa kita belajar bahasa Arab. Namun tidak cuma dua itu saja, masih banyak lagi alasan – alasan yang bisa memotivasi kita untuk tambah semangat lagi mempelajari bahasa Arab, yakni sebagai berikut :

1. Bahasa Arab Bagian dari Agama Islam

Hal ini berdasarkan atas perkataan yang pernah disampaikan oleh beliau syaiyidina Umar bin Khattab -radhiallahu ‘anhu-, yakni beliau berkata :

تعلموا العربية ، فإنها جزء من دينكم

Artinya : “Pelajarilah bahasa Arab, karena sesungguhnya ia (bahasa Arab) adalah bagian dari agama kalian”.

berdasarkan ungkapan diatas, bahwa bahasa Arab merupakan bagian dari agama Islam, maka sudah seharusnya kita sebagai umat Islam yang masih diberikan kesehatan untuk lebih semangat lagi belajar bahasa Arabnya sebagai bentuk berjuang di jalan Allah.

Baca : Bus dalam Bahasa Arab dan Kosakata (المُفْرَدَاتُ) Alat Tranportasi (وسائل النقل)

2. Bahasa Arab merupakan Bahasa yang Lurus

Bahasa Arab sebagai bahasa yang lurus adalah bahasa yang mudah di pergunakan untuk hukum dan mudah dipahami oleh manusia.

Hal ini berdasarkan firman Allah SWT. dalam firmannya :

قُرْآَنًا عَرَبِيًّا غَيْرَ ذِي عِوَجٍ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُونَ

Arinya : “(Ialah) Al-Qur’an dalam bahasa Arab yang tidak ada kebengkokan (di dalamnya) supaya mereka bertakwa.” (QS. Az-Zumar: 28)

Dalam ayat lain juga dijelaskan yakni sebagai berikut :,

وَإِنَّهُ لَتَنْزِيلُ رَبِّ الْعَالَمِينَ (192) نَزَلَ بِهِ الرُّوحُ الْأَمِينُ (193) عَلَى قَلْبِكَ لِتَكُونَ مِنَ الْمُنْذِرِينَ (194) بِلِسَانٍ عَرَبِيٍّ مُبِين 195

Baca Juga :   Soal Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas 1

Artinya : “Dan sesungguhnya Al Quran ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan semesta alam, dia dibawa turun oleh Ar-Ruh Al-Amin (Jibril), ke dalam hatimu (Muhammad) agar kamu menjadi salah seorang di antara orang-orang yang memberi peringatan, dengan bahasa Arab yang jelas.” (QS. Asy-Syu’ara: 192-195).

Sebagaimana juga yang dijelaskan dalam kitab Zaad Al-Masiir karya Ibnul Jauzi, yang berbunyi : Al-Qur’an diturunkan dengan bahasa Arab yaitu bahasanya orang Quraisy yang setiap orang mudah memahaminya.

Dan juga dalam firman Allah yang lainnya yakni :

وَكَذَلِكَ أَنْزَلْنَاهُ حُكْمًا عَرَبِيًّا

Artinya : “Dan demikianlah, Kami telah menurunkan Al Quran itu sebagai peraturan (yang benar) dalam bahasa Arab.” (QS. Ar-Ra’du: 37).

Dalam kitab tafsir Al-Jalalain dijelaskan bahwa, bahasa Arab merupakan bahasa yang digunakan sebagai hukum di tengah – tengah manusia. Dalam Zaad Al-Masiir disebutkan bahwa bahasa Arab bisa digunakan untuk menerangkan hukum – hukum yang wajib.

3. Bahasa Arab merupakan Bahasa yang Mulisa

Ibnu Katsir rahimahullah dalam kitabnya menerangkan bahwa :

فلهذا أنزلَ أشرف الكتب بأشرف اللغات، على أشرف الرسل، بسفارة أشرف الملائكة، وكان ذلك في أشرف بقاع الأرض، وابتدئ إنزاله في أشرف شهور السنة وهو رمضان، فكمل من كل الوجوه

Artinya : “Karena Al-Qur’an adalah kitab yang paling mulia, diturunkan dengan bahasa yang paling mulia, diajarkan pada Rasul yang paling mulia, disampaikan oleh malaikat yang paling mulia, diturunkan di tempat yang paling mulia di muka bumi, diturunkan pula di bulan yang mulia yaitu bulan Ramadhan. Dari berbagai sisi itu, kita bisa menilai bagaimanakah mulianya kitab suci Al-Qur’an.”

Serta dalam al Qur’an surat Yusuf ayat 2, Allah SWT berfiman :

إِنَّا أَنزلْنَاهُ قُرْآنًا عَرَبِيًّا لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ

Baca Juga :   Bahasa Arab Sepak Bola

Artinya : “Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al Quran dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya.” (QS. Yusuf: 2)

Demikianlah motivasi belajar bahasa Arab. Semoga dapat memberikan tambahan motivasi dan semangat kita untuk terus dan giat lagi dalam belajar khususnya belajar bahasa Arab.