Kitab Silsilah Ta’lim Al Lughah Al Arabiyyah

Posted on

Penjelasan Tentang Kitab Silsilah Ta’lim Al Lughah Al Arabiyyah Lengkap – Hallo sahabat, bagaimana kabarnya ? semoga kita selalu dalam lindungan Allah ta’alaa ya …. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang salah satu kita untuk rujukan belajar bahasa Arab, yaitu kita yang berjudul Silsilah Ta’lim Al Lughah Al Arabiyyah, yang mana kitab ini terdiri dari beberapa macam kitab.

Kitab ini sering menjadi salah satu kitab rujukan dalam pelajaran bahasa Arab seperti di pesantren – pesantren, sekolah atau madrasah dan perguruan tinggi salah satunya perguruan tinggi seperti Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab yang merupakan cabang dari perguruan tinggi dari negara Saudi Arabia yaitu Universitas Islam Muhammad bin Su’ud.

Lalu, bagaimana keterangan yang lebih lanjutnya, mari langsung saja kita simak uraian materinya dibawah berikut ini !

Penjelasan Tentang Kitab Silsilah Ta’lim Al Lughah Al Arabiyyah

Kitab ini merupakan salah satu kitab yang sangat direkomendasikan untuk kita yang sedang mendalami ilmu Bahasa Arab. Sebab, kitab ini merupakan salah satu kitab yang sudah tersusun secara sistematis dan dikhususkan untuk penutur selain bahasa Arab (non Arab)

Baca : Kitab Bahasa Arab Al Arabiyah Linnasyiin

Nama Kitab

Kitab ini diberikan nama yaitu سِلْسِلَةِ تَعْلِيْمِ اللُّغَةِ العَرَبِيَّةِ tulisan latinnya adalah  Silsilah Ta’lim Al Lughah Al Arabiyyah, diterbitkan oleh perguruan tinggi dari kota Riyadh yaitu Universitas Islam Muhammad bin Su’ud dalam tulisan Arabnya yaitu : جَامِعَةُ الإِمَامِ مُحَمَّدٍ بْنِ سُعُوْدٍ الإِسْلَامِيَّةُ dibacanya : Jaami’atul imam Muhammadibni Su’uudin Al Islaamiyyah.

Kitab ini sering di pelajari terutama pada kalangan pondok pesantren, madrasah atau sekolah – sekolah yang disitu terdapat mata pelajaran Bahasa Arab.

Baca Juga :   Pengertian Isim Isyarah - Bahasa Arab

Di Indonesia, kitab ini merupakan salah satu kitab wajib sebagai rujukan pelajaran bahasa Arab yaitu pada lembaga pendidikan yang merupakan cabang dari Universitas Islam Muhammad bin Su’ud di Jakarta, yaitu Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab, atau yang lebih sering dikenal dengan dengan sebutan LIPIA, serta dalam bahasa Arabnya dikenal dengan sebutan مَعْهَدُ العَلُوْمِ الإِسْلَامِيَّةِ وَالعَرَبِيَّةِ dibaca : Ma’had al ‘aluumi al islaamiyyah wal ‘arobiyyah.

Di dalam lembaga pendidikan tersebut, bagi mahasiswa yang kemampuan bahasanya masih kurang dan belum terlalu mumpuni, maka diwajibkan mengikuti program belajar yang bernama I’dad Lughawi (الإِعْدَادُ اللُّغَوِي) selama kurang lebih empat semester atau dua tahun.

Pada masa itulah, kemampuan bahasa Arab mahasiswa diperbaiki dan ditingkatkan kembali dengan menggunakan kurikulum ajar yang terangkum dalam kitab Silsilah tersebut. Sampai sekarang kitab Silsilah masih dipelajari di LIPIA Jakarta.

Salah satu yang menjadi nilai lebih dari program bahasa di LIPIA atau Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab tersebut adalah kitab tersebut diajarkan oleh dosen yang didatangkan langsung dari Kerajaan Saudi Arabia (المَمْلَكَةُ العَرَبِيَّةُ السُّعُوْدِيَّةُ) atau dari negara-negara Timur Tengah, seperti Mesir (جُمْهُوْرِيَّةُ مِصْرَ), Yordania (الأُرْدُنُ), Sudan (السُّوْدَانُ), Yaman (اليَمَنُ), dll. Sehingga dianggap apabila suatu bahasa di ajarkan oleh orang yang berasal dari daerah asal bahasa tersebut, harapannya dalam memberikan pengajaran bisa lebih sempurna.

Kenapa diberi Nama Kitab Silsilah ?

Menurut bahasa, kata Silsilah (سِلْسِلَةٌ جـ سَلَاسِلُ) secara bahasa berarti ‘mata rantai’ atau ‘rangkaian’.

Kitab Silsilah Ta’lim Al Lughah Al Arabiyyah ini merupakan salah satu yang di rangkai dari beberapa kitab – kitab panduan belajar bahasa Arab yang terpadu, antara satu sama lain saling berkaitan dan saling melengkapi. Kitab – kitab tersebut yaitu meliputi :

  1. Kitab Khat
  2. Kitab Qira’ah Wal Kitabah
  3. Kitab Ta’bir
  4. Kitab Sharaf
  5. Kitab Adab
  6. Kitab Nahwu
  7. Kitab Hadits
  8. Kitab Fiqh
  9. Kitab Durus Minal Qur’an
  10. Kitab Balaghah
  11. Kitab Tauhid
  12. Kitab Mu’jam
  13. Kitab Dalil Muallim
  14. Kitab Shuwar Minat Tarikh
  15. Dll
Baca Juga :   Soal Tema 2 Kelas 5

Sehingga kitab ini harapannya dapat memberikan ilmu yang lebih mumpuni sehingga para pelajar dapat secara cepat menguasai ilmu tersebut.

Baca : Kisah di Balik 1002 Nazdam Kitab Matan Alfiyah Ibnu Malik

Demikianlah pembahasan makalah tentang kitab Silsilah Ta’lim Al Lughah Al Arabiyyah. Mungkin diantara kalian ada yang tertarik ingin memilikinya, kalian bisa mencarinya ditoko – toko buku atau kitab terdekat ditempat kalian. Akhirnya, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua …..